TokoPoints

TokoPoints adalah program loyalitas konsumen untuk Pengguna yang memungkinkan Pengguna mengumpulkan Loyalty dan Points dari transaksi yang dilakukan melalui Situs/Aplikasi.

TokoPoints memiliki sistem keanggotaan bertingkat yang dikelompokkan berdasarkan jumlah riwayat transaksi masing-masing Pengguna dengan ketentuan yang diatur oleh Tokopedia. Pengguna dapat menukarkan Points dengan berbagai Kupon yang dapat digunakan untuk kembali bertransaksi di Tokopedia.

Informasi Seputar TokoPoints

Aktivasi TokoPoints

Setiap Pengguna Tokopedia dengan akun yang telah terverifikasi akan terdaftar secara otomatis menjadi akun TokoPoints, sehingga Anda tidak perlu melakukan aktivasi kembali ke akun TokoPoints.

 

Points dan Loyalty

  • Points: Points yang bisa didapatkan dan dikumpulkan oleh Pengguna untuk ditukarkan menjadi Kupon yang tersedia pada Katalog Kupon.
  • Loyalty: Loyalty yang bisa didapatkan dan dikumpulkan oleh Pengguna untuk menentukan dan menaikkan tingkat keanggotaan akun Pengguna.

Manfaat yang diperoleh dari fitur TokoPoints hanya dapat dinikmati oleh Pengguna yang memperoleh dan/atau memiliki Points atau Kupon, sesuai dengan Syarat dan Ketentuan yang berlaku pada Situs Tokopedia. Jumlah Points dan Loyalty yang bisa didapatkan Pengguna adalah sepenuhnya kewenangan Tokopedia.

 

Cara Mendapatkan Points dan Loyalty

Pengguna yang bertransaksi di Tokopedia baik Marketplace, Official Store, dan Produk Digital (kecuali tiket KAI, hiburan, uber, gift card, event, zakat, dan donasi) sesuai dengan syarat dan ketentuan maka akan mendapat Points dan Loyalty dalam waktu maksimal 1×24 jam setelah transaksi sukses (untuk Produk Digital) dan/atau setelah melakukan konfirmasi penerimaan pesanan (untuk transaksi Marketplace dan Official Store).

 

Status Membership dan Points yang dapat digunakan

TokoPoints memiliki Membership dengan keuntungan berbeda di setiap tingkatannya. Selain itu, setiap Membership pun memiliki jumlah minimum Loyalty yang berbeda-beda. Semakin banyak jumlah Loyalty yang dimiliki/dikumpulkan, semakin tinggi pula Membershipnya. Berikut adalah daftar tabel pengelompokan jenis Membership berdasarkan Loyalty dan Points yang dimiliki:

Keterangan:
 

Membership Pengguna akan dihitung ulang per tanggal 1 Januari setiap tahunnya. Status Membership dapat berubah menjadi Naik Tingkat, Tetap, ataupun Turun Tingkat bergantung pada jumlah Loyalty yang dimiliki Pengguna.

Terdapat batasan kuota harian untuk maksimal Points dan Loyalty yang bisa didapatkan oleh Pengguna. Batasan Points dan Loyalty yang bisa diperoleh akan disesuaikan dengan Membership masing-masing Pengguna dan batasan harian ini akan dihitung mulai pukul 00:00 WIB hingga 23:59 WIB di tanggal yang sama saat pengguna melakukan transaksi (checkout pesanan).

 

Keuntungan dasar masing-masing Membership

Setiap tingkatan memiliki keuntungan dasar yang berbeda, berikut informasi keuntungan dasar yang otomatis diberikan.
Catatan:
Pada Membership Classic, Pengguna baru yang belum pernah melakukan transaksi akan mendapat 1 kupon Gratis Ongkir, kemudian apabila melakukan 1 transaksi maka akan mendapat tambahan 2 kupon Gratis Ongkir senilai Rp20.000 dengan minimal pembelian Rp100.000.

