Belanja di Tokopedia

Cara Memberikan Reputasi

Tokopedia berupaya untuk terus menerus meningkatkan pelayanan dan kualitas untuk setiap proses transaksi yang dilakukan salah satunya dengan memberikan reputasi pada penjual untuk setiap transaksi yang telah selesai. Anda dapat memberikan penilaian pada penjual sesuai dengan pengalaman transaksi yang dilakukan.

Reputasi yang Anda berikan dapat menjadi informasi bagi pengguna lain untuk memastikan kondisi barang dan tingkat kepuasan transaksi sebelum melakukan pembelian pada toko tersebut.

Cara Memberikan Nilai Reputasi ke Penjual

Untuk dapat memberikan nilai reputasi ke penjual, Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut ini:

  • Desktop
  • Apps
  1. Klik ikon
  2. Pilih Review.
  3. Tentukan transaksi yang mau direview, lalu pilih smiley yang sesuai dengan penilaian Anda.
  4. Untuk memberikan ulasan, klik 1 Produk Menunggu Ulasan Anda.
  5. Tentukan rating untuk produk (Kualitas dan Akurasi), lalu tulis komentar Anda di kolom review.
  6. Klik Submit.
  1. Pilih tab Inbox di bawah.
  2. Klik Ulasan.
  3. Pilih tab Ulasan Saya.
  4. Klik ikon smiley, pilih smiley yang sesuai dengan penilaian Anda. Klik Kirim.
  5. Untuk memberikan ulasan, klik 1 Produk Menunggu Ulasan Anda.
  6. Klik Beri Review.
  7. Tuliskan komentar Anda pada kolom ulasan, lalu tentukan rating untuk produk (Kualitas dan Akurasi).
  8. Klik Kirim.

 

 

Catatan:

  • Penilaian hanya bisa diubah dalam jangka waktu 30 hari dan hanya dapat diubah ke tingkat yang lebih tinggi.
  • Jika penjual sudah memberi nilai positif, dan Anda tidak memberi nilai kepada toko dalam waktu 3 hari, maka secara otomatis, Tokopedia akan mewakilimu memberi nilai positif pada toko yang bersangkutan.
  • Selain bisa memberi review untuk produk yang sudah Anda beli, Anda juga bisa memberi tanda "like" atau "dislike" pada review dari pembeli lain.

Cara Mengubah Nilai Reputasi dan Ulasan ke Penjual

Mengubah nilai reputasi ke penjual

Anda dapat mengubah nilai reputasi ke penjual maksimal 30 hari setelah transaksi selesai. Untuk mengubah reputasi, Anda hanya dapat memberikan perubahan reputasi yang lebih tinggi dari reputasi yang sebelumnya sudah Anda berikan. 

  • Desktop
  • Apps
  1. Klik ikon
  2. Pilih Review.
  3. Klik tab Review Saya.
  4. Pilih reputasi yang mau diubah.
  5. Pilih smiley yang baru.
  1. Pilih tab Inbox di bawah.
  2. Klik Ulasan.
  3. Pilih tab Ulasan Saya.
  4. Pilih reputasi yang mau diubah.
  5. Klik ikon smiley.
  6. Pilih smiley yang baru, lalu klik Kirim.

 

 

Catatan: Reputasi hanya bisa diubah satu kali ke tingkat yang lebih tinggi dalam jangka waktu 30 hari.

 

Mengubah ulasan ke penjual

Anda dapat mengubah ulasan ke penjual maksimal 1 kali sejak transaksi selesai. Anda dapat melakukan perubahan ulasan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
  • Desktop
  • Apps
  1. Klik ikon
  2. Pilih Review.
  3. Klik tab Review Saya.
  4. Pilih ulasan yang mau diubah.
  5. Klik Ubah.
  6. Masukkan ulasan yang baru, lalu klik Submit.
  1. Pilih tab Inbox di bawah.
  2. Klik Ulasan.
  3. Pilih tab Ulasan Saya.
  4. Pilih ulasan yang mau diubah.
  5. Klik Ubah.
  6. Masukkan ulasan yang baru.

Ketentuan Pemberian Reputasi dan Ulasan

Berikut ketentuan yang perlu Anda tahu saat memberikan reputasi/ulasan:

  1. Batas waktu pemberian nilai smiley kepada penjual ataupun pembeli adalah 15 hari. Setelah batas waktu tersebut, nilai smiley akan terkunci sehingga penjual maupun pembeli tidak lagi dapat memberikan nilai smiley. Namun Pembeli tetap dapat memberikan penilaian bintang (nilai kualitas dan akurasi) dan ulasan untuk produk yang sudah dibeli.
  2. Jika penjual sudah menilai pembeli dengan nilai positif, dan pembeli tidak memberi nilai kepada penjual dalam waktu 3 hari, maka secara otomatis Tokopedia akan mewakili pembeli memberi nilai positif kepada penjual yang bersangkutan.
  3. Begitu juga sebaliknya, Jika pembeli sudah menilai penjual dengan nilai positif, dan penjual tidak memberi nilai kepada pembeli dalam waktu 3 hari, maka secara otomatis Tokopedia akan mewakili penjual memberi nilai positif kepada pembeli yang bersangkutan.
  4. Perubahan nilai smiley hanya dapat diubah ke tingkat nilai yang lebih tinggi. Contoh, nilai negatif bisa diubah menjadi netral atau positif, nilai netral bisa diubah menjadi positif.
  5. Jika salah satu pihak sudah memberikan nilai smiley netral atau negatif, dalam waktu 3 hari nilai tersebut akan dimunculkan otomatis oleh Tokopedia kepada pihak yang diberikan nilai smiley. Aturan ini berlaku jika pihak yang diberikan nilai smiley belum memberikan balasan terhadap nilai smiley tersebut.
  6. Setelah nilai smiley netral atau negatif dimunculkan otomatis, Tokopedia memberikan waktu 30 hari (dihitung dari 3 hari setelah salah satu pihak memberikan nilai smiley) untuk melakukan perubahan terhadap nilai tersebut (hanya bisa ke tingkat nilai yang lebih tinggi). Setelah 30 hari, Tokopedia akan mengunci dan menghitung nilai smiley berdasarkan perubahan terakhir dan memasukkan ke nilai reputasi Toko dan Pembeli.
  7. Jika kedua pihak (Pembeli dan Penjual) sama-sama memberikan nilai smiley Positif. Tokopedia akan langsung mengunci dan menghitung nilai smiley tersebut dan memasukkan ke nilai reputasi Toko dan Pembeli.

Promo Jual Beli Online

Tokopedia menyediakan berbagai macam produk pilihan yang berkualitas. Di samping pilihan produk yang beragam, Tokopedia juga memberikan promo menarik untuk Anda dalam berbelanja di Tokopedia. Pastikan telah membaca syarat dan ketentuan promo yang diadakan sebelum menggunakannya untuk menghindari kendala pada transaksi Anda.

Tentang Sistem Reputasi

Sistem Reputasi diberlakukan oleh Tokopedia, dimana pembeli dapat memberikan penilaian mengenai produk dan penjual setelah melakukan transaksi. Sistem reputasi ini akan menjadi penilaian untuk penjual terhadap kualitas produk dan pelayanan yang dilakukan pada setiap transaksi. Anda dapat memberikan penilaian reputasi pada penjual setelah transaksi dinyatakan selesai.

Statistik Terbaru Kepuasan Toko

Statistik kepuasan toko ini menampilkan jumlah smiley yang didapat oleh toko dalam kurun waktu 1, 6, dan 12 bulan terakhir, terhitung mulai dari hari ini.

Statistik kepuasan ini dapat berubah setiap harinya, karena statistik ini bukan dihitung per bulan, melainkan dihitung mulai dari hari ini. Contoh:

A. Data yang tampil pada 25 Agustus 2015

Penjelasan untuk data statistik 1 bulan terakhir yang tampil pada tanggal 25 Agustus 2015. Misalkan:

  • Pada tanggal 25 Juli 2015 Toko mendapat 2 Smiley Positif
  • Pada tanggal 26 Juli 2015 Toko mendapat 2 Smiley Netral
  • Tanggal 27 Juli - 25 Agustus 2015 Toko mendapat 18 Smiley Positif

 

B. Data yang tampil pada 26 Agustus 2015

Penjelasan untuk data statistik 1 bulan terakhir yang tampil pada tanggal 26 Agustus 2015. Misalkan:

  • Pada tanggal 25 Juli 2015 Toko mendapat 2 Smiley Positif
  • Pada tanggal 26 Juli 2015 Toko mendapat 2 Smiley Netral
  • Tanggal 27 Juli - 25 Agustus 2015 Toko mendapat 18 Smiley Positif
  • Pada tanggal 26 Agustus 2015 Toko mendapat 1 Smiley Negatif

 

Statistik Transaksi

 

Statistik transaksi ini menampilkan persentase transaksi sukses dari aktivitas penjualan sebuah toko. Data statistik ini dihitung berdasarkan kurun waktu 1, 3, dan 12 bulan terakhir.

 
Catatan:
  • Data statistik transaksi tidak berlaku untuk pembatalan order dari pembeli yang memiliki reputasi positif kurang dari 60% dan atau memiliki feedback smiley kurang dari 3 kali.
  • Data statistik transaksi dihitung terhadap Toko yang telah bertransaksi lebih dari 3 kali.

Ulasan Penjual dan Produk

Ulasan Penjual

Setelah melakukan Konfirmasi Penerimaan, Anda akan diarahkan ke halaman ulasan. Di halaman ini Anda dapat memberikan ulasan atas pelayanan penjual serta kualitas produk yang diterima. Anda juga dapat melampirkan foto produk yang diterima dengan mengklik Upload Gambar Produk.

Tentunya penilaian Anda ini akan menentukan reputasi dari toko tersebut. Untuk itu pastikan Anda mengisi ulasan dengan bijaksana. Untuk penjelasan lebih lanjut, Anda dapat membacanya di halaman Cara Memberikan Reputasi.

Ulasan Produk

Setelah menyelesaikan transaksi dengan penjual, maka Anda dapat memberikan ulasan pada produk yang telah diterima. Ulasan yang Anda berikan akan dihitung oleh sistem dan akan menentukan apakah ulasan tersebut membantu atau tidak. Ulasan yang muncul adalah ulasan terbaru dan paling informatif.

Saat ini yang dimunculkan dalam ulasan paling membantu adalah 3 ulasan terbaru dan mempunyai nilai informatif yang telah ditentukan oleh sistem. Kedepannya ulasan yang muncul adalah ulasan yang diberikan dalam waktu 3 bulan terakhir. Ulasan paling membantu tidak hanya menampilkan sentimen positif, namun juga negatif.

