Pengiriman

Kendala Layanan Pengiriman

Secara umum, tidak menutup kemungkinan terjadinya kendala pada pengiriman pesanan baik melalui sistem pick up maupun layanan reguler. Anda dapat memastikan kendala pengiriman yang terjadi dengan melakukan pengecekan pada resi pengiriman dan informasi status pengirimannya. Selain itu Anda dapat menghubungi pihak kurir yang digunakan untuk memastikan perkembangan pengiriman pesanan Anda.

Barang Belum Diterima

Apabila Anda belum menerima barang dalam jangka waktu yang ditentukan, Anda dapat melacak pesanan untuk mengetahui keberadaan barang. Anda juga dapat meminta penjual untuk menanyakan status pesanan Anda ke kurir terkait.

Selain itu Anda dapat menghubungi langsung kurir pengiriman yang digunakan sehingga dapat diketahui estimasi waktu untuk penerimaan barangnya. Hubungi Customer Care Tokopedia jika mendapati kendala lebih lanjut.
 

Barang yang Diterima dalam Keadaan Rusak atau Cacat

Jika Anda menerima produk dalam keadaan rusak atau cacat, maka Anda dapat lakukan pengajuan komplain di Pusat Resolusi agar dapat dilakukan pengecekan pada kondisi produk yang diterima. Anda dapat secara langsung mendiskusikan solusi yang akan ditempuh dengan penjual.

Jika mengalami kesulitan, maka Anda dapat menghubungi Customer Care Tokopedia.

Barang yang Diterima Kurang

Jika barang yang Anda terima kurang dari jumlah yang Anda pesan, Anda bisa meminta penjual untuk mengirimkan barang yang kurang melalui halaman Pusat Resolusi. Anda dapat melampirkan bukti pendukung yang menunjukkan adanya kekurangan barang saat Anda menerimanya.

Anda juga bisa menghubungi Customer Care Tokopedia jika mendapati kesulitan.
 

Berat Produk Tidak Sesuai

Jika pada sistem dan resi penerimaan berat produk tidak sesuai serta terdapat selisih ongkos kirim, maka Anda dapat mengajukan komplain pada penjual melalui pusat resolusi untuk pengembalian dana sebagian senilai selisih ongkos kirimnya.

Jika transaksi sudah selesai dan Anda tidak dapat melakukan pengajuan komplain untuk pengembalian dana senilai selisih ongkos kirim, silakan hubungi Customer Care Tokopedia.

Kendala Teknis Pengiriman

Tokopedia berupaya untuk selalu melakukan yang terbaik termasuk dalam proses pengiriman. Namun, tidak menutup kemungkinan terjadinya kendala teknis dalam pengiriman pesanan dikarenakan proses ini melibatkan pihak ketiga, yaitu agen kurir pengiriman. Anda dapat pastikan perihal proses pengiriman dengan menghubungi pihak kurir pengiriman yang digunakan untuk memastikan status pengiriman pesanan Anda.

Apabila membutuhkan informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi Customer Care Tokopedia.

Ketentuan Ongkir Saat Penjual Menggunakan Agen Logistik yang Berbeda

Jika penjual menggunakan kurir dengan harga yang lebih murah, kelebihan dana akan otomatis kembali ke pembeli setelah status transaksi selesai. Sedangkan, jika penjual menggunakan kurir dengan harga yang lebih mahal, kekurangan ongkos kirim akan ditanggung oleh penjual. Pastikan Anda dan penjual sudah sepakat untuk menggunakan agen logistik yang berbeda agar tidak merugikan salah satu pihak apabila nantinya terjadi kendala pada proses pengiriman. 

Kurir Tidak Bisa Dipilih

Jika kurir yang ingin Anda gunakan tidak bisa dipilih, berikut hal yang perlu diperhatikan:

  1. Pastikan kurir tersebut menjangkau wilayah Anda.
  2. Pastikan lokasi penjual mendukung pengiriman ke alamat pembeli.
  3. Khusus pengiriman dengan POS Indonesia, pastikan kode pos yang dimasukkan sudah tepat. Jika Kodepos salah, pilihan kurir POS Indonesia tidak akan muncul.
Apabila sebelumnya alamat Anda sudah sesuai dan pemilihan kurir sudah disesuaikan dengan wilayah yang terjangkau tetapi kurir tetap tidak dapat dipilih, maka Anda dapat hubungi Customer Care Tokopedia.

