Apa itu Broadcast Chat?

Broadcast Chat adalah fitur berbayar untuk menyebarkan pesan sekaligus kepada seluruh followers toko Anda di Tokopedia dalam sekali kirim. Fitur Broadcast Chat dapat digunakan apabila toko Anda memiliki kredit TopAds yang akan langsung terpotong setelah pesan yang Anda kirimkan sudah diterima.
*Untuk saat ini, fitur Broadcast Chat hanya dapat digunakan melalui desktop.

Penjual dapat membuat pesan dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Gambar: adalah konten visual (gambar) yang dibuat oleh penjual untuk diunggah ke dalam pesan yang akan disebar. Gambar diharuskan untuk berbentuk persegi dan memiliki resolusi minimum 760×760 pixel
  2. Text / Tulisan: adalah konten narasi yang dibuat oleh penjual untuk dilampirkan ke dalam pesan yang disebar. Penjual dapat menggunakan untuk memberikan penjelasan lebih lanjut. Maksimum adalah 300 karakter.
  3. Attachment link Produk: adalah button dengan gambar dan harga produk yang bisa diunggah ke dalam pesan yang akan disebar. Button yang terlampir bisa di klik oleh penerima pesan untuk langsung menuju ke product page. Maksimum 3 link produk.

 

Cara Menggunakan Broadcast Chat

  1. Buka Inbox/Chat Room.                                                                            User-added image
  2. Pilih Buat Pesan. Anda akan diarahkan ke halaman Broadcast Dashboard. User-added image
  3. Buatlah pesan dengan cara upload banner promosi (wajib), lampiran produk (opsional, maksimal 3), dan isi pesan (wajib) pada halaman Buat Broadcast Chat. User-added image
  4. Atur budget Anda. Biaya pengiriman akan dikenakan saat pesan yang Anda kirim sudah diterima oleh follower toko Anda. Biaya minimal untuk sekali pengiriman pesan adalah Rp 5000. Pastikan sisa saldo Topads masih tersedia sebesar Rp50.000 setelah pengiriman Broadcast Chat.  User-added image
  5. Klik Submit dan Broadcast Chat Anda akan langsung terkirim!                          User-added image
  6. Berikut merupakan tampilan Broadcast Chat setelah berhasil diterima oleh follower toko Anda.                                                User-added image

 

FAQ Seputar Broadcast Chat

Apa itu Broadcast Chat?

Broadcast Chat adalah fitur berbayar untuk menyebarkan pesan sekaligus kepada seluruh followers toko Anda di Tokopedia dalam sekali kirim. Fitur Broadcast Chat dapat digunakan apabila toko Anda memiliki kredit TopAds yang akan langsung terpotong setelah pesan yang Anda kirimkan sudah diterima.
*Untuk saat ini, fitur Broadcast Chat hanya dapat digunakan melalui desktop.

Apakah terdapat syarat khusus bagi merchant untuk mengaktifkan layanan Broadcast Chat?

Fitur Broadcast Chat dapat diaktifkan oleh seller-seller yang mempunyai akses ke fitur Broadcast Chat di desktop.

Bagaimana cara mengaktifkan Broadcast Chat?

  1. Buka Inbox/Chat Room.
  2. Pilih Buat Pesan. Anda akan diarahkan ke halaman Broadcast Dashboard.
  3. Buatlah pesan dengan cara upload banner promosi (wajib), lampiran produk (opsional, maksimal 3), dan isi pesan (wajib) pada halaman Buat Broadcast Chat.
  4. Atur budget Anda. Biaya pengiriman akan dikenakan saat pesan yang Anda kirim sudah diterima oleh follower toko Anda. Biaya minimal untuk sekali pengiriman pesan adalah Rp 5000. Pastikan sisa saldo Topads masih tersedia sebesar Rp50.000 setelah pengiriman Broadcast Chat. 
  5. Klik Submit dan Broadcast Chat Anda akan langsung terkirim!
  6. Berikut merupakan tampilan Broadcast Chat setelah berhasil diterima oleh follower toko Anda.

