Fitur Jualan

Broadcast Chat

Kini, Broadcast Chat telah hadir di Tokopedia yang dapat membantu meningkatkan penjualan dengan mempromosikan produk melalui fitur terbaru.

Apa itu Broadcast Chat?

Broadcast Chat adalah fitur berbayar untuk menyebarkan pesan sekaligus kepada seluruh followers toko Anda di Tokopedia dalam sekali kirim. Fitur Broadcast Chat dapat digunakan apabila toko Anda memiliki kredit TopAds yang akan langsung terpotong setelah pesan yang Anda kirimkan sudah diterima.
*Untuk saat ini, fitur Broadcast Chat hanya dapat digunakan melalui desktop.

Penjual dapat membuat pesan dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Gambar: adalah konten visual (gambar) yang dibuat oleh penjual untuk diunggah ke dalam pesan yang akan disebar. Gambar diharuskan untuk berbentuk persegi dan memiliki resolusi minimum 760x760 pixel
  2. Text / Tulisan: adalah konten narasi yang dibuat oleh penjual untuk dilampirkan ke dalam pesan yang disebar. Penjual dapat menggunakan untuk memberikan penjelasan lebih lanjut. Maksimum adalah 300 karakter.
  3. Attachment link Produk: adalah button dengan gambar dan harga produk yang bisa diunggah ke dalam pesan yang akan disebar. Button yang terlampir bisa di klik oleh penerima pesan untuk langsung menuju ke product page. Maksimum 3 link produk.
 

Cara Menggunakan Broadcast Chat

  1. Buka Inbox/Chat Room.                                                                            User-added image
  2. Pilih Buat Pesan. Anda akan diarahkan ke halaman Broadcast Dashboard. User-added image
  3. Buatlah pesan dengan cara upload banner promosi (wajib), lampiran produk (opsional, maksimal 3), dan isi pesan (wajib) pada halaman Buat Broadcast Chat. User-added image
  4. Atur budget Anda. Biaya pengiriman akan dikenakan saat pesan yang Anda kirim sudah diterima oleh follower toko Anda. Biaya minimal untuk sekali pengiriman pesan adalah Rp 5000. Pastikan sisa saldo Topads masih tersedia sebesar Rp50.000 setelah pengiriman Broadcast Chat.  User-added image
  5. Klik Submit dan Broadcast Chat Anda akan langsung terkirim!                          User-added image
  6. Berikut merupakan tampilan Broadcast Chat setelah berhasil diterima oleh follower toko Anda.                                                User-added image
 

FAQ Seputar Broadcast Chat

Apa itu Broadcast Chat?

Broadcast Chat adalah fitur berbayar untuk menyebarkan pesan sekaligus kepada seluruh followers toko Anda di Tokopedia dalam sekali kirim. Fitur Broadcast Chat dapat digunakan apabila toko Anda memiliki kredit TopAds yang akan langsung terpotong setelah pesan yang Anda kirimkan sudah diterima.
*Untuk saat ini, fitur Broadcast Chat hanya dapat digunakan melalui desktop.

Apakah terdapat syarat khusus bagi merchant untuk mengaktifkan layanan Broadcast Chat?

Fitur Broadcast Chat dapat diaktifkan oleh seller-seller yang mempunyai akses ke fitur Broadcast Chat di desktop.

Bagaimana cara mengaktifkan Broadcast Chat?

  1. Buka Inbox/Chat Room.
  2. Pilih Buat Pesan. Anda akan diarahkan ke halaman Broadcast Dashboard.
  3. Buatlah pesan dengan cara upload banner promosi (wajib), lampiran produk (opsional, maksimal 3), dan isi pesan (wajib) pada halaman Buat Broadcast Chat.
  4. Atur budget Anda. Biaya pengiriman akan dikenakan saat pesan yang Anda kirim sudah diterima oleh follower toko Anda. Biaya minimal untuk sekali pengiriman pesan adalah Rp 5000. Pastikan sisa saldo Topads masih tersedia sebesar Rp50.000 setelah pengiriman Broadcast Chat. 
  5. Klik Submit dan Broadcast Chat Anda akan langsung terkirim!
  6. Berikut merupakan tampilan Broadcast Chat setelah berhasil diterima oleh follower toko Anda.

Mengapa Broadcast Chat tidak terkirimkan?

Ada beberapa kemungkinan yaitu :

  1. Saldo Topads tidak mencukupi (minimal saldo tersisa 50.000 setelah melakukan Broadcast Chat).
  2. Sudah melakukan Broadcast Chat 1x dalam minggu ini (hanya di limit 1x pengiriman per minggu nya).
  3. Isi daripada pesan Broadcast Chat tidak sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Apa keuntungan menggunakan fitur Broadcast Chat?

  1. Memudahkan Anda dalam membuat pengumuman menarik, seperti promosi, produk baru, maupun info dan tips yang menarik bagi followers toko Anda.
  2. Meningkatkan efektivitas informasi, promosi atau produk yang disebarkan kepada banyak followers secara bersamaan dalam 1 kali kirim.
  3. Anda juga bisa terus berinteraksi dengan followers toko Anda, seperti mengingatkan pembeli untuk menyelesaikan transaksi pembelian produk yang sudah dimasukkan ke Wishlist.

Bagaimana cara menggunakan fitur Broadcast Chat ini dapat meningkatkan penjualan toko?

