Ketahui Sistem Reputasi

Nilai reputasi pembeli

Nilai reputasi pembeli diberikan oleh penjual ketika pembeli membeli produk. Nilai reputasi pembeli ditampilkan dalam bentuk persentase dari nilai positif yang dapat dilihat di halaman profil pembeli dan di setiap halaman yang terdapat nama pembeli. Nilai reputasi pembeli di halaman profil:

Untuk melihat detail nilai reputasi pembeli, cukup dengan mengarahkan kursor ke nilai tersebut. Seperti gambar di bawah ini:

Hasil nilai persentase dihitung dengan rumus:

 

Contoh :

Apabila pembeli mendapatkan 10 smiley positif, 5 smiley netral, 10 smiley negatif, maka pembeli tersebut akan memiliki nilai reputasi 50% Positif.

 

Kenapa poin reputasi saya menurun?

Seperti yang sudah Toppers ketahui, sistem reputasi pembeli di Tokopedia dihitung berdasarkan poin yang berasal dari smiley yang diberikan oleh penjual, dengan rumus sebagai berikut:

Namun beberapa waktu lalu terjadi kendala pada sistem kami yang menyebabkan adanya perhitungan ganda pada poin reputasi. Misalnya penjual memberikan nilai positif yang berarti 2 poin, tapi karena perhitungan ganda, Anda jadi mendapat 4 poin.

Saat ini, tim kami telah memperbaiki kendala tersebut dan sistem perhitungan poin reputasi sudah kembali normal. Oleh karena itu, mungkin reputasi Anda mengalami penurunan poin. Namun Anda tidak perlu khawatir karena poin reputasi yang saat ini muncul adalah poin reputasi yang sesungguhnya.

 

Nilai reputasi toko

Nilai reputasi toko adalah nilai yang diberikan oleh pembeli untuk toko, setelah pembeli menerima pesanannya. Nilai reputasi toko ditampilkan dalam bentuk badges toko, yang dapat dilihat pada halaman toko dan setiap halaman yang terdapat nama toko. Nilai reputasi toko di halaman toko:

Nilai Reputasi Toko terbagi dalam 4 jenis, yaitu Bronze, Silver, Gold, dan Diamond. Dalam setiap jenis badges tersebut terdapat lima tingkat point. Berikut adalah daftar tingkatan Badges Toko:

Setiap badges toko di atas memiliki kisaran point masing-masing. Point tersebut didapat dari penilaian smiley yang diberikan oleh pembeli. Berikut ini adalah nilai point dari setiap smiley:

 

Statistik nilai kualitas dan akurasi produk

Statistik Nilai Kualitas Produk

Statistik ini menunjukkan nilai rata-rata kualitas produk yang diberikan oleh pembeli.

 

Statistik Nilai Akurasi Produk

Statistik Nilai Akurasi Produk adalah nilai rata-rata akurasi toko dalam memproses pesanan.

 

Catatan: Statistik Nilai Kualitas dan Akurasi Produk akan di-update setiap kali ada review produk oleh pembeli yang masuk ke toko tersebut.

 

Statistik kepuasan toko terbaru

Statistik kepuasan toko ini menampilkan jumlah smiley yang didapat oleh toko dalam kurun waktu 1, 6, dan 12 bulan terakhir, terhitung mulai dari hari ini.

 

Mengapa jumlah statistik toko saya dapat berubah setiap hari?

Statistik kepuasan ini dapat berubah setiap harinya, karena statistik ini bukan dihitung per bulan, melainkan dihitung mulai dari hari ini. Contoh:

 

A. Data yang tampil pada 25 Agustus 2015

Penjelasan untuk data statistik 1 bulan terakhir yang tampil pada tanggal 25 Agustus 2015. Misalkan:

  • Pada tanggal 25 Juli 2015 Toko mendapat 2 Smiley Positif
  • Pada tanggal 26 Juli 2015 Toko mendapat 2 Smiley Netral
  • Tanggal 27 Juli – 25 Agustus 2015 Toko mendapat 18 Smiley Positif

 

B. Data yang tampil pada 26 Agustus 2015

Penjelasan untuk data statistik 1 bulan terakhir yang tampil pada tanggal 26 Agustus 2015. Misalkan:

  • Pada tanggal 25 Juli 2015 Toko mendapat 2 Smiley Positif
  • Pada tanggal 26 Juli 2015 Toko mendapat 2 Smiley Netral
  • Tanggal 27 Juli – 25 Agustus 2015 Toko mendapat 18 Smiley Positif
  • Pada tanggal 26 Agustus 2015 Toko mendapat 1 Smiley Negatif

 

Statistik transaksi

Statistik transaksi ini menampilkan persentase transaksi sukses dari aktivitas penjualan sebuah toko. Data statistik ini dihitung berdasarkan kurun waktu 1, 3, dan 12 bulan terakhir.