Mengapa Broadcast Chat tidak terkirimkan?

Ada beberapa kemungkinan yaitu :

  1. Saldo Topads tidak mencukupi (minimal saldo tersisa 50.000 setelah melakukan Broadcast Chat).
  2. Sudah melakukan Broadcast Chat 1x dalam minggu ini (hanya di limit 1x pengiriman per minggu nya).
  3. Isi daripada pesan Broadcast Chat tidak sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Apa keuntungan menggunakan fitur Broadcast Chat?

  1. Memudahkan Anda dalam membuat pengumuman menarik, seperti promosi, produk baru, maupun info dan tips yang menarik bagi followers toko Anda.
  2. Meningkatkan efektivitas informasi, promosi atau produk yang disebarkan kepada banyak followers secara bersamaan dalam 1 kali kirim.
  3. Anda juga bisa terus berinteraksi dengan followers toko Anda, seperti mengingatkan pembeli untuk menyelesaikan transaksi pembelian produk yang sudah dimasukkan ke Wishlist.

Bagaimana cara menggunakan fitur Broadcast Chat ini dapat meningkatkan penjualan toko?

  1. Ide konten yang menarik
  2. Pesan yang informatif namun tetap singkat.
  3. Tambahkan gambar untuk memudahkan followers memvisualisasikan pesan yang ingin Anda sampaikan.
  4. Beri jeda waktu untuk menyebarkan pesan, sebaiknya jangan terlalu sering agar followers toko Anda tidak merasa terganggu.
  5. Hindari penggunaan teks yang terlalu banyak pada gambar.
  6. Tidak menampilkan konten yang berbau SARA. Tokopedia akan menghapus konten yang berbau SARA

Berapa biaya yang dibutuhkan untuk mengirimkan pesan Broadcast Chat?

Anda dapat mengatur biaya untuk pengiriman pesan Broadcast Chat sesuai dengan anggaran dan kebutuhan Anda. Semakin besar anggaran yang Anda miliki, semakin besar jumlah followers yang berpotensi untuk menerima pesan Anda.

Bagaimana cara menentukan target penerima pesan jika mode yang dipilih adalah Auto?

Penerima pesan Broadcast Chat Anda akan dipilih secara acak dari total followers toko Anda.

Bagaimana cara memantau hasil penggunaan fitur Broadcast Chat?

Anda dapat memantau informasi statistik melalui Dashboard Broadcast Chat. Tampilan presentasi informasi Pesan Dibaca berdasarkan data selama 7 hari setelah pesan terkirim.

Mengapa pesan yang sudah saya kirimkan melalui Broadcast Chat, tetapi pesan belum diterima oleh followers saya?

Proses pengiriman pesan Broadcast Chat memerlukan waktu dengan estimasi 3000 pesan/menit.

Kapan saldo TopAds saya akan terpotong?

Saldo TopAds akan terpotong ketika pesan yang Anda kirimkan sudah diterima oleh followers toko Anda.

Sanksi dan Pelanggaran

Mengacu pada Syarat dan Ketentuan Broadcast Chat bagi Penjual, maka jika ditemukan adanya manipulasi, pelanggaran maupun pemanfaatan fitur Broadcast Chat untuk keuntungan pribadi Pengguna, maupun indikasi kecurangan atau pelanggaran pelanggaran Syarat dan Ketentuan ini, Ketentuan Situs Tokopedia, dan ketentuan hukum yang berlaku di wilayah negara Indonesia, Tokopedia berhak tanpa pemberitahuan sebelumnya, melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan termasuk namun tidak terbatas pada penghentian penggunaan fitur Broadcast Chat, membatalkan transaksi, menahan dana, menurunkan reputasi toko, menutup toko atau akun, serta hal-hal lainnya.
 