  1. Ide konten yang menarik
  2. Pesan yang informatif namun tetap singkat.
  3. Tambahkan gambar untuk memudahkan followers memvisualisasikan pesan yang ingin Anda sampaikan.
  4. Beri jeda waktu untuk menyebarkan pesan, sebaiknya jangan terlalu sering agar followers toko Anda tidak merasa terganggu.
  5. Hindari penggunaan teks yang terlalu banyak pada gambar.
  6. Tidak menampilkan konten yang berbau SARA. Tokopedia akan menghapus konten yang berbau SARA

Berapa biaya yang dibutuhkan untuk mengirimkan pesan Broadcast Chat?

Anda dapat mengatur biaya untuk pengiriman pesan Broadcast Chat sesuai dengan anggaran dan kebutuhan Anda. Semakin besar anggaran yang Anda miliki, semakin besar jumlah followers yang berpotensi untuk menerima pesan Anda.

Bagaimana cara menentukan target penerima pesan jika mode yang dipilih adalah Auto?

Penerima pesan Broadcast Chat Anda akan dipilih secara acak dari total followers toko Anda.

Bagaimana cara memantau hasil penggunaan fitur Broadcast Chat?

Anda dapat memantau informasi statistik melalui Dashboard Broadcast Chat. Tampilan presentasi informasi Pesan Dibaca berdasarkan data selama 7 hari setelah pesan terkirim.

Mengapa pesan yang sudah saya kirimkan melalui Broadcast Chat, tetapi pesan belum diterima oleh followers saya?

Proses pengiriman pesan Broadcast Chat memerlukan waktu dengan estimasi 3000 pesan/menit.

Kapan saldo TopAds saya akan terpotong?

Saldo TopAds akan terpotong ketika pesan yang Anda kirimkan sudah diterima oleh followers toko Anda.

Sanksi dan Pelanggaran

Mengacu pada Syarat dan Ketentuan Broadcast Chat bagi Penjual, maka jika ditemukan adanya manipulasi, pelanggaran maupun pemanfaatan fitur Broadcast Chat untuk keuntungan pribadi Pengguna, maupun indikasi kecurangan atau pelanggaran pelanggaran Syarat dan Ketentuan ini, Ketentuan Situs Tokopedia, dan ketentuan hukum yang berlaku di wilayah negara Indonesia, Tokopedia berhak tanpa pemberitahuan sebelumnya, melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan termasuk namun tidak terbatas pada penghentian penggunaan fitur Broadcast Chat, membatalkan transaksi, menahan dana, menurunkan reputasi toko, menutup toko atau akun, serta hal-hal lainnya.
 

Jenis Sanksi

Level I : Peringatan I
Penjual yang ditemukan melanggar Syarat dan Ketentuan penggunaan Broadcast Chat untuk pertama kalinya akan diberikan sanksi oleh Tokopedia berdasarkan Level I. Level I merupakan peringatan tertulis yang akan dikirim langsung kepada Penjual melalui TopChat. Broadcast Chat yang telah dikirimkan akan ditarik kembali dan saldo TopAds Penjual tidak terpotong.

Level II: Peringatan II
Level II merupakan peringatan yang dikeluarkan oleh Tokopedia apabila Penjual melakukan pelanggaran kembali untuk kedua kalinya. Peringatan Tertulis akan dikirim langsung kepada Penjual melalui TopChat (Push Notification) dan Email. Broadcast Chat yang telah dikirimkan akan ditarik kembali dan saldo TopAds Penjual akan tetap terpotong.

Level III: Penghentian fitur Broadcast Chat
Level III merupakan tindakan yang dikeluarkan oleh Tokopedia berupa penghentian fasilitas Broadcast Chat yang disampaikan kepada Penjual melalui TopChat dan Email. Penghentian ini akan menyebabkan Penjual tidak dapat menggunakan fitur Broadcast Chat secara permanen.

Level IV: Menonaktifkan Akun Penjual Sementara Waktu
Pada level IV ini Tokopedia akan menonaktifkan akun Penjual yang terbukti melakukan pelanggaran Broadcast Chat untuk jenis pelanggaran level VI untuk sementara waktu. Akun Penjual dapat digunakan kembali setelah periode penonaktifan selesai.

Level V: Menonaktifkan Akun Penjual Permanen
Pada Level V, pelanggaran yang dilakukan akan menyebabkan penonaktifan terhadap akun Penjual secara permanen. Penjual tidak dapat memakai kembali akun tersebut baik untuk transaksi dan/atau maupun hal lainnya.
 

Jenis Pelanggaran

Akun penjual yang mengirimkan pesan Broadcast Chat tidak mengikuti aturan yang berlaku (foto akun, nama akun, dan deskripsi akun).
  1. Pesan Broadcast Chat mengandung logo dan maskot Tokopedia yang tidak mengikuti ketentuan yang berlaku.
  2. Pesan Broadcast Chat yang mengandung Hak Kekayaan Intelektual  pihak lain dan/atau tidak terkait dengan produk yang dijual melalui Situs/Aplikasi Tokopedia
  3. Pesan Broadcast Chat mengandung kata kasar dan tidak sesuai norma yang berlaku.
  4. Pesan Broadcast Chat berisi konten yang belum dapat dipastikan kebenarannya (ambigu / hoax).
  5. Pesan Broadcast Chat berisi konten yang tidak berhubungan dengan kegiatan jual-beli di aplikasi Tokopedia.
  6. Pesan Broadcast Chat bermuatan unsur SARA dan Politik. (Level III)
  7. Pesan Broadcast Chat berisi tautan URL yang mengandung konten yang tidak sesuai norma, kejahatan, unsur SARA, politik, dan konten yang dapat merugikan pengguna. (Level IV)
  8. Pesan Broadcast Chat digunakan untuk tindakan kriminal dan melanggar peraturan di Indonesia. (Level V)
 

