Syarat & Ketentuan Pembelian Tiket Kereta

Sebelum melakukan pemesanan tiket kereta api melalui Tokopedia, pastikan Anda telah membaca syarat dan ketentuan berikut ini:

  1. Layanan pemesanan dan pembayaran tiket kereta api adalah layanan pemesanan dan pembayaran tiket kereta api yang disediakan oleh penyelenggara jasa transportasi kereta api dengan menggunakan sistem penjualan tiket kereta api secara online melalui website Tokopedia.
  2. Dalam menggunakan layanan pemesanan tiket kereta api, Pengguna secara bertanggung jawab menyetujui untuk selalu memberikan data yang sah dan valid sesuai identitas resmi yang berlaku untuk digunakan sebagaimana mestinya dalam rangkaian proses pemesanan tiket kereta api. Segala kerugian yang timbul akibat dari kesalahan atau kelalaian Pengguna dalam menginformasikan data yang diperlukan dalam layanan ini merupakan tanggung jawab sepenuhnya dari masing-masing Pengguna.
  3. Pengguna menyetujui bahwa setiap tindakan Pengguna dalam konteks menggunakan layanan ini adalah bukti yang otentik dari persetujuan Pengguna, termasuk namun tidak terbatas pada pemilihan rute perjalanan, pemilihan jadwal keberangkatan, pemilihan nomor, nama, dan kelas kereta api, pengisian jumlah penumpang dan identitas masing-masing penumpang, pemilihan metode pembayaran, dan lain sebagainya.
  4. Segala kerugian yang timbul akibat kelalaian atau kesalahan Pengguna dalam memahami atau mengikuti prosedur serta tata cara pemesanan maupun pembayaran yang sebagaimana diatur dalam Syarat Ketentuan ini dan ketentuan penyelenggara jasa transportasi kereta api bukan merupakan tanggung jawab pihak Tokopedia.
  5. Dengan melakukan pemesanan tiket kereta api melalui layanan ini, Pengguna menyetujui untuk membayar total biaya yang harus dibayarkan sebagaimana tertera dalam halaman pembayaran di website, yang terdiri dari harga tiket kereta api dan biaya-biaya lain yang mungkin timbul dan akan diuraikan secara tegas dalam halaman pembayaran.
  6. Ketentuan mengenai reduksi tarif tiket kereta api yang tidak berkaitan dengan promosi yang diadakan Tokopedia, akan merujuk sepenuhnya pada ketentuan penyelenggara jasa transportasi kereta api. Termasuk namun tidak terbatas pada reduksi tarif KA untuk penumpang dibawah umur 3 tahun, lansia dan lain sebagainya.
  7. Setiap sesi pemesanan dibatasi dengan batas waktu pemesanan dan pembayaran tiket. Pengguna setuju untuk melakukan pembayaran sebelum batas waktu pembayaran tiket berakhir. Pembayaran di luar batas waktu pembayaran tidak diperkenankan dan proses sesi pemesanan akan batal secara otomatis, serta bukan merupakan tanggung jawab Tokopedia.
  8. Bukti pembayaran yang sah adalah bukti pembayaran yang diinformasikan oleh Tokopedia kepada Pengguna melalui sms/email/pesan pribadi/notifikasi di akun Tokopedia Pengguna setelah pembayaran dari Pengguna terverifikasi oleh pihak Tokopedia.
  9. Bukti pembayaran bukan merupakan tiket yang dapat digunakan untuk menggunakan jasa transportasi kereta api.
  10. Bukti pembayaran memuat kode booking yang harus ditukarkan dengan tiket kereta api melalui mesin cetak mandiri atau loket di stasiun kereta api.
  11. Pencetakan Boarding Pass di stasiun keberangkatan kereta api dapat dilakukan sejak 7 x 24 jam sebelum keberangkatan kereta api.
  12. Tiket kereta api yang sah adalah tiket kereta api yang diterbitkan oleh PT Kereta Api Indonesia melalui mesin cetak mandiri atau loket di stasiun kereta api.
  13. Ketentuan dan tata tertib penggunaan jasa transportasi kereta api sepenuhnya merupakan kewenangan dari pihak penyelenggara jasa transportasi kereta api.
  14. Pembatalan tiket, perubahan jadwal tiket, ketentuan boarding, bagasi yang diperbolehkan, pengembalian uang serta hal-hal lain yang berhubungan dengan penggunaan layanan transportasi kereta api merupakan kebijakan dan tanggung jawab dari penyelenggara jasa transportasi kereta api dengan merujuk kepada Syarat dan Ketentuan yang ditetapkan oleh penyelenggara jasa transportasi kereta api.
×