Produk yang Dikirim Hilang

Jika Anda menerima informasi produk hilang, maka Anda dapat lakukan pengajuan komplain di Pusat Resolusi agar dapat dilakukan pengecekan pada keberadaan produk yang belum Anda terima. Selain itu Anda dapat mendiskusikan solusi yang akan ditempuh bersama penjual secara langsung melalui Pusat Resolusi.

Anda juga dapat melakukan konfirmasi dengan menghubungi pihak kurir pengiriman yang digunakan untuk mengetahui status pengiriman produk Anda. Jika kesulitan, maka silakan menghubungi Customer Care Tokopedia.

Tujuan Pengiriman Tidak Tersedia

Tujuan pengiriman menjadi salah satu hal penting yang perlu dilengkapi agar Anda dapat menerima produk sesuai dengan pesanan. Pastikan kelengkapan alamat Anda sudah sesuai sehingga menghindari adanya kendala pada proses pengiriman.

Agar alamat tujuan menjadi lebih jelas dan mempermudah Anda pada saat melakukan pemesanan, maka Tokopedia berupaya untuk mendapatkan kesesuaian data tujuan pengiriman yang terjangkau oleh masing-masing kurir pengiriman.

Anda dapat hubungi Customer Care Tokopedia jika saat pemesanan tidak dapat memilih tujuan pengiriman karena belum tersedia.

Layanan Asuransi Pengiriman

Tokopedia selalu berusaha untuk memberikan kemudahan dan pelayanan terbaik untuk para penggunanya. Termasuk untuk meminimalisirkan risiko yang tidak diinginkan saat proses pengiriman barang. Layanan Asuransi Pengiriman telah hadir di Tokopedia untuk melindungi barang kiriman dari kerusakan maupun kehilangan yang dapat terjadi selama berada di perjalanan. Asuransi Pengiriman yang sebelumnya merupakan tanggung jawab dari masing-masing ekspedisi kini telah mengalami perubahan dimana semua Asuransi Pengiriman akan melalui Tokopedia (Terkecuali Pengiriman Wahana diatas Rp200.000).