(*) Jumlah kupon Gratis Ongkir dapat berubah sewaktu-waktu, dan hanya dapat digunakan pada Aplikasi Tokopedia (Android/IOS)

 

Cara Melakukan Penukaran Points Menjadi Kupon

Anda dapat menukarkan Points dari transaksi sebelumnya menjadi Kupon yang ditampilkan di Katalog Kupon untuk kemudian digunakan dalam melakukan transaksi Anda selanjutnya. Penukaran Points nantinya akan mengurangi akumulasi Points yang Anda miliki sebelumnya. Berikut langkah yang dapat Anda lakukan untuk menukarkan Points:

  1. Masuk ke halaman Katalog Kupon dan pilih Kupon yang akan ditukar dengan Points Anda.
  2. Klik “Tukar” pada Kupon yang dipilih sehingga otomatis Points Anda akan berkurang sesuai nilai tukar masing-masing Kupon.
  3. Kupon yang telah ditukar akan ada di menu “Kupon Saya” pada akun Anda.

Masing-masing Kupon memiliki Syarat dan Ketentuan khusus yang berbeda satu sama lain, termasuk namun tidak terbatas pada jumlah Points yang diperlukan untuk menukar Kupon.

 

Cara Menggunakan Kupon untuk Transaksi di Tokopedia

Setelah Anda berhasil menukarkan Points menjadi Kupon, Anda dapat menggunakannya untuk bertansaksi dengan cara berikut:

  1. Masukkan produk yang Anda pilih ke keranjang belanja.
  2. Klik “Gunakan Kupon”.
  3. Pilih Kupon yang akan Anda gunakan dari daftar Kupon yang Anda miliki.
  4. Anda akan mendapatkan notifikasi penggunaan Kupon berhasil.

 

Transaksi Dropship

Points dan Loyalty tidak berlaku untuk transaksi di Tokopedia Marketplace dan Official Store dengan sistem dropship, yaitu terdapat dua transaksi berbeda dengan satu pengiriman barang yang sama di sistem Tokopedia. Pembeli yang bertransaksi selaku dropshipper tidak mendapat Points dan Loyalty setelah transaksi berstatus selesai.

 

Transaksi yang Tidak Mendapat Points dan Loyalty

Tidak semua transaksi success/finished mendapatkan Points dan Loyalty. Ada beberapa hal yang menyebabkan transaksi Anda tidak mendapatkan Points dan Loyalty dan tidak muncul di halaman Riwayat Points, di antaranya:

  1. Transaksi pembelian Tiket KAI, Hiburan, Uber, Gift Card, Event, Zakat, dan Donasi.
  2. Transaksi Anda melanggar Syarat dan Ketentuan yang berlaku.
  3. Points dan Loyalty yang Anda dapatkan telah melebihi batas maksimal Pendapatan (lihat tabel Status Membership dan Points yang dapat digunakan)

Misalnya: Anda memiliki Tingkatan Membership Silver dengan batas maksimal Pendapatan 1000 Points dan 50 Loyalty per hari. Pada tanggal 30 Januari Anda melakukan 3 Transaksi (A, B & C). Transaksi A telah selesai pada tanggal 2 Februari 2018 dan telah mendapatkan 500 Points dan 25 Loyalty. Selanjutnya transaksi B telah selesai di tanggal 3 Februari 2018 dan Anda mendapatkan Points sebesar 500 dan Loyalty sebesar 25. Ketika transaksi C selesai pada tanggal 5 Februari 2018, transaksi C tersebut tidak mendapatkan Points dan Loyalty karena telah melebihi batas maksimal pendapatan Points dan Loyalty per hari.

Catatan: Batas maksimal Pendapatan Points dan Loyalty dihitung dari tanggal saat pengguna melakukan transaksi.

FAQ Seputar TokoPoints

Apakah saya dapat mendaftarkan akun Tokopedia saya sebagai akun TokoPoints?

Setiap Pengguna Tokopedia dengan akun yang telah terverifikasi akan terdaftar secara otomatis menjadi pemilik akun TokoPoints, sehingga Anda tidak perlu melakukan aktivasi kembali ke akun TokoPoints.

Berapa Point yang akan saya dapat dari setiap transaksi?

Jumlah Points dan Loyalty yang Anda dapat setiap transaksi akan ditentukan oleh Tokopedia.

Kapan saya akan akan menerima Points dan Loyalty?

Anda akan mendapatkan Points dan Loyalty untuk setiap transaksi dalam waktu maksimal 1×24 jam setelah transaksi sukses (untuk Produk Digital) dan/atau setelah melakukan konfirmasi penerimaan pesanan (untuk transaksi Marketplace dan Official Store).

