Kendala Pemesanan

Jika Anda memiliki kendala pada proses pemesanan, maka Anda dapat menghubungi penjual terlebih dahulu melalui fitur kirim pesan guna mengetahui status pesanan Anda. Apabila kendala pemesanan berkaitan dengan pengiriman, maka Anda dapat menghubungi pihak kurir yang digunakan agar dapat mengetahui perkembangan proses pengiriman pesanan Anda.

Batas Waktu Respon Pesanan dan Konfirmasi Pengiriman

Pastikan Anda melakukan konfirmasi pengiriman sesuai batas waktu yang diberikan oleh Tokopedia, sehingga pesanan tidak dibatalkan secara otomatis, dan dana dikembalikan pada pembeli. Masukkan nomor resi yang sesuai pesanan pembeli sehingga Anda dapat memantau status pengirimannya.

Mulai 3 September 2018, untuk pengiriman reguler, Anda memiliki waktu 1×24 jam untuk merespon pesanan baru dan 1×24 jam untuk melakukan konfirmasi pengiriman (H+2 terhitung sejak notifikasi pesanan baru masuk).
Untuk layanan Same Day/Instant Service, Anda memiliki waktu 1×24 jam untuk merespon pesanan baru. Sementara itu, konfirmasi pengiriman wajib Anda lakukan maksimal pukul 16.00 satu hari setelah notifikasi pesanan masuk.

Silahkan melihat tabel penjelasan berikut:
User-added image
*Batas waktu terima pesanan dan konfirmasi pesanan tidak berlaku untuk hari libur nasional dan akhir pekan

Untuk lebih jelasnya, perhatikan simulasi Reguler dan Instant/same day berikut ini.
User-added image
Pengiriman Reguler

Batas waktu respon pesanan adalah 1×24 jam terhitung sejak penjual menerima notifikasi pesanan baru. Sementara itu, batas waktu konfirmasi pengiriman adalah 2×24 jam atau (H+2) terhitung sejak notifikasi pesanan baru masuk.
User-added image

Notifikasi pesanan baru masuk sebelum pukul 15.00 WIB

Batas waktu respon pesanan adalah 1×24 jam terhitung sejak penjual menerima notifikasi pesanan baru. Contoh: Toko A mendapatkan notifikasi pesanan baru pada Selasa pukul 11.00 WIB, maka batas respon pesanan adalah Rabu pukul 11.00 WIB. Batas waktu pengiriman pesanan/confirm shipping adalah hari Rabu pukul 16.00 atau H+1 pukul 16.00, terhitung sejak notifikasi pesanan baru masuk.

 

Notifikasi pesanan baru masuk di atas pukul 15.00 WIB

Batas waktu respon pesanan adalah H+1 dari pukul 15.00 WIB terhitung sejak penjual menerima notifikasi pesanan baru. Contoh: Toko A mendapatkan notifikasi pesanan baru pada Rabu pukul 19.00 WIB, maka batas respon pesanan tersebut adalah Kamis pukul 15.00 WIB, sementara batas waktu pengiriman barang adalah Kamis pukul 16.00.

Pesanan Tidak Bisa Dilacak

Kemungkinan penyebab nomor resi tidak dapat dilacak:

  1. Pihak agen logistik belum memperbarui data resi pada sistemnya.
  2. Agen logistik yang digunakan penjual tidak sesuai dengan pilihan pembeli.
  3. Penjual salah memasukkan nomor resi.

Jika nomor resi tidak dapat dilacak, Anda dapat menghubungi penjual lewat fitur Kirim Pesan yang terdapat pada halaman toko. Sebagai pembeli, Anda juga bisa menanyakan secara langsung terkait nomor resi yang tidak dapat dilacak pada fitur Tanya Penjual di halaman Status Pemesanan.

Tombol Komplain di halaman Status Pemesanan untuk masuk ke Pusat Resolusi akan muncul jika nomor resi tidak dapat dilacak lebih dari 3×24 jam.

Apabila nomor resi tidak dapat dilacak dan penjual tidak merespons Anda, silakan hubungi Customer Care Tokopedia.

Pesanan Dibatalkan

Meski sudah melakukan pembayaran, pesanan bisa batal jika:

  1. Saat proses verifikasi, dana tidak ditemukan karena dana yang Anda transfer berbeda dengan total belanja pada invoice.
  2. Penjual menolak pesanan.
  3. Penjual tidak merespon pesanan dalam waktu 1×24 jam terhitung sejak pembayaran diverifikasi, atau tidak memasukkan nomor resi dalam waktu 2×24 jam atau (H+2) terhitung sejak pembayaran diverifikasi.

