Dokumen Pendukung Pinjaman

Apa itu SKU/SKDU/IUMK/SIUP?

  1. SKU (Surat Keterangan Usaha) merupakan surat yang dibuat oleh petugas berwenang, dalam hal ini Kelurahan atau Kepala Desa, untuk menerangkan bahwa orang yang namanya tertera dalam surat tersebut benar merupakan penduduk di RT dan RW yang berada di bawah Kelurahan atau Desa tersebut dan benar memiliki sebuah usaha yang disebutkan dalam surat tersebut.
  2. SKDU (Surat Keterangan Domisili Usaha) merupakan surat yang menerangkan domisili suatu badan usaha, dalam hal ini Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Selain itu, surat ini juga sebagai tanda bukti domisili UKM Anda.
  3. IUMK (Izin Usaha Mikro dan Kecil) merupakan tanda legalitas bagi pelaku usaha berupa izin usaha mikro dan kecil. Untuk pengurusan IUMK bisa melalui lurah atau camat.
  4. SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) merupakan dokumen yang diperlukan dan diwajibkan bagi orang perseorangan maupun badan usaha yang akan mendirikan usaha perdagangan.

 

Apa itu NPWP pribadi/NPWP badan?

NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) merupakan nomor yang diberikan kepada wajib pajak untuk mempermudah administrasi perpajakan yang dipergunakan sebagai tanda pengenal diri atau identitas wajib pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakan.

NPWP bisa dikategorikan menjadi 2 jenis, yang pertama NPWP Pribadi apabila bentuk usahanya perseorangan, yang ke dua NPWP Badan apabila bentuk usahanya sudah CV atau PT.

 

Apa itu jaminan/agunan?

Jaminan / agunan adalah aset yang dijaminkan kepada pihak penyedia jasa pinjaman. Jaminan / agunan bisa berupa tanah, motor, mobil, rumah, ruko, barang inventori dan lainnya.

 

Apakah saya harus memberikan agunan untuk mendapatkan pinjaman?

Untuk mendapatkan pinjaman tidak wajib memberikan agunan. Agunan tidak diwajibkan untuk semua produk pinjaman. Untuk beberapa produk pinjaman memerlukan adanya agunan. Silakan lihat lebih lanjut di Fitur Bandingkan Pinjaman.

×