Apakah saya dapat berbagi Points dengan Pengguna lain?

Points dan Loyalty Anda tidak dapat dibagikan ke Pengguna lain ataupun sebaliknya.

Apakah saya dapat berbagi Kupon dengan Pengguna lain?

Khusus untuk Membership Gold dan/atau tingkatan diatasnya, Kupon yang ada di Katalog Kupon dapat dikirimkan ke Pengguna lain dengan cara klik “Kirim Kupon”.

Apakah ada batas Points perhari yang akan saya dapatkan?

Terdapat batasan kuota harian untuk Points yang bisa didapatkan oleh Pengguna. Batasannya akan disesuaikan dengan tingkatan masing-masing Pengguna. Selain itu, batasan kuota harian ini akan dihitung mulai dari pukul 00:00 WIB hingga 23:59 WIB di tanggal yang sama saat pengguna melakukan transaksi (checkout pesanan).

Apakah terdapat batasan maksimal Kupon yang dapat saya tukar per hari?

Anda dapat menukarkan Points menjadi Kupon dengan batas maksimal 10 kali penukaran/kupon/hari.

Berapa lama masa berlaku Kupon yang sudah saya tukar?

Setiap Kupon yang sudah Anda tukar memiliki masa aktif dan ketentuan yang berbeda – beda, Anda dapat melakukan pengecekan Syarat dan Ketentuan pada masing-masing Kupon.

Kenapa salah satu Kupon saya kemarin masih muncul di “Kupon saya” tapi sekarang sudah tidak ada?

Kupon yang sudah di miliki Pengguna di menu “Kupon saya” ketika mencapai masa kadaluwarsa maka akan hangus dan tidak tampil kembali.

Bagaimana cara meningkatkan jumlah Points saya?

Pengguna dapat berpotensi mendapatkan tambahan Points dan Loyalty dengan memperbanyak transaksi Anda di Tokopedia baik pembelian pada platform Marketplace, maupun Produk Digital (tidak termasuk Tiket KAI, Hiburan, Uber, Gift Card, Event, Zakat, dan Donasi).

Apakah Points saya memiliki masa kadaluwarsa?

Points yang didapat Pengguna melalui transaksi akan berlaku hingga tanggal 31 Desember di tahun berikutnya. Misalnya: Points yang didapatkan pada tanggal 1 Agustus 2017 akan berlaku hingga tanggal 31 Desember 2018, Points ini akan kadaluwarsa dan tidak dapat digunakan mulai tanggal 1 Januari 2019.

Apakah Loyalty akan memiliki masa kadaluwarsa?

Loyalty tidak memiliki masa kadaluwarsa, namun akan mengalami sistem perhitungan ulang per tanggal 1 Januari setiap tahunnya. Loyalty yang dikumpulkan pada tahun sebelumnya akan menentukan status Membership pada tahun berikutnya.

Apakah Status Membership saya dapat naik atau turun?

Membership dapat naik apabila jumlah Loyalty yang dikumpulkan pada tahun sebelumnya dapat mencapai minimal Loyalty dari Membership diatasnya. Membership dapat turun apabila jumlah jumlah Loyalty yang dikumpulkan pada tahun sebelumnya kurang dari minimal Loyalty dari Membership Pengguna.

Contoh: Pengguna A pada tahun 2018 berada pada Membership Gold dengan Loyalty 500. Pada tanggal 1 Januari 2019 akan dilakukan perhitungan kembali.

Jika selama tahun 2018, Loyalty yang dikumpulkan kurang dari 500 maka Membership Pengguna A akan turun menjadi Silver. Jika Loyalty yang dikumpulkan berkisar antara 500 – 4999 maka Pengguna A akan tetap menjadi Gold. Sedangkan jika Loyalty yang dikumpulkan mencapai 500 maka Pengguna A akan otomatis menjadi Platinum 1.

Catatan:Masing-masing Membership hanya dapat mengalami penurunan maksimal 1 level, semisal: Platinum 1 hanya dapat mengalami penurunan ke Gold, tidak dapat langsung turun ke Silver.

Apakah Kupon yang sudah saya tukar masih dapat dibatalkan?

Kupon yang sudah ditukarkan tidak dapat dibatalkan, dan hanya bisa Anda gunakan.

