FAQ Seputar TokoPoints

Apakah saya dapat mendaftarkan akun Tokopedia saya sebagai akun TokoPoints?

Setiap Pengguna Tokopedia dengan akun yang telah terverifikasi akan terdaftar secara otomatis menjadi pemilik akun TokoPoints, sehingga Anda tidak perlu melakukan aktivasi kembali ke akun TokoPoints.

Apa itu Lucky Egg dan bagaimana cara untuk memainkan Lucky Egg ?

Pengguna yang bertransaksi di Tokopedia Marketplace (tidak termasuk langganan Gold Merchant dan pembelian TopAds), Official Store, dan Produk Digital (kecuali Gift Card, Emas, Deals, Pembayaran Zakat, dan Donasi) sesuai dengan syarat dan ketentuan maka akan mendapatkan kesempatan memainkan Lucky Egg. Nantinya, Anda dapat memainkan Lucky Egg tersebut untuk mendapatkan Points dan Loyalty. Cara memainkannya adalah dengan cara :

  • Buka Aplikasi Tokopedia.
  • Klik icon Lucky Egg yang ada di sebelah kanan halaman depan Aplikasi Tokopedia
  • Klik gambar Lucky Egg yang muncul untuk mendapatkan Points dan Loyalty dari Transaksi yang telah dilakukan.
  • Klik tombol “Pecahkan Lucky Egg lainnya” untuk memecahkan Lucky Egg lain yang Anda miliki
  • Klik “Cek TokoPoints Anda sekarang” untuk masuk ke halaman TokoPoints Anda

Berapa Point yang akan saya dapat dari setiap transaksi?

Jumlah Points dan Loyalty yang Anda dapat setiap transaksi akan ditentukan oleh Tokopedia.

Kapan saya akan akan menerima Points dan Loyalty?

Points dan Loyalty akan didapatkan setelah Anda memainkan, Lucky Egg. Dimana Lucky Egg tersebut akan didapat dalam waktu maksimal 1 X 24 Jam setelah transaksi sukses (untuk Produk Digital) dan/atau setelah melakukan konfirmasi penerimaan pesanan (untuk transaksi Marketplace dan Official Store).

Apakah saya dapat berbagi Points dengan Pengguna lain?

Points dan Loyalty Anda tidak dapat dibagikan ke Pengguna lain ataupun sebaliknya.

Apakah saya dapat berbagi Kupon dengan Pengguna lain?

Khusus untuk Membership Gold dan/atau tingkatan diatasnya, Kupon yang ada di Penukaran Points dapat dikirimkan ke Pengguna lain dengan cara klik “Kirim”.

Apakah terdapat batasan maksimal Kupon yang dapat saya tukar per hari?

Anda dapat menukarkan Points menjadi Kupon dengan batas maksimal 10 kali penukaran/kupon/hari.

Berapa lama masa berlaku Kupon yang sudah saya tukar?

Setiap Kupon yang sudah Anda tukar memiliki masa aktif dan ketentuan yang berbeda – beda, Anda dapat melakukan pengecekan Syarat dan Ketentuan pada masing-masing Kupon.

Kenapa salah satu Kupon Milik Saya kemarin masih muncul di Kupon Milik saya tapi sekarang sudah tidak ada?

Kupon yang sudah di miliki Pengguna di menu Kupon Milik Saya ketika mencapai masa kadaluarsa maka akan hangus dan tidak tampil kembali.

Bagaimana cara meningkatkan jumlah Points saya?

Pengguna dapat berpotensi mendapatkan tambahan Points dan Loyalty dengan memperbanyak transaksi Anda di Tokopedia baik pembelian pada platform Marketplace (tidak termasuk langganan Gold Merchant dan pembelian TopAds), Official Store, maupun Produk Digital (tidak termasuk Gift Card, Emas, Zakat, dan Donasi).

Apakah Points saya memiliki masa kadaluwarsa?

Points yang didapat Pengguna melalui transaksi akan berlaku hingga tanggal 31 Desember di tahun berikutnya. Misalnya: Points yang didapatkan pada tanggal 1 Agustus 2017 akan berlaku hingga tanggal 31 Desember 2018, Points ini akan kadaluarsa dan tidak dapat digunakan mulai tanggal 1 Januari 2019.