Indikator yang digunakan untuk menentukan ulasan paling membantu yaitu diantaranya :

  • Jumlah kosa kata
  • Sentimen negatif/positif
  • Tidak banyak pengulangan kata & huruf
  • Jumlah like (yang menyukai ulasan tersebut)

Atur Penerimaan Chat

Atur penerimaan chat jadi semakin mudah! Jika Anda merasa terganggu dengan adanya chat yang menumpuk dari pengguna lain, Anda dapat atur penerimaan chat dengan ikuti langkah berikut:

  1. Pilih chat dengan user yang dimaksud.
  2. Klik icon titik 3 pada pojok kanan atas.                                                              User-added image
  3. Klik Atur Penerimaan Chat.                                                                                 User-added image
  4. Jika menonaktifkan Chat Personal maka otomatis Chat Promosi akan menjadi nonaktif.                                                                              User-added image
  5. Jika menonaktifkan Chat Promosi maka Chat Personal tidak otomatis ternonaktifkan.                                                                                 User-added image

Berbelanja di Tokopedia

Cara Berbelanja di Tokopedia

  • Desktop
  • Mobile
  • Android
  • iOS
  1. Temukan produk dari berbagai toko di halaman www.tokopedia.com. Tentukan produk yang ingin Anda beli. Kemudian Anda dapat klik ikon keranjang untuk memasukkan produk ke keranjang belanja dan melanjutkan pencarian produk yang lain. Atau Anda dapat langsung klik Beli untuk mengisi detail pembelian (jumlah barang, catatan untuk penjual, alamat pengiriman, dan kurir pengiriman) dan melanjutkan ke metode pembayaran. User-added image
  2. Di halaman keranjang belanja, Anda dapat mengubah jumlah barang, mengisi catatan untuk penjual, menghapus produk, dan menggunakan kode promo atau kupon. Selanjutnya pilih Checkout untuk melanjutkan proses belanja Anda. User-added image
  3. Pada halaman Checkout, Anda dapat memilih alamat pengiriman dan kurir pengiriman. Pada pilihan alamat tujuan pengiriman, Tokopedia akan memilih alamat utama Anda sebagai tujuan pengiriman. Jangan khawatir, jika Anda lupa untuk menggunakan kode promo atau kupon, Anda juga dapat menggunakan kode promo atau kupon pada halaman Checkout. User-added image
  4. Untuk mengganti alamat tujuan pengiriman, pilih alamat lain. Selanjutnya akan muncul daftar alamat yang dapat dipilih. User-added image
  5. Pilih alamat lain yang ingin dijadikan alamat pengiriman, dan Anda akan diarahkan kembali ke halaman Checkout. User-added image
  6. Selanjutnya, pilih kurir pengiriman yang Anda inginkan. Tokopedia sudah mengelompokan kurir pengiriman berdasarkan lama estimasi pengiriman. User-added image
  7. Anda juga dapat memberikan opsi tambahan seperti Asuransi Pengiriman, pilihan dropshipper (Jika ingin dikirim sebagai dropshipper), dan menyalurkan TopDonasi senilai Rp 100. User-added image
  8. Setelah semua data terisi, Anda dapat klik Bayar untuk memilih metode pembayaran dan melanjutkan ke halaman pembayaran. (https://www.tokopedia.com/bantuan/pilih-metode-pembayaran/) User-added image
  1. Temukan produk dari berbagai toko di halaman www.tokopedia.com. Tentukan produk yang ingin Anda beli. Kemudian Anda dapat klik ikon keranjang untuk memasukkan produk ke keranjang belanja dan melanjutkan pencarian produk yang lain. Atau Anda dapat langsung klik Beli untuk mengisi detail pembelian (jumlah barang, catatan untuk penjual, alamat pengiriman, dan kurir pengiriman) dan melanjutkan ke metode pembayaran. User-added image
  2. Di halaman keranjang belanja, Anda dapat mengubah jumlah barang, mengisi catatan untuk penjual, menghapus produk, dan menggunakan kode promo atau kupon. Selanjutnya pilih Checkout untuk melanjutkan proses belanja Anda. User-added image
  3. Pada halaman Checkout, Anda dapat memilih alamat pengiriman dan kurir pengiriman. Pada pilihan alamat tujuan pengiriman, Tokopedia akan memilih alamat utama Anda sebagai tujuan pengiriman. Jangan khawatir, jika Anda lupa untuk menggunakan kode promo atau kupon, Anda juga dapat menggunakan kode promo atau kupon pada halaman Checkout. User-added image
  4. Untuk mengganti alamat tujuan pengiriman, pilih Alamat Lain. Selanjutnya akan muncul daftar alamat yang dapat dipilih. User-added image
  5. Pilih alamat lain yang ingin dijadikan alamat pengiriman, dan Anda akan diarahkan kembali ke halaman Checkout. User-added image
  6. Selanjutnya, pilih kurir pengiriman yang Anda inginkan. Tokopedia sudah mengelompokan kurir pengiriman berdasarkan lama estimasi pengiriman. User-added image
  7. Anda juga dapat memberikan opsi tambahan seperti Asuransi Pengiriman, pilihan dropshipper (Jika ingin dikirim sebagai dropshipper), dan menyalurkan TopDonasi senilai Rp 100. User-added image
  8. Setelah semua data terisi, Anda dapat klik Bayar untuk memilih metode pembayaran dan melanjutkan ke halaman pembayaran. (https://www.tokopedia.com/bantuan/pilih-metode-pembayaran/) User-added image
  1. Temukan produk dari berbagai toko di halaman www.tokopedia.com. Tentukan produk yang ingin Anda beli. Kemudian Anda dapat klik ikon keranjang untuk memasukkan produk ke keranjang belanja dan melanjutkan pencarian produk yang lain. Atau Anda dapat langsung klik Beli untuk mengisi detail pembelian (jumlah barang, catatan untuk penjual, alamat pengiriman, dan kurir pengiriman) dan melanjutkan ke metode pembayaran. User-added image
  2. Di halaman keranjang belanja, Anda dapat mengubah jumlah barang, mengisi catatan untuk penjual, menghapus produk, dan menggunakan kode promo atau kupon. Selanjutnya pilih Checkout untuk melanjutkan proses belanja Anda. User-added image
  3. Pada halaman Checkout, Anda dapat memilih alamat pengiriman dan kurir pengiriman. Pada pilihan alamat tujuan pengiriman, Tokopedia akan memilih alamat utama Anda sebagai tujuan pengiriman. Jangan khawatir, jika Anda lupa untuk menggunakan kode promo atau kupon, Anda juga dapat menggunakan kode promo atau kupon pada halaman Checkout. User-added image
  4. Untuk mengganti alamat tujuan pengiriman, pilih alamat lain. Selanjutnya akan muncul daftar alamat yang dapat dipilih. User-added image
  5. Pilih alamat lain yang ingin dijadikan alamat pengiriman, dan Anda akan diarahkan kembali ke halaman Checkout. User-added image
  6. Selanjutnya, pilih kurir pengiriman yang Anda inginkan. Tokopedia sudah mengelompokan kurir pengiriman berdasarkan lama estimasi pengiriman. User-added image
  7. Anda juga dapat memberikan opsi tambahan seperti Asuransi Pengiriman, pilihan dropshipper (Jika ingin dikirim sebagai dropshipper), dan menyalurkan TopDonasi senilai Rp 100. User-added image
  8. Setelah semua data terisi, Anda dapat klik Bayar untuk memilih metode pembayaran dan melanjutkan ke halaman pembayaran. (https://www.tokopedia.com/bantuan/pilih-metode-pembayaran/) User-added image
  1. Temukan produk dari berbagai toko di halaman www.tokopedia.com. Tentukan produk yang ingin Anda beli. Kemudian Anda dapat klik ikon keranjang untuk memasukkan produk ke keranjang belanja dan melanjutkan pencarian produk yang lain. Atau Anda dapat langsung klik Beli untuk mengisi detail pembelian (jumlah barang, catatan untuk penjual, alamat pengiriman, dan kurir pengiriman) dan melanjutkan ke metode pembayaran. User-added image
  2. Di halaman keranjang belanja, Anda dapat mengubah jumlah barang, mengisi catatan untuk penjual, menghapus produk, dan menggunakan kode promo atau kupon. Selanjutnya pilih Checkout untuk melanjutkan proses belanja Anda. User-added image
  3. Pada halaman Checkout, Anda dapat memilih alamat pengiriman dan kurir pengiriman. Pada pilihan alamat tujuan pengiriman, Tokopedia akan memilih alamat utama Anda sebagai tujuan pengiriman. Jangan khawatir, jika Anda lupa untuk menggunakan kode promo atau kupon, Anda juga dapat menggunakan kode promo atau kupon pada halaman Checkout. User-added image
  4. Untuk mengganti alamat tujuan pengiriman, pilih alamat lain. Selanjutnya akan muncul daftar alamat yang dapat dipilih. User-added image
  5. Pilih alamat lain yang ingin dijadikan alamat pengiriman, dan Anda akan diarahkan kembali ke halaman Checkout. User-added image
  6. Selanjutnya, pilih kurir pengiriman yang Anda inginkan. Tokopedia sudah mengelompokan kurir pengiriman berdasarkan lama estimasi pengiriman. User-added image
  7. Anda juga dapat memberikan opsi tambahan seperti Asuransi Pengiriman, pilihan dropshipper (Jika ingin dikirim sebagai dropshipper), dan menyalurkan TopDonasi senilai Rp 100. User-added image
  8. Setelah semua data terisi, Anda dapat klik Bayar untuk memilih metode pembayaran dan melanjutkan ke halaman pembayaran. (https://www.tokopedia.com/bantuan/pilih-metode-pembayaran/) User-added image

Cara Menggunakan Kode Promo dan Kupon

  • Desktop
  • Mobile
  • Android
  • iOS
  1. Untuk menggunakan kode promo atau kupon, pastikan Anda telah berada di halaman Keranjang atau Checkout. User-added image User-added image
  2. Pilih Gunakan Kode Promo atau Kupon. Selanjutnya, masukkan kode promo atau pilih kupon yang ingin digunakan. User-added image
  3. Apabila berhasil, maka kupon Anda akan ditampilkan pada bagian atas halaman Keranjang atau Checkout. User-added image User-added image
  1. Untuk menggunakan kode promo atau kupon, pastikan Anda telah berada di halaman Keranjang atau Checkout. User-added imageUser-added image
  2. Pilih "Gunakan Kode Promo atau Kupon". Selanjutnya, masukkan kode promo atau pilih kupon yang ingin digunakan. User-added image
  3. Apabila berhasil, maka kupon Anda akan ditampilkan pada bagian atas halaman Keranjang atau Checkout. User-added image User-added image
  1. Untuk menggunakan kode promo atau kupon, pastikan Anda telah berada di halaman Keranjang atau Checkout. User-added image User-added image
  2. Pilih "Gunakan Kode Promo atau Kupon". Selanjutnya, masukkan kode promo atau pilih kupon yang ingin digunakan. User-added image
  3. Apabila berhasil, maka kupon Anda akan ditampilkan pada bagian atas halaman Keranjang atau Checkout. User-added image User-added image
  1. Untuk menggunakan kode promo atau kupon, pastikan Anda telah berada di halaman Keranjang atau Checkout. User-added image User-added image
  2. Pilih Gunakan Kode Promo atau Kupon. Selanjutnya, masukkan kode promo atau pilih kupon yang ingin digunakan. User-added image
  3. Apabila berhasil, maka kupon Anda akan ditampilkan pada bagian atas halaman Keranjang atau Checkout. User-added image User-added image

 

Cara Kirim ke Beberapa Alamat

  • Desktop
  • Mobile
  • Android
  • iOS
  1. Pastikan Anda telah berada di halaman Checkout. User-added image
  2. Selanjutnya, temukan tautan Kirim ke Beberapa Alamat. User-added image
  3. Pilih produk yang Anda inginkan dan pilih Tambah Pengiriman Baru. Selanjutnya, pilih alamat lain yang diinginkan. Alamat tujuan pengiriman baru Anda akan muncul sebagai pengiriman baru. User-added image
  4. Klik Checkout. Pilih kurir untuk setiap alamat tujuan pengiriman yang dimasukkan. User-added image
  5. Setelah semua data terisi, Anda dapat klik Bayar untuk memilih metode pembayaran dan melanjutkan ke halaman pembayaran. (https://www.tokopedia.com/bantuan/pilih-metode-pembayaran/) User-added image
  1. Pastikan Anda telah berada di halaman Checkout. User-added image
  2. Selanjutnya, temukan tautan Kirim ke Banyak Alamat. User-added image
  3. Pilih produk yang Anda inginkan dan pilih Tambah Pengiriman Baru. Selanjutnya, pilih alamat lain yang diinginkan. Alamat tujuan pengiriman baru Anda akan muncul sebagai pengiriman baru. Anda juga dapat mengubah catatan dan jumlah barang pada halaman ini. User-added image
  4. Klik pilih kurir pengiriman, maka Anda akan diarahkan ke halaman checkout. Pilih kurir untuk setiap alamat tujuan pengiriman yang dimasukkan. User-added image
  5. Setelah semua data terisi, Anda dapat klik Bayar untuk memilih metode pembayaran dan melanjutkan ke halaman pembayaran. (https://www.tokopedia.com/bantuan/pilih-metode-pembayaran/) User-added image
  1. Pastikan Anda telah berada di halaman Checkout. User-added image
  2. Selanjutnya, temukan tautan Kirim ke Banyak Alamat. User-added image
  3. Pilih produk yang Anda inginkan dan pilih Tambah Pengiriman Baru. Selanjutnya, pilih alamat lain yang diinginkan. Alamat tujuan pengiriman baru Anda akan muncul sebagai pengiriman baru. Anda juga dapat mengubah catatan dan jumlah barang pada halaman ini. User-added image
  4. Klik pilih kurir pengiriman, maka Anda akan diarahkan ke halaman checkout. Pilih kurir untuk setiap alamat tujuan pengiriman yang dimasukkan. User-added image
  5. Setelah semua data terisi, Anda dapat klik Bayar untuk memilih metode pembayaran dan melanjutkan ke halaman pembayaran. (https://www.tokopedia.com/bantuan/pilih-metode-pembayaran/) User-added image
  1. Pastikan Anda telah berada di halaman Checkout.  User-added image
  2. Selanjutnya, temukan tautan Kirim ke Banyak Alamat. User-added image
  3. Pilih produk yang Anda inginkan dan pilih Tambah Pengiriman Baru. Selanjutnya, pilih alamat lain yang diinginkan. Alamat tujuan pengiriman baru Anda akan muncul sebagai pengiriman baru. Anda juga dapat mengubah catatan dan jumlah barang pada halaman ini. User-added image
  4. Klik pilih kurir pengiriman, maka Anda akan diarahkan ke halaman checkout. Pilih kurir untuk setiap alamat tujuan pengiriman yang dimasukkan. User-added image
  5. Setelah semua data terisi, Anda dapat klik Bayar untuk memilih metode pembayaran dan melanjutkan ke halaman pembayaran. (https://www.tokopedia.com/bantuan/pilih-metode-pembayaran/) User-added image