Apakah Kupon yang tidak digunakan dapat diuangkan?

Setiap Kupon yang tidak digunakan atau sudah tidak berlaku lagi tidak dapat diuangkan. Pengguna dilarang untuk menjual atau dengan cara apapun menguangkan setiap Kupon yang sudah ditukarkan. Jika terbukti terdapat pelanggaran, maka Tokopedia akan memberikan sanksi kepada Pengguna yang melakukan pelanggaran.

Apakah penggunaan Kupon bisa digabungkan dengan Kode Promo Tokopedia?

Tidak bisa. Penggunaan Kupon tidak dapat digabungkan dengan Kode Promo, sehingga Pengguna harus memilih salah satu yang ingin digunakan dalam 1 transaksi.

Saya mendapatkan bonus Kupon Gratis Ongkir setelah mengalami kenaikan Membership , bagaimana cara menggunakannya?

Kupon Gratis Ongkir yang Anda miliki otomatis muncul pada halaman Katalog Kupon. Untuk menggunakan bonus Kupon, Anda perlu untuk melakukan penukaran terlebih dahulu dari halaman Katalog Kupon. Penukaran/redeem yang Anda lakukan tidak akan memotong akumulasi Points Anda.

Syarat dan Ketentuan TokoPoints

A. Definisi

  1. Tokopedia adalah PT. Tokopedia dan seluruh afiliasi atau anak perusahaannya, suatu perseroan terbatas yang menjalankan kegiatan usaha jasa web portal www.tokopedia.com, yakni situs pencarian toko dan barang yang dijual oleh Penjual terdaftar. Selanjutnya disebut Tokopedia.
  2. Situs/Aplikasi adalah situs www.tokopedia.com milik Tokopedia yang dapat diakses melalui desktop site dan/atau aplikasi yang berbasis Android atau iOS.
  3. Pengguna adalah pihak yang menggunakan layanan Tokopedia, termasuk namun tidak terbatas pada Pembeli, Penjual ataupun pihak lain yang sekedar berkunjung ke Situs Tokopedia.
  4. Pembeli adalah Pengguna terdaftar yang melakukan permintaan atas barang yang dijual oleh Penjual di situs Tokopedia.
  5. Penjual adalah Pengguna terdaftar yang melakukan tindakan buka toko dan/atau melakukan penawaran atas suatu barang kepada para Pengguna Situs Tokopedia.
  6. TokoPoints adalah program loyalitas konsumen untuk Pengguna yang memungkinkan Pengguna untuk mengumpulkan Loyalty dan Points dari transaksi yang dilakukan melalui situs/aplikasi.
  7. Loyalty adalah Loyalty yang bisa didapatkan dan dikumpulkan oleh Pengguna untuk menentukan dan menaikkan tingkat keanggotaan akun Pengguna.
  8. Points adalah Points yang bisa didapatkan dan dikumpulkan oleh Pengguna untuk ditukarkan menjadi Kupon yang tersedia pada Katalog Kupon.
  9. Kupon adalah berbagai manfaat yang dapat dinikmati Pengguna dengan menukarkan Points yang dimiliki pada Katalog Kupon.
  10. Mitra Program adalah pihak ketiga yang menjadi mitra resmi Tokopedia untuk menawarkan Kupon dalam Katalog Kupon.
  11. Ketentuan Situs adalah Syarat dan Ketentuan situs/aplikasi, Kebijakan Privasi, Syarat dan Ketentuan ini dan setiap Syarat dan Ketentuan lain yang dapat berlaku untuk atau sehubungan dengan Penggunaan situs/aplikasi dan seluruh fitur yang terdapat di dalamnya.
  12. Syarat dan Ketentuan adalah Syarat dan Ketentuan untuk menggunakan TokoPoints.  