Jenis Sanksi

Level I : Peringatan I
Penjual yang ditemukan melanggar Syarat dan Ketentuan penggunaan Broadcast Chat untuk pertama kalinya akan diberikan sanksi oleh Tokopedia berdasarkan Level I. Level I merupakan peringatan tertulis yang akan dikirim langsung kepada Penjual melalui TopChat. Broadcast Chat yang telah dikirimkan akan ditarik kembali dan saldo TopAds Penjual tidak terpotong.

Level II: Peringatan II
Level II merupakan peringatan yang dikeluarkan oleh Tokopedia apabila Penjual melakukan pelanggaran kembali untuk kedua kalinya. Peringatan Tertulis akan dikirim langsung kepada Penjual melalui TopChat (Push Notification) dan Email. Broadcast Chat yang telah dikirimkan akan ditarik kembali dan saldo TopAds Penjual akan tetap terpotong.

Level III: Penghentian fitur Broadcast Chat
Level III merupakan tindakan yang dikeluarkan oleh Tokopedia berupa penghentian fasilitas Broadcast Chat yang disampaikan kepada Penjual melalui TopChat dan Email. Penghentian ini akan menyebabkan Penjual tidak dapat menggunakan fitur Broadcast Chat secara permanen.

Level IV: Menonaktifkan Akun Penjual Sementara Waktu
Pada level IV ini Tokopedia akan menonaktifkan akun Penjual yang terbukti melakukan pelanggaran Broadcast Chat untuk jenis pelanggaran level VI untuk sementara waktu. Akun Penjual dapat digunakan kembali setelah periode penonaktifan selesai.

Level V: Menonaktifkan Akun Penjual Permanen
Pada Level V, pelanggaran yang dilakukan akan menyebabkan penonaktifan terhadap akun Penjual secara permanen. Penjual tidak dapat memakai kembali akun tersebut baik untuk transaksi dan/atau maupun hal lainnya.
 

Jenis Pelanggaran

Akun penjual yang mengirimkan pesan Broadcast Chat tidak mengikuti aturan yang berlaku (foto akun, nama akun, dan deskripsi akun).

  1. Pesan Broadcast Chat mengandung logo dan maskot Tokopedia yang tidak mengikuti ketentuan yang berlaku.
  2. Pesan Broadcast Chat yang mengandung Hak Kekayaan Intelektual  pihak lain dan/atau tidak terkait dengan produk yang dijual melalui Situs/Aplikasi Tokopedia
  3. Pesan Broadcast Chat mengandung kata kasar dan tidak sesuai norma yang berlaku.
  4. Pesan Broadcast Chat berisi konten yang belum dapat dipastikan kebenarannya (ambigu / hoax).
  5. Pesan Broadcast Chat berisi konten yang tidak berhubungan dengan kegiatan jual-beli di aplikasi Tokopedia.
  6. Pesan Broadcast Chat bermuatan unsur SARA dan Politik. (Level III)
  7. Pesan Broadcast Chat berisi tautan URL yang mengandung konten yang tidak sesuai norma, kejahatan, unsur SARA, politik, dan konten yang dapat merugikan pengguna. (Level IV)
  8. Pesan Broadcast Chat digunakan untuk tindakan kriminal dan melanggar peraturan di Indonesia. (Level V)

 