 

Cara Menghapus Produk Keranjang Belanja

  • Desktop
  • Mobile
  • Android
  • iOS
  1. Untuk menghapus produk di keranjang belanja, klik simbol hapus. User-added image
  2. Akan muncul halaman konfirmasi. Anda juga dapat memilih untuk menandai produk sebagai wishlist sebelum dihapus dari keranjang belanja. User-added image
  1. Untuk menghapus produk di keranjang belanja, klik ikon tempat sampah. User-added image
  2. Akan muncul halaman konfirmasi. Anda juga dapat memilih untuk menandai produk sebagai wishlist sebelum dihapus dari keranjang belanja. User-added image
  1. Untuk menghapus produk di keranjang belanja, klik ikon tempat sampah. User-added image
  2. Akan muncul halaman konfirmasi. Anda juga dapat memilih untuk menandai produk sebagai wishlist sebelum dihapus dari keranjang belanja. User-added image
  1. Untuk menghapus produk di keranjang belanja, klik ikon tempat sampah. User-added image
  2. Akan muncul halaman konfirmasi. Anda juga dapat memilih untuk menandai produk sebagai wishlist sebelum dihapus dari keranjang belanja. User-added image

 

Cara Menghapus Beberapa Produk di Keranjang Belanja

  • Desktop
  • Mobile
  • Android
  • iOS
  1. Untuk menghapus beberapa produk secara bersamaan di keranjang belanja, klik Hapus yang berada pada sudut kanan atas halaman keranjang belanja. User-added image
  2. Pilih beberapa barang yang akan dihapus secara bersamaan dari keranjang belanja Anda. User-added image
  3. Selanjutnya, pilih hapus. Akan muncul halaman konfirmasi. Anda juga dapat memilih untuk menandai produk sebagai wishlist sebelum dihapus dari keranjang belanja. User-added image
  1. Untuk menghapus beberapa produk secara bersamaan di keranjang belanja, klik Hapus yang berada pada sudut kanan atas halaman keranjang belanja. User-added image
  2. Pilih beberapa barang yang akan dihapus secara bersamaan dari keranjang belanja Anda. User-added image
  3. Selanjutnya, pilih hapus. Akan muncul halaman konfirmasi. Anda juga dapat memilih untuk menandai produk sebagai wishlist sebelum dihapus dari keranjang belanja. User-added image
  1. Untuk menghapus beberapa produk secara bersamaan di keranjang belanja, klik Hapus pada sudut kanan atas halaman keranjang Anda. User-added image
  2. Pilih beberapa barang yang akan dihapus secara bersamaan dari keranjang belanja Anda. User-added image
  3. Selanjutnya, pilih Hapus. Halaman konfirmasi akan muncul, Anda dapat memilih dan menandai produk sebagai wishlist sebelum dihapus dari keranjang belanja. User-added image
  1. Untuk menghapus beberapa produk secara bersamaan di keranjang belanja, klik Hapus yang berada pada sudut kanan atas halaman keranjang belanja. User-added image
  2. Pilih beberapa barang yang akan dihapus secara bersamaan dari keranjang belanja Anda. User-added image
  3. Selanjutnya, pilih Hapus. Halaman konfirmasi akan muncul, Anda dapat memilih dan menandai produk sebagai wishlist sebelum dihapus dari keranjang belanja. User-added image

 

Cara Belanja Produk Pre-Order

Di Tokopedia Anda dapat membeli produk custom/handmade dengan sistem preorder. Setiap produk preorder memiliki lambang pada hasil pencarian produk. Selain itu, pada halaman produk preorder akan muncul keterangan Preorder serta jangka waktu proses pesanan.

  • Desktop
  • Mobile
  • Android
  • iOS
  1. Pilih produk dengan lambang PO. Anda juga dapat mengklik filter Preorder yang ada di sebelah kiri pada hasil pencarian produk.

  2. Klik produk yang Anda inginkan untuk melihat deskripsi dan jangka waktu proses pesanan.
  3. Klik Preorder untuk memesan produk.
  4. Isi form pemesanan, lalu klik Pesan Produk Preorder Ini.
  5. Untuk melanjutkan ke keranjang belanja, klik Bayar.
  6. Pilih metode pembayaran dan cek kembali pesanan Anda. Klik Checkout.
  7. Pada halaman berikutnya, cek kembali ringkasan pembayaran lalu pilih Bayar Sekarang.
  8. Lakukan pembayaran sesuai dengan metode yang telah dipilih.
  1. Klik produk untuk melihat deskripsi dan jangka waktu proses produk tersebut dibuat atau tersedia.
  2. Klik Preorder untuk memesan produk.
  3. Isi form pemesanan. Klik Pesan Produk Preorder Ini, lalu pilih Bayar.
  4. Pilih metode pembayaran, lalu klik Checkout.
  5. Cek ringkasan pemesanan, lalu klik Bayar.
  1. Pilih produk dengan logo Preorder. Anda juga bisa menemukan produk preorder di etalase bernama "Preorder" yang terdapat pada halaman Toko.
  2. Klik produk untuk melihat deskripsi serta jangka waktu proses produk tersebut dibuat atau tersedia.
  3. Klik Preorder untuk memesan produk.
  4. Isi form pemesanan, lalu klik Beli.
  5. Klik Bayar. Jika masih ingin beli produk lainnya klik Lanjutkan Belanja.
  6. Pilih metode pembayaran, lalu klik Checkout.
  7. Cek ringkasan pemesanan, lalu klik Bayar.
  1. Pilih dan klik produk untuk melihat deskripsi dan jangka waktu proses produk tersebut dibuat atau tersedia.
  2. Klik Beli untuk memesan produk.
  3. Isi form pemesanan, lalu klik Beli Produk Ini.
  4. Pilih metode pembayaran, lalu klik Checkout.
  5. Cek ringkasan pemesanan, lalu klik Bayar.

 

Catatan:

  • Penjual akan mengirimkan pesanan/menginput resi pengiriman maksimal 1 hari setelah waktu proses preorder berakhir.
  • Produk Preorder tidak bisa digabung dalam 1 Invoice jika pembelian produk dilakukan pada toko yang berbeda atau mempunyai waktu pre order berbeda.

Cara Melakukan Pengiriman ke Beberapa Alamat

  1. Pastikan Anda telah berada di halaman pilih kurir.

  2. Temukan tautan “Ganti Alamat atau Kirim ke beberapa Alamat” Di halaman ini, pilih opsi “Kirim ke beberapa Alamat”. 

  3. Pilih produk yang Anda inginkan dan pilih “Tambah Pengiriman Baru”.

  4. Masukan alamat tujuan pengiriman, jumlah produk dan catatan untuk penjual.

  5. Alamat tujuan pengiriman baru Anda akan muncul sebagai pengiriman baru.

  6. Klik pilih kurir pengiriman untuk setiap alamat tujuan pengiriman yang dimasukkan.

  7. Setelah semua data terisi, Anda dapat klik Pilih Metode Pembayaran untuk memilih metode pembayaran dan melanjutkan ke halaman pembayaran.

Cara Membatalkan Pesanan

Pembayaran sudah diverifikasi tapi ingin membatalkan pesanan? Jika pesanan tersebut belum direspons oleh penjual, maka Anda masih dapat membatalkan pesanan tersebut. Berikut panduannya:

  • Desktop
  • Apps
  1. Klik pada bagian atas homepage Tokopedia.
  2. Pilih Status Pemesanan.
  3. Klik Ajukan Pembatalan pada invoice yang ingin dibatalkan.
  4. Akan muncul pop-up Pengajuan Pembatalan Pesanan. Isi alasan Anda membatalkan pesanan, lalu klik Ajukan.
  5. Pengajuan pembatalan pesanan akan dikirimkan ke penjual dan penjual akan memberikan respon maksimal 1x24 jam terhitung dari pesanan terverifikasi
  1. Pilih tab Akun di bawah.
  2. Pada menu Pembelian, klik Menunggu Konfirmasi.
  3. Klik Ajukan Pembatalan pada invoice yang ingin dibatalkan.
  4. Akan muncul pop-up Pengajuan Pembatalan Pesanan. Isi alasan Anda membatalkan pesanan, lalu klik Ajukan.
  5. Pengajuan pembatalan pesanan akan dikirimkan ke penjual dan penjual akan memberikan respon maksimal 1x24 jam terhitung dari pesanan terverifikasi
 
 

 

 

Catatan:

  1. Tombol Ajukan Pembatalan terdapat pada Invoice yang ingin dibatalkan sejak pembayaran Anda diverifikasi oleh Tokopedia atau sejak pesanan diteruskan ke Penjual. Namun pengajuan pembatalan baru dapat terproses setelah 6 jam pesanan Anda terverifikasi.
  2. Tombol Ajukan Pembatalan akan hilang jika:

    a. Anda sudah pernah mengajukan pembatalan untuk pesanan tersebut.

    b. Penjual sudah memproses pesanan.

  3. Penjual berhak menolak pembatalan pesanan dari pembeli karena alasan tertentu, seperti produk sudah terlanjur dipesan ke supplier, dan sebagainya. Jika hal tersebut terjadi, penjual akan tetap memproses pesanan seperti biasa dan kamu bisa memantau status pesanan secara berkala.

Cari Produk di Tokopedia

Mencari Produk yang Anda suka dan ingingkan sangatlah mudah dan praktis dengan Tokopedia. Anda dapat memulainya dengan klik menu Hot List, Kategori, ataupun kolom Search. Anda juga dapat mengikuti panduan Cari Produk sesuai dengan gadget yang Anda gunakan.

1. Hot List

Di menu Hot List, Anda dapat menemukan produk-produk yang sedang trend/populer di Tokopedia. Berikut panduan mencari produk melalui menu Hot List:

  • Desktop
  • Mobile
  • Android
  • iOS
  1. Pada homepage Tokopedia klik Lihat Semua Hot List>>
  1. Pilih tab Hot List untuk melihat semua produk yang sedang trend di pasaran.
  1. Pilih tab Hot List untuk menemukan produk yang sedang trend di pasaran.
  1. Pilih ikon yang ada di menu bar bagian bawah untuk melihat semua produk Hot List.

 

2. Kategori

Mencari produk yang diinginkan jadi semakin mudah melalui menu Kategori. Berikut panduannya:

  • Desktop
  • Mobile
  • Android
  • iOS
  1. Pada homepage Tokopedia klik Kategori, lalu pilih kategori produk yang Anda inginkan.
  1. Pilih tab Home, lalu pilih Kategori. Di sini Anda dapat melihat semua kategori produk yang ada di Tokopedia.
  1. Pilih tab Beranda. Akan ada beragam kategori yang bisa Anda pilih, di antaranya Gaya Hidup, Teknologi, Kategori Lain, serta Pembayaran & Top Up.
  1. Pilih tab Home lalu scroll ke arah bawah, Anda akan menemukan kategori-kategori produk yang ada di Tokopedia.

