Statistik Toko

Statistik Toko adalah sarana bagi para penjual untuk mengetahui informasi serta statistik tentang transaksi, produk, dan pembeli. Informasi ini bisa Anda gunakan untuk mengatur strategi peningkatan penjualan.

Statistik Toko memiliki filter tanggal (date range) pada bagian kanan atas Dashboard, sehingga Anda dapat mengatur periode data statistik yang ingin dilihat.

Overview statistik toko

Bagian Overview menampilkan 5 metrik utama dari data toko Anda, yaitu:

  • Pendapatan Kotor, yaitu total transaksi penjualan ditambah ongkos kirim yang terjadi pada periode (date range) yang telah ditentukan. Jumlah ini sesuai dengan nominal yang telah masuk ke Saldo Tokopedia Anda.

  • Jumlah Transaksi (successful transaction), yaitu seluruh jumlah transaksi (angka) yang telah selesai dan sukses.

  • Produk Dilihat, yaitu berapa kali produk-produk Anda telah dilihat.

  • Tingkat Konversi, yaitu presentase Jumlah Transaksi yang sukses (successful transaction) dibagi dengan jumlah Produk Dilihat.

  • Produk Terjual, yaitu berapa banyak item / produk Anda yang telah sukses terjual.

 

 

Catatan:

  1. Pada setiap metrik juga terdapat presentase perbandingan data metrik dengan periode sebelumnya. Periode sebelumnya adalah satu periode dari date range yang sudah di-set pada filter tanggal. Contoh: Filter tanggal adalah 1 Mei – 7 Mei 2016 (7 hari), berarti periode sebelumnya adalah 24 April – 30 April 2016 (7 hari sebelumnya).
  2. Tanda naik warna hijau, berarti terjadi peningkatan hasil data dari date range dibandingkan dengan data periode sebelumnya.
  3. Tanda turun warna merah, berarti terjadi penurunan hasil data dari date range dibandingkan dengan data periode sebelumnya.
  4. Tanda naik warna merah, berarti terjadi peningkatan hasil data yang berdampak negatif bagi toko Anda.
  5. Tanda turun warna hijau, berarti terjadi penurunan hasil data yang berdampak positif bagi toko Anda.

 

Data produk

Pada Data Produk terdapat 4 metrik utama tentang produk yang Anda jual, yaitu:

  • Dilihat, yaitu berapa kali produk Anda telah dilihat oleh pengguna Tokopedia.

  • Transaksi (successful transaction), yaitu jumlah transaksi yang telah selesai dan sukses.

  • Tingkat Konversi, yaitu presentase Transaksi Sukses (dana penjualan sudah masuk ke Saldo Tokopedia) dibagi dengan jumlah Produk Dilihat.

  • Terjual, yaitu jumlah produk yang sudah terjual.

Di bagian kanan terdapat grafik yang menginformasikan perbandingan antara jumlah transaksi (transaksi yang sukses) dan jumlah produk dilihat. Anda juga bisa membandingkan jumlah transaksi dengan grafik pengeluaran TopAds di bagian ini.

Produk terlaris dan terbanyak diminati

Pada bagian ini terdapat 2 tabel, yaitu:

  • Tabel 5 Produk Terlaris adalah daftar 5 produk teratas di toko Anda yang paling banyak terjual di Tokopedia dalam 30 hari terakhir.
  • Tabel 5 Produk Paling Diminati adalah daftar 5 produk teratas di toko Anda yang paling banyak di-wishlist oleh pengguna di Tokopedia dalam 30 hari terakhir.

Untuk melihat data lengkap dari produk-produk Anda, klik tombol Lihat Semua yang terdapat di bagian bawah tabel.

 

 

Catatan: Data pada kedua tabel tidak mengikuti filter tanggal. Data ini berdasarkan rentang waktu 30 hari terakhir.

 

Data penjualan

Data seputar Transaksi

Pada bagian ini Anda dapat melihat jumlah transaksi yang sukses, dan jumlah transaksi yang Anda tolak. Selain itu ditampilkan juga jumlah transaksi yang masih dalam proses (belum selesai).

Di bagian kanan terdapat grafik yang menginformasikan perbandingan antara keseluruhan jumlah transaksi dan transaksi yang berhasil (successful transaction). Di bagian ini, Anda juga bisa membandingkan (compare) keseluruhan jumlah transaksi dan transaksi yang berhasil dengan grafik pengeluaran TopAds.

 

 

Catatan: Jumlah Transaksi adalah seluruh transaksi / order yang masuk ke dalam inbox Pesanan Baru Anda.

 

Pantau Angka Pendapatan Anda

Di bagian bawah dari data transaksi, Anda dapat mengetahui angka pendapatan kotor dan bersih. Berikut indikatornya:

  1. Pendapatan Kotor adalah total dana transaksi yang masuk ke dalam Saldo Tokopedia Anda yang juga tercantum dalam invoice transaksi.
  2. Pendapatan Bersih adalah total dana penjualan produk Anda, dihitung dari Pendapatan Kotor dikurangi dengan Ongkos Kirim.
  3. Ongkos Kirim adalah total dana yang dikeluarkan untuk pembayaran ongkos kirim pada setiap transaksi Anda.
  4. Ditolak adalah jumlah rupiah dari pesanan yang sudah Anda tolak.
  5. Biaya TopAds adalah nominal pengeluaran TopAds secara keseluruhan, dari pengeluaran TopAds toko maupun pengeluaran TopAds produk.

 

Data pembeli

Pada bagian ini Anda bisa melihat siapa saja pembeli yang sudah berbelanja di tokomu. Ada beberapa indikator di Data Pembeli, yaitu:

  1. Jumlah Pembeli adalah seluruh total pembeli yang pernah sukses melakukan transaksi di toko Anda.
  2. Data persentase jenis kelamin dan umur Pembeli.
  3. Detil pembelanjaan pembeli dan juga daerah pengirimannya.
  4. Total Favorit adalah daftar jumlah pengunjung yang memfavoritkan toko Anda. Di sini Anda juga dapat melihat nama pengunjung yang sudah memfavoritkan toko Anda.

 

Wawasan pasar

Pada bagian ini, Anda dapat melihat performa toko dan produk dari penjual lain sesuai kategori yang Anda jual. Anda juga bisa melihat kata pencarian populer yang di-input oleh pengguna di Tokopedia yang juga berdasarkan kategori yang Anda jual. Data ini ditampilkan berdasarkan rentang waktu tujuh hari terakhir.

 

Cara melihat statistik toko

Untuk melihat Statistik Toko, Anda dapat langsung meng-klik Statistik pada menu Toko Saya yang terdapat di sebelah kanan halaman homepage Tokopedia.

 

 

Catatan: Untuk saat ini Statistik Toko hanya dapat bisa diakses melalui Tokopedia versi desktop

 

×