Syarat dan Ketentuan Broadcast Chat

A. Definisi

  1. Tokopedia adalah PT Tokopedia dan seluruh afiliasi atau anak perusahaannya, suatu perseroan terbatas yang menjalankan kegiatan usaha jasa web portal www.tokopedia.com, yakni situs pencarian toko dan Barang yang dijual oleh penjual terdaftar.
  2. Situs/Aplikasi adalah situs www.tokopedia.com milik Tokopedia yang dapat diakses melalui desktop site dan/atau aplikasi yang berbasis Android atau iOS.
  3. Pengguna adalah pihak yang menggunakan layanan Tokopedia, termasuk namun tidak terbatas pada pembeli, penjual ataupun pihak lain yang sekedar berkunjung ke Situs Tokopedia.
  4. Pembeli adalah Pengguna terdaftar yang melakukan permintaan atas Barang yang dijual oleh Penjual di Situs Tokopedia.
  5. Penjual adalah Pengguna terdaftar yang melakukan tindakan buka toko dan/atau melakukan penawaran atas suatu Barang kepada para Pengguna Situs Tokopedia.
  6. Barang adalah benda yang berwujud/memiliki fisik Barang yang dapat diantar/memenuhi kriteria pengiriman oleh perusahaan jasa pengiriman Barang.
  7. Broadcast Chat adalah fitur yang memungkinkan penjual untuk melakukan kegiatan promo penjualan secara berbayar dan terbatas dengan cara mengirimkan pesan kepada banyak penerima pesan sekaligus.
  8. Kuota adalah batas jumlah penjual dapat menggunakan fitur broadcast chat, dimana batas untuk setiap seller 1x melakukan broadcast chat dalam kurun waktu 1 minggu atau maksimal 4x dalam kurun waktu 1 bulan.
  9. Ketentuan Situs adalah Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi, Kebijakan Privasi, Syarat dan Ketentuan ini dan setiap Syarat dan Ketentuan lain yang dapat berlaku untuk atau sehubungan dengan penggunaan Situs/Aplikasi dan seluruh fitur yang terdapat di dalamnya.
  10. Syarat dan Ketentuan adalah Syarat dan Ketentuan untuk menggunakan Broadcast Chat.

B. Umum

  1. Fitur Broadcast Chat hanya dapat digunakan oleh Pengguna terdaftar sebagai Penjual di Situs/Aplikasi.
  2. Tokopedia berwenang untuk melakukan tindakan yang diperlukan, termasuk namun tidak terbatas pada: (i) penghentian penggunaan fitur Broadcast Chat; (ii) penahanan dana; (iii) pembatalan transaksi; (iv) menurunkan reputasi toko; (v) menutup toko dan/atau (vi) penutupan akun Pengguna, serta hal-hal lainnya, tanpa pemberitahuan sebelumnya, untuk sementara atau untuk selamanya, jika ditemukan adanya manipulasi, pelanggaran maupun pemanfaatan fitur Broadcast Chat untuk keuntungan pribadi Pengguna, maupun indikasi kecurangan atau pelanggaran pelanggaran Syarat dan Ketentuan ini, Ketentuan Situs Tokopedia, dan/atau ketentuan hukum yang berlaku di wilayah negara Indonesia.
  3. Dengan menggunakan Broadcast Chat, maka Pengguna dianggap telah menyetujui dan mematuhi Syarat dan Ketentuan ini.
  4. Syarat dan Ketentuan ini dapat diubah dan/atau diperbaharui dari waktu ke waktu, Tokopedia menyarankan agar Pengguna membaca secara seksama dan memeriksa Syarat dan Ketentuan ini dari waktu ke waktu untuk mengetahui perubahan apapun, dengan mengakses Situs/Aplikasi, maka dianggap telah membaca dan menyetujui Syarat dan Ketentuan ini.