 

3. Search

Cukup masukkan nama produk yang Anda inginkan pada kolom search, maka produk tersebut akan muncul pada hasil pencarian. Berikut panduan mencari produk dengan fitur search:

  • Desktop
  • Mobile
  • Android
  • iOS
  1. Masukkan nama produk yang Anda cari pada kolom search. Klik
  2. Produk yang Anda cari akan langsung muncul pada hasil pencarian produk.
  1. Masukkan nama produk yang Anda inginkan pada kolom search. Klik
  2. Produk yang Anda cari akan muncul pada hasil pencarian produk.
  1. Masukkan nama produk yang Anda inginkan pada kolom search.
  2. Produk yang Anda cari akan muncul pada hasil pencarian produk.
  1. Pilih ikon yang ada di menu bar bagian bawah.
  2. Pada kolom cari produk, masukkan nama produk yang Anda inginkan.
  3. Klik Search pada keypad smartphone Anda.

Cek Daftar Transaksi

Cek Transaksi Pembelian

Anda dapat melakukan pengecekan seluruh transaksi Pembelian Anda di Tokopedia dengan cara sebagai berikut :
  • Desktop
  • Apps
  1. Pada bagian Profile dibagian kanan atas klik Daftar Transaksi.
  2. Kemudian filter status pesanan sesuai dengan keinginan Anda.User-added image
  1. Klik ikon menu Akun User-added image.
  2. Pada Transaksi Belanja silahkan pilih kategori yang Anda inginkan atau klik Lihat Riwayat.                                               User-added image
 

Cek Transaksi Digital

Anda dapat melakukan pengecekan seluruh transaksi Pembelian Anda di Tokopedia dengan cara sebagai berikut :
  • Desktop
  • Apps
  1. Pada bagian Profile dibagian kanan atas klik Daftar Transaksi.
  2. Kemudian klik Daftar Transaksi Digital dan pilih kategori transaksi yang Anda inginkan.                            User-added image
  1. Klik menu Akun User-added image .
  2. Selanjutnya pilih kategori yang Anda inginkan pada Transaksi Lainnya.                                                                 User-added image

Cek Status Pemesanan

Mau tahu apakah pesanan Anda sudah diproses oleh penjual atau belum? Langsung cek Status Pemesanan aja! Berikut panduannya:

  • Desktop
  • Apps
  1. Klik Daftar Transaksi pada menu Profil Saya di pojok kanan atas.
  2. Di halaman ini akan terlihat status terakhir dari pesanan Anda, seperti apakah pembayaran sudah diverifikasi, atau apakah pesanan sudah diproses/dikirim oleh penjual. User-added image
  3. Jika penjual sudah memasukkan nomor resi, Anda dapat melacak pesanan tersebut dengan klik Lacak.
  1. Pilih tab Akun di bawah.
  2. Klik ikon Notifikasi di pojok kanan atas.
  3. Pada halaman notifikasi akan terlihat status terakhir dari pesanan Anda.
  4. Jika penjual sudah memasukkan nomor resi, Anda dapat melacak pesanan dengan klik Lacak.

Favoritkan Toko

Setiap toko yang Anda favoritkan akan tersimpan pada menu Toko Favorit. Tentunya Anda tidak perlu repot mencari lagi jika ingin berbelanja kembali di toko tersebut. Selain itu, setiap kali toko favorit Anda menambahkan produk baru, maka produk tersebut akan muncul pada tab Product Feed di homepage Tokopedia. Berikut panduannya:

  • Desktop
  • Mobile
  • Android
  • iOS
  1. Anda dapat mengklik Jadikan Favorit di halaman toko yang ingin difavoritkan.
  2. Atau Anda juga dapat memfavoritkan toko melalui halaman produk, dengan klik pada kotak Informasi Penjual.
  1. Anda dapat mengklik Jadikan Favorit di halaman toko yang ingin difavoritkan.
  1. Klik pada halaman toko yang ingin Anda favoritkan.
  2. Atau Anda juga dapat klik pada bagian informasi penjual di halaman produk.
  1. Klik pada halaman toko yang ingin Anda favoritkan.

Hubungi Penjual

Ingin bertanya mengenai stok ataupun detail produk? Anda dapat langsung menghubungi penjual melalui fitur Kirim Pesan ataupun Diskusi Produk.

1. Kirim Pesan

Pesan yang Anda kirim akan masuk ke kotak masuk penjual. Pesan balasan dari penjual juga akan muncul pada kotak masuk Anda. Berikut panduan menggunakan fitur Kirim Pesan:

  • Desktop
  • Mobile
  • Android
  • iOS
  1. Klik Kirim Pesan pada bagian atas halaman toko.
  2. Masukkan subyek dan isi pesan. Klik Kirim.

 

Anda juga dapat mengirim pesan ke penjual melalui halaman produk. Berikut panduannya:

  1. Klik Kirim Pesan pada bagian Informasi Penjual.
  2. Masukkan isi pesan, lalu klik Kirim.
  1. Klik Pesan di bagian atas halaman toko.
  2. Masukkan subyek dan isi pesan. Klik Kirim

 

Anda juga dapat mengirim pesan ke penjual melalui halaman produk. Berikut panduannya:

  1. Klik Kirim Pesan pada bagian Informasi Toko.
  2. Masukkan isi pesan. Klik Kirim.
  1. Klik pada bagian atas halaman toko.
  2. Masukkan subjek dan isi pesan. Klik

 

Anda juga dapat mengirim pesan ke penjual melalui halaman rincian produk. Berikut panduannya:

  1. Klik di bagian bawah halaman rincian produk.
  2. Masukkan subjek dan isi pesan. Klik
  1. Klik di kanan atas pada halaman toko.
  2. Masukkan subjek dan isi pesan.
  3. Klik Kirim.

 

2. Diskusi Produk

Tak hanya bisa berdiskusi dengan penjual, melalui Diskusi Produk Anda juga dapat melihat pertanyaan - pertanyaan dari pembeli lainnya. Berikut ini panduan bertanya melalui Diskusi Produk :

  • Desktop
  • Mobile
  • Android
  • iOS
  1. Pada halaman produk, pilih tab Diskusi Produk.
  2. Masukkan pertanyaan Anda pada kolom yang tersedia. Klik Diskusi.
  1. Pada halaman produk klik 0 Diskusi.
  2. Masukkan pertanyaan Anda pada kolom yang tersedia. Klik Diskusi.
  1. Pada halaman produk klik 0 Diskusi.
  2. Di halaman selanjutnya klik ikon +
  3. Masukkan pertanyaan Anda pada kolom yang tersedia. Klik Kirim.
  1. Pada halaman produk klik Diskusi Produk.
  2. Di halaman selanjutnya klik +
  3. Masukkan pertanyaan pada kolom yang tersedia. Klik Kirim.

 

Anda juga bisa melampirkan link produk alternatif pada halaman diskusi jika produk yang diinginkan sedang kosong. Berikut panduannya:

  1. Buka halaman diskusi produk.
  2. Klik kolom isi komentar, lalu klik Tambahkan Link Produk.

  3. Centang produk alternatif yang diinginkan. Atau Anda juga bisa memasukkan link produk alternatif pada kotak search yang tersedia, lalu klik Cari.
  4. Setelah menentukan produk alternatif, klik Simpan.
  5. Kirim diskusi produk dengan klik Komentar.

Isi Form Pembelian

Setelah yakin untuk membeli produk, Anda dapat langsung klik Beli dan mengisi form pembelian. Pada form pembelian, pastikan Anda mengisi data-data berikut ini:

  1. Jumlah barang.
  2. Keterangan produk yang dipesan, seperti keterangan model, ukuran, atau warna produk.
  3. Alamat tujuan pengiriman. Jika Anda belum memiliki alamat, silakan klik Tambah Alamat Baru dan isi data yang diminta secara lengkap.
  4. Kurir dan paket pengiriman.

Setelah semua data terisi, Anda dapat klik Beli Produk Ini untuk memilih metode pembayaran.

Konfirmasi Terima Produk

Jika pesanan Anda sudah sampai, jangan lupa lakukan Konfirmasi Penerimaan untuk menyelesaikan transaksi pembelian. Jika dalam waktu 2x24 jam Anda tidak melakukan Konfirmasi Penerimaan, transaksi akan dianggap selesai oleh sistem dan pembayaran akan diteruskan ke Saldo Tokopedia penjual. Berikut panduan melakukan Konfirmasi Penerimaan:

  • Desktop
  • Apps
  1. Klik Daftar Transaksi pada menu Profil Saya di kanan atas.
  2. Klik Selesai pada pesanan yang ingin Anda konfirmasi. User-added image
  3. Akan muncul pop up. Klik Ya.
  1. Klik ikon notifikasi lonceng di pojok kanan atas.
  2. Pilih Pembelian, lalu pilih Sampai Tujuan.
  3. Klik Selesai pada pesanan yang ingin Anda konfirmasi.
  4. Akan muncul pop up. Klik Ya.

Pesanan dan Transaksi Bermasalah

Pesanan bermasalah

Jika pesanan tidak kunjung sampai atau diterima dalam keadaan rusak/tidak sesuai/kurang, Anda dapat melakukan komplain kepada penjual melalui Pusat Resolusi. Di halaman Pusat Resolusi, Anda dapat menjelaskan detail permasalahan serta mengajukan solusi kepada penjual.

Saat mengajukan komplain, pastikan Anda juga melampirkan bukti-bukti terkait, seperti foto produk yang diterima, resi penerimaan, foto kemasan/paket yang sampai, dan sebagainya. Untuk penjelasan lebih lanjut, Anda dapat membacanya di halaman Retur dan Penggantian Produk.

 

Transaksi bermasalah

Pastikan telah melakukan pembayaran untuk pesanan Anda menggunakan metode yang dipilih saat proses Checkout. Selain itu untuk nominal pembayaran telah disertakan dengan kode unik yang dapat mempermudah proses verifikasi pembayaran Anda

Anda dapat mengajukan pengembalian dana apabila terdapat kendala pada transaksi Anda dimana dalam waktu 5 hari kerja barang belum diterima. 

Pilih Metode Pembayaran

Di Tokopedia terdapat banyak pilihan metode pembayaran yang dapat Anda gunakan, di antaranya:

  1. Saldo Tokopedia
  2. Transfer Bank
  3. Virtual Account 
  4. Klik BCA
  5. BCA KlikPay
  6. Mandiri Clickpay
  7. Mandiri e-Cash
  8. e-Pay BRI
  9. Kartu Kredit
  10. Cicilan
  11. Indomaret
  12. Alfamart/Alfamidi/Lawson
  13. Pos Indonesia
  14. Cicilan tanpa kartu kredit
  15. Kredivo
Setelah memilih metode pembayaran, Anda dapat klik Checkout untuk melihat ringkasan pemesanan. Jika ringkasan sudah benar, klik Bayar untuk menyelesaikan tahap pemesanan. Tokopedia TIDAK menyediakan pilihan pembayaran cash on delivery (COD), karena semua produk di Tokopedia merupakan milik masing-masing penjual terdaftar yang lokasinya tersebar di seluruh Indonesia.

Proteksi Gadget

Kini, Tokopedia telah mengadakan program keanggotaan proteksi gadget kesayangan Anda Tecprotec proClassic 12 bulan memberikan perlindungan yang lengkap untuk ponsel Anda dari segala jenis kerusakan yang tidak disengaja akibat dari terjatuh atau terkena cairan. Menghindarkan Anda dari membayar biaya perbaikan ponsel yang mahal. Beli gadget di Tokopedia jadi lebih aman dengan Tecprotec.
 