Syarat dan Ketentuan Broadcast Chat

A. Definisi

  1. Tokopedia adalah PT Tokopedia dan seluruh afiliasi atau anak perusahaannya, suatu perseroan terbatas yang menjalankan kegiatan usaha jasa web portal www.tokopedia.com, yakni situs pencarian toko dan Barang yang dijual oleh penjual terdaftar.
  2. Situs/Aplikasi adalah situs www.tokopedia.com milik Tokopedia yang dapat diakses melalui desktop site dan/atau aplikasi yang berbasis Android atau iOS.
  3. Pengguna adalah pihak yang menggunakan layanan Tokopedia, termasuk namun tidak terbatas pada pembeli, penjual ataupun pihak lain yang sekedar berkunjung ke Situs Tokopedia.
  4. Pembeli adalah Pengguna terdaftar yang melakukan permintaan atas Barang yang dijual oleh Penjual di Situs Tokopedia.
  5. Penjual adalah Pengguna terdaftar yang melakukan tindakan buka toko dan/atau melakukan penawaran atas suatu Barang kepada para Pengguna Situs Tokopedia.
  6. Barang adalah benda yang berwujud/memiliki fisik Barang yang dapat diantar/memenuhi kriteria pengiriman oleh perusahaan jasa pengiriman Barang.
  7. Broadcast Chat adalah fitur yang memungkinkan penjual untuk melakukan kegiatan promo penjualan secara berbayar dan terbatas dengan cara mengirimkan pesan kepada banyak penerima pesan sekaligus.
  8. Kuota adalah batas jumlah penjual dapat menggunakan fitur broadcast chat, dimana batas untuk setiap seller 1x melakukan broadcast chat dalam kurun waktu 1 minggu atau maksimal 4x dalam kurun waktu 1 bulan.
  9. Ketentuan Situs adalah Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi, Kebijakan Privasi, Syarat dan Ketentuan ini dan setiap Syarat dan Ketentuan lain yang dapat berlaku untuk atau sehubungan dengan penggunaan Situs/Aplikasi dan seluruh fitur yang terdapat di dalamnya.
  10. Syarat dan Ketentuan adalah Syarat dan Ketentuan untuk menggunakan Broadcast Chat.
B. Umum
  1. Fitur Broadcast Chat hanya dapat digunakan oleh Pengguna terdaftar sebagai Penjual di Situs/Aplikasi.
  2. Tokopedia berwenang untuk melakukan tindakan yang diperlukan, termasuk namun tidak terbatas pada: (i) penghentian penggunaan fitur Broadcast Chat; (ii) penahanan dana; (iii) pembatalan transaksi; (iv) menurunkan reputasi toko; (v) menutup toko dan/atau (vi) penutupan akun Pengguna, serta hal-hal lainnya, tanpa pemberitahuan sebelumnya, untuk sementara atau untuk selamanya, jika ditemukan adanya manipulasi, pelanggaran maupun pemanfaatan fitur Broadcast Chat untuk keuntungan pribadi Pengguna, maupun indikasi kecurangan atau pelanggaran pelanggaran Syarat dan Ketentuan ini, Ketentuan Situs Tokopedia, dan/atau ketentuan hukum yang berlaku di wilayah negara Indonesia.
  3. Dengan menggunakan Broadcast Chat, maka Pengguna dianggap telah menyetujui dan mematuhi Syarat dan Ketentuan ini.
  4. Syarat dan Ketentuan ini dapat diubah dan/atau diperbaharui dari waktu ke waktu, Tokopedia menyarankan agar Pengguna membaca secara seksama dan memeriksa Syarat dan Ketentuan ini dari waktu ke waktu untuk mengetahui perubahan apapun, dengan mengakses Situs/Aplikasi, maka dianggap telah membaca dan menyetujui Syarat dan Ketentuan ini.
C. Penggunaan
  1. Penjual dapat menggunakan Broadcast Chat dengan melakukan pengisian kredit TopAds terlebih dahulu, dimana minimum kredit TopAds yang harus dimiliki oleh Pengguna, baik sebelum maupun sesudah menggunakan Broadcast Chat, adalah sebesar Rp50.000 (lima puluh ribu Rupiah).
