Layanan Asuransi Pengiriman

Tokopedia selalu berusaha untuk memberikan kemudahan dan pelayanan terbaik untuk para penggunanya. Termasuk untuk meminimalisirkan risiko yang tidak diinginkan saat proses pengiriman barang. Layanan Asuransi Pengiriman telah hadir di Tokopedia untuk melindungi barang kiriman dari kerusakan maupun kehilangan yang dapat terjadi selama berada di perjalanan. Asuransi Pengiriman yang sebelumnya merupakan tanggung jawab dari masing-masing ekspedisi kini telah mengalami perubahan dimana semua Asuransi Pengiriman akan melalui Tokopedia (Terkecuali Pengiriman Wahana diatas Rp200.000).

Informasi Seputar Layanan Asuransi Pengiriman

  1. Asuransi Pengiriman yang melindungi barang bukan lagi berasal dari masing-masing kurir ekspedisi pilihan pembeli, melainkan tanggung jawab dari PT Asuransi Tokio Marine Indonesia melalui Tokopedia sepenuhnya. 
  2. Semua ekspedisi dan layanan yang bekerja sama dengan Tokopedia akan memiliki Asuransi Pengiriman yang dapat dipilih oleh pembeli dengan tambahan premi sebesar 0.2% (Nol koma dua persen) dari invoice.
  3. Tanggungan yang akan diberikan kepada pembeli senilai harga barang ditambahkan dengan ongkos kirim, maksimal Rp100.000.000,- (Seratus juta rupiah) per invoice.
  4. Proses investigasi untuk barang rusak adalah 1×24 jam kerja semenjak seluruh dokumen di serahkan kepada pihak PT Asuransi Tokio Marine Indonesia.
  5. Untuk kasus barang hilang, Tokopedia akan meminta konfirmasi kehilangan dari pihak ekspedisi pengiriman terkait (3 hari kalendar untuk pengiriman Instant, Same Day, dan Next Day; 7 hari kalendar untuk pengiriman Regular). Setelah mendapatkan konfirmasi, proses investigasi dari PT Asuransi Tokio Marine, selama 1×24 jam kerja setelah dokumen klaim di serahkan.
  6. Semua Asuransi Pengiriman akan menggunakan PT Asuransi Tokio Marine Indonesia melalui Tokopedia, kecuali pengiriman menggunakan Wahana.
  7. Untuk pengiriman dengan Wahana, jika barang yang dibeli memiliki harga barang dibawah Rp200.000,- (Dua ratus ribu rupiah), maka asuransi akan menggunakan PT Asuransi Tokio Marine Indonesia melalui Tokopedia, yaitu sebesar 0.2% (Nol koma dua persen) dari harga total invoice. Namun, jika harga barang lebih besar atau sama dengan Rp200.000,- (Dua ratus ribu rupiah) maka pembeli wajib menggunakan asuransi Wahana sebesar 0.5% (Nol koma lima persen) dari harga barang.
  8. Klaim terhadap asuransi tidak lagi dilakukan ke pihak logistik yang mengirimkan barang, tetapi pengguna dapat melakukan klaim langsung ke Tokopedia malalui pusat resolusi. (Kecuali pengiriman dengan Wahana dengan barang diatas atau sama dengan Rp200.000,- (Dua ratus ribu rupiah).
  9. Layanan Asuransi Pengiriman tidak akan dapat dipilih untuk produk jenis “Makanan dan Minuman” terkecuali pembelian dilakukan menggunakan jenis service pengiriman Instant dan atau Sameday.
  10. Untuk kasus barang rusak, apabila barang Anda bernilai Rp1.000.000,- (Satu juta rupiah) atau lebih; dan atau kategori Elektronik. Pembeli diwajibkan melakukan penyerahan barang kepada pihak PT Asuransi Tokio Marine Indonesia. Biaya pengembalian barang tersebut akan di cover dengan sistem reimburse oleh pihak Tokopedia.
  11. Pembeli diwajibkan melampirkan nomor resi dan bukti fisik resi kepada pihak Tokopedia, untuk keperluan reimburse biaya pengembalian tersebut.
  12. Dalam kasus barang hilang atau rusak, tetapi pembeli tidak memilih untuk menggunakan Asuransi Pengiriman pada website Tokopedia, maka apabila terjadi kehilangan atau kerusakan barang, Seller Tokopedia tetap akan mendapat pergantian dari Partner Logistik Tokopedia maksimum sebesar 10 (sepuluh) kali dari biaya pengiriman / ketentuan yang ada.
  13. Karena Asuransi Pengiriman merupakan tanggung jawab PT Asuransi Tokio Marine Indonesia melalui Tokopedia, maka penjual tidak perlu membayarkan premi asuransi yang tertera ke pihak ekspedisi pilihan pembeli. Terkecuali pengiriman menggunakan Wahana dengan harga barang lebih besar atau sama dengan Rp200.000,- (Dua ratus ribu rupiah), maka penjual harus membayarkan premi sebesar 0.5% (Nol koma lima persen) dari harga barang.
  14. Dikarenakan penjual tidak perlu membayarkan premi, maka penjual tidak akan mendapatkan jumlah premi asuransi yang tertera ketika transaksi telah selesai. Terkecuali pengiriman menggunakan Wahana dengan harga barang lebih besar atau sama dengan Rp200.000,- (Dua ratus ribu rupiah), maka penjual akan mendapatkan premi sebesar 0.5% (Nol koma lima persen) dari harga barang.
  15. Biaya asuransi tidak dapat dikembalikan kepada pembeli jika status telah berubah menjadi sedang dalam pengiriman ataupun sudah terkirim.

