TokoCash

TokoCash adalah layanan pembayaran aman Tokopedia yang disediakan untuk memudahkan pengguna dalam bertransaksi secara online. Pengguna bisa menggunakan TokoCash untuk berbelanja, isi pulsa, beli tiket kereta hingga membayar berbagai tagihan di Tokopedia. 

Dengan teknologi Secure Socket Layer (SSL) dan keamanan yang setara dengan sistem Tokopedia, dana di akun TokoCash Anda jadi lebih terlindungi. Tim Fraud Prevention kami akan selalu memantau selama 24 jam untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan akun.

Kendala TokoCash

Secara umum, tidak menutup kemungkinan terjadinya kendala seputar TokoCash. Anda dapat memastikan telah memahami syarat dan ketentuan penggunaan TokoCash untuk menghindari adanya kendala pada penggunaan TokoCash Anda.

Kendala yang terjadi pada umumnya antara lain Top Up berhasil tetapi saldo tidak bertambah, transaksi gagal tetapi saldo TokoCash terpotong, transaksi dibatalkan dan dana belum kembali ke TokoCash serta penyalahgunaan pada akun TokoCash.

Akun TokoCash Disalahgunakan Pihak Lain

Anda perlu pastikan bahwa telah melakukan penggantian password secara berkala demi keamanan Akun dan tetap menjaga kerahasiaan akun Anda untuk menghindari penyalahgunaan.
 
Selain itu Anda juga dapat pastikan bahwa nomor handphone yang digunakan untuk Akun TokoCash Anda saat ini masih digunakan dengan baik atau tidak dipindah tangankan pada pihak lain.

Apabila Akun TokoCash Anda disalahgunakan oleh pihak lain, maka Anda dapat laporkan pada Customer Care Tokopedia.

Nomor Handphone yang Terdaftar di Akun TokoCash Hilang atau Tidak Aktif

Apabila Anda memiliki saldo pada akun TokoCash akan tetapi nomor handphone yang digunakan hilang atau sudah tidak aktif, maka tidak perlu khawatir karena Anda akan tetap dapat menggunakan saldo TokoCash tersebut untuk bertransaksi di Tokopedia.

Anda dapat menggunakan saldo TokoCash tersebut dengan menggunakan akun Tokopedia lain yang masih terhubung dengan nomor handphone sebelumnya karena 1 nomor handphone dapat terhubung dengan maksimal 5 akun Tokopedia berbeda.

Namun apabila Anda hanya memiliki 1 akun terhubung, maka silakan menghubungi Customer Care Tokopedia dengan menginformasikan nomor handphone lama dan nomor handphone baru (pengganti). Pastikan nomor handphone tersebut aktif sehingga dapat kami bantu proses pemindahan dananya pada akun TokoCash baru Anda.

 
Catatan: Apabila Anda telah mengajukan perubahan nomor handphone pada Customer Care Tokopedia dan dana pada saldo TokoCash telah dipindahkan ke akun TokoCash baru, maka dana tersebut tidak dapat dilakukan pemindahan ke Saldo Tokopedia untuk dilakukan penarikan ke nomor rekening Anda. Dana akan tetap berada di akun TokoCash Anda dan dapat Anda gunakan untuk bertransaksi di Tokopedia.

 

Top Up berhasil tetapi Saldo Tidak Bertambah

Saldo TokoCash akan masuk ke akun Anda maksimal 1×24 jam. Pastikan Anda telah mengikuti langkah-langkah Top Up dengan benar sehingga Saldo TokoCash akan bertambah.

Khusus untuk Top Up melalui Indomaret, Alfamart, Pos Indonesia, KlikBCA, e-Pay BRI dan Virtual Account, jika limit TokoCash telah mencapai batas maksimum Rp 1 juta, maka dana akan dikembalikan ke Saldo Tokopedia pengguna.

Anda dapat menunggu proses Top Up hingga batas waktu tersebut. Jika saldo belum masuk setelah 1×24 jam, silakan hubungi Customer Care Tokopedia.

Transaksi Dibatalkan, Dana Belum Kembali ke TokoCash

Di Tokopedia, Anda bisa menggunakan TokoCash untuk berbelanja, isi pulsa, beli tiket kereta, hingga membayar berbagai tagihan. Apabila dalam melakukan pembelian Anda mendapati kendala seperti transaksi dibatalkan dan dana belum kembali ke TokoCash, Anda dapat pastikan terlebih dahulu bahwa Anda tidak melanggar syarat dan ketentuan penggunaan TokoCash.