C. Penggunaan

  1. Penjual dapat menggunakan Broadcast Chat dengan melakukan pengisian kredit TopAds terlebih dahulu, dimana minimum kredit TopAds yang harus dimiliki oleh Pengguna, baik sebelum maupun sesudah menggunakan Broadcast Chat, adalah sebesar Rp50.000 (lima puluh ribu Rupiah).
  2. Minimum penggunaan kredit TopAds dalam satu kali pengiriman pesan adalah Rp5.000 (lima ribu Rupiah).
  3. Penjual dianggap menyetujui pemotongan terhadap kredit TopAdsnya apabila telah mengakses tombol “kirim pesan”.
  4. Penjual bertanggungjawab terhadap isi pesan yang dikirimkan melalui Broadcast Chat pada Situs/Aplikasi sesuai dengan poin D dalam Syarat dan Ketentuan ini.
  5. Setiap Barang yang akan dicantumkan dalam isi pesan harus merupakan Barang yang tersedia dan dijual oleh Penjual pada Situs/Aplikasi.
  6. Penjual dapat menggunakan fitur Broadcast Chat berdasarkan Kuota yang telah ditetapkan oleh Tokopedia, dimana Penjual dapat menggunakan Broadcast Chat sebanyak 1 (satu) kali untuk 1 (satu) minggu atau maksimal sebanyak 4 (empat) kali dalam 1 (satu) bulan.
  7. Kuota pengiriman pesan melalui Broadcast Chat akan kembali semula (reset) pada hari Senin di setiap minggunya.
  8. Penjual tidak dapat melakukan pembatalan atas pesan melalui Broadcast Chat yang telah dikirimkan kepada Pengguna.
  9. Tokopedia berwenang melakukan penahanan atas pesan Penjual yang dikirimkan melalui Broadcast Chat, termasuk namun tidak terbatas pada: (i) apabila tidak terdapat kredit TopAds Penjual sebesar Rp. 50.000,- (lima puluh ribu rupiah); dan/atau (ii) apabila pengiriman pesan melalui Broadcast Chat telah mencapai Kuota yang ditentukan pada poin C.5 diatas.
  10. Penjual bisa menggunakan Broadcast Chat dengan kredit TopAds. Untuk mengisi saldo TopAds dapat dibaca melalui Syarat dan Ketentuan TopAds.

D. Konten

  1. Penjual wajib membaca dan mematuhi ketentuan yang terdapat dalam Panduan Iklan Tokopedia dalam membuat isi pesan melalui Broadcast Chat.
  2. Tokopedia berhak untuk menghentikan dan/atau membatalkan Broadcast Chat dari Penjual, termasuk namun tidak terbatas pada apabila (i) isi pesan bermuatan unsur SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan) dan/atau Politik; (ii) isi pesan melanggar Hak Kekayaan Intelektual Tokopedia; (iii) isi pesan diduga melanggar Hak Kekayaan Intelektual pihak ketiga lainnya berdasarkan laporan dari pemilik Hak Kekayaan Intelektual maupun dari penilaian sendiri dari Tokopedia; dan/atau (iv) isi pesan melanggar Syarat dan Ketentuan, Panduan Iklan Tokopedia, Ketentuan Situs dan/atau ketentuan hukum yang berlaku di wilayah negara Indonesia; atau ketentuan lainnya sesuai dengan kebijakan dan penilaian dari Tokopedia.
  3. Apabila Penjual melakukan pelanggaran sebagaimana dimaksud pada poin D.2. diatas ini, maka kredit TopAds yang sudah terpakai tidak bisa dikembalikan dan Penjual akan dikenakan sanksi, sesuai dengan tingkatan sanksi sebagaimana tercantum pada Sanksi dan Pelanggaran. Mohon dicatat bahwa Tokopedia berhak sesuai dengan kebijakannya sendiri untuk menerapkan sanksi tanpa memperhatikan tingkatan sanksi tersebut. Sebagai contoh penerapan ketentuan tersebut, yaitu apabila menurut kebijakan Tokopedia Penjual melakukan pelanggaran yang substantif, maka Tokopedia dapat langsung menonaktifkan akun Penjual secara permanen.
  4. Hak Kekayaan Intelektual yang di miliki oleh Tokopedia, termasuk namun tidak terbatas pada logo dan maskot, hanya diperbolehkan untuk digunakan melalui fitur Broadcast Chat pada Situs/Aplikasi.
  5. Untuk penggunaan logo dan maskot Tokopedia, dapat di unduh DISINI.

×