Ketentuan Pemberian Reputasi

Berikut ketentuan yang perlu Anda tahu saat memberikan reputasi/ulasan:

  1. Batas waktu pemberian nilai smiley kepada penjual ataupun pembeli adalah 15 hari. Setelah batas waktu tersebut, nilai smiley akan terkunci sehingga penjual maupun pembeli tidak lagi dapat memberikan nilai smiley. Namun Pembeli tetap dapat memberikan penilaian bintang (nilai kualitas dan akurasi) dan ulasan untuk produk yang sudah dibeli.
  2. Jika penjual sudah menilai pembeli dengan nilai positif, dan pembeli tidak memberi nilai kepada penjual dalam waktu 3 hari, maka secara otomatis Tokopedia akan mewakili pembeli memberi nilai positif kepada penjual yang bersangkutan.
  3. Begitu juga sebaliknya, Jika pembeli sudah menilai penjual dengan nilai positif, dan penjual tidak memberi nilai kepada pembeli dalam waktu 3 hari, maka secara otomatis Tokopedia akan mewakili penjual memberi nilai positif kepada pembeli yang bersangkutan.
  4. Perubahan nilai smiley hanya dapat diubah ke tingkat nilai yang lebih tinggi. Contoh, nilai negatif bisa diubah menjadi netral atau positif, nilai netral bisa diubah menjadi positif.
  5. Jika salah satu pihak sudah memberikan nilai smiley netral atau negatif, dalam waktu 3 hari nilai tersebut akan dimunculkan otomatis oleh Tokopedia kepada pihak yang diberikan nilai smiley. Aturan ini berlaku jika pihak yang diberikan nilai smiley belum memberikan balasan terhadap nilai smiley tersebut.
  6. Setelah nilai smiley netral atau negatif dimunculkan otomatis, Tokopedia memberikan waktu 30 hari (dihitung sejak smiley pertama kali diberikan) untuk melakukan perubahan terhadap nilai tersebut (hanya bisa ke tingkat nilai yang lebih tinggi). Setelah 30 hari, Tokopedia akan mengunci dan menghitung nilai smiley berdasarkan perubahan terakhir dan memasukkan ke nilai reputasi Toko dan Pembeli.
  7. Jika kedua pihak (Pembeli dan Penjual) sama-sama memberikan nilai smiley Positif. Tokopedia akan langsung mengunci dan menghitung nilai smiley tersebut dan memasukkan ke nilai reputasi Toko dan Pembeli.
×