 
Catatan:

  • Data statistik transaksi tidak berlaku untuk pembatalan order dari pembeli yang memiliki reputasi positif kurang dari 60% dan atau memiliki feedback smiley kurang dari 3 kali.
  • Data statistik transaksi dihitung terhadap Toko yang telah bertransaksi lebih dari 3 kali.

 

Statistik kecepatan toko

Statistik Kecepatan Toko adalah nilai rata-rata kecepatan toko dalam memproses pesanan, terhitung dari pesanan masuk ke penjual sampai dengan penjual memberikan paket ke logistik.

Namun perlu diperhatikan, yang dihitung adalah pesanan atau transaksi yang telah selesai dan barang telah sampai di tangan pembeli. Dengan statistik ini, user dapat mengetahui kecepatan rata-rata toko tersebut dalam memproses pesanan.

Statistik Kecepatan Toko menampilkan statistik yang didapat oleh toko dalam kurun waktu 1, 3, dan 12bulan terakhir.

 

Catatan: Untuk saat ini statistik kecepatan hanya tersedia untuk versi Desktop dan Mobile.

 

Level nilai kecepatan

Nilai Kecepatan dibagi menjadi 5 tingkatan, yang ditunjukkan dalam tabel di bawah ini:

Nilai Kecepatan akan di-update setiap hari dan diambil berdasarkan data dari pihak agen logistik.

Jadi, apabila penjual lupa meng-input nomor resi pada sistem Tokopedia hingga hari ketiga, padahal telah memproses pesanan sejak hari pertama, Nilai Kecepatan yang terhitung masih masuk dalam kategori Sangat Cepat (hari pertama).

 

Catatan: Nomor resi harus valid, Nomor resi palsu tidak akan masuk perhitungan.

 

Cara menghitung nilai statistik kecepatan toko

Nilai Statistik Kecepatan Toko diambil dengan menghitung Total jumlah transaksi berhasil yang dikalikan dengan poin dari Tiap Transaksi per Jumlah Total Transaksi yang berhasil. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada contoh di bawah ini:

 

Contoh Perhitungan Statistik Kecepatan Toko

Misalnya Toko A mempunyai sepuluh transaksi berhasil, dengan detail kecepatan proses order sebagai berikut:

Empat transaksi selesai diproses dalam waktu 1 hari (Sangat Cepat), tiga transaksi dalam waktu 2 hari (Cepat), dua transaksi dalam waktu 3 hari (Normal), dan satu transaksi dalam waktu 7 hari (Sangat Lambat).

Maka rinciannya adalah sebagai berikut:

4 Transaksi mendapat nilai 5

3 Transaksi mendapat nilai 4

2 Transaksi mendapat nilai 3

1 Transaksi mendapat nilai 1

Perhitungan Nilai Kecepatan Toko untuk Toko A adalah:

Dari hasil perhitungan di atas, didapatkan nilai rata-rata kecepatan toko A adalah 3,9. Untuk menentukan tingkat kecepatan toko A, mari kita lihat table nilai rata-rata kecepatan toko di bawah ini:

Nilai Rata-rata Kecepatan Toko A adalah 3,9 yang artinya rata-rata kecepatan proses transaksi di Toko A berada di tingkat Cepat.

 

Kecepatan pengiriman toko

Kecepatan Pengiriman Toko adalah waktu pengiriman tercepat toko dalam 1 hari, terhitung dari penjual menerima pesanan masuk sampai dengan penjual memasukkan nomor resi. Kecepatan Pengiriman Toko ini diambil berdasarkan waktu tercepat dalam satu hari (24 jam).

Nilai yang ditampilkan di Kecepatan Pengiriman Toko akan di-update setiap harinya apabila melakukan proses penerimaan pesanan. Jika tidak ada proses menerima pesanan, maka yang ditampilkan adalah nilai yang didapat pada hari terakhir toko tersebut melakukan proses penerimaan pesanan.

 

Contoh Perhitungan Kecepatan Pengiriman Toko

Misalnya Toko B pada hari Minggu menerima dan memproses pesanan sebanyak 3 kali, dengan rincian sebagai berikut:

  • Pesanan pertama pada pukul 1 siang dan diproses dalam waktu 6 jam,
  • Pesanan kedua pada pukul 7 malam dan diproses dalam waktu 1 jam,
  • Pesanan ketiga pada pukul 9 malam, diproses dalam waktu 3 jam.

Karena Kecepatan Pengiriman Toko ditentukan berdasarkan waktu tercepat dalam satu hari (24 jam) tersebut, maka nilai yang ditampilkan di Toko B pada hari Senin adalah 1 jam. Jika dalam waktu 24 jam berikutnya Toko B tidak melakukan penerimaan dan memproses pesanan, nilai yang ditampilkan adalah yang terakhir didapat (1 jam).

Berikut adalah contoh perhitungan Toko B dalam satu minggu:

×