  2. Minimum penggunaan kredit TopAds dalam satu kali pengiriman pesan adalah Rp5.000 (lima ribu Rupiah).
  3. Penjual dianggap menyetujui pemotongan terhadap kredit TopAdsnya apabila telah mengakses tombol “kirim pesan”.
  4. Penjual bertanggungjawab terhadap isi pesan yang dikirimkan melalui Broadcast Chat pada Situs/Aplikasi sesuai dengan poin D dalam Syarat dan Ketentuan ini.
  5. Setiap Barang yang akan dicantumkan dalam isi pesan harus merupakan Barang yang tersedia dan dijual oleh Penjual pada Situs/Aplikasi.
  6. Penjual dapat menggunakan fitur Broadcast Chat berdasarkan Kuota yang telah ditetapkan oleh Tokopedia, dimana Penjual dapat menggunakan Broadcast Chat sebanyak 1 (satu) kali untuk 1 (satu) minggu atau maksimal sebanyak 4 (empat) kali dalam 1 (satu) bulan.
  7. Kuota pengiriman pesan melalui Broadcast Chat akan kembali semula (reset) pada hari Senin di setiap minggunya.
  8. Penjual tidak dapat melakukan pembatalan atas pesan melalui Broadcast Chat yang telah dikirimkan kepada Pengguna.
  9. Tokopedia berwenang melakukan penahanan atas pesan Penjual yang dikirimkan melalui Broadcast Chat, termasuk namun tidak terbatas pada: (i) apabila tidak terdapat kredit TopAds Penjual sebesar Rp. 50.000,- (lima puluh ribu rupiah); dan/atau (ii) apabila pengiriman pesan melalui Broadcast Chat telah mencapai Kuota yang ditentukan pada poin C.5 diatas.
  10. Penjual bisa menggunakan Broadcast Chat dengan kredit TopAds. Untuk mengisi saldo TopAds dapat dibaca melalui Syarat dan Ketentuan TopAds.
D. Konten
  1. Penjual wajib membaca dan mematuhi ketentuan yang terdapat dalam Panduan Iklan Tokopedia dalam membuat isi pesan melalui Broadcast Chat.
  2. Tokopedia berhak untuk menghentikan dan/atau membatalkan Broadcast Chat dari Penjual, termasuk namun tidak terbatas pada apabila (i) isi pesan bermuatan unsur SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan) dan/atau Politik; (ii) isi pesan melanggar Hak Kekayaan Intelektual Tokopedia; (iii) isi pesan diduga melanggar Hak Kekayaan Intelektual pihak ketiga lainnya berdasarkan laporan dari pemilik Hak Kekayaan Intelektual maupun dari penilaian sendiri dari Tokopedia; dan/atau (iv) isi pesan melanggar Syarat dan Ketentuan, Panduan Iklan Tokopedia, Ketentuan Situs dan/atau ketentuan hukum yang berlaku di wilayah negara Indonesia; atau ketentuan lainnya sesuai dengan kebijakan dan penilaian dari Tokopedia.
  3. Apabila Penjual melakukan pelanggaran sebagaimana dimaksud pada poin D.2. diatas ini, maka kredit TopAds yang sudah terpakai tidak bisa dikembalikan dan Penjual akan dikenakan sanksi, sesuai dengan tingkatan sanksi sebagaimana tercantum pada Sanksi dan Pelanggaran. Mohon dicatat bahwa Tokopedia berhak sesuai dengan kebijakannya sendiri untuk menerapkan sanksi tanpa memperhatikan tingkatan sanksi tersebut. Sebagai contoh penerapan ketentuan tersebut, yaitu apabila menurut kebijakan Tokopedia Penjual melakukan pelanggaran yang substantif, maka Tokopedia dapat langsung menonaktifkan akun Penjual secara permanen.
  4. Hak Kekayaan Intelektual yang di miliki oleh Tokopedia, termasuk namun tidak terbatas pada logo dan maskot, hanya diperbolehkan untuk digunakan melalui fitur Broadcast Chat pada Situs/Aplikasi.
  5. Untuk penggunaan logo dan maskot Tokopedia, dapat di unduh DISINI.