 

Apabila transaksi dibatalkan, maka dana pembayaran akan dikembalikan sesuai dengan metode pembayaran yang Anda gunakan yaitu :

  1. Jika sumber dana dari TokoCash maka dana akan direfund ke TokoCashb.
  2. Jika dana berasal dari credit card/intsallment maka dana akan direfund ke limit kartu kreditc.
  3. Jika sumber dana dari Kredivo maka dana akan dikembalikan ke limit Kredivod.
  4. Jika dana bersumber dari Transfer Bank/Instant Payment/Gerai akan dikembalikan ke saldo Tokopediae.
  5. Jika pembayaran berupa partial TokoCash maka partial TokoCash akan dikembalikan ke TokoCash dan pembayaran selain TokoCash/CC/Kredivo akan dikembalikan ke Saldo Tokopedia.

Dana pada Saldo Tokopedia dan Saldo TokoCash bisa digunakan untuk berbelanja kembali.

Untuk penarikan dana ke rekening pribadi hanya bisa dilakukan pada dana di Saldo Tokopedia. Lihat selengkapnya tentang Cara Menarik Saldo Tokopedia ke Rekening Pribadi.

Selain itu, untuk pembayaran menggunakan kartu kredit dana akan kembali ke limit kartu kredit Anda maksimal 14 hari kerja, dan bisa Anda cek pada tagihan bulan berikutnya.

Pesanan Belum Sampai

Jika pesanan Anda belum sampai, lakukan hal berikut ini:

  1. Lacak pesanan Anda melalui sistem kami atau melalui website kurir yang digunakan.
  2. Hubungi penjual untuk memastikan nomor resi pengiriman sudah sesuai dan meminta penjual untuk unggah foto resi fisik pengirimannya.
  3. Jika tidak ada perkembangan pada status pengiriman Anda, silakan komplain di Pusat Resolusi dan diskusikan dengan penjual terkait proses penyelesaiannya.

Hubungi Customer Care Tokopedia jika memiliki kendala lebih lanjut pada pesanan Anda.

Sudah Konfirmasi Penerimaan, Padahal Pesanan Bermasalah

Jika Anda telah konfirmasi terima barang padahal barang bermasalah, maka dana akan diteruskan ke penjual secara otomatis. Anda dapat hubungi Customer Care Tokopedia untuk follow up ke penjual terkait kendala yang dialami. Proses penyelesaian kendala dan kesepakatannya dapat Anda diskusikan dengan penjual.

Untuk kedepannya, pastikan Anda melakukan pengecekan pada barang yang diterima sebelum menekan tombol konfirmasi penerimaan. Jika barang yang diterima bermasalah, Anda dapat mengajukan komplain ke penjual melalui fitur Pusat Resolusi.

Terlanjur Konfirmasi Terima Barang Padahal Belum Sampai

Jika Anda sudah melakukan konfirmasi penerimaan padahal barang belum diterima, maka dana akan diteruskan ke penjual secara otomatis. Anda dapat hubungi Customer Care Tokopedia untuk follow up ke penjual dan logistik terkait kendala yang dialami.

Untuk kedepannya, pastikan Anda telah menerima barang dengan baik sebelum menekan tombol konfirmasi penerimaan. Anda juga bisa komplain ke penjual melalui fitur Pusat Resolusi jika barang belum diterima tetapi status pengiriman pada sistem telah berubah menjadi Delivered.

Kesalahan Informasi Alamat Tujuan

Mengubah informasi alamat tujuan hanya bisa dilakukan jika Anda belum melakukan pembayaran pesanan. Jika Anda sudah membayar, maka perubahan alamat tidak dapat dilakukan. Namun Anda dapat menghubungi penjual untuk melakukan perubahan alamat dan melakukan konfirmasi terhadap agen logistik bahwa alamat tujuan Anda terdapat perubahan.

Anda juga dapat melakukan pembatalan pesanan jika penjual belum merespons pesanan Anda. Selain itu Anda juga dapat melakukan pemesanan ulang dengan alamat yang benar. Jika masih berkendala, silakan hubungi Customer Care Tokopedia

×