Informasi Seputar Layanan Asuransi Pengiriman

  1. Asuransi Pengiriman yang melindungi barang bukan lagi berasal dari masing-masing kurir ekspedisi pilihan pembeli, melainkan tanggung jawab dari PT Asuransi Tokio Marine Indonesia melalui Tokopedia sepenuhnya. 
  2. Semua ekspedisi dan layanan yang bekerja sama dengan Tokopedia akan memiliki Asuransi Pengiriman yang dapat dipilih oleh pembeli dengan tambahan premi sebesar 0.2% (Nol koma dua persen) dari invoice.
  3. Tanggungan yang akan diberikan kepada pembeli senilai harga barang ditambahkan dengan ongkos kirim, maksimal Rp100.000.000,- (Seratus juta rupiah) per invoice.
  4. Proses investigasi untuk barang rusak adalah 1x24 jam kerja semenjak seluruh dokumen di serahkan kepada pihak PT Asuransi Tokio Marine Indonesia.
  5. Untuk kasus barang hilang, Tokopedia akan meminta konfirmasi kehilangan dari pihak ekspedisi pengiriman terkait (3 hari kalendar untuk pengiriman Instant, Same Day, dan Next Day; 7 hari kalendar untuk pengiriman Regular). Setelah mendapatkan konfirmasi, proses investigasi dari PT Asuransi Tokio Marine, selama 1x24 jam kerja setelah dokumen klaim di serahkan.
  6. Semua Asuransi Pengiriman akan menggunakan PT Asuransi Tokio Marine Indonesia melalui Tokopedia, kecuali pengiriman menggunakan Wahana.
  7. Untuk pengiriman dengan Wahana, jika barang yang dibeli memiliki harga barang dibawah Rp200.000,- (Dua ratus ribu rupiah), maka asuransi akan menggunakan PT Asuransi Tokio Marine Indonesia melalui Tokopedia, yaitu sebesar 0.2% (Nol koma dua persen) dari harga total invoice. Namun, jika harga barang lebih besar atau sama dengan Rp200.000,- (Dua ratus ribu rupiah) maka pembeli wajib menggunakan asuransi Wahana sebesar 0.5% (Nol koma lima persen) dari harga barang.
  8. Klaim terhadap asuransi tidak lagi dilakukan ke pihak logistik yang mengirimkan barang, tetapi pengguna dapat melakukan klaim langsung ke Tokopedia malalui pusat resolusi. (Kecuali pengiriman dengan Wahana dengan barang diatas atau sama dengan Rp200.000,- (Dua ratus ribu rupiah).
  9. Layanan Asuransi Pengiriman tidak akan dapat dipilih untuk produk jenis “Makanan dan Minuman” terkecuali pembelian dilakukan menggunakan jenis service pengiriman Instant dan atau Sameday.
  10. Untuk kasus barang rusak, apabila barang Anda bernilai Rp1.000.000,- (Satu juta rupiah) atau lebih; dan atau kategori Elektronik. Pembeli diwajibkan melakukan penyerahan barang kepada pihak PT Asuransi Tokio Marine Indonesia. Biaya pengembalian barang tersebut akan di cover dengan sistem reimburse oleh pihak Tokopedia.
  11. Pembeli diwajibkan melampirkan nomor resi dan bukti fisik resi kepada pihak Tokopedia, untuk keperluan reimburse biaya pengembalian tersebut.
  12. Dalam kasus barang hilang atau rusak, tetapi pembeli tidak memilih untuk menggunakan Asuransi Pengiriman pada website Tokopedia, maka apabila terjadi kehilangan atau kerusakan barang, Seller Tokopedia tetap akan mendapat pergantian dari Partner Logistik Tokopedia maksimum sebesar 10 (sepuluh) kali dari biaya pengiriman / ketentuan yang ada.
  13. Karena Asuransi Pengiriman merupakan tanggung jawab PT Asuransi Tokio Marine Indonesia melalui Tokopedia, maka penjual tidak perlu membayarkan premi asuransi yang tertera ke pihak ekspedisi pilihan pembeli. Terkecuali pengiriman menggunakan Wahana dengan harga barang lebih besar atau sama dengan Rp200.000,- (Dua ratus ribu rupiah), maka penjual harus membayarkan premi sebesar 0.5% (Nol koma lima persen) dari harga barang.
  14. Dikarenakan penjual tidak perlu membayarkan premi, maka penjual tidak akan mendapatkan jumlah premi asuransi yang tertera ketika transaksi telah selesai. Terkecuali pengiriman menggunakan Wahana dengan harga barang lebih besar atau sama dengan Rp200.000,- (Dua ratus ribu rupiah), maka penjual akan mendapatkan premi sebesar 0.5% (Nol koma lima persen) dari harga barang.
  15. Biaya asuransi tidak dapat dikembalikan kepada pembeli jika status telah berubah menjadi sedang dalam pengiriman ataupun sudah terkirim.

FAQ Seputar Layanan Asuransi Pengiriman

  1. Apa itu Layanan Asuransi Pengiriman oleh Tokio Marine?

    Layanan Asuransi yang disediakan untuk melindungi barang yang dibeli pengguna pada situs Tokopedia, dari kemungkinan kendala yang terjadi pada proses pengiriman menggunakan layanan ekspedisi yang tersedia di Tokopedia, seperti kehilangan maupun kerusakan barang. Dalam hal ini, Tokopedia bekerja sama dengan PT Asuransi Tokio Marine Indonesia sebagai pihak penjamin..
  2. Apa bedanya dengan asuransi dari ekspedisi?