Feed

Kini, Tokopedia mempunyai fitur baru untuk membantu para seller berkomunikasi dengan pelanggan setia/ follower toko kamu.

Dengan fitur ini, seller dapat membuat post berupa tips and trik ataupun informasi tentang cara menggunakan produk yang ada di toko seller.

Feed

Feed adalah sebuah platform di Tokopedia dimana users bisa mendapatkan update otomatis (ie. new product upload dan product restock) dari toko-toko yang telah mereka follow. Untuk Seller, Feed dapat digunakan sebagai sarana untuk memberikan informasi kepada follower dengan membuat konten yang menarik. Cara Upload Konten

  1. Klik “Buat Post” dari halaman Feed atau halaman tokomu.
    • User-added image User-added image
  2. Pilihlah untuk mengupload gambar dari gallery hp kamu atau langsung mengambil gambar dengan kamera.
    • User-added image User-added image
  3. Pilihlah SATU produk dari toko kamu untuk dihubungkan dengan post kamu.
    • User-added image User-added image
  4. Tulis juga caption untuk post kamu. Caption maksimal memakai 200 huruf.
    • User-added image
  5. Pastikan post kamu sesuai dengan apa yang kamu inginkan dan tidak mengandung kesalahan. Seperti typo atau link ke produk yang salah.
    • User-added image
  6. Klik “Post” dan postingan kamu bisa dilihat oleh follower-follower kamu.
    • User-added image User-added image
  FAQ Seputar Feed (Penjual) 1. Apa itu Feed? Jawab: Feed adalah suatu fitur di Tokopedia di mana para Sellers dapat membagikan konten-konten menarik kepada followers dan pengguna Tokopedia. 2. Siapa saja yang bisa membuat konten di Feed? Jawab: Semua Seller yang sudah terdaftar di Feed bisa membuat konten di Feed mereka masing-masing. 3. Di mana saya bisa membuat konten untuk Feed? Jawab: Kamu bisa mulai membuat konten di Feed melalui halaman Feed atau melalui link https://m.tokopedia.com/content/new 4. Dimana tampilan Feed akan muncul? Jawab: Tampilan yang akan muncul pada:
  • Feed follower toko kamu                                                                             User-added image
  • Halaman Toko, konten ini dapat dilihat oleh pengunjung tokomu (Android) User-added image
5. Bagaimana spesifikasi gambar yang dapat di Upload? Jawab: Spesifikasi foto/konten:
  • Size: 1080x1080 atau square.
  • Resolution: 50 -200KB.
  • Format: jpg or png.
6. Apa yang boleh saya post sebagai konten di Feed? Jawab: Kamu boleh membuat konten apa saja untuk dibagikan di Feed-mu, asalkan tidak melanggar T&C konten kami ya. 7. Konten seperti apa yang baik dan menarik bagi pengguna? Jawab:
  • Konten berupa tips and trick dan cara penggunaan produk                          User-added image User-added image User-added image
  • Konten yang memberikan penjelasan tentang produk untuk mengedukasi para calon pembeli User-added image User-added image User-added image
  • Konten/foto penggunaan dan testimoni/review produk oleh pelanggan User-added image User-added image
Hal yang perlu dihindari:
  • Disarankan untuk tidak meng-upload foto yang sama dengan foto produk baru di toko kamu.
  • Foto produk baru yang kamu upload di toko kamu akan secara otomatis di post di feed follower kamu. Jika kamu meng-upload foto yang sama akan menjadi double-post di feed follower kamu dan bisa mengakibatkan kamu di unfollow oleh follower kamu.Konten yang diupload harus sesuai dengan Panduan Konten Tokopedia. Jika tidak sesuai dengan Panduan Iklan yang telah ditetapkan, Tokopedia berhak untuk menurunkan posting produk atau konten.
8. Dalam format apa saja saya dapat mem-post di Feed? Jawab: Untuk sekarang ini, kamu hanya dapat membagikan konten berupa 1x photo untuk setiap post-nya. Nantikan update baru dari kami ya untuk konten dalam format yang berbeda. 9. Apakah ada ketentuan khusus untuk saya membuat konten di Feed? Jawab: Kamu harus tag salah satu dari produk yang kamu jual dengan post kamu. 10. Apakah saya harus membuat konten yang sesuai dengan barang yang di tag? Jawab: Cobalah untuk membuat konten yang berhubungan dengan barang yang anda tag, karena para buyers akan bisa mengunjungi halaman produk tersebut dari konten yang kamu bagikan. 11. Siapa saja yang bisa melihat post yang saya buat? Jawab: Followers shop-mu dan pengunjung yang mengunjungi Feed-mu dapat melihat semua post yang pernah kamu bagikan. 12. Apa saja yang viewers bisa lakukan di post saya? Jawab: Mereka bisa memberikan like dan comment di post kamu.

Fitur Cashback

Kini, fitur Cashback hadir di Tokopedia dimana penjual memberi bonus belanja berupa cashback ke OVO Points pembeli. Anda bisa memilih produk apa saja yang ingin didukung oleh fitur ini dan mengatur antara 3% sampai 5% jumlah cashback yang diberikan.

Apa Itu Fitur Cashback?

Fitur Cashback merupakan fitur yang bertujuan untuk memudahkan penjual memberikan bonus belanja berupa "Cashback" ke OVO Points pembeli. Penjual dapat memilih produk apa saja yang ingin didukung oleh fitur ini sekaligus mengatur jumlah cashback yang akan diberikan dengan kisaran mulai dari 3% hingga 5% dari harga produk.

  • Regular Merchant
  • Gold Merchant
Dapat mengaktifkan fitur cashback dengan batas maksimal untuk lima produk.
Dapat mengaktifkan fitur cashback tanpa batasan jumlah produk.

Cara Mengaktifkan Fitur Cashback

  • Desktop
  • Mobile
  1. Login ke akun toko Anda.
  2. Klik User-added image
  3. Pilih Daftar Produk.
  4. Klik Atur Cashback pada produk yang diinginkan.

    User-added image
  5. Pilih Cashback. Anda bisa memilih Cashback mulai dari 3% hingga 5%.
  6. Klik Simpan.
  1. Login ke akun toko Anda.
  2. Klik User-added image
  3. Klik Toko Saya di bagian paling bawah.
  4. Klik User-added image
  5. Pilih Produk.
  6. Klik Atur Cashback pada produk yang diinginkan.

    User-added image
  7. Klik Simpan.

 

 

 
Catatan: Jika sudah mengaktifkan Fitur Cashback pada produk-produk di toko Anda, pembeli dapat langsung bisa menikmati fitur ini. Misalnya, Anda mengaktifkan fitur ini pada Produk A. Saat pembeli berbelanja Produk A, ia bisa langsung menikmati Cashback setelah transaksi selesai (pembeli melakukan konfirmasi terima pesanan atau transaksi selesai otomatis dari sistem Tokopedia).