FAQ Seputar Layanan Asuransi Pengiriman

  1. Apa itu Layanan Asuransi Pengiriman oleh Tokio Marine?

    Layanan Asuransi yang disediakan untuk melindungi barang yang dibeli pengguna pada situs Tokopedia, dari kemungkinan kendala yang terjadi pada proses pengiriman menggunakan layanan ekspedisi yang tersedia di Tokopedia, seperti kehilangan maupun kerusakan barang. Dalam hal ini, Tokopedia bekerja sama dengan PT Asuransi Tokio Marine Indonesia sebagai pihak penjamin..

  2. Apa bedanya dengan asuransi dari ekspedisi?

    Untuk kenyamanan dan standardisasi bagi pengguna Tokopedia, Asuransi Pengiriman oleh Tokio Marine hadir dengan premi yang seragam yaitu 0.2% (Nol koma dua persen) dari total harga barang dan jumlah pertanggungan sampai dengan Rp100.000.000 (seratus juta rupiah) per transaksi. Proses klaim juga lebih mudah karena dibantu oleh Tokopedia agar dapat di proses oleh PT Asuransi Tokio Marine Indonesia.

  3. Apakah syarat untuk menggunakan layanan asuransi pengiriman sama dengan syarat asuransi dari ekspedisi sebelumnya?

    Tidak ada syarat dan ketentuan khusus, setiap transaksi dapat menggunakan asuransi pengiriman, kecuali makanan & minuman, harus menggunakan layanan sameday dan atau instant. Transaksi menggunakan ekspedisi Wahana dengan harga barang lebih dari Rp199.000,- (Seratus sembilan puluh sembilan ribu rupiah) juga tidak dilindungi asuransi pengiriman dari Tokio Marine karena transaksi akan dilindungi oleh asuransi dari pihak Wahana sebesar 0.5% (Nol koma lima persen) dari harga barang.

  4. Bagaimana cara saya mengajukan klaim asuransi untuk transaksi yang berkendala akibat proses pengiriman?

    Bila pada proses pengiriman terjadi kendala (hilang atau rusak) maka barang Anda tersebut dapat dilaporkan melalui Pusat Resolusi atau pusat bantuan (Hubungi kami) agar bisa dibantu klaim asuransinya. Namun jika Anda tidak menggunakan asuransi pengiriman oleh Tokio Marine dan barang yang Anda beli mengalami kendala (hilang atau rusak) maka klaim tidak dapat diajukan kepada PT Asuransi Tokio Marine Indonesia dan dapat dilakukan klaim ke ekspedisi yang digunakan melalui Tokopedia, yang mana apabila pengajuan klaim disetujui oleh pihak ekspedisi maka pergantian akan dilakukan sebesar 10 kali ongkos kirim atau maksimum Rp1.000.000 dengan pemilihan nominal yang paling rendah di antara keduanya, dimana nominal tersebut nantinya akan ditujukan untuk pihak penjual.

  5. Berapa lama waktu investigasi jika terjadi kendala yang menggunakan layanan asuransi pengiriman oleh Tokio Marine?

    Untuk kasus barang hilang maupun rusak, Tokopedia akan meminta konfirmasi dari pihak ekspedisi pengiriman terkait. Berikut waktu investigasi pada masing-masing ekspedisi :User-added image User-added image

    • Untuk kasus barang hilang, Tokopedia membutuhkan BAP Kehilangan dan BAP Kepolisian (untuk transaksi lebih dari Rp 5.000.000,-) dari pihak ekspedisi.
    • Setelah mendapatkan konfirmasi dari pihak ekspedisi bahwa paket dinyatakan hilang maupun rusak, maka akan diajukan proses investigasi ke PT Asuransi Tokio Marine Indonesia selama 1×24 jam kerja setelah seluruh dokumen sudah dilengkapi dan diserahkan ke PT Asuransi Tokio Marine Indonesia.
  6. Kendala apa saja yang dapat dicover klaim oleh pihak asuransi?

    Kendala yang dapat diajukan klaim yaitu, barang hilang atau rusak secara keseluruhan maupun sebagian.

    1. Untuk barang hilang keseluruhan, yang tercover asuransi adalah senilai invoice, yaitu harga barang dan ongkos kirim (tidak termasuk dengan biaya asuransi).
    2. Untuk barang hilang sebagian, yang tercover asuransi adalah sebagian barang yang tidak diterima oleh pembeli dikarenakan barang hilang dalam proses pengiriman. Nominal yang dapat dilakukan pergantian adalah seharga barang yang kurang beserta ongkos kirim disesuaikan (prorata) dengan berat barang yang hilang (tidak termasuk dengan biaya asuransi).
    3. Untuk barang rusak secara keseluruhan maupun sebagian, yang tercover asuransi adalah barang yang rusak secara fisik karena pengiriman, bukan rusak fungsi sistem barang. Nominal yang akan dilakukan pergantian adalah seharga barang rusak ditambah ongkos kirim sesuai dengan berat produk rusak dan ongkos retur apabila barang harus dilakukan retur kepada pihak asuransi  (tidak termasuk dengan biaya asuransi).
  7. Apa yang harus dilakukan oleh pembeli terhadap barang rusak?

    Jika harga barang di atas Rp1.000.000,- (Satu juta rupiah), berupa elektronik, atau masih memiliki nilai fungsi maka barang tersebut dapat diretur terlebih dahulu ke alamat yang diberikan oleh Tokopedia, dan nantinya pergantian yang diterima adalah seharga barang dengan ongkos kirim awal dan ongkos kirim retur. Ongkos retur akan ditanggung pihak Tokopedia dengan cara reimburse. Pembeli diwajibkan melampirkan nomor resi dan bukti fisik resi kepada pihak Tokopedia, untuk keperluan reimburse biaya pengembalian barang ke PT Asuransi Tokio Marine Indonesia.

×