    Untuk kenyamanan dan standardisasi bagi pengguna Tokopedia, Asuransi Pengiriman oleh Tokio Marine hadir dengan premi yang seragam yaitu 0.2% (Nol koma dua persen) dari total harga barang dan jumlah pertanggungan sampai dengan Rp100.000.000 (seratus juta rupiah) per transaksi. Proses klaim juga lebih mudah karena dibantu oleh Tokopedia agar dapat di proses oleh PT Asuransi Tokio Marine Indonesia.
  3. Apakah syarat untuk menggunakan layanan asuransi pengiriman sama dengan syarat asuransi dari ekspedisi sebelumnya?

    Tidak ada syarat dan ketentuan khusus, setiap transaksi dapat menggunakan asuransi pengiriman, kecuali makanan & minuman, harus menggunakan layanan sameday dan atau instant. Transaksi menggunakan ekspedisi Wahana dengan harga barang lebih dari Rp199.000,- (Seratus sembilan puluh sembilan ribu rupiah) juga tidak dilindungi asuransi pengiriman dari Tokio Marine karena transaksi akan dilindungi oleh asuransi dari pihak Wahana sebesar 0.5% (Nol koma lima persen) dari harga barang.
  4. Bagaimana cara saya mengajukan klaim asuransi untuk transaksi yang berkendala akibat proses pengiriman?

    Bila pada proses pengiriman terjadi kendala (hilang atau rusak) maka barang Anda tersebut dapat dilaporkan melalui Pusat Resolusi atau pusat bantuan (Hubungi kami) agar bisa dibantu klaim asuransinya. Namun jika Anda tidak menggunakan asuransi pengiriman oleh Tokio Marine dan barang yang Anda beli mengalami kendala (hilang atau rusak) maka klaim tidak dapat diajukan kepada PT Asuransi Tokio Marine Indonesia dan dapat dilakukan klaim ke ekspedisi yang digunakan melalui Tokopedia, yang mana apabila pengajuan klaim disetujui oleh pihak ekspedisi maka pergantian akan dilakukan sebesar 10 kali ongkos kirim atau maksimum Rp1.000.000 dengan pemilihan nominal yang paling rendah di antara keduanya, dimana nominal tersebut nantinya akan ditujukan untuk pihak penjual.
  5. Berapa lama waktu investigasi jika terjadi kendala yang menggunakan layanan asuransi pengiriman oleh Tokio Marine?

    Untuk kasus barang hilang maupun rusak, Tokopedia akan meminta konfirmasi dari pihak ekspedisi pengiriman terkait. Berikut waktu investigasi pada masing-masing ekspedisi :User-added image User-added image
    • Untuk kasus barang hilang, Tokopedia membutuhkan BAP Kehilangan dan BAP Kepolisian (untuk transaksi lebih dari Rp 5.000.000,-) dari pihak ekspedisi.
    • Setelah mendapatkan konfirmasi dari pihak ekspedisi bahwa paket dinyatakan hilang maupun rusak, maka akan diajukan proses investigasi ke PT Asuransi Tokio Marine Indonesia selama 1×24 jam kerja setelah seluruh dokumen sudah dilengkapi dan diserahkan ke PT Asuransi Tokio Marine Indonesia.
  6. Kendala apa saja yang dapat dicover klaim oleh pihak asuransi?

    Kendala yang dapat diajukan klaim yaitu, barang hilang atau rusak secara keseluruhan maupun sebagian.
    1. Untuk barang hilang keseluruhan, yang tercover asuransi adalah senilai invoice, yaitu harga barang dan ongkos kirim (tidak termasuk dengan biaya asuransi).
    2. Untuk barang hilang sebagian, yang tercover asuransi adalah sebagian barang yang tidak diterima oleh pembeli dikarenakan barang hilang dalam proses pengiriman. Nominal yang dapat dilakukan pergantian adalah seharga barang yang kurang beserta ongkos kirim disesuaikan (prorata) dengan berat barang yang hilang (tidak termasuk dengan biaya asuransi).
    3. Untuk barang rusak secara keseluruhan maupun sebagian, yang tercover asuransi adalah barang yang rusak secara fisik karena pengiriman, bukan rusak fungsi sistem barang. Nominal yang akan dilakukan pergantian adalah seharga barang rusak ditambah ongkos kirim sesuai dengan berat produk rusak dan ongkos retur apabila barang harus dilakukan retur kepada pihak asuransi  (tidak termasuk dengan biaya asuransi).
  7. Apa yang harus dilakukan oleh pembeli terhadap barang rusak?