Selain itu, Anda dapat menunggu maksimal 1x24 jam untuk pengembalian dana ke saldo TokoCash. Apabila dana masih belum juga kembali, Anda dapat menghubungi Customer Care Tokopedia.
 

Transaksi Gagal, Tetapi Saldo TokoCash Terpotong

Saldo Tokocash dapat Anda gunakan untuk belanja online di Tokopedia. Namun, jika saat ingin membeli produk Anda mendapati kendala seperti transaksi gagal, tetapi saldo TokoCash terpotong, Anda dapat memastikan terlebih dahulu bahwa pembelian dengan menggunakan TokoCash sudah sesuai dengan syarat dan ketentuannya.

Perlu diketahui, saldo TokoCash yang terpotong akan kembali ke akun TokoCash Anda dalam waktu maksimal 1x24jam, apabila saldo masih belum juga kembali, Anda dapat menghubungi Customer Care Tokopedia.

Perbedaan TokoCash dengan Saldo Tokopedia

Perbedaan TokoCash dengan Saldo Tokopedia adalah TokoCash digunakan untuk berbelanja, sedangkan Saldo Tokopedia berfungsi untuk menerima dana hasil penjualan. Selain itu untuk saat ini, saldo TokoCash belum dapat diuangkan ataupun dipindahkan ke rekening pribadiNamun khusus untuk pembatalan transaksi yang dananya berasal dari metode pembayaran selain TokoCash, terdapat pilihan untuk memindahkan dana tersebut ke Saldo Tokopedia.

Contoh kasus:

Anda melakukan transaksi di Tokopedia sebesar Rp100.000, dengan pembayaran menggunakan TokoCash (senilai Rp25.000) digabung dengan metode pembayaran lain yang tersedia di Tokopedia (senilai Rp75.000). Jika transaksi dibatalkan, dana sebesar Rp100.000 akan kembali ke akun TokoCash Anda, dengan kondisi:

- Dana yang berasal dari TokoCash (Rp25.000) tidak bisa dipindahkan ke Saldo Tokopedia.

- Dana yang berasal dari metode pembayaran lain (Rp75.000) bisa dipindahkan ke Saldo Tokopedia, dan kemudian bisa ditarik ke rekening pribadi. Namun pilihan untuk memindahkan dana ini ke Saldo Tokopedia hanya berlaku hingga 30 hari sejak transaksi dibatalkan.

Tarik Dana dari TokoCash

Jika Anda ingin melakukan penarikan dana TokoCash ke rekening pribadi maka Anda diharuskan memindahkan dana tersebut ke saldo Tokopedia. Anda dapat memindahkan dana dari TokoCash ke saldo Tokopedia namun dana tersebut harus berasal dari refund non TokoCash. Tombol Move to Saldo atau Pindahkan ke Saldo Tokopedia akan muncul pada nominal refund yang bersumber non TokoCash dan tombol akan muncul selama 30 hari. Jika lebih dari 30 hari maka dana tersebut tidak bisa dipindahkan ke saldo Tokopedia dan menjadi dana TokoCash.

Langkah-langkah untuk memindahkan dana pengembalian dari metode pembayaran lain ke Saldo Tokopedia

  1. Masuk ke Halaman Tokocash
  2. Pada History TokoCash Anda dapat mengklik tombol Pindahkan ke Saldo Tokopedia.

User-added image

Saat ini Anda dapat melakukan pemindahan dana TokoCash ke saldo Tokopedia walaupun nominal refund non TokoCash tidak full atau sudah digunakan sebagian. Berikut syarat dan ketentuannya:

  1. Dana refund yang berasal dari non TokoCash.
  2. Refund tidak lebih dari 30 hari.
  3. Walaupun sudah digunakan dan terdapat refund kembali maka Anda tetap dapat memindahkan dana TokoCash ke saldo Tokopedia pada TokoCash Tx Id yang awal. Dan Anda belum pernah menggunakan tombol pemindahan dana tersebut. Tombol Pindahkan ke Saldo Tokopedia hanya dapat digunakan sekali untuk refund transaksi yang dananya berasal dari non TokoCash.

Cara Melakukan Aktivasi TokoCash

Untuk mengaktifkan fitur TokoCash, Anda dapat mengikuti panduan mudah berikut ini:

  1. Masuk ke akun Tokopedia Anda, lalu klik tombol Aktivasi TokoCash.
  2. Aktivasi TokoCash akan otomatis menggunakan nomor handphone yang terdaftar di akun Tokopedia Anda.
  3. Masukkan Kode OTP, lalu klik Aktivasi.
Satu nomor handphone (ID TokoCash) hanya bisa digunakan untuk satu akun TokoCash, karena nomor handphone tersebut akan menjadi ID TokoCash. Satu akun TokoCash hanya bisa dihubungkan ke akun Tokopedia yang memiliki nomor handphone yang sama dengan yang terdaftar di TokoCash.