Syarat dan Ketentuan Fitur Cashback

Sebelum menggunakan Fitur Cashback, pastikan Anda sudah membaca syarat dan ketentuan berikut ini:

  1. Cashback yang diberikan ke pembeli merupakan subsidi sepenuhnya dari penjual.
  2. Cashback akan diteruskan ke akun pembeli.
  3. Pembeli harus mengaktifkan akun untuk mendapatkan Cashback tersebut.
  4. Cashback akan didapat oleh pembeli setelah transaksi selesai (pembeli melakukan konfirmasi terima pesanan atau transaksi selesai otomatis dari sistem Tokopedia).
  5. Jika transaksi dibatalkan, Cashback tidak akan diteruskan ke pembeli.
  6. Transaksi yang masuk ke pusat resolusi dan terdapat pengembalian dana sebagian atau seluruhnya tidak akan mendapatkan cashback merchant.
  7. Penjual tidak dapat menarik kembali Cashback yang sudah diteruskan ke pembeli.
  8. Penjual dapat memberi Cashback 3% (Tiga persen) hingga 5% (Lima persen).
  9. Cashback yang diberikan dihitung dari total harga produk.
  10. Syarat dan ketentuan Fitur Cashback dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Keuntungan Fitur Cashback

Dengan mengaktifkan Fitur Cashback, Anda bisa menikmati berbagai keuntungan, di antaranya:

  1. Menarik lebih banyak pembeli dengan adanya keterangan Cashback pada halaman toko Anda.
  2. Meningkatkan potensi penjualan toko Anda.
  3. Membangun hubungan baik ke pembeli dengan cara memberi bonus Cashback belanja.

Fitur Impor Produk

Tokopedia memungkinkan Anda dapat menambahkan beberapa produk sekaligus ke toko dengan lebih cepat dan praktis. Hal ini dapat dilakukan melalui fitur Impor Produk. Silakan ikuti langkah-langkah penggunaannya agar Anda dapat menambahkan produk dengan lebih cepat.

Apa itu Fitur Impor Produk?

Fitur Impor Produk merupakan fitur yang memungkinkan Anda untuk menambahkan beberapa produk sekaligus ke toko. Proses tambah produk pun pastinya jadi lebih cepat.

Cara Menggunakan Fitur Impor Produk

  1. Log in ke akun Tokopedia Anda.
  2. Klik toko.JPG, lalu pilih Daftar Produk.

    screenshot_toko.JPG

     
  3. Klik Impor Produk yang ada di kanan-atas layar.

    1__1_.png

     
  4. Klik Impor dari Excel.

    3.png

     
  5. Download template Impor Produk.

    4.png

     
  6. Isi informasi produk Anda pada tabel yang tersedia. Pastikan format pengisian sudah sesuai dengan template yang telah ditentukan, lalu klik Lanjut.
  7. Upload file Impor Produk yang telah diisi dengan klik Pilih File.
  8. Klik Impor.

    5.png

     
  9. Status impor produk akan terlihat pada halaman Daftar Produk.
  10. Anda akan menerima email berisi daftar produk yang tidak berhasil diimpor/di-upload dalam bentuk Excel Sheet.

Ketentuan Fitur Impor Produk

  1. Saat ini Fitur Impor Produk sudah dapat digunakan oleh Reguler Merchant.
  2. Produk yang dapat diimpor dalam satu file excel adalah 150 produk.
  3. Saat ini jumlah produk yang dapat di-upload ke toko Anda adalah 500 produk per hari.
  4. Saat ini Fitur Impor Produk hanya mendukung tipe file Microsoft Excel Worksheet.

Fitur Peluang

Peluang adalah sebuah fitur yang memberikan kesempatan bagi penjual lain untuk memproses pesanan yang dibatalkan oleh penjual sebelumnya.

Kini, fitur peluang membantu Anda meningkatkan jumlah poin reputasi dengan menghadirkan fitur peluang multiplier. Poin reputasi positif yang Anda terima akan dilipatgandakan sebanyak 2-5 kali. Sebelum menerima peluang, pastikan Anda dapat memenuhi permintaan pembeli. Kelipatan poin reputasi positif yang akan diterima dapat Anda lihat saat akan mengambil peluang dan akan ditambahkan secara otomatis pada toko Anda. Tingkatkan peluang Anda dan raih poin reputasi sebanyak banyaknya dengan fitur peluang multiplier

Apa Itu Fitur Peluang?

Peluang adalah sebuah fitur yang memberikan kesempatan bagi penjual lain untuk memproses pesanan yang dibatalkan oleh penjual sebelumnya.

Cara Mengambil Alih Pesanan Melalui Fitur Peluang

  1. Pesanan yang memenuhi kriteria akan masuk ke halaman Peluang yang ada di menu Penjualan.

  2. Temukan pesanan-pesanan yang ditolak penjual sebelumnya yang dapat dibantu dengan Search.

  3. Klik pesanan untuk melihat detail Peluang.

  4. Klik Lihat Produk untuk melihat halaman produk dari toko sebelumnya.

  5. Untuk mengambil alih pesanan, klik Ambil Peluang.

  6. Akan muncul pop up berisi konfirmasi untuk mengambil alih pesanan tersebut. Klik Setuju.

  7. Proses pesanan pembeli seperti biasa.

  8. Masukkan nomor resi setelah mengirim pesanan. Batas waktu untuk memasukkan nomor resi tidak akan diperpanjang dan tetap menyesuaikan dengan batas waktu saat pesanan tersebut dibuat.

