Pelaporan Hak Merek

Prosedur Pelaporan Hak Merek di Tokopedia

Tokopedia adalah pasar atau mall online (Costumer to Costumer Marketplace) dimana transaksi jual-beli yang terjadi adalah antar pengguna situs Tokopedia. Setiap produk yang dijual melalui situs Tokopedia diunggah, ditawarkan, dan diperjualbelikan secara mandiri oleh masing-masing Pengguna Tokopedia (user generated content), yang dapat bertindak sebagai Penjual maupun Pembeli. 
 
Apabila Anda menemukan konten di Tokopedia yang mungkin melanggar Hak Kekayaan Intelektual ("HKI") milik Anda, maka Anda dapat melapor kepada kami melalui formulir daring yang telah tersedia. Kami akan meninjau laporan tersebut dengan teliti dan dapat melakukan tindak lanjut berupa penurunan konten.

Anda wajib melakukan pelaporan sesuai dengan prosedur dan formulir yang telah kami sediakan DISINI

Formulir yang sesuai dan lengkap akan memastikan bahwa kami memiliki semua informasi yang diperlukan untuk melakukan pemeriksaan yang dibutuhkan dan melakukan tindak lanjut terhadap laporan Anda.
 

 

Catatan: Mengajukan klaim permohonan penghapusan konten penawaran produk adalah tindakan serius yang dapat melibatkan proses hukum kedepannya. Dengan melakukan pelaporan melalui formulir daring yang telah kami sediakan, Anda memberikan persetujuan kepada Tokopedia untuk menyimpan laporan Anda dan memberikan informasi Anda berupa Nama, Perusahaan, Jabatan, Alamat Email, serta Nomor Telepon kepada pihak yang Anda laporkan. Anda dengan ini menyatakan akan bertanggungjawab penuh atas akibat hukum yang dapat terjadi dikemudian hari akibat tindakan ini.

Pengulangan Pelanggaran oleh Pengguna

Apakah dengan melaporkan pelanggaran tersebut maka kedepannya tidak akan ada lagi pelanggaran atas merek saya?

Tokopedia adalah situs User Generated Content, dimana pengguna Tokopedia dapat mengunggah secara mandiri produk yang ingin mereka jual. Untuk itu, kami tidak dapat menjamin bahwa tidak akan ada lagi produk yang melanggar hak merek dagang Anda. Jika masih menemukan pelanggaran atas hak merek Anda (yang sama) silakan kirimkan kembali link produk terkait.

Perlindungan dan Pelanggaran Hak Merek

Bagaimana saya tahu hak merek dagang saya sedang dilanggar oleh konten yang diunggah oleh seorang pengguna di Tokopedia?

Dalam sistem perlindungan hak merek yang saat ini dianut oleh Indonesia, yakni sistem First to File, pelanggaran merek hanya terjadi apabila terdapat tindakan penggunaan merek terdaftar secara melawan hukum oleh pihak lain yang beriktikad buruk, yang dilakukan dalam masa perlindungan atas merek yang bersangkutan, dalam kelas barang yang sama, sebagaimana tertera dalam sertifikat hak mereknya. Tidak ada pelanggaran tanpa pendaftaran merek, karena dalam sistem First to File, perlindungan hukum hanya diberikan kepada pemilik merek terdaftar. Pelapor harus mampu menunjukkan sertifikat merek atau alas hak lainnya yang sah pada saat melakukan pelaporan atas suatu pelanggaran merek.

Syarat & Ketentuan Tokopedia dengan tegas telah melarang pengguna situs Tokopedia untuk mengunggah konten yang melanggar hak merek dagang orang lain. Jika tidak yakin apakah konten di situs Tokopedia melanggar hak merek dagang Anda, Anda dapat mencari nasihat hukum perihal apakah hak-hak Anda telah dilanggar.

Panduan Pengunggahan Produk Terkait Hak Merek

Bagaimana jika saya ingin mengunggah konten ke situs Tokopedia tapi saya tidak yakin apakah itu akan melanggar merek dagang seseorang?

Apabila Anda ingin mengunggah konten ke situs Tokopedia tapi tidak yakin apakah itu akan melanggar merek dagang seseorang, maka kami tidak dapat memberikan nasihat hukum kepada Anda. Jika Anda tidak yakin, jangan unggah konten-konten yang berpotensi melanggar hak merek orang lain ke Tokopedia. Jika Anda telah melakukannya, silakan segera hapus konten tersebut.

Bukan Pemegang Hak Merek

 

Dapatkah saya melaporkan pelanggaran hak merek dagang yang merupakan merek pihak lain?

Jika Anda bukan pemilik merek dagang atau pemegang lisensi atau penerima kuasa dari pemilik merek dagang, maka Anda TIDAK bisa melaporkan klaim pelanggaran kepada kami.

×
vqebxdux