Cara Melakukan Top Up dan Menggunakan Saldo TokoCash

Untuk sementara TokoCash tidak dapat di-top up, terhitung hari Rabu, tanggal 13 September 2017, pukul 23:59. Namun, seluruh fitur TokoCash (transaksi, cashback, refund, dan redeem Gift Card) akan tetap berfungsi seperti biasa.

Cara melakukan top up

Limit maksimum saldo TokoCash adalah Rp 1 juta. Untuk limit penerimaan TokoCash Rp 20 juta per bulan. Mengisi saldo TokoCash sangat mudah, cukup dengan beberapa langkah berikut ini:

  1. Klik pada nominal TokoCash atau di halaman Top Up TokoCash
  2. Pilih nominal top up yang Anda inginkan, klik Top Up.
  3. Pilih metode pembayaran yang ingin Anda gunakan, lalu klik Bayar.
  4. Lanjutkan pembayaran sesuai langkah-langkah metode pembayaran terkait.


Cara menggunakan TokoCash

Jika saldo TokoCash tidak mencukupi untuk total transaksi, Anda dapat melakukan pembayaran menggunakan TokoCash dan digabung dengan pembayaran lainnya yang ada di Tokopedia. Silakan mengikuti panduan berikut ini:

  1. Pilih metode pembayaran TokoCash.
  2. Pada halaman ringkasan pembayaran, klik Pilih Metode Lain
  3. Pilih metode pembayaran lain yang tersedia.
  4. Klik Bayar.

Syarat dan Ketentuan Penggunaan TokoCash

  1. Pengguna sudah memiliki akun Tokopedia. Jika belum memiliki akun Tokopedia, silakan ikuti langkah-langkah mendaftar akun di Tokopedia.
  2. Untuk melakukan aktivasi TokoCash, pengguna harus melakukan verifikasi nomor handphone terlebih dulu.
  3. Limit maksimum TokoCash adalah Rp 1 juta. Sedangkan limit penerimaan TokoCash Rp 20 juta per bulan.
  4. Pihak resmi Tokopedia tidak pernah meminta ​email, password, username​ maupun kode SMS verifikasi​ ​​atau kode OTP milik akun pengguna. Mohon untuk tidak menginfokan data tersebut ​atau data penting Anda lainnya ​ke pihak ​yang mengatasnamakan Tokopedia atau pihak lain yang tidak dapat dijamin ​keamanannya.
  5. Nomor handphone yang digunakan pada TokoCash harus sama dengan nomor handphone yang terdaftar di akun Tokopedia pengguna.
  6. Jika ada transaksi dari Tokopedia yang dibatalkan, maka dana akan dikembalikan ke TokoCash pengguna.
  7. Tokopedia berhak, tanpa pemberitahuan sebelumnya, melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan apabila ditemukan tindakan manipulasi/kecurangan, seperti menutup akun, menarik subsidi, menarik cashback, membatalkan transaksi, menahan dana, menurunkan reputasi toko, serta hal-hal lainnya jika ditemukan indikasi kecurangan atau pelanggaran ​Syarat dan Ketentuan Tokopedia dan ​ketentuan hukum ​yang ​berlaku​ di wilayah negara Indonesia​​.

Penutupan akun TokoCash (Terminasi Akun)

Jika Anda ingin menutup akun TokoCash maka Anda dapat melakukan permintaan penutupan akun TokoCash melalui halaman https://www.tokocash.com/settings kemudian klik "Ajukan Tutup Akun".

Anda dapat melakukan pengajuan penutupan akun jika memenuhi syarat dan ketentuan penutupan akun TokoCash yaitu:

  1. Akun TokoCash sudah diaktivasi lebih dari 6 bulan.
  2. Balance TokoCash = 0

Jika Anda masih memiliki dana TokoCash dan ingin mengajukan penutupan akun maka Anda dapat menggunakan dana TokoCash terlebih dahulu untuk transaksi di Tokopedia hingga jumlah akhir saldo TokoCash Anda 0.

Akun yang sudah dilakukan penutupan tidak dapat dibuka kembali dan tidak bisa digunakan untuk melakukan transaksi apapun. Nomor telepon yang sama tidak bisa digunakan kembali untuk melakukan aktivasi akun TokoCash. Jika ingin melakukan aktivasi akun TokoCash maka Anda dapat menggunakan nomor telepon baru.

×