  9. Hasil penjualan akan masuk setelah pembeli melakukan Konfirmasi Terima Pesanan.

Syarat dan Ketentuan Fitur Peluang

Sebelum menggunakan fitur Peluang, pastikan Anda sudah membaca syarat dan ketentuan berikut ini:

  1. Semua pesanan yang memenuhi kriteria akan muncul di halaman Peluang pada menu Penjualan selama batas respon pesanan tersebut belum berakhir.

  2. Penjual yang tidak berlanggan Power Merchant hanya dapat mengambil 5 Peluang per hari sedangkan untuk Power Merchant tidak dibatasi.

  3. Saat ini Fitur Peluang hanya dibuka untuk toko yang memiliki skor 75 dan reputasi minimal 501 (Silver 2).

  4. Sebelum mengambil alih pesanan, penjual harus memastikan bahwa

    1. Jenis produk sama;

    2. Kurir pengiriman tidak dapat diganti; Apabila terdapat selisih ongkos kirim, maka hal tersebut menjadi tanggung jawab penjual.

    3. Saat akan mengambil peluang Anda akan menerima detail informasi perhitungan ulang ongkos kirim baru dari alamat Anda ke alamat pembeli. Nominal yang tercetak di invoice akan mencantumkan harga barang dan ongkos kirim pada order sebelumnya (invoice lama);

    4. Produk yang tersedia baru.

  5. Jika pesanan menggunakan fitur Cashback, bonus cashback tetap akan berlaku dan menjadi tanggung jawab penjual yang mengambil alih pesanan. Bonus cashback otomatis akan dipotong dari hasil penjualan dan diberikan kepada pembeli saat transaksi selesai.

  6. Jika penjual gagal menyelesaikan transaksi di fitur Peluang, maka reputasi penjual akan dikurangi 10 poin.

  7. Apabila penjual tidak dapat memenuhi Peluang dimana transaksi yang dilakukan tidak sesuai (produk atau kurir berbeda) atau masuk ke Pusat Resolusi, maka Peluang Multiplier tidak akan diberlakukan.

  8. Saat mengambil alih pesanan, batas waktu untuk memasukkan nomor resi tidak akan diperpanjang dan tetap menyesuaikan dengan batas waktu saat pesanan tersebut dibuat.
  9. Pesanan yang dibatalkan oleh penjual yang memiliki Power Badge hanya dapat diambil alih oleh penjual yang memiliki Power Badge juga pada tokonya.

FAQ Seputar Fitur Peluang Multiplier

1. Kapan saya akan menerima poin reputasi positif di kali dengan kelipatan besar atau dikali 5?
Anda akan menerima poin reputasi dikalikan 5 apabila permintaaan peluang sedang tinggi

2. Kapan saya akan mendapatkan poin reputasi positif di kali dengan kelipatan kecil atau dikali 2?
Anda akan menerima poin reputasi dikalikan 2 apabila permintaaan peluang sedang rendah

3. Bagaimana cara saya mengetahui kondisi permintaan Peluang?
Anda dapat melihat bagde kelipatan reputasi saat ingin mengambil order di peluang dan nilai ini akan diperbaharui secara berkala

Fitur Saldo Prioritas

Cara Mengaktifkan Saldo Prioritas

  1. Klik Pelajari Selengkapnya pada widget Saldo Prioritas pada halaman Saldo.   User-added image
  2. Pelajari info dan klik pada Daftar Saldo Prioritas.                         User-added image User-added image
  3. Lengkapi formulir singkat.                                                    User-added image  User-added image
  4. Set persentase penarikan dana di awal.                                             User-added image
  5. Lihat riwayat penggunaan.                                                               User-added image
 

Cara Menonaktifkan Saldo Prioritas

  1. Klik di sini pada bawah halaman Saldo Prioritas. User-added image
  2. Geser toggle untuk menonaktifkan.                                                     User-added image
  3. Jika user memiliki tagihan admin pencairan di depan, maka tampilan pop up akan muncul seperti:                                              User-added image
  4. Jika saat menonaktifkan sudah tidak ada tagihan, maka pop up yang muncul akan seperti:                                                          User-added image
  5. Saldo Prioritas sudah dinonaktifkan.                                                                 User-added image

FAQ Saldo Prioritas

Apa itu Saldo Prioritas?

Saldo Prioritas adalah fitur dari Tokopedia untuk merchant terpilih, di mana Anda sebagai merchant dapat menarik hasil penjualan (dana di awal) sebelum pembeli melakukan konfirmasi penerimaan barang. Pada hari pertama Anda memasukkan resi pengiriman, Anda dapat langsung menarik sejumlah dana sesuai persentase yang telah ditetapkan dari hasil penjualan Anda, sehingga dapat memperlancar arus kas Anda. Pada saat pembeli Anda mengkonfirmasi penerimaan, Anda akan menerima sisa hasil penjualan Anda yang belum ditarik di awal. Limit persentase hasil penjualan yang dapat ditarik di awal bisa berbeda bagi setiap merchant.

Bagaimana cara mengaktifkan fitur Saldo Prioritas?

Anda dapat mengaktifkan fitur Saldo Prioritas di halaman Saldo Tokopedia. Untuk mengaktifkan fitur ini, Anda cukup mengisi formulir singkat dan mengunggah 2 (dua) dokumen: KTP dan foto selfie dengan KTP. Jika Anda sudah pernah mengajukan pinjaman melalui Tokopedia Pinjaman Modal kepada Partner penyedia fitur Saldo Prioritas, Anda tidak perlu mengisi formulir singkat.