B. Penggunaan TokoPoints

  1. Untuk kepentingan Syarat dan Ketentuan ini, satu hari dihitung mulai dari pukul 00:00 WIB hingga 23:59 WIB dalam tanggal yang sama.
  2. Terdapat batasan kuota harian untuk Loyalty dan Points yang bisa didapatkan oleh Pengguna.
  3. Pembatasan terhadap Loyalty dan Points yang bisa didapatkan akan disesuaikan dengan tingkat keanggotaan masing-masing Pengguna.
  4. Loyalty dan Points yang telah didapat oleh Pengguna melalui transaksi memiliki masa berlaku.
  5. Pengguna dapat menukarkan Points menjadi Kupon yang ditampilkan di Katalog Kupon; Penukaran Points akan mengurangi Points yang dimiliki oleh Pengguna.
  6. Setelah ditukarkan, Kupon dapat digunakan oleh Pengguna dengan memperhatikan Syarat dan Ketentuan khusus yang berlaku untuk Kupon yang bersangkutan.
  7. Masing-masing Kupon memiliki Syarat dan Ketentuan khusus yang berbeda satu sama lain, termasuk namun tidak terbatas pada jumlah Points yang diperlukan untuk menukar Kupon. Syarat dan Ketentuan khusus akan dijabarkan pada Katalog Kupon. Dengan menukarkan Kupon, Pengguna dianggap telah membaca Syarat dan Ketentuan khusus yang berlaku untuk Kupon yang bersangkutan.
  8. Pengguna dilarang untuk menjual atau dengan cara apapun menguangkan setiap Kupon yang sudah ditukarkan.
  9. Setiap Kupon yang tidak digunakan atau sudah tidak berlaku lagi tidak dapat diuangkan.

C. Kelayakan Pengguna

  1. Akun Pengguna yang berkesempatan mengikuti program TokoPoints akan ditentukan melalui sistem Tokopedia.
  2. Hadiah atau manfaat yang diperoleh dari program TokoPoints hanya dapat dinikmati oleh Pengguna yang memperoleh Loyalty, Points, atau Kupon sesuai dengan Syarat dan Ketentuan yang berlaku di Ketentuan Situs.
  3. Penentuan jumlah Loyalty atau Points yang bisa didapatkan Pengguna adalah sepenuhnya kewenangan Tokopedia.
  4. Tokopedia berwenang untuk sewaktu-waktu mengubah hadiah atau manfaat yang diperoleh Pengguna.
  5. Tokopedia berwenang untuk membatalkan keberlakuan hadiah atau manfaat dari program TokoPoints, termasuk namun tidak terbatas pada Loyalty, Points, atau Kupon yang diperoleh Pengguna dengan melanggar Ketentuan Situs.
  6. Pengguna wajib untuk membaca dan memahami Syarat dan Ketentuan khusus yang berlaku untuk penukaran Kupon atau kode Kupon tertentu. Tokopedia tidak dapat bertanggungjawab atas kelalaian Pengguna dalam mematuhi Syarat dan Ketentuan tersebut.

D. Lain-lain

  1. Pengguna setuju untuk sewaktu-waktu dihubungi oleh Tokopedia untuk mengkonfirmasi informasi yang diperlukan oleh Tokopedia sehubungan dengan data atau akun Pengguna.
  2. Syarat dan Ketentuan ini dapat diubah sewaktu-waktu dan Tokopedia akan memberikan notifikasi kepada Pengguna melalui media komunikasi yang tersedia, termasuk melalui Situs/Aplikasi, dan dengan terus menggunakan layanan Situs/Aplikasi, Pengguna dianggap menyetujui perubahan tersebut.
  3. Untuk hal-hal yang tidak secara khusus diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini, Pengguna menyatakan untuk tunduk pada setiap ketentuan dan prosedur operasional yang diberlakukan oleh Tokopedia sebagaimana tertuang dalam Ketentuan Situs, baik yang berlaku sekarang atau perubahannya dari waktu ke waktu.

E. Keluhan

  1. Setiap keluhan terkait permasalahan dalam penggunaan Kupon dapat disampaikan kepada Mitra Program bersangkutan sebagaimana tertera dalam setiap Syarat dan Ketentuan khusus yang berlaku untuk Kupon.
  2. Pertanyaan dan komplain sehubungan dengan program TokoPoints dapat disampaikan oleh Pengguna melalui Pusat Bantuan Tokopedia.
  3. Tokopedia akan melakukan verifikasi atas data Pengguna dengan basis data yang disediakan oleh Pengguna kepada Tokopedia pada saat Pengguna melakukan registrasi ke Situs/Aplikasi.
  4. Tokopedia akan melakukan pengecekan atau verifikasi atas keluhan Pengguna dan juga memberi respon kepada Pengguna sesuai dengan kebijakan dan prosedur internal Tokopedia setelah memperoleh penyampaian yang lengkap atas keluhan dari Pengguna.

