Kendala Layanan Pengiriman

Secara umum, tidak menutup kemungkinan terjadinya kendala pada pengiriman pesanan baik melalui sistem pick up maupun layanan reguler. Anda dapat memastikan kendala pengiriman yang terjadi dengan melakukan pengecekan pada resi pengiriman dan informasi status pengirimannya. Selain itu Anda dapat menghubungi pihak kurir yang digunakan untuk memastikan perkembangan pengiriman pesanan Anda.

Kurir Tidak Bisa Dipilih

Jika kurir yang ingin Anda gunakan tidak bisa dipilih, berikut hal yang perlu diperhatikan:

  1. Pastikan kurir tersebut menjangkau wilayah Anda.
  2. Pastikan lokasi penjual mendukung pengiriman ke alamat pembeli.
  3. Khusus pengiriman dengan POS Indonesia, pastikan kode pos yang dimasukkan sudah tepat. Jika Kodepos salah, pilihan kurir POS Indonesia tidak akan muncul.

Apabila sebelumnya alamat Anda sudah sesuai dan pemilihan kurir sudah disesuaikan dengan wilayah yang terjangkau tetapi kurir tetap tidak dapat dipilih, maka Anda dapat hubungi Customer Care Tokopedia.

Berat Produk Tidak Sesuai

Jika pada sistem dan resi penerimaan berat produk tidak sesuai serta terdapat selisih ongkos kirim, maka Anda dapat mengajukan komplain pada penjual melalui pusat resolusi untuk pengembalian dana sebagian senilai selisih ongkos kirimnya.

Jika transaksi sudah selesai dan Anda tidak dapat melakukan pengajuan komplain untuk pengembalian dana senilai selisih ongkos kirim, silakan hubungi Customer Care Tokopedia.

Tujuan Pengiriman Tidak Tersedia

Tujuan pengiriman menjadi salah satu hal penting yang perlu dilengkapi agar Anda dapat menerima produk sesuai dengan pesanan. Pastikan kelengkapan alamat Anda sudah sesuai sehingga menghindari adanya kendala pada proses pengiriman.

Agar alamat tujuan menjadi lebih jelas dan mempermudah Anda pada saat melakukan pemesanan, maka Tokopedia berupaya untuk mendapatkan kesesuaian data tujuan pengiriman yang terjangkau oleh masing-masing kurir pengiriman.

Anda dapat hubungi Customer Care Tokopedia jika saat pemesanan tidak dapat memilih tujuan pengiriman karena belum tersedia.

Produk yang Dikirim Hilang

Jika Anda menerima informasi produk hilang, maka Anda dapat lakukan pengajuan komplain di Pusat Resolusi agar dapat dilakukan pengecekan pada keberadaan produk yang belum Anda terima. Selain itu Anda dapat mendiskusikan solusi yang akan ditempuh bersama penjual secara langsung melalui Pusat Resolusi.

Anda juga dapat melakukan konfirmasi dengan menghubungi pihak kurir pengiriman yang digunakan untuk mengetahui status pengiriman produk Anda. Jika kesulitan, maka silakan menghubungi Customer Care Tokopedia.

Ongkos Kirim Tidak Sesuai Resi

Jika terdapat ketidaksesuaian ongkos kirim pada resi dan sistem Tokopedia, pastikan bahwa alamat yang tertera pada resi sudah sesuai dengan yang tertera pada pesanan Anda. Jika data pada resi dan sistem sudah sesuai akan tetapi terdapat selisih ongkos kirim, silakan hubungi Customer Care Tokopedia dengan melampirkan bukti foto fisik resi .

Barang yang Diterima dalam Keadaan Rusak atau Cacat

Jika Anda menerima produk dalam keadaan rusak atau cacat, maka Anda dapat lakukan pengajuan komplain di Pusat Resolusi agar dapat dilakukan pengecekan pada kondisi produk yang diterima. Anda dapat secara langsung mendiskusikan solusi yang akan ditempuh dengan penjual.

Jika mengalami kesulitan, maka Anda dapat menghubungi Customer Care Tokopedia.

Kendala Teknis Pengiriman

Tokopedia berupaya untuk selalu melakukan yang terbaik termasuk dalam proses pengiriman. Namun, tidak menutup kemungkinan terjadinya kendala teknis dalam pengiriman pesanan dikarenakan proses ini melibatkan pihak ketiga, yaitu agen kurir pengiriman. Anda dapat pastikan perihal proses pengiriman dengan menghubungi pihak kurir pengiriman yang digunakan untuk memastikan status pengiriman pesanan Anda.

Apabila membutuhkan informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi Customer Care Tokopedia.

Barang Belum Diterima

Apabila Anda belum menerima barang dalam jangka waktu yang ditentukan, Anda dapat melacak pesanan untuk mengetahui keberadaan barang. Anda juga dapat meminta penjual untuk menanyakan status pesanan Anda ke kurir terkait.

Selain itu Anda dapat menghubungi langsung kurir pengiriman yang digunakan sehingga dapat diketahui estimasi waktu untuk penerimaan barangnya. Hubungi Customer Care Tokopedia jika mendapati kendala lebih lanjut.
 

Ketentuan Ongkir Saat Penjual Menggunakan Agen Logistik yang Berbeda

Jika penjual menggunakan kurir dengan harga yang lebih murah, kelebihan dana akan otomatis kembali ke pembeli setelah status transaksi selesai. Sedangkan, jika penjual menggunakan kurir dengan harga yang lebih mahal, kekurangan ongkos kirim akan ditanggung oleh penjual. Pastikan Anda dan penjual sudah sepakat untuk menggunakan agen logistik yang berbeda agar tidak merugikan salah satu pihak apabila nantinya terjadi kendala pada proses pengiriman. 

Barang yang Diterima Kurang

Jika barang yang Anda terima kurang dari jumlah yang Anda pesan, Anda bisa meminta penjual untuk mengirimkan barang yang kurang melalui halaman Pusat Resolusi. Anda dapat melampirkan bukti pendukung yang menunjukkan adanya kekurangan barang saat Anda menerimanya.

Anda juga bisa menghubungi Customer Care Tokopedia jika mendapati kesulitan.
 

×