Siapa yang memberikan limit Dana Dimuka untuk Saldo Prioritas?

Dana Dimuka disediakan oleh Partner yang telah terdaftar  di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga pelaksanaan kegiatan usahanya diawasi secara ketat oleh OJK berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 77/POJK.01/2016 tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi. Saat ini Partner yang menyediakan Dana Dimuka adalah PT Mitrausaha Indonesia Grup ("Modalku").

PT Mitrausaha Indonesia Grup ("Modalku") telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan ("OJK") sejak tanggal 31 Mei 2017 sebagai Penyelenggara Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi dengan Surat Tanda Bukti Terdaftar dari OJK Nomor S-2493/NB.111/2017.

Mengapa hasil penjualan saya tidak dicairkan di awal padahal fitur Saldo Prioritas sudah aktif?

Fitur Saldo Prioritas akan mencairkan hasil penjualan dari order dengan resi pengiriman yang sudah terdeteksi valid. Silakan memasukkan resi Anda secepatnya setelah mengirimkan barang Anda dan pastikan resi pengiriman Anda valid.

Berapa biaya untuk mengaktifkan fitur Saldo Prioritas?

Anda tidak dikenakan biaya untuk mengaktifkan fitur Saldo Prioritas. Namun, ketika fitur diaktifkan, sejumlah persentase hasil penjualan Anda akan ditarik di awal, dan Anda akan dikenakan biaya 0.3% dari nilai yang Anda tarik di muka, dipotong langsung dari hasil penjualan untuk dibayarkan ke Partner.
Simulasi:

User-added image

Bagaimana cara agar limit persentase tarikan dana di awal saya lebih tinggi?

Untuk dapat menarik lebih banyak hasil penjualan di awal, Anda dapat meningkatkan performa penjualan Anda. Limit persentase tarikan dana dapat berubah setiap bulannya.

Mengapa saya tidak lagi ditawarkan fitur Saldo Prioritas?

Kemungkinan performa penjualan Anda tidak mengalami kenaikan. Saldo Prioritas hanya ditujukan untuk toko dengan performa penjualan yang cukup sesuai dengan kebijakan yang berlaku. Tingkatkan terus performa penjualan di toko Anda untuk mendapatkan tawaran menarik dari Saldo Prioritas.

Bagaimana jika saya sudah mengaktifkan Saldo Prioritas namun pesanan saya dibatalkan/masuk ke Pusat Resolusi?

Pesanan harus dikonfirmasi penerimaan oleh pembeli paling lambat  7 hari sejak dana di awal ditarik. Jika dikarenakan satu dan lain hal order selesai dalam lebih dari 7 hari setelah dana di awal ditarik, pembayaran kembali Saldo Prioritas muka akan dilakukan dari order lain dan akan dikenakan denda keterlambatan 0.1% (nol koma satu persen) per hari keterlambatan yang akan dipotong langsung dari hasil penjualan. Denda keterlambatan akan dibayarkan ke Partner.

Simulasi:
User-added image

Mengapa Saldo Prioritas yang dicairkan hari ini berbeda dengan hari kemarin?

Fitur Saldo Prioritas mencairkan sejumlah persentase dari hasil penjualan Anda setiap hari. Jika Anda memiliki penjualan yang berbeda setiap harinya, pencairan Anda bisa berbeda pula.

Mengapa saya tidak mendapatkan sisa hasil penjualan saya secara penuh padahal pembeli saya sudah melakukan konfirmasi penerimaan?

Jika Anda memiliki pesanan yang sudah ditarik di awal namun belum selesai sejak 7 (tujuh) hari lalu atau lebih, sisa hasil penjualan Anda akan terlebih dahulu dipotong untuk melunasi Saldo Prioritas yang terlambat bayar (beserta dengan denda keterlambatan), sebelum akhirnya dapat Anda terima. Pemotongan tetap dilakukan hingga Saldo Prioritas dianggap lunas, meskipun fitur telah dinonaktifkan.

Syarat dan Ketentuan Saldo Prioritas

Syarat dan Ketentuan Saldo Prioritas merupakan bagian dari Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi Tokopedia. Penggunaan Saldo Prioritas tunduk pada Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi, Kebijakan Privasi, dan Syarat dan Ketentuan yang tertulis di bawah ini. Pengguna disarankan membaca dengan seksama karena dapat berdampak kepada hak dan kewajiban pengguna secara hukum.

Dengan mendaftar dan/atau menggunakan situs www.tokopedia.com, maka pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami, dan menyetujui semua isi dalam Syarat dan Ketentuan. Syarat dan Ketentuan ini merupakan bentuk kesepakatan yang dituangkan dalam sebuah perjanjian yang sah antara Pengguna dengan PT Tokopedia. Jika pengguna tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi Syarat dan Ketentuan, maka pengguna tidak diperkenankan menggunakan layanan di www.tokopedia.com.

A. Definisi

  1. Tokopedia adalah PT Tokopedia dan seluruh afiliasi atau anak perusahaannya, suatu perseroan terbatas yang menjalankan kegiatan usaha jasa web portal www.tokopedia.com, yakni situs pencarian toko dan barang yang dijual oleh penjual terdaftar.
  2. Situs/Aplikasi adalah situs www.tokopedia.com milik Tokopedia yang dapat diakses melalui desktop