Pelaporan

Laporkan Penyalahgunaan

Seiring perkembangan dan pertumbuhan aktivitas jual-beli secara online di Tokopedia, pembeli bisa memantau secara langsung seluruh kegiatan jual-beli meliputi produk yang dijual, akun pembeli atau penjual, sistem pembayaran, sistem pengiriman, hingga promo yang sedang berlangsung di Tokopedia.

Anda bisa langsung melaporkan segala bentuk ketidaksesuaian dan penyalahgunaan terkait, seperti melaporkan pencurian atau penyalahgunaan akun Tokopedia, penyalahgunaan kartu kredit, laporan scam, laporan phising, hingga pelaporan segala bentuk promosi palsu.

Pencurian atau Penyalahgunaan Akun Tokopedia

Apabila Anda merasa ada orang lain yang menggunakan Akun Anda atau adanya perubahan kata sandi pada Akun tanpa sepengetahuan Anda, maka Anda perlu perhatikan cara mengatasinya berikut ini:

  1. Jika merasa ada user lain yang terindikasi menggunakan akun Tokopedia Anda, segera ubah password di halaman pengaturan. Berikut Panduan Lengkap mengubah password/kata sandi.
  2. Jika terdapat perubahan password tanpa sepengetahuan Anda, silakan mengklik tombol Lupa Kata Sandi? yang ada di bagian masuk/login.
Jika tetap tidak bisa mengakses akun Tokopedia Anda, silahkan hubungi Customer Care Tokopedia.

Penyalahgunaan Kartu Kredit

Penggunaan Kartu Kredit tentunya menjadi privasi dari setiap transaksi yang dilakukan di Tokopedia. Anda perlu memerhatikan daftar transaksi yang telah selesai maupun yang sedang berjalan agar dapat mengetahui dengan jelas proses penggunaan dari kartu kredit Anda.

Apabila terdapat penyalahgunaan kartu kredit pada transaksi Anda, dimana Anda merasa tidak menggunakan Kartu Kredit untuk proses transaksi di Tokopedia silakan lakukan pengajuan laporannya pada Customer Care Tokopedia.

Laporan Scam

Scam adalah penipuan dengan menggunakan modus penyamaran sebagai pihak tertentu yang bertujuan untuk mendapatkan data atau keuntungan dari target sasaran (korban).

Anda perlu memastikan bahwa tidak meemberikan data apapun terkait Akun Anda pada pihak yang tidak Anda kenal maupun yang tidak memiliki keterkaitan pada transaksi Anda di Tokopedia.

Jika ada oknum tertentu yang mengaku sebagai pihak Tokopedia/bank/pihak lainnya, silakan laporkan ke Customer Care Tokopedia.

Laporan Phishing

Phishing adalah cara untuk mendapatkan informasi pribadi pengguna seperti user name, password, email, dan sebagainya melalui website yang tampilannya menyerupai Tokopedia.

Anda perlu melakukan pengecekan berkala pada browser yang Anda gunakan untuk mengakses Akun Tokopedia dan pastikan bahwa Anda tidak membuka link apapun selain yang berkaitan langsung dengan Tokopedia khususnya yang diinformasikan langsung pada halaman Tokopedia.

Jika Anda menerima link phishing dari pihak lain dan link tersebut membahayakan Akun Tokopedia Anda, silakan laporkan ke Customer Care Tokopedia.

Promo Palsu

Pastikan Anda memperhatikan tiga hal berikut ini agar terhindar dari promo-promo palsu:

  1. Jangan mudah percaya dengan promo yang disebarkan oleh pihak-pihak yang mengaku sebagai Tokopedia.
  2. Hindari menginfokan data penting seperti email, password, nomor handphone, atau nomor rekening.
  3. Semua informasi tentang promo hanya diinfokan melalui channel resmi Tokopedia, seperti:
    – www.tokopedia.com
    – email dengan domain @tokopedia.com. Contoh: contact@tokopedia.com
    – media sosial resmi Tokopedia (Facebook, Twitter, Google+, Instagram, Line, BBM Channel, blog Tokopedia)

Jika menemukan informasi mengenai promo palsu yang mengatasnamakan Tokopedia, Anda dapat melaporkannya kepada Customer Care Tokopedia.

Pelaporan Konten yang Melanggar

Dalam melakukan aktivitas jual beli online pada website Tokopedia, tidak menutup kemungkinan ditemukannya konten yang tidak sesuai ataupun penyalahgunaan yang melanggar Syarat dan Ketentuan.

Anda dapat melaporkannya mulai dari produk yang melanggar ketentuan, ulasan yang melanggar ketentuan, pesan pribadi yang melanggar ketentuan, hingga komentar yang mengganggu kenyamanan.

Melaporkan Produk yang Melanggar Ketentuan Tokopedia

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk melaporkan pelanggaran produk yang dijual di Tokopedia:

 
  1. Klik ikon Laporkan di kanan bawah halaman produk yang melanggar.                          User-added image
  2. Pilih jenis kategori pelanggaran dan isi deskripsinya.                              User-added image   
  3. Klik Laporkan.
  4. Tim Tokopedia akan segera menindaklanjutinya.

Melaporkan Ulasan yang Melanggar Ketentuan Tokopedia

Jika ada ulasan yang melanggar ketentuan Tokopedia seperti berisi kata-kata kasar atau unsur SARA, Anda bisa melaporkannya dengan cara:

  1. Klik ikon
  2. Pilih Review.
  3. Klik ulasan yang mau Anda laporkan.
  4. Klik Lapor.
  5. Tulis alasan, lalu klik Laporkan.

Komentar yang Mengganggu Kenyamanan

Jika ada komentar di diskusi produk yang mengandung unsur SARA atau berisi kata-kata kasar, Anda bisa melaporkan komentar tersebut. Caranya:

  1. Klik ikon , Pilih Diskusi Produk.
  2. Arahkan kursor ke sebelah kanan atas pada kotak diskusi pembeli. Lalu klik ikon Lapor.
  3. Akan muncul pop-up Lapor Diskusi. Isi detail laporan yang mau Anda sampaikan. Lalu klik Laporkan.

×