FAQ Promo Gratis Ongkos Kirim

1. Berapa kali promo GRATISONGKIR dapat digunakan?

Satu akun, satu nomor handphone, satu nomor kartu kredit, dan satu identitas pembayaran hanya bisa mengikuti promo ini sebanyak satu (1) kali per hari selama periode promo.

Jika pembeli sudah menggunakan promo tersebut, maka akan mendapat notifikasi "Akun Anda telah melebihi batas penggunaan".

2. Berapa ongkos kirim yang ditanggung Tokopedia ?

Ongkos kirim yang ditanggung Tokopedia:

  • Rp30.000 untuk pengiriman ke wilayah Jawa
  • Rp35.000 untuk pengiriman ke wilayah Bali, Kepulauan Riau, dan Kepulauan Bangka Belitung.
  • Rp40.000 untuk pengiriman ke wilayah Sumatera, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Kepulauan Maluku, dan Papua.

Subsidi ongkos kirim akan diterima untuk destinasi ke wilayah yang menanggung biaya ongkos kirim terbesar.

3. Bagaimana cara melakukan perhitungan ongkos kirim?

Pembeli akan mendapatkan subsidi ongkos kirim sesuai dengan destinasi ke wilayah yang menanggung total biaya ongkos kirim terbesar. Berikut beberapa contoh perhitungannya dengan kondisi toko berada di wilayah Jawa.

  • Pembeli melakukan 2 transaksi yang akan dikirimkan ke wilayah Jawa dan Papua, maka subsidi akan diberikan untuk invoice pengiriman ke Papua dengan maksimal Rp40.000.
  • Pembeli melakukan transaksi untuk 3 invoice, yang akan di kirim ke wilayah Jawa, Bali, dan Papua : maka subsidi akan diberikan untuk pengiriman ke Papua dengan maksimal Rp40.000.
  • Untuk kondisi point B, jika invoice yang dikirimkan ke Papua dibatalkan penjual, maka subsidi akan dianggap hangus.
  • Pembeli melakukan transaksi untuk 3 invoice, yang akan di kirim wilayah Jawa (1 invoice) dan Papua (2 invoice), maka subsidi akan diberikan untuk pengiriman ke Papua maksimal Rp40.000 (dibagi secara proporsional) sebagai wilayah yang menanggung total biaya ongkos kirim terbesar.
  • Pembeli melakukan transaksi untuk 4 invoice, yang akan dikirimkan ke wilayah Jawa (1 invoice sebesar Rp9.000), Bali (2 invoice sebesar Rp18.000×2 = Rp36.000), Sulawesi (1 invoice sebesar Rp34.000). Maka subsidi akan diberikan untuk kedua invoice dengan pengiriman ke Bali sebesar Rp35.000 (dibagi secara proporsional) sebagai wilayah yang menanggung total biaya ongkos kirim terbesar.

4. Transaksi saya hari ini gagal, apakah bisa menggunakan promo ini kembali?

Jika penjual membatalkan pesanan, pembeli tidak dapat menggunakan kode voucher GRATISONGKIR kembali di hari yang sama. Namun jika pembeli ingin membatalkan pesanan saat belum melakukan pembayaran, pembeli masih bisa menggunakan kode voucher di hari yang sama.

5. Jumlah minimal transaksi saya sudah sesuai ketentuan untuk mengikuti promo mengapa masih tidak dapat menggunakan kode promo tersebut?

Untuk setiap promo yang tersedia, jumlah minimal transaksi yang Anda lakukan adalah seharga produk tidak termasuk ongkos kirim.

6. Mengapa saya tidak bisa menggunakan promo dengan aplikasi Tokopedia?

Silakan melakukan update versi terbaru Aplikasi Tokopedia Anda terlebih dahulu.

7. Bagaimana jika transaksi saya dibatalkan atau masuk ke Pusat Resolusi?

Jika transaksi dibatalkan oleh penjual, di-refund sebagian atau masuk ke Pusat Resolusi, maka kode promo yang digunakan akan hangus atau tidak bisa digunakan kembali. Dana yang kembali ke pembeli akan disesuaikan dan nominal pengembalian akan dikurangi subsidi ongkir Tokopedia.

8. Bagaimana jika penjual melakukan perubahan pada kurir pengiriman?​

Jika penjual melakukan ubah kurir berbeda dengan kurir pilihan pembeli yang mengakibatkan terjadinya selisih ongkos kirim, maka pengembalian selisih ongkos kirim ke pembeli akan disesuaikan dan nominal pengembalian akan dikurangi subsidi ongkir Tokopedia.

9. Apakah promo dapat digabung dengan promo cashback dari penjual (cashback merchant)?

Promo GRATISONGKIR dapat digabungan dengan cashback yang diberikan dari penjual.

10. Apakah promo GRATISONGKIR digunakan untuk fitur peluang?

Jika transaksi Anda yang pertama ditolak penjual dan masuk ke dalam fitur peluang, maka transaksi Anda akan tetap tercatat menggunakan promo GRATISONGKIR.

×