Dengan menyetujui Syarat dan Ketentuan ini, Pengguna menyatakan bahwa Tokopedia menyediakan penjelasan yang cukup sehubungan dengan TokoPoints yang akan digunakan oleh Pengguna, dan Pengguna mengakui dan mengerti setiap konsekuensi penggunaan program TokoPoints, termasuk manfaat, resiko dan setiap biaya yang berhubungan dengan program TokoPoints.

Pengguna dengan ini menyatakan bahwa Pengguna telah membaca dan mengerti Syarat dan Ketentuan ini secara keseluruhan dan telah menyetujui isi Syarat dan Ketentuan ini. Pengguna dengan ini memberikan persetujuannya secara elektronik dengan sadar dan sukarela tanpa paksaan dari setiap pihak atas Syarat dan Ketentuan ini, dan mengakui bahwa Syarat dan Ketentuan ini mengikat Pengguna, dan Pengguna memiliki kewajiban untuk melaksanakan dan tunduk pada setiap ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan ini dalam menggunakan program TokoPoints.

Seputar Kupon Gratis Ongkos Kirim dari Membership

Masing-masing Membership akan mendapatkan Kupon Gratis Ongkir seperti yang tertera pada tabel: Keuntungan Dasar Masing-Masing Membership.

Berikut informasi dari mengenai Kupon Gratis Ongkir dari Membership:

  1. Kupon Gratis Ongkir dari Membership terdapat pada halaman Katalog Kupon, dengan keterangan 0 Points.
  2. Untuk menggunakannya, Anda harus melakukan penukaran 0 Points dengan cara klik “Tukar” pada Kupon tersebut, selanjutnya jika berhasil akan masuk ke halaman Kupon Saya.
  3. Kupon Gratis Ongkir dari Membership ini tidak dapat dikirim ke Pengguna lain.
  4. Penggunaan Kupon Gratis Ongkir dari Membership tidak dapat digabungkan dengan Kupon atau Kode Promo lain.
  5. Ketika Pengguna mengalami kenaikan Membership, maka Kupon Gratis Ongkir dari Membership akan bersifat akumulasi, dengan masa aktif menyesuaikan masing-masing Kupon. Misalnya Pengguna A dengan Membership Silver pada tanggal 24 Januari 2018 mendapatkan 5 Kupon Gratis Ongkir dan belum digunakan. Pada tanggal 1 Juni 2018 Pengguna mengalami kenaikan Membership menjadi Gold, dan mendapat 8 Kupon Gratis Ongkir kembali. Maka jumlah Kupon Gratis Ongkir Pengguna A adalah 13 Kupon.
  6. Kupon Gratis Ongkir dari Membership dapat ditukarkan hingga tanggal 31 Desember di tahun yang sama. Misalnya Pengguna B pada tahun 2018 dengan Membership Gold, memiliki 8 Kupon Gratis Ongkir dari Membership. Pada tanggal 31 Desember 2018, pengguna B masih memiliki 2 kupon yang belum ditukarkan. Maka pada tanggal 1 Januari 2019 Kupon tersebut akan hangus dan hilang dari halaman Katalog Kupon.
  7. Pada saat mengalami sistem reset Membership di tanggal 1 Januari setiap tahunnya, pengguna akan mendapatkan Kupon Gratis Ongkir sesuai dengan Membership yang diperolehnya pada tahun tersebut. Misalnya Pengguna B pada tahun 2018 dengan Membership Gold, pada tanggal 1 Januari 2019 mengalami penurunan Membership dari Gold ke Silver, maka pengguna akan mendapat 5 Kupon Gratis Ongkir dari Membership Silver.
  8. Mulai tanggal 31 Januari 2018, Kupon Gratis Ongkir dari Membership yang telah digunakan untuk transaksi, kemudian terdapat pesanan yang batal atau ditolak penjual (baik sebagian atau keseluruhan dalam satu pembayaran), maka Kupon ini akan dianggap hangus dan tidak dapat digunakan kembali. Nominal Kupon Gratis Ongkir dari Membership ini tidak akan kembali ke Tokocash.
×