FAQ Seputar Pembayaran BPJS

  1. Sudah berhasil melakukan pembayaran, tapi mengapa tagihan BPJS saya masih muncul?

    Jawab: Setelah pembayaran berhasil, BPJS memerlukan waktu untuk melakukan update status kepesertaan Anda. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena Struk bukti bayar Tokopedia merupakan bukti resmi dimana dapat dijadikan acuan untuk bukti bayar kepada pihak BPJS.

    Untuk melakukan pengecekan apakah pembayaran Anda sudah masuk pada sistem BPJS, Anda dapat melakukan pengecekan di situs BPJS Kesehatan Tokopedia. Cek di kolom “Tanggal Pembayaran Terakhir” beserta nominal pembayaran apakah sudah sesuai dengan tanggal dan nominal terakhir yang Anda bayarkan di Tokopedia.

  2. Kapan status saya akan terupdate di BPJS?

    Jawab: Apabila pembayaran tagihan yang Anda lakukan sudah dinyatakan berhasil oleh pihak Tokopedia, namun tagihan pembayaran masih muncul, Anda bisa menunggu dan menghubungi pihak BPJS di Care Center 24 jam BPJS Kesehatan di 1500400 atau Contact Center BPJS Ketenagakerjaan di 1500910.

  3. Apakah setelah melakukan pembayaran kartu BPJS sudah dapat saya gunakan?

    Jawab: Setelah melakukan pembayaran, Anda dapat langsung menggunakan layanan kartu BPJS Anda dan dapat menunjukan struk bukti pembayaran dari Tokopedia sebagai bukti resmi pembayaran Anda.

  4. Apakah saya akan dikenakan denda pada tagihan berikutnya jika status BPJS saya belum terupdate?

    Jawab: Tidak ada denda keterlambatan pembayaran iuran terhitung mulai tanggal 1 Juli 2016. Denda dikenakan apabila dalam waktu 45 (empat puluh lima) hari sejak status kepesertaan diaktifkan kembali, peserta yang bersangkutan memperoleh pelayanan kesehatan rawat inap.  Denda yang dikenakan sebesar 2,5% dari biaya pelayanan kesehatan untuk setiap bulan tertunggak, dengan ketentuan:

    1. Jumlah bulan tertunggak paling banyak 12 (dua belas) bulan.
    2. Besar denda paling tinggi Rp.30.000.000,- (tiga puluh juta rupiah).
  5. Saat saya ingin melakukan pembayaran, mengapa tagihan sebelumnya masih belum lunas?

    Jawab: Anda dapat melakukan pengecekan status kepesertaan dan tagihan BPJS Anda di halaman website Tokopedia BPJS.

    Informasi pembayaran terakhir Anda akan muncul di kolom “Tanggal Pembayaran Terakhir” beserta nominal pembayaran. Jika tanggal pembayaran terakhir Anda sudah sesuai namun tagihan masih muncul, silahkan menghubungi pihak BPJS di Care Center 24 jam BPJS Kesehatan di 1500400 atau Contact Center BPJS Ketenagakerjaan di 1500910

×