    Jika harga barang di atas Rp1.000.000,- (Satu juta rupiah), berupa elektronik, atau masih memiliki nilai fungsi maka barang tersebut dapat diretur terlebih dahulu ke alamat yang diberikan oleh Tokopedia, dan nantinya pergantian yang diterima adalah seharga barang dengan ongkos kirim awal dan ongkos kirim retur. Ongkos retur akan ditanggung pihak Tokopedia dengan cara reimburse. Pembeli diwajibkan melampirkan nomor resi dan bukti fisik resi kepada pihak Tokopedia, untuk keperluan reimburse biaya pengembalian barang ke PT Asuransi Tokio Marine Indonesia.

Layanan Pengiriman dengan Sistem Pick Up

Penggunaan layanan pengiriman dengan sistem pick up, memberlakukan dua service yaitu Instant Delivery atau Same Day Delivery. Service tersebut diberlakukan sesuai dengan layanan pengiriman yang Anda pilih. Untuk itu, sebelum Anda memilih diharapkan untuk membaca dan memahami syarat dan ketentuan layanan pengiriman yang terkait. Tokopedia menyediakan layanan pengiriman dengan sistem pick up menggunakan:

  1. GO-SEND
  2. Grab
  3. Ninja Xpress
  4. Rex Kiriman Express

Layanan Pengiriman Reguler di Tokopedia

Tokopedia menyediakan beberapa layanan untuk pengiriman pesanan salah satunya adalah Layanan Pengiriman Reguler. Pengiriman yang tergolong dalam Layanan Pengiriman Reguler antara lain, JNE, TIKI, Pos Indonesia, First Logistic, Wahana, SICEPAT, dan J&T Express. Penjual akan menentukan terlebih dahulu layanan apa yang ingin digunakan, dan Anda dapat memilih layanan yang sudah ditetapkan oleh penjual. Berikut informasi kontak layanan pengiriman reguler yang tersedia di Tokopedia:

Customer Service JNE

Contact Center: (62-21) 2927 8888
Office: (62-21) 566 5262
Fax: (62-21) 5671413
Email: customercare@jne.co.id

Customer Service TIKI

Telepon: 1500 125
Fax: (62-21) 319 07 901
Email: csr@tiki-online.com

Customer Service Pos Indonesia

Contact Center Pos Indonesia: 161
Handphone: Kode Area +161
Care Online: www.posindonesia.co.id [ Layanan Pelanggan -> Keluhan ]

Customer Service First Logistics

Coorporate: 021 - 73880707 (Hunting)
Retail & E-commerce: 021 - 7351907 (Hunting)

Customer Service Wahana

1. Wilayah DKI Jakarta
Wa: 08970263120
Email: cs.pusat@wahana.com

2. Wilayah Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi dan Banten
Wa: 089651141127
Email: cs.pusat@wahana.com

3. Wilayah Jawa Barat
Wa: 087880851688
Email: cs.pusat@wahana.com

4. Wilayah Jawa Tengah
Wa: 085881579503
Email: cs.jateng@wahana.com

5. Wilayah Semarang, Kudus, Demak dan Kendal
Wa: 085100106488
Email: cs.jateng@wahana.com

6. Wilayah Solo / Surakarta, Sukoharjo, Boyolali, Karanganyar dan Sragen
Wa: 085887796480
Email: cs.jateng@wahana.com

7. Wilayah Ambarawa, Salatiga dan Ungaran
Wa: 085727044667
Email: cs.jateng@wahana.com

8. Wilayah Tegal, Brebes, Pekalongan, Batang dan Pemalang
Wa: 0895371366492
Email: cs.pekalongan@wahana.com

9. Wilayah Kebumen, Purworejo, Purbalingga, Purwokerto, Cilacap dan Banjarnegara
Wa: 089619153566
Email: cs.purwokerto@wahana.com