Plan dan Manfaat
Berikut ini adalah daftar plan dan manfaat dari Proteksi Gadget:
User-added image

proVALUE

  • Proteksi terbatas hingga perlindungan senilai Rp1.000.000
  • Terbatas pada 1 (satu) kali klaim
  • Tidak ada biaya tambahan
proCLASSIC
  • Proteksi hingga jumlah maksimum harga perangkat yang dilindungi
  • Multiple klaim hingga masa proteksi habis
  • Biaya tambahan 5% dari harga perangkat untuk setiap klaim

Manfaat
  • Layanan antar jemput gratis    
TECPROTEC akan menjemput perangkat Anda, mengantarkannya di pusat layanan dan mengantarkan kembali perangkat yang telah diperbaiki kepada Anda, dimana pun Anda berada
  • Dukungan online 7x24 jam  
TECPROTEC memahami betapa pentingnya untuk memperbaiki atau mengganti perangkat Anda ketika Anda mangalami kerusakan atau kehilangan. Anda dapat dengan mudah mengajukan permohonan Anda melalui portal pelanggan kami.
  • Perlindungan Dalam Perjalanan    
TECPROTEC memastikan bahwa Anda akan selalu tetap terlindungi walaupun sedang dalam perjalanan, oleh karena itu kami memberikan perlindungan terhadap perangkat ponsel Anda selama melakukan perjalanan ke seluruh dunia.
  • Jaminan Perbaikan dan Penggantian Perangkat Ponsel
TECPROTEC memahami bahwa perangkat Anda berharga bagi Anda - yang artinya itu juga sangat berharga bagi kami. Oleh karena itu, TECPROTEC memberikan garansi jaminan perbaikan selama 3 bulan dan penggantian perangkat ponsel.
 

Cara Klaim Proteksi Gadget

Berikut ini adalah prosedur klaim Program Perlindungan TECPROTEC Proteksi Gadget:

  1. Anda harus memberitahu TECPROTEC dalam waktu 3 (tiga) hari kerja sejak Insiden.
  2. Anda akan diminta untuk melengkapi surat klaim dan dokumen-dokumen yang diperlukan namun tidak terbatas pada formulir klaim, tuntutan, pemberitahuan, dan dokumen lainnya sebagaimana dipersyaratkan untuk mendukung klaim Anda.
  3. Anda juga harus menyediakan informasi lainnya yang mungkin TECPROTEC perlukan sebagai tambahan.
  4. Formulir klaim berikut dokumen pendukung harus dikembalikan kepada TECPROTEC dalam waktu 30 (tiga puluh) hari kalendar sejak pemberitahuan pertama atas klaim yang terjadi kepada TECPROTEC.   

Program Perlindungan TECPROTEC dapat diklaim melalui:

Online Claim Portal 24 Jamwww.tecprotec.co.id/claim
Hotline Customer Care: 0804-1401-078 (Senin - Minggu 08:00 - 20:00 WIB)
Email: cs@amtrustmobilesolutions.co.id
Menara BTPN, Floor 39,
CBD Mega Kuningan,
Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Kav 5.5-5.6,
Jakarta Selatan 12950, Indonesia.

 

FAQ Seputar Proteksi Gadget

Apa itu Program Perlindungan Tecprotec?

Program Perlindungan TECPROTEC merupakan Program Perlindungan dari PT Amtrust Mobile Solution Indonesia (AMSI) yang dirancang khusus untuk Pengguna Tokopedia, yang memungkinkan Pengguna Tokopedia untuk melindungi ponsel atau tablet mereka dari kerusakan akibat kerusakan fisik maupun kemasukan cairan yang tidak disengaja dengan batas klaim nilai tertentu.

Bagaimana caranya jika saya ingin membeli Program Perlindungan TECPROTEC?

Pengguna Tokopedia dapat membeli Program Perlindungan TECPROTEC di halaman checkout pada saat melakukan pembelian ponsel atau tablet baru di Tokopedia, dengan cara memilih (“tick”) opsi aktifkan perlindungan ponsel sesuai dengan contoh gambar di bawah ini:
*)TBD tampilan gambar menu aktifkan Tecprotec di Tokopedia yang akan diinsert
Jika pembelian berhasil, pelanggan akan menerima konfirmasi email yang berisi sertifikat elektronik perlindungan ponsel atau tablet.

Berapa biaya Program Perlindungan TECPROTEC untuk 1 tahun?

User-added image

Bagaimana cara melakukan klaim Program Perlindungan TECPROTEC?

Klaim proteksi gadget dapat dilakukan melalui:
Online Claim Portal 24 Jam: www.tecprotec.co.id/claim
Hotline Customer Care: 0804-1401-078
Email : cs@amtrustmobilesolutions.co.id atau chat bot MIA di www.tecprotec.co.id
Silahkan lihat Cara Klaim untuk info lebih detail.

Apakah Saya dapat melakukan pembatalan perlindungan atau mendapatkan pengembalian uang untuk program perlindungan TECPROTEC Saya?

Tokopedia maupun TECPROTEC tidak akan melakukan refund atas pembatalan Proteksi Gadget yang telah dibeli Pengguna.

Apakah ada batas waktu untuk mengajukan klaim?

Klaim harus diajukan paling lambat dalam jangka waktu 3 (tiga) hari setelah tanggal kejadian.

Berapa lama waktu yang diperlukan untuk memproses klaim?

Klaim akan diproses dalam waktu 7 hari kerja untuk perbaikan area Jakarta, dan 14 hari kerja untuk perbaikan area luar Jakarta, dengan syarat bahwa klaim telah dilengkapi dengan kronologi yang benar, jelas dan dokumen lengkap telah diterima oleh PT. AmTrust Mobile Solutions Indonesia.

Bagaimana proses perpindahan pemilik Program Perlindungan TecProtec Saya?

Pemilik diharuskan untuk menyerahkan berkas-berkas berikut kepada TECPROTEC pada saat tanggal perpindahan pemilik:

  1. Surat kuasa
  2. Scan KTP Pembeli (berwarna)
  3. Scan KTP Pemilik (berwarna)


Syarat dan Ketentuan Proteksi Gadget
Syarat dan Ketentuan Proteksi Gadget merupakan bagian dari Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi Tokopedia. Penggunaan layanan Proteksi Gadget tunduk pada Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi, Kebijakan Privasi, & Syarat dan Ketentuan yang tertulis dibawah ini. Pengguna disarankan membaca dengan seksama karena dapat berdampak kepada hak dan kewajiban pengguna secara hukum.

Dengan mendaftar dan/atau menggunakan situs www.tokopedia.com, maka Pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui semua isi dalam Syarat dan Ketentuan. Syarat dan Ketentuan ini merupakan bentuk kesepakatan yang dituangkan dalam sebuah perjanjian yang sah antara Pengguna dengan PT Tokopedia. Jika Pengguna tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi Syarat dan Ketentuan, maka Pengguna tidak diperkenankan menggunakan layanan di www.tokopedia.com.

A. Definisi

  1. Tokopedia adalah PT Tokopedia dan seluruh afiliasi atau anak perusahaannya, suatu perseroan terbatas yang menjalankan kegiatan usaha jasa web portal www.tokopedia.com, yakni situs pencarian toko dan Barang yang dijual oleh penjual terdaftar.
  2. Situs/Aplikasi adalah situs www.tokopedia.com milik Tokopedia yang dapat diakses melalui desktop site dan/atau aplikasi yang berbasis Android atau iOS.
  3. Barang adalah benda yang berwujud/memiliki fisik Barang yang dapat diantar/memenuhi kriteria pengiriman oleh perusahaan jasa pengiriman Barang.
  4. Gadget adalah Barang berupa perangkat elektronik.
  5. Pengguna adalah pihak yang menggunakan layanan Tokopedia, termasuk namun tidak terbatas pada pembeli, penjual, ataupun pihak lain yang sekedar berkunjung ke Situs Tokopedia.
  6. Pembeli adalah Pengguna terdaftar yang melakukan permintaan atas Barang yang dijual oleh Penjual di Situs Tokopedia.
  7. Proteksi Gadget adalah layanan yang disediakan oleh Mitra untuk melakukan perbaikan atau penggantian terhadap Gadget yang dibeli oleh Pembeli dari risiko penggunaan yang mungkin timbul selama periode perlindungan yang ditentukan.
  8. Mitra adalah PT Amtrust Mobile Solutions Indonesia, perusahaan yang bekerjasama dengan Tokopedia untuk menyediakan Proteksi Gadget pada Situs/Aplikasi.
  9. Klaim adalah proses pengajuan perbaikan atau penggantian yang dilakukan oleh Pengguna kepada Mitra sebagai akibat terjadinya risiko-risiko yang dipertanggungkan berdasarkan syarat-syarat dan ketentuan-ketentuan yang diatur dalam Sertifikat Proteksi Gadget.
  10. Sertifikat Proteksi Gadget adalah dokumen yang diterbitkan dan dikirimkan oleh Mitra kepada Pengguna yang antara lain berisikan syarat-syarat dan ketentuan-ketentuan secara spesifik mengenai pertanggungan/jaminan perbaikan atau penggantian Gadget yang menggunakan layanan Proteksi Gadget.
  11. Ketentuan Situs adalah Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi, Kebijakan Privasi, Syarat dan Ketentuan ini dan setiap Syarat dan Ketentuan lain yang dapat berlaku untuk atau sehubungan dengan penggunaan Situs/Aplikasi dan seluruh fitur yang terdapat di dalamnya.
  12. Syarat dan Ketentuan adalah Syarat dan Ketentuan untuk menggunakan Proteksi Gadget.

B. Umum

  1. Proteksi Gadget hanya bisa digunakan oleh Pengguna terdaftar di Situs/Aplikasi yang melakukan pembelian Gadget dan memilih layanan Proteksi Gadget melalui Situs/Aplikasi.
  2. Proteksi Gadget tidak bisa digunakan apabila Pengguna mengaktifkan fitur dropshipper.
  3. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa layanan yang terdapat dalam Proteksi Gadget disediakan oleh Mitra dan Tokopedia hanya bertindak sebagai perantara.
  4. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa Sertifikat Proteksi Gadget merupakan kesepakatan tertulis antara Mitra dan Pengguna terkait pelaksanaan Proteksi Gadget termasuk namun tidak terbatas pada syarat dan ketentuan, pengajuan dan proses Klaim.
  5. Pembeli yang telah memilih untuk menggunakan layanan Proteksi Gadget hanya dapat mengajukan Klaim kepada Mitra melalui kanal dan prosedur yang telah ditentukan oleh Mitra sebagaimana diinformasikan dalam Sertifikat Proteksi Gadget.
  6. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa proses dan keputusan atas Klaim merupakan kewenangan dari Mitra.
  7. Pengguna menyetujui untuk membebaskan Tokopedia dari segala tuntutan kewajiban, ganti rugi dan kompensasi dalam bentuk apapun terkait pelaksanaan layanan Proteksi Gadget termasuk proses pertanggungan, Klaim dan hal lainnya yang dilakukan oleh Mitra.
  8. Tokopedia berwenang untuk melakukan perubahan pada seluruh atau sebagian daripada Syarat dan Ketentuan ini.

C. Pengajuan Layanan Proteksi Gadget

  1. Pengguna dapat memilih atau membeli layanan Proteksi Gadget dengan mencentang kolom Proteksi Gadget pada halaman checkout atas Gadget yang dibeli melalui Situs/Aplikasi.
  2. Dengan memilih atau membeli layanan Proteksi Gadget tersebut, Pengguna menyetujui bahwa Tokopedia dapat memberikan informasi dan/atau data milik Pengguna kepada Mitra guna pelaksanaan layanan Proteksi Gadget dan penerbitan Sertifikat Proteksi Gadget, termasuk namun tidak terbatas pada nama, alamat, nomor IMEI Gadget dan data serta informasi terkait lainnya.
  3. Mitra akan mengirimkan Sertifikat Proteksi Gadget melalui Tokopedia kepada Pengguna paling lambat 1x24 (satu kali dua puluh empat)  jam sejak Pengguna telah melakukan konfirmasi penerimaan Gadget. Sertifikat akan dikirimkan kepada alamat email Pengguna yang terdaftar di Situs/Aplikasi.

D. Pertanggungan

  1. Jangka waktu pertanggungan yang disediakan Mitra melalui layanan Proteksi Gadget adalah selama 1 (satu) tahun sejak Pembeli melakukan konfirmasi penerimaan.
  2. Jenis dan nilai pertanggungan akan disesuaikan dengan harga Gadget yang tertera pada halaman pembayaran. Jenis dan nilai pertanggungan Proteksi Gadget dapat dilihat DISINI yang dapat dipilih oleh Pengguna pada saat melakukan pembelian layanan.
  3. Pembeli tidak dapat melakukan pembatalan atau pengembalian dana terhadap layanan Proteksi Gadget untuk transaksi yang dinyatakan berhasil oleh Situs/Aplikasi.
  4. Pembeli yang menggunakan Proteksi Gadget wajib mematuhi ketentuan pengajuan Klaim yang dibuat oleh Mitra. Ketentuan tersebut dapat dilihat DISINI.