Apakah Loyalty akan memiliki masa kadaluwarsa?

Loyalty tidak memiliki masa kadaluarsa, namun sistem perhitungan ulang loyalty (dimulai dari 0) per tanggal 1 Januari setiap tahunnya. Loyalty yang dikumpulkan pada tahun sebelumnya akan menentukan status Membership pada tahun berikutnya.

Apakah Lucky Egg akan memiliki masa kadaluarsa?

Lucky Egg memiliki masa kadarluasa, Lucky Egg yang didapat dari transaksi finished bulan Januari – November akan reset setiap 1 Januari di tahun berikutnya. Lucky Egg yang didapat dari transaksi finished bulan Desember akan reset pada 1 Febuari di tahun berikutnya. Serta Lucky Egg dari program Tokopedia lain menyesuaikan dengan syarat dan ketentuan dari program tersebut.

Apakah Status Membership saya dapat naik atau turun?

Membership dapat naik apabila jumlah Loyalty yang dikumpulkan pada tahun sebelumnya dapat mencapai minimal Loyalty dari Membership diatasnya. Membership dapat turun apabila jumlah jumlah Loyalty yang dikumpulkan pada tahun sebelumnya kurang dari minimal Loyalty dari Membership Pengguna.

Contoh: Pengguna A pada tahun 2018 berada pada Membership Gold dengan Loyalty 500. Pada tanggal 1 Januari 2019 akan dilakukan perhitungan kembali.

Jika selama tahun 2018, Loyalty yang dikumpulkan kurang dari 500 maka Membership Pengguna A akan turun menjadi Silver. Jika Loyalty yang dikumpulkan berkisar antara 500 – 4999 maka Pengguna A akan tetap menjadi Gold. Sedangkan jika Loyalty yang dikumpulkan mencapai 500 maka Pengguna A akan otomatis menjadi Platinum 1.

Catatan:Masing-masing Membership hanya dapat mengalami penurunan maksimal 1 level, semisal: Platinum 1 hanya dapat mengalami penurunan ke Gold, tidak dapat langsung turun ke Silver.

Apakah Kupon yang sudah saya tukar masih dapat dibatalkan?

Kupon yang sudah ditukarkan tidak dapat dibatalkan, dan hanya bisa Anda gunakan.

Apakah Kupon yang tidak digunakan dapat diuangkan?

Setiap Kupon yang tidak digunakan atau sudah tidak berlaku lagi tidak dapat diuangkan. Pengguna dilarang untuk menjual atau dengan cara apapun menguangkan setiap Kupon yang sudah ditukarkan. Jika terbukti terdapat pelanggaran, maka Tokopedia akan memberikan sanksi kepada Pengguna yang melakukan pelanggaran.

Apakah penggunaan Kupon bisa digabungkan dengan Kode Promo Tokopedia?

Tidak bisa. Penggunaan Kupon tidak dapat digabungkan dengan Kode Promo, sehingga Pengguna harus memilih salah satu yang ingin digunakan dalam 1 transaksi.

Mengapa saya tidak mendapatkan Lucky Egg dari transaksi pesanan saya?

Tidak semua transaksi success/finished mendapatkan Lucky Egg. Hal-hal yang dapat menyebabkan hal tersebut adalah:

  1. Transaksi langganan Gold Merchant, pembelian Top Ads, Gift Card, Deals, Emas, Pembayaran Zakat, Kurban, dan Donasi.
  2. Transaksi Anda melanggar Syarat dan Ketentuan yang berlaku.
  3. Loyalty yang Anda dapatkan telah melebihi batas maksimal Pendapatan (lihat tabel Status Membership dan Points yang dapat digunakan).

Saya mendapatkan bonus Kupon Gratis Ongkir setelah mengalami kenaikan Membership, bagaimana cara menggunakannya?

Setelah Anda memainkan Lucky Egg dan mendapatkan Kupon Gratis Ongkir, secara otomatis Kupon Gratis Ongkir yang Anda miliki otomatis muncul pada halaman Kupon Milik Saya. Anda dapat menggunakan bonus Kupon Gratis Ongkir dengan klik tombol Gunakan di halaman Kupon Milik Saya atau gunakan kupon sebelum Anda melakukan checkout.

×