Performa Toko

Performa toko merupakan fitur untuk mengukur kemampuan toko dalam memenuhi beberapa indikator yang telah ditetapkan oleh Tokopedia. Performa Toko direpresentasikan dalam skor antara 0 – 100.

Perubahan ketentuan Gold Badge

Gold badge merupakan logo emas yang muncul di toko dan setiap produk Anda yang tentunya membuat toko Anda terlihat berbeda.

Berbeda dengan aturan sebelumya, yaitu setiap pembelian paket Gold Merchant akan otomatis mendapakatkan Gold Badge, Mulai tanggal 27 Maret 2017 ikon Gold Badge akan diberikan kepada penjual Tokopedia dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. Berlangganan Gold Merchant. Cari tahu selengkapnya mengenai Gold Merchant klik di sini >
  2. Memiliki performa toko dengan skor minimal 75 poin.

Keuntungan memiliki Gold Badge

Ikon Gold Badge akan membantu produk Anda lebih mudah ditemukan saat pembeli melakukan pencarian produk. Hal tersebut disebabkan oleh 2 hal, yaitu:

  1. Adanya nilai ekstra bagi toko yang sudah memiliki Gold Badge dalam sistem pencarian produk.
  2. Adanya fitur sortir berdasarkan toko Gold Merchant yang sudah memiliki Gold Badge.

Kenapa ada perubahan dalam fitur Gold Merchant?

Perubahan ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas setiap penjual di Tokopedia (khususnya Gold Merchant), karena ikon Gold Badge hanya akan di berikan kepada penjual yang memenuhi indikator yang telah di tetapkan.

Apa keuntungan yang didapat penjual dari perubahan ini?

Perubahan pada sistem pemberian Gold Badge tentu membawa dampak positif bagi penjual di Tokopedia, di antaranya:

  1. Dengan adanya peraturan baru ini, tingkat kepercayaan pembeli pada penjual yang memiliki Gold Badge akan semakin tinggi.
  2. Ikon Gold Badge juga memudahkan produk Anda ditemukan oleh pembeli, sehingga diharapkan dapat membantu meningkatkan penjualan toko Anda.

Indikator Performa Toko

Skor Performa Toko merupakan akumulasi dari nilai indikator-indikator yang telah ditetapkan. Adapun indikator nya adalah sebagai berikut :

  1. Pesanan yang Terpenuhi
  2. Kualitas dan Akurasi Produk
  3. Transaksi di Pusat Resolusi
  4. Respon Toko
  5. Pendapatan Kotor

Perhitungan skor Performa Toko akan diperbarui setiap harinya. Data perhitungan tersebut diambil dari hari kemarin sampai dengan 30 hari ke belakang.

Contoh:

Skor performa toko Anda tanggal 14 Februari 2017 adalah 75. Berarti, ini merupakan hasil evaluasi performa toko Anda dari tanggal 15 Januari 201713 Februari 2017 (30 hari).

Cara meningkatkan skor Performa Toko

Anda bisa meningkatkan performa toko Anda dengan memperhatikan setiap indikator yang menentukan skor Performa Toko Anda. Setelah mengetahui nilai dari setiap indikator toko Anda, Anda dapat melihat tips & trick untuk meningkatkannya pada halaman seller.tokopedia.com.

×