10. Wilayah Yogyakarta, Sleman dan Magelang
Wa: 081586508603
Email: cs.jateng@wahana.com

11. Wilayah Jawa Timur
Wa: 087781320688
Email: cs.jatim@wahana.com

12. Wilayah Malang dan Pasuruan
Wa: 082110111600
Email: cs.jatim@wahana.com

13. Wilayah Jawa Timur, Bali, NTB dan NTT
Wa: 081586508605
Email: cs.jatim@wahana.com

14. Wilayah Sumatera
Wa: 089658657626
Email: cs.pusat@wahana.com

15. Wilayah Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua
Wa: 081586633293
Email: cs.pusat@wahana.com

16. Wilayah Singapura
Wa: 089691291289
Email: cs.pusat@wahana.com

17. Kepala CS
Wa: 081282982906 / 08551454644
Email: cs.pusat@wahana.com

18. Wilayah Tasikmalaya, Ciamis, Banjar, Kuningan
Wa: 0895333607726

19. Wilayah Cirebon, Indramayu, Majalengka
Wa: 081387012676

Customer Service  Retur Wahana

1. Retur Wilayah Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat
Wa: 087889037920 / 081906156028
Email: cs.retur@wahana.com

2. Retur Wilayah Jawa Tengah
Wa: 082110111700
Email: retur.jateng@wahana.com

3. Retur Wilayah Jawa Timur
Wa: 081586508605
Email: retur.jatim@wahana.com

4. Kepala Divisi Retur
Wa: 085214964890
Email: cs.retur@wahana.com

5. Retur Wilayah Cirebon
Wa: 081387012675

Customer Service SICEPAT

Call Centre: 021-2933 7086
Website: www.sicepat.com/contact

Customer Service J&T Express

Silakan hubungi Customer Care J&T Express melalui:

Hotline: 021 - 8066 1888

Syarat dan Ketentuan Layanan Pengiriman Reguler di Tokopedia

Syarat dan ketentuan pemesanan dengan J&T Express

  1. J&T Express tidak bertanggung jawab atas:

    - Kehilangan atau kerusakan dokumen atau barang yang diakibatkan ketidak sempurnaan pembungkusan oleh penjual;

    - Keterlambatan, kehilangan, kerusakan dan biaya-biaya yang timbul akibat kelalaian penjual; dan

    - Denda, kehilangan atau kerusakan selama paket berada dalam penahanan Bea dan Cukai atau pejabat berwenang lainnya.

  2. J&T Express tidak menerima barang berbahaya, obat-obat terlarang, emas dan perak, uang logam, abu, cyanide, platinum dan batu atau metal berharga dan perangko dan barang curian, cek tunai, money order, atau traveller’s cek, surat, barang antik, lukisan antik, binatang atau tanaman hidup.

  3. Apabila penjual mengirimkan barang-barang tersebut tanpa sepengetahuan J&T Express, maka penjual membebaskan J&T Express dari seluruh klaim atas kerusakan, biaya yang mungkin timbul serta tuntutan dari pihak mana pun.

  4. J&T Express hanya bertanggung jawab untuk mengganti kerugian yang dialami pelanggan akibat kerusakan atau kehilangan yang disebabkan oleh kelalaian karyawan atau agen J&T Express.

  5. Untuk paket yang tidak diasuransikan, penggantiannya maksimal 10 atau senilai harga produk (diambil dari harga terendah).

  6. Jika saat pengantaran paket, kurir sudah menghubungi pembeli sebanyak tiga kali selama dua hari, atau pembeli menolak menerima paket tersebut, maka pihak J&T Express berhak untuk melakukan retur barang kepada pihak penjual. Dengan catatan sudah melakukan konfirmasi ke Tokopedia terlebih dulu dan paket belum dibuka.

