FAQ Seputar Layanan Asuransi Pengiriman

  1. Apa itu Layanan Asuransi Pengiriman?

    Layanan Asuransi Pengiriman adalah asuransi pengiriman yang disediakan untuk melindungi transaksi dari kemungkinan kendala yang terjadi pada saat proses pengiriman produk, sehingga nantinya user tidak perlu membayarkan asuransi yang disediakan pihak Logistik yang digunakan.

  2. Apa bedanya dengan asuransi dari ekspedisi?

    Asuransi dari ekspedisi akan ditiadakan oleh Tokopedia dan pada setiap transaksi di Tokopedia hanya menggunakan layanan asuransi pengiriman jika pada transaksinya memilih untuk menggunakan asuransi, kecuali untuk transaksi menggunakan ekspedisi Wahana dengan harga barang lebih dari Rp199.000,- (Seratus sembilan puluh sembilan ribu rupiah) karena asuransinya akan otomatis dari ekspedisi Wahana.

  3. Apakah syarat untuk menggunakan layanan asuransi pengiriman sama dengan syarat asuransi dari ekspedisi sebelumnya?

    Untuk menggunakan layanan asuransi pengiriman tidak ada syarat dan ketentuan khusus, setiap transaksi dapat menggunakan asuransi pengiriman. Kembali, kecuali untuk transaksi menggunakan ekspedisi Wahana dengan harga barang lebih dari Rp199.000,- (Seratus sembilan puluh sembilan ribu rupiah) karena asuransinya akan otomatis dari ekspedisi Wahana.

  4. Kategori produk apa saja yang dapat menggunakan layanan ini?

    Layanan ini bisa digunakan untuk transaksi semua produk namun pada kategori produk makanan & minuman hanya yang menggunakan jenis pengiriman Instant Courier saja

  5. Apa yang saya dapatkan jika saya menggunakan layanan asuransi pengiriman dan apa perbedaan jika saya tidak menggunakan asuransi pengiriman?

    Jika Anda menggunakan asuransi pengiriman maka Anda akan mendapatkan perlindungan dalam proses pengiriman barang yang Anda beli. Bila pada proses pengirimannya terjadi kendala (hilang atau rusak) maka barang Anda tersebut dapat dibantu laporkan melalui Pusat Resolusi agar bisa dibantu klaim asuransinya. Namun jika Anda tidak menggunakan asuransi pengiriman dan barang yang Anda beli mengalami kendala (hilang atau rusak) maka tidak dapat diklaim dengan asuransi pengiriman dan dapat dilakuka klaim ke ekspedisi yang digunakan dengan merujuk syarat & ketentuan klaim dari ekspedisi tersebut.

  6. Apakah ada biaya lainnya jika menggunakan asuransi pengiriman?

    Untuk menggunakan asuransi pengiriman terdapat biaya asuransinya yaitu 0,20% (Nol koma dua puluh persen) dari harga invoice. Maksimum pergantian sebesar Rp100.000.000 (seratus juta rupiah) per invoice.

  7. Berapa lama waktu investigasi jika terjadi kendala yang menggunakan layanan asuransi pengiriman?

    Untuk kasus barang hilang, Tokopedia akan meminta konfirmasi kehilangan dari pihak ekspedisi pengiriman terkait (3 hari kalendar untuk pengiriman Instant, Same Day, dan Next Day; 7 hari kalendar untuk pengiriman Regular). Setelah mendapatkan konfirmasi, proses investigasi dari PT Asuransi Tokio Marine, selama 1×24 jam kerja setelah dokumen klaim di serahkan Untuk kasus barang Rusak proses investigasi adalah 1×24 jam kerja semenjak seluruh dokumen di serahkan kepada pihak PT Asuransi Tokio Marine Indonesia.

  8. Apa saja yang tercover oleh asuransi tersebut dan kendala apa saja yang dapat diklaim asuransinya?

    Yang tercover oleh asuransi mengikuti kendala yang terjadi. Untuk kendala yang dapat diajukan klaimnya yaitu barang hilang, kurang atau rusak.

  • Untuk barang hilang yang tercover asuransi adalah senilai invoice, yaitu harga barang dan ongkos kirim. Jika harga barang lebih dari Rp5.000.000,- (Lima juta rupiah) maka dibutuhkan surat kepolisian yang menyatakan barangnya hilang.
  • Untuk barang kurang yang tercover asuransi adalah senilai barang yang kurang.
  • Untuk barang rusak, barang tersebut dapat di retur terlebih dahulu ke alamat yang akan diberikan Tokopedia jika harga barangnya diatas Rp1.000.000,- (Satu juta rupiah) atau elektronik dan nantinya pergantian yang diterima adalah seharga barang dengan ongkos kirim awal dan retur.
×