Syarat dan Ketentuan ProClassic
A. SYARAT DAN KETENTUAN

  1. Unit ponsel yang pada saat ini diproteksi berfungsi secara normal tanpa ada kerusakan karena cairan atau mekanis.
  2. Unit ponsel yang pada saat ini diproteksi dibeli secara resmi pada keadaan baru di Tokopedia (bukan produk refurbish dan/atau pasar gelap).
  3. Diharuskan membayar Kelebihan Biaya (excess fee) sebesar 5% dari harga pembelian (RRP) ponsel untuk kerusakan atau penggantian.
  4. Harga perbaikan maksimal senilai harga pembelian (RRP) Ponsel.
  5. Bukti pembelian asli akan diperlukan saat melakukan klaim.
  6. Unit refurbish mungkin saja digunakan sebagai unit pengganti

B. PROSEDUR KLAIM
Pada saat terjadinya suatu peristiwa yang dapat menimbulkan suatu klaim berdasarkan pertanggungan ini, maka berikut untuk Standar Prosedur Klaim:
  1. Anda harus memberitahu Kami dalam waktu 3 (tiga) hari kerja sejak Insiden.
  2. Anda akan diminta untuk melengkapi surat klaimdan dokumen-dokumen sebagaimana dipersyaratkan untuk mendukung klaim Anda.
  3. Anda juga harus menyediakan informasi lainnya yang mungkin Kami perlukan sebagai tambahan.
  4. Anda harus memberitahu Kami dalam waktu 3 (tiga) hari kerja tentang asuransi lain yang Anda miliki yang menjamin Insiden.
  5. Anda harus mengisi dan mengembalikan dokumen yang diperlukan termasuk namun tidak terbatas pada formulir klaim, laporan polisi, tuntutan, pemberitahuan, dan dokumen lainnya yang Kami minta kepada Anda untuk disediakan.
  6. Formulir klaim dan dokumen pendukung harus dikembalikan kepada Kami dalam waktu 30 (tiga puluh) hari kalendar sejak pemberitahuan pertama atas klaim yang terjadi kepada Kami.
Dalam hal Insiden terhadap Peralatan Elektronik Pribadi: Setelah Insiden terjadi, Anda berkewajiban untuk:
  1. Menghindari upaya untuk memperbaiki sendiri Peralatan Elektronik Pribadi.
  2. Menghindari penggunaan jasa perbaikan berdasarkan pilihan Anda sendiri untuk memperbaiki Peralatan Elektronik Pribadi.
  3. Melaporkan klaim kepada Kami berkenaan dengan Kerusakan Yang Tidak Disengaja atau Masuknya Cairan sesuai dengan syarat dan ketentuan Polis.
  4. Memberitahukan kepada Kami mengenai adanya asuransi lain yang menjamin insiden yang terjadi.


C. KETENTUAN-KETENTUAN UMUM
  1. Penyelesaian Sengketa Apabila timbul perselisihan antara Anda dan Kami sebagai akibat dari penafsiran atas tanggung jawab atau besarnya ganti rugi dari Polis ini, maka perselisihan tersebut akan diselesaikan melalui perdamaianatau musyawarah dalam waktu paling lama 60 (enam puluh) hari kalender sejak timbulnya perselisihan. Perselisihan timbul sejak Anda dan Kami menyatakan secara tertulis ketidaksepakatannya atas hal yang diperselisihkan. Apabila penyelesaian perselisihan melalui perdamaian atau musyawarah tidak dapat dicapai, Kami memberikan kebebasan kepada Anda untuk memilih salah satu pilihan penyelesaian sengketa termasuk untuk menyelesaikan sengketa tersebut dan pilihantersebut tidak dapat dicabut kembali. Anda wajib memberitahukan pilihannya tersebut kepada Kami melalui surat tercatat, telegram, telex, faksimili, e-mail atau dengan kurir.
    • Badan Mediasi Asuransi Indonesia Dengan ini dinyatakan dan disepakati bahwa Anda dan Kami akan melakukan penyelesaian perselisihan melalui Badan Mediasi Asuransi Indonesia (“BMAI”) sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku di BMAI.
    • Arbitrase Dengan ini dinyatakan dan disepakati bahwa Anda dan Kami akan melakukan penyelesaian perselisihan melalui Majelis Ad Hoc sebagai berikut:
      • Majelis Arbitrase Ad Hoc terdiri dari 3 (tiga) orang Arbiter. Anda dan Kami masing-masing menunjuk seorang Arbiter dalam waktu 30 (tiga puluh) hari kalender setelah diterimanya pemberitahuan, yang kemudian kedua Arbiter tersebutmemilih dan menunjuk Arbiter ketiga dalam waktu 14 (empat belas) hari kalender setelah Arbiter yang kedua ditunjuk. Arbiter ketiga menjadi ketua Majelis Arbitrase Ad Hoc.
      • Dalam hal terjadi ketidaksepakatan dalam penunjukkan Arbiter ketiga,
      • Pemeriksaan atas sengketa harus diselesaikan dalam waktu paling lama 180 (seratus delapan puluh) hari kalender sejak Majelis Arbitrase Ad Hoc terbentuk. Dengan persetujuan para pihak dan apabila dianggap perlu oleh Majelis Arbitrase Ad Hoc, jangka waktu pemeriksaan perselisihan dapat diperpanjang.
      • Putusan Arbitrase bersifat final dan mempunyai kekuatan hukum tetap dan mengikat Anda dan Kami. Dalam hal Anda dan/atau Kami tidak melaksanakan putusan Arbitrase secara sukarela, putusan dilaksanakan berdasarkan perintah ketua Pengadilan Negeri yang daerah huumnya dimana termohon bertempat tinggal atas permohonan salah satu pihak yang bersengketa.
      • Untuk hal-hal yang belum diatur dalam Pasal ini berlaku ketentuan yang diatur dalam undang-undang tentang arbitrase, yang untuk saat ini adalah Undang-Undang Republik Indonesia No. 30 Tahun 1999 tertanggal 12 Agustus 1999 tentang Arbitrase dan Alternatif Penyelesaian Sengketa. Anda dan/atau Kami dapat mengajukan permohonan kepada ketua Pengadilan Negeri di daerah hukum termohon bertempat tinggal untuk menunjuk ketua Arbiter.
    • Pengadilan Dengan dinyatakan dan disepakati bahwa Anda dan Kami akan melakukan penyelesaian sengketa melalui Pengadilan Negeri di wilayah Republik Indonesia.
  2. Kelebihan Asuransi Lain Jika jaminan yang disediakan oleh Polis ini adalah merupakan kelebihan, berarti bahwa pada saat kejadian, terdapat asuransi lain yang berlaku dan dapat diambil, Polis ini hanya menjamin jumlah yang tidak dijamin oleh asuransi tersebut, hingga limit jaminan tertentu. Apabila peristiwa yang dijamin lebih darisatu jaminan Polis, Kami hanya membayarkan jaminan berdasarkan yang Pertama kali anda ajukan dalam pengajuan klaim.Hukum yang Berlaku Polis ini diatur oleh Undang-undang Republik Indonesia.
  3. Hukum yang Berlaku Polis ini diatur oleh Undang-undang Republik Indonesia.
  4. Periode Polis: Polis ini ditandatangani dan diterbitkan dengan dengan mempertimbangkan penerimaan dan persetujuan surat permohonan oleh Kami dan dianggap mulai berlaku pada pukul 00:00 Waktu Indonesia Baratpada tanggal efektif sebagaimana ditunjukkan dalam Sertifikat, dimana premi pertamanya telah diterima secara penuh oleh Kami dan berakhir setelah 6 (enam) bulan atau 1 (satu) tahun(tergantung jangka waktu pertanggungan yang dipilih) sejak tanggal berlakunya pada pukul 00:00 Waktu Indonesia Barat. Pembaharuan akan diproses setiap bulan, 6 bulan atau 1 tahun(tergantung masa pertanggungan) ketika premi Anda telah diterima. Pasal ini akan dibatalkan segera apabila anda tidak membayar atau gagal membayar premi kepada Kami.
  5. Penyembunyian atau Penipuan: Keseluruhan Polis ini akan batal secara otomatis, baik sebelum atau setelah kerugian, apabila Anda secara sengaja menyembunyikan atau memberikan pernyataan yang keliru tentang fakta materiil atau keadaan apa pun mengenai asuransi ini atau memberikan informasi tidak benar kepada Kami.
  6. Anda harus menggunakan segala daya upaya yang wajar untuk menghindari kerugian lebih lanjut pada saat dan setelah terjadinya kerugian.
  7. Embargo dan Sanksi Ekonomi
    • Kami tidak bertanggung jawab untuk melakukan pembayaran atas setiap kewajiban berdasarkan bagian jaminan manapun dalam Polis ini atau melakukan pembayaran berdasarkan perluasan apapun:
    • Untuk setiap kerugian atau klaim yang timbul,  sehubungan dengan atau dimana Anda maupun ahli waris Anda, sebagaimana tercantum dalam Polis adalah warga negara atau aparat pemerintahatau negara apapun, dimana berdasarkan hukum yang mengatur Polis ini dan/atau hukum yang mengatur Kami,  induk perusahaan Kami  maupun badan pengontrolnya, telah mengenakanembargo atau sanksi ekonomi lainnya yang mengakibatkan  dilarangnya Kami  untuk  memberikan  jaminan  asuransi, melakukan kegiatan usaha dengan atau memberikan manfaat ekonomi kepadaAnda atau ahli waris Anda berdasarkan Polis ini. Dengan ketentuan tersebut, dipahami dan disepakati bahwa tidak ada manfaat atau pembayaran yang akan diberikan kepada ahli waris yang dinyatakantidak dapat menerima manfaat yang bernilai ekonomi berdasarkan hukum dan/atau peraturan perundang-undangan yang mengatur Polis ini dan/atau Kami, induk perusahaan atau badan pengontrol Kami.
  8. Kewajiban-Kewajiban Setelah Kejadian: Kami tidak berkewajiban untuk memberikan pertanggungan berdasarkan Polis ini kecuali syarat dan kondisi dalam polis ini telah dipenuhi.
  9. Cara Pembayaran Premi: Pembayaran premi dapat dilakukan melalui rekening bank virtual, dibebankan pada kartu kredit Anda, transfer, kartu debit atau cara pembayaran lainnya yang disepakati oleh Anda dan Kami.
  10. Masa Tunggu Pembayaran Premi: Masa tunggu selama 14 (empat belas) hari kalender akan diberikan untuk pembayaran masing-masing premi yang jatuh tempo setelah premi pertama, selama jangka waktu mana Polis akan terus berlaku, kecuali Polis telah dibatalkan sesuai dengan ketentuan-ketentuan Polis ini.
  11. Kebijakan Kami untuk Setiap Pembayaran Premi Setelah Masa Tunggu
    • Jika Periode Polis 30 (tiga puluh) hari kalender atau lebih, setiap premi yang telah jatuh tempo harus dibayarkan dan telah Kami terima secara penuh (atau agen yang mana Polis ini dibeli) dalam 30 (tiga puluh) hari kalender sejak tanggal berlakunyajaminan dalam Polis atau perpanjangan.
    • Dalam hal premi yang jatuh tempo tidak dibayar dan benar-benar diterima secara penuh oleh Kami dalam periode 30 (tiga puluh) hari tersebut di atas, maka:
      • Jaminan dalam Polis atau perpanjangan secara otomatis berakhir segera setelah berakhirnya mencapai jangka waktu 30 (tiga puluh) hari;
      • Pembatalan jaminan secara otomatis terhadap jaminan tanpa mengurangi kewajiban yang timbul dalam waktu 30 (tiga puluh) hari, dan"c. Jika Periode Polis kurang dari 30 (tiga puluh) hari kalender, setiap premi terhutang harus dibayar dan diterima secara penuh oleh Kami (atau agen melalui siapa Polis ini dibeli) dalam Periode Polis.
  12. Tanggal Pembayaran yang Diakui: Pembayaran melalui rekening bank virtual/kartu kredit/transfer/debit langsung: tanggal dimana dana dikreditkan ke rekening bank Kami.
  13. Mata Uang: Dalam hal pembayaran Premi dan/atau klaim dari Polis asuransi dengan mata uang asing dilakukan dengan mata uang Rupiah Indonesia, pembayaran tersebut harus menggunakan kurs yang ekivalen yang diterbitkan olehBank Indonesia pada saat pembayaran. Kurs yang ekivalen sebagaimana dimaksud harus menghasilkan sejumlah mata uang asing yang seharusnya diterima oleh Kami atas pembayaran tersebut apabila pembayaran dilakukan denganmata uang asing yang dimaksud.
  14. PengalihanBaik Polis maupun Sertifikat tidak dapat dialihkan atau dipindahtangankan.
  15. Bahasa Yang Berlaku: Teks Polis ini menggunakan dua Bahasa yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dan dalam hal terjadi perbedaan interpretasi diantara keduanya, maka yang berlaku adalah yang menggunakan Bahasa Indonesia
  16. Pengesampingan: Dengan ini dinyatakan bahwa dalam hal Anda atau Kami menghentikan Polis ini, maka kedua belah pihak setuju untuk mengesampingkan Pasal 1266 dan 1267 Kitab Undang-undang Hukum Perdata Indonesia dan penghentian asuransi tersebutdilakukan tanpa memerlukan persetujuan pengadilan negeri di wilayah Republik Indonesia.
  17. Persetujuan Anda: Anda menyetujui bahawa setiap informasi yang diperoleh atau disimpan oleh Kami (baik terdapat pada Polis ini atau yang diperoleh deng cara lain) dapat dipergunakan dan diungkapkan oleh Kami kepada individu/perusahaan yang terkait dengan Kami atau kepada setiap pihak ketiga yang independen (di dalam atau diluar Indonesia) untuk setiap hal yang terkait dengan Polis ini, dan untuk memberikanketerangan atau informasi mengenai produk dan layanan yang Kami percaya mungkin menarik untuk Anda dan untuk berkomunikasi dengan Anda untuk tujuan apapun.

D. PEMBATALAN ATAU PERUBAHAN POLIS
  1. Pembatalan oleh Anda: Anda dapat membatalkan Polis ini atau setiap bagiannya sewaktu-waktu dengan memberitahukan Kami secara tertulis dalam jangka waktu 7 (tujuh) hari kalender sebelum tanggal berlakunya pembatalan tersebut.Dalam hal pembatalan Polis oleh Anda, maka kami tidak akan melakukan pengembalian premi.
  2. Pembatalan oleh Kami
    • Kami dapat membatalkan Polis ini atau setiap bagiannya sewaktu-waktu dengan memberikan pemberitahuan secara tertulis kepada Anda 7 (tujuh) hari kalender sebelumnya. Pemberitahuan tersebut akan dikirimkan kepada Anda melalui alamat e-mailterakhir yang ditunjukkan dalam Sertifikat.
    • Kami dapat membatalkan Polis ini dengan surat pemberitahuan berjangka waktu 7 (tujuh) hari kalender apabila Anda lalai untuk membayar premi pada tanggal jatuh tempo, tanpa mengindahkan apakah premi tersebut terutang pada Kami, kepada agen Kami.Dalam hal pembatalan Polis oleh Kami, maka kami tidak akan melakukan pengembalian premi.
  3. Perubahan-Perubahan
    • Anda harus memberitahukan Kami dalam jangka waktu 7 (tujuh) hari kalender tentang setiap perubahan keadaan yang akan mempengaruhi asuransi ini.
    • Apabila Kami diberitahukan oleh Anda tentang setiap perubahan keadaan yang akan mempengaruhi asuransi ini, Kami berhak untuk mengubah setiap syarat-syarat atau ketentuan asuransi ini setelah pemberitahuan dengan jangka waktu selambat-lambatnya 7 (tujuh) hari kalender kepada Anda oleh Kami.
  4. Perubahan atau modifikasi Polis ini tidak akan berlaku kecuali apabila dibuat dengan surat tambahan yang ditandatangani oleh perwakilan yang berwenang.


PT AMTRUST MOBILE SOLUTIONS INDONESIA “Program Keanggotaan TecProtec” Merupakan jasa layanan pribadi yang dipasarkan oleh PT AMTRUST MOBILE SOLUTIONS INDONESIA (AMS) ke para konsumen yang meliputi,antara lain layanan: Produk Asuransi bernama Moveable All Risk Policy, dijamin oleh PT Asuransi Asoka Mas. AMS akan membagikan Sertifikat kepada pelanggan yang berisi penjelasan produk Asuransi, termasuk syarat-syaratdan ketentuan sesuai dengan pertanggungan dan pengecualian sebagaimana diatur dalam Polis.

 

Syarat dan Ketentuan ProValue

A. SYARAT DAN KETENTUAN

  1. Unit ponsel yang pada saat ini diproteksi berfungsi secara normal tanpa ada kerusakan karena cairan atau mekanis.
  2. Unit ponsel yang pada saat ini diproteksi dibeli secara resmi pada keadaan baru di Tokopedia (bukan produk refurbish dan/atau pasar gelap).
  3. Tidak ada Kelebihan Biaya (excess fee).
  4. Terbatas untuk satu klaim sepanjang tempo perlindungan dan sampai dengan batas nilai tanggungan IDR1,000,000. Bukti pembelian asli akan diperlukan saat melakukan klaim.
  5. Bukti pembelian asli akan diperlukan saat melakukan klaim.
  6. Unit refurbish mungkin saja digunakan sebagai unit pengganti.

B. PROSEDUR KLAIM
Pada saat terjadinya suatu peristiwa yang dapat menimbulkan suatu klaim berdasarkan pertanggungan ini, maka berikut untuk Standar Prosedur Klaim:
  1. Anda harus memberitahu Kami dalam waktu 3 (tiga) hari kerja sejak Insiden.
  2. Anda akan diminta untuk melengkapi surat klaimdan dokumen-dokumen sebagaimana dipersyaratkan untuk mendukung klaim Anda.
  3. Anda juga harus menyediakan informasi lainnya yang mungkin Kami perlukan sebagai tambahan.
  4. Anda harus memberitahu Kami dalam waktu 3 (tiga) hari kerja tentang asuransi lain yang Anda miliki yang menjamin Insiden.
  5. Anda harus mengisi dan mengembalikan dokumen yang diperlukan termasuk namun tidak terbatas pada formulir klaim, laporan polisi, tuntutan, pemberitahuan, dan dokumen lainnya yang Kami minta kepada Anda untuk disediakan.
  6. Formulir klaim dan dokumen pendukung harus dikembalikan kepada Kami dalam waktu 30 (tiga puluh) hari kalendar sejak pemberitahuan pertama atas klaim yang terjadi kepada Kami.
Dalam hal Insiden terhadap Peralatan Elektronik Pribadi: Setelah Insiden terjadi, Anda berkewajiban untuk:
  1. Menghindari upaya untuk memperbaiki sendiri Peralatan Elektronik Pribadi.
  2. Menghindari penggunaan jasa perbaikan berdasarkan pilihan Anda sendiri untuk memperbaiki Peralatan Elektronik Pribadi.
  3. Melaporkan klaim kepada Kami berkenaan dengan Kerusakan Yang Tidak Disengaja atau Masuknya Cairan sesuai dengan syarat dan ketentuan Polis.
  4. Memberitahukan kepada Kami mengenai adanya asuransi lain yang menjamin insiden yang terjadi.