Ongkos Kirim

Jika Anda melakukan pemesanan barang di Tokopedia tentunya untuk menerima barang diperlukan proses pengiriman menggunakan jasa kurir dimana Anda akan dikenakan biaya pengiriman. Ongkos kirim akan dihitung secara otomatis saat Anda melakukan pemesanan sehingga pembayaran yang dilakukan sudah termasuk biaya kirimnya dan Anda tidak perlu melakukan pembayaran kembali saat menerima barang. Besarnya ongkos kirim akan disesuaikan dengan berat barang, volume barang, atau jarak tempuh dari wilayah pengiriman awal ke wilayah Anda. Pastikan Anda memilih kurir pengiriman yang bekerja sama dengan Tokopedia untuk mempermudah pengecekan.

Cara Menggabungkan Ongkos Kirim

Untuk menggabungkan ongkos kirim, pastikan Anda memenuhi syarat berikut ini:

  • Produk-produk yang dipesan berasal dari toko yang sama
  • Alamat tujuan pengiriman sama
  • Menggunakan agen logistik dan paket pelayanan yang sama

Buat yang ingin menggabungkan ongkos kirim, Anda dapat mengikuti panduan ini:

  • Desktop
  • Mobile
  • Android
  • iOS
  1. Pilih produk, klik Beli
  2. Isi form pemesanan, lalu klik Beli Produk Ini
  3. Akan muncul pop up, pilih Lanjutkan Berbelanja
  4. Pilih produk lain dari toko yang sama dan masukkan ke keranjang belanja. Pastikan alamat tujuan, agen dan paket logistiknya sama
  5. Pilih metode pembayaran, klik Checkout
  6. Pada halaman ringkasan pembayaran klik Bayar Sekarang
  1. Pilih produk, klik Beli
  2. Isi form pemesanan, lalu klik Beli Produk Ini
  3. Akan muncul pop up, pilih Lanjutkan Belanja
  4. Pilih produk lain dari toko yang sama dan masukkan ke keranjang belanja. Pastikan alamat tujuan, agen dan paket logistiknya sama
  5. Klik Pilih Metode Pembayaran, lalu tentukan metode pembayaran yang akan Anda gunakan
  6. Pada halaman ringkasan pembayaran klik Bayar Sekarang
  1. Pilih produk, klik Beli
  2. Isi form pemesanan, lalu klik Beli
  3. Akan muncul pop up, pilih Lanjutkan Belanja
  4. Pilih produk lain dari toko yang sama dan masukkan ke keranjang belanja. Pastikan alamat tujuan, agen dan paket logistiknya sama
  5. Pilih metode pembayaran, klik Checkout
  6. Pada halaman ringkasan pembayaran klik Bayar Sekarang
  1. Pilih produk, klik Beli
  2. Isi form pemesanan, lalu klik Beli Produk Ini
  3. Akan muncul pop up, pilih Lanjutkan Belanja
  4. Pilih produk lain dari toko yang sama dan masukkan ke keranjang belanja. Pastikan alamat tujuan, agen dan paket logistiknya sama
  5. Pilih metode pembayaran, klik Checkout
  6. Pada halaman ringkasan pembayaran klik Bayar Sekarang

Perhitungan Ongkos Kirim dan Biaya Tambahan

Perhitungan ongkos kirim

Ongkos kirim akan dihitung secara otomatis saat Anda melakukan pemesanan berdasarkan beberapa faktor, yaitu:

  • Jarak pengiriman
  • Agen logistik dan paket layanan yang dipilih
  • Berat paket

 

Biaya tambahan

Mulai tanggal 7 Februari 2019, Tokopedia sudah tidak menyediakan fitur Biaya Tambahan sehingga diharapkan untuk Penjual memasukan biaya tambahan ke dalam margin produk. Maka harga yang ditampilkan sudah termasuk biaya tambahan.

Untuk biaya penerusan yang diklaim oleh pihak logistik, dapat di-reimburse ke Tokopedia dengan melampirkan resi asli yang dikirimkan langsung kepada Customer Service Tokopedia.

Perlu Anda ketahui, penjual dapat memasukkan biaya tambahan karena adanya beberapa alasan di antaranya:
  • Adanya biaya paket pesanan, misalnya menggunakan bubble wrap atau packing kayu.

×