C. KETENTUAN-KETENTUAN UMUM
  1. Penyelesaian Sengketa: Apabila timbul perselisihan antara Anda dan Kami sebagai akibat dari penafsiran atas tanggung jawab atau besarnya ganti rugi dari Polis ini, maka perselisihan tersebut akan diselesaikan melalui perdamaianatau musyawarah dalam waktu paling lama 60 (enam puluh) hari kalender sejak timbulnya perselisihan. Perselisihan timbul sejak Anda dan Kami menyatakan secara tertulis ketidaksepakatannya atas hal yang diperselisihkan. Apabila penyelesaian perselisihan melalui perdamaian atau musyawarah tidak dapat dicapai, Kami memberikan kebebasan kepada Anda untuk memilih salah satu pilihan penyelesaian sengketa termasuk untuk menyelesaikan sengketa tersebut dan pilihantersebut tidak dapat dicabut kembali. Anda wajib memberitahukan pilihannya tersebut kepada Kami melalui surat tercatat, telegram, telex, faksimili, e-mail atau dengan kurir.
    • Badan Mediasi Asuransi Indonesia Dengan ini dinyatakan dan disepakati bahwa Anda dan Kami akan melakukan penyelesaian perselisihan melalui Badan Mediasi Asuransi Indonesia (“BMAI”) sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku di BMAI.
    • Arbitrase Dengan ini dinyatakan dan disepakati bahwa Anda dan Kami akan melakukan penyelesaian perselisihan melalui Majelis Ad Hoc sebagai berikut:
      • Majelis Arbitrase Ad Hoc terdiri dari 3 (tiga) orang Arbiter. Anda dan Kami masing-masing menunjuk seorang Arbiter dalam waktu 30 (tiga puluh) hari kalender setelah diterimanya pemberitahuan, yang kemudian kedua Arbiter tersebutmemilih dan menunjuk Arbiter ketiga dalam waktu 14 (empat belas) hari kalender setelah Arbiter yang kedua ditunjuk. Arbiter ketiga menjadi ketua Majelis Arbitrase Ad Hoc.
      • Dalam hal terjadi ketidaksepakatan dalam penunjukkan Arbiter ketiga,
      • Pemeriksaan atas sengketa harus diselesaikan dalam waktu paling lama 180 (seratus delapan puluh) hari kalender sejak Majelis Arbitrase Ad Hoc terbentuk. Dengan persetujuan para pihak dan apabila dianggap perlu oleh Majelis Arbitrase Ad Hoc, jangka waktu pemeriksaan perselisihan dapat diperpanjang.
      • Putusan Arbitrase bersifat final dan mempunyai kekuatan hukum tetap dan mengikat Anda dan Kami. Dalam hal Anda dan/atau Kami tidak melaksanakan putusan Arbitrase secara sukarela, putusan dilaksanakan berdasarkan perintah ketua Pengadilan Negeri yang daerah huumnya dimana termohon bertempat tinggal atas permohonan salah satu pihak yang bersengketa.
      • Untuk hal-hal yang belum diatur dalam Pasal ini berlaku ketentuan yang diatur dalam undang-undang tentang arbitrase, yang untuk saat ini adalah Undang-Undang Republik Indonesia No. 30 Tahun 1999 tertanggal 12 Agustus 1999 tentang Arbitrase dan Alternatif Penyelesaian Sengketa. Anda dan/atau Kami dapat mengajukan permohonan kepada ketua Pengadilan Negeri di daerah hukum termohon bertempat tinggal untuk menunjuk ketua Arbiter.
    • Pengadilan Dengan dinyatakan dan disepakati bahwa Anda dan Kami akan melakukan penyelesaian sengketa melalui Pengadilan Negeri di wilayah Republik Indonesia.
  2. Kelebihan Asuransi Lain: Jika jaminan yang disediakan oleh Polis ini adalah merupakan kelebihan, berarti bahwa pada saat kejadian, terdapat asuransi lain yang berlaku dan dapat diambil, Polis ini hanya menjamin jumlah yang tidak dijamin oleh asuransi tersebut, hingga limit jaminan tertentu. Apabila peristiwa yang dijamin lebih darisatu jaminan Polis, Kami hanya membayarkan jaminan berdasarkan yang Pertama kali anda ajukan dalam pengajuan klaim.Hukum yang Berlaku Polis ini diatur oleh Undang-undang Republik Indonesia.
  3. Hukum yang Berlaku Polis ini diatur oleh Undang-undang Republik Indonesia.
  4. Periode Polis: Polis ini ditandatangani dan diterbitkan dengan dengan mempertimbangkan penerimaan dan persetujuan surat permohonan oleh Kami dan dianggap mulai berlaku pada pukul 00:00 Waktu Indonesia Baratpada tanggal efektif sebagaimana ditunjukkan dalam Sertifikat, dimana premi pertamanya telah diterima secara penuh oleh Kami dan berakhir setelah 6 (enam) bulan atau 1 (satu) tahun(tergantung jangka waktu pertanggungan yang dipilih) sejak tanggal berlakunya pada pukul 00:00 Waktu Indonesia Barat. Pembaharuan akan diproses setiap bulan, 6 bulan atau 1 tahun(tergantung masa pertanggungan) ketika premi Anda telah diterima. Pasal ini akan dibatalkan segera apabila anda tidak membayar atau gagal membayar premi kepada Kami.
  5. Penyembunyian atau Penipuan: Keseluruhan Polis ini akan batal secara otomatis, baik sebelum atau setelah kerugian, apabila Anda secara sengaja menyembunyikan atau memberikan pernyataan yang keliru tentang fakta materiil atau keadaan apa pun mengenai asuransi ini atau memberikan informasi tidak benar kepada Kami.
  6. Anda harus menggunakan segala daya upaya yang wajar untuk menghindari kerugian lebih lanjut pada saat dan setelah terjadinya kerugian.
  7. Embargo dan Sanksi Ekonomi: Kami tidak bertanggung jawab untuk melakukan pembayaran atas setiap kewajiban berdasarkan bagian jaminan manapun dalam Polis ini atau melakukan pembayaran berdasarkan perluasan apapun:"Untuk setiap kerugian atau klaim yang timbul,  sehubungan dengan atau dimana Anda maupun ahli waris Anda, sebagaimana tercantum dalam Polis adalah warga negara atau aparat pemerintahatau negara apapun, dimana berdasarkan hukum yang mengatur Polis ini dan/atau hukum yang mengatur Kami,  induk perusahaan Kami  maupun badan pengontrolnya, telah mengenakanembargo atau sanksi ekonomi lainnya yang mengakibatkan  dilarangnya Kami  untuk  memberikan  jaminan  asuransi, melakukan kegiatan usaha dengan atau memberikan manfaat ekonomi kepadaAnda atau ahli waris Anda berdasarkan Polis ini. Dengan ketentuan tersebut, dipahami dan disepakati bahwa tidak ada manfaat atau pembayaran yang akan diberikan kepada ahli waris yang dinyatakantidak dapat menerima manfaat yang bernilai ekonomi berdasarkan hukum dan/atau peraturan perundang-undangan yang mengatur Polis ini dan/atau Kami, induk perusahaan atau badan pengontrol Kami.
  8. Kewajiban-Kewajiban Setelah Kejadian: Kami tidak berkewajiban untuk memberikan pertanggungan berdasarkan Polis ini kecuali syarat dan kondisi dalam polis ini telah dipenuhi.
  9. Cara Pembayaran Premi: Pembayaran premi dapat dilakukan melalui rekening bank virtual, dibebankan pada kartu kredit Anda, transfer, kartu debit atau cara pembayaran lainnya yang disepakati oleh Anda dan Kami.
  10. Masa Tunggu Pembayaran Premi: Masa tunggu selama 14 (empat belas) hari kalender akan diberikan untuk pembayaran masing-masing premi yang jatuh tempo setelah premi pertama, selama jangka waktu mana Polis akan terus berlaku, kecuali Polis telah dibatalkan sesuai dengan ketentuan-ketentuan Polis ini.
  11. Kebijakan Kami untuk Setiap Pembayaran Premi Setelah Masa Tunggu.
    • Jika Periode Polis 30 (tiga puluh) hari kalender atau lebih, setiap premi yang telah jatuh tempo harus dibayarkan dan telah Kami terima secara penuh (atau agen yang mana Polis ini dibeli) dalam 30 (tiga puluh) hari kalender sejak tanggal berlakunyajaminan dalam Polis atau perpanjangan.
    • Dalam hal premi yang jatuh tempo tidak dibayar dan benar-benar diterima secara penuh oleh Kami dalam periode 30 (tiga puluh) hari tersebut di atas, maka:
      • Jaminan dalam Polis atau perpanjangan secara otomatis berakhir segera setelah berakhirnya mencapai jangka waktu 30 (tiga puluh) hari;
      • Pembatalan jaminan secara otomatis terhadap jaminan tanpa mengurangi kewajiban yang timbul dalam waktu 30 (tiga puluh) hari, dan
    • Jika Periode Polis kurang dari 30 (tiga puluh) hari kalender, setiap premi terhutang harus dibayar dan diterima secara penuh oleh Kami (atau agen melalui siapa Polis ini dibeli) dalam Periode Polis.
  12. Tanggal Pembayaran yang Diakui: Pembayaran melalui rekening bank virtual/kartu kredit/transfer/debit langsung: tanggal dimana dana dikreditkan ke rekening bank Kami.
  13. Mata Uang: Dalam hal pembayaran Premi dan/atau klaim dari Polis asuransi dengan mata uang asing dilakukan dengan mata uang Rupiah Indonesia, pembayaran tersebut harus menggunakan kurs yang ekivalen yang diterbitkan olehBank Indonesia pada saat pembayaran. Kurs yang ekivalen sebagaimana dimaksud harus menghasilkan sejumlah mata uang asing yang seharusnya diterima oleh Kami atas pembayaran tersebut apabila pembayaran dilakukan denganmata uang asing yang dimaksud.
  14. Pengalihan: Baik Polis maupun Sertifikat tidak dapat dialihkan atau dipindahtangankan.
  15. Bahasa Yang Berlaku: Teks Polis ini menggunakan dua Bahasa yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dan dalam hal terjadi perbedaan interpretasi diantara keduanya, maka yang berlaku adalah yang menggunakan Bahasa Indonesia.
  16. Pengesampingan: Dengan ini dinyatakan bahwa dalam hal Anda atau Kami menghentikan Polis ini, maka kedua belah pihak setuju untuk mengesampingkan Pasal 1266 dan 1267 Kitab Undang-undang Hukum Perdata Indonesia dan penghentian asuransi tersebutdilakukan tanpa memerlukan persetujuan pengadilan negeri di wilayah Republik Indonesia.
  17. Persetujuan Anda: Anda menyetujui bahawa setiap informasi yang diperoleh atau disimpan oleh Kami (baik terdapat pada Polis ini atau yang diperoleh deng cara lain) dapat dipergunakan dan diungkapkan oleh Kami kepada individu/perusahaan yang terkait dengan Kami atau kepada setiap pihak ketiga yang independen (di dalam atau diluar Indonesia) untuk setiap hal yang terkait dengan Polis ini, dan untuk memberikanketerangan atau informasi mengenai produk dan layanan yang Kami percaya mungkin menarik untuk Anda dan untuk berkomunikasi dengan Anda untuk tujuan apapun."


D. PEMBATALAN ATAU PERUBAHAN POLIS
  1. Pembatalan oleh Anda
    • Anda dapat membatalkan Polis ini atau setiap bagiannya sewaktu-waktu dengan memberitahukan Kami secara tertulis dalam jangka waktu 7 (tujuh) hari kalender sebelum tanggal berlakunya pembatalan tersebut.
    • Dalam hal pembatalan Polis oleh Anda, maka kami tidak akan melakukan pengembalian premi.
  2. Pembatalan oleh Kami
    • Kami dapat membatalkan Polis ini atau setiap bagiannya sewaktu-waktu dengan memberikan pemberitahuan secara tertulis kepada Anda 7 (tujuh) hari kalender sebelumnya. Pemberitahuan tersebut akan dikirimkan kepada Anda melalui alamat e-mail terakhir yang ditunjukkan dalam Sertifikat.
    • Kami dapat membatalkan Polis ini dengan surat pemberitahuan berjangka waktu 7 (tujuh) hari kalender apabila Anda lalai untuk membayar premi pada tanggal jatuh tempo, tanpa mengindahkan apakah premi tersebut terutang pada Kami, kepada agen Kami.
    • Dalam hal pembatalan Polis oleh Kami, maka kami tidak akan melakukan pengembalian premi.
  3. Perubahan-Perubahan
    • Anda harus memberitahukan Kami dalam jangka waktu 7 (tujuh) hari kalender tentang setiap perubahan keadaan yang akan mempengaruhi asuransi ini.
    • Apabila Kami diberitahukan oleh Anda tentang setiap perubahan keadaan yang akan mempengaruhi asuransi ini, Kami berhak untuk mengubah setiap syarat-syarat atau ketentuan asuransi ini setelah pemberitahuan dengan jangka waktu selambat-lambatnya 7 (tujuh) hari kalender kepada Anda oleh Kami.
  4. Perubahan atau modifikasi Polis ini tidak akan berlaku kecuali apabila dibuat dengan surat tambahan yang ditandatangani oleh perwakilan yang berwenang.


PT AMTRUST MOBILE SOLUTIONS INDONESIA “Program Keanggotaan TecProtec” Merupakan jasa layanan pribadi yang dipasarkan oleh PT AMTRUST MOBILE SOLUTIONS INDONESIA (AMS) ke para konsumen yang meliputi,antara lain layanan: Produk Asuransi bernama Moveable All Risk Policy, dijamin oleh PT Asuransi Asoka Mas. AMS akan membagikan Sertifikat kepada pelanggan yang berisi penjelasan produk Asuransi, termasuk syarat-syaratdan ketentuan sesuai dengan pertanggungan dan pengecualian sebagaimana diatur dalam Polis.

Tips Belanja Aman dan Nyaman di Tokopedia

Lakukan tips berikut agar pengalaman Anda berbelanja di Tokopedia semakin aman dan nyaman:

  1. Perhatikan nama, deskripsi, dan gambar produk yang Anda inginkan secara detail. Lihat reputasi toko (rating & cancel rate), review, dan diskusi produk.
  2. Pastikan TIDAK mentransfer langsung dana ke penjual. Lakukan pembayaran HANYA ke nomor rekening atas nama PT TOKOPEDIA.
  3. Mohon untuk tidak memberikan bukti-bukti pembayaran Anda kepada orang lain, tidak melakukan pembayaran ke rekening Tokopedia tanpa ada transaksi secara langsung, dan tidak melakukan transfer dana ke rekening Tokopedia dengan jumlah atau amount tagihan yang tidak sesuai.
  4. Jangan lakukan Konfirmasi Penerimaan sebelum pesanan sampai.
  5. Jika mengalami masalah transaksi, silakan kunjungi Hubungi Kami atau klik Komplain di menu pesanan Anda.
  6. Kami hanya bisa bertanggung jawab atas transaksi atau masalah yang terjadi di dalam sistem kami. Oleh karena itu pastikan Anda selalu bertransaksi melalui sistem Tokopedia sesuai dengan Syarat dan Ketentuan kami. 

Wishlist Produk

Dengan menggunakan fitur Wishlist, Anda dapat menandai produk yang ingin dibeli di kemudian hari. Semua produk yang Anda wishlist akan masuk ke dalam tab Wishlist yang terdapat pada homepage Tokopedia.

Berikut cara menandai produk sebagai wishlist:

  • Desktop
  • Mobile
  • Android
  • iOS
  1. Pilih produk yang Anda inginkan.
  2. Klik Tambah ke Wishlist di sisi kanan atas pada halaman produk.
  1. Pilih produk yang Anda inginkan.
  2. Klik Wishlist di bagian bawah foto pada halaman produk.
  1. Pilih produk yang Anda inginkan.
  2. Klik di bagian kanan atas pada halaman produk.
  1. Pilih produk yang Anda inginkan.
  2. Klik Wishlist.

 

Untuk menghapus produk dari daftar wishlist:

  • Desktop
  • Mobile
  • Android
  • iOS
  1. Pada homepage Tokopedia, klik tab Wishlist yang berada di bawah menu Hot List.
  2. Klik Ubah Wishlist.
  3. Centang produk yang ingin Anda hapus dari daftar wishlist.
  4. Lalu klik Hapus Wishlist.
  1. Pilih tab Wishlist.
  2. Klik pada produk yang ingin Anda hapus dari wishlist.
  3. Akan muncul pop-up . Klik Hapus.
  1. Pilih tab Favorit.
  2. Klik Lihat semua pada menu Wishlist.
  3. Klik pada produk yang ingin Anda hapus dari daftar wishlist.
  1. Pilih tab Wishlist.
  2. Klik pada produk yang ingin Anda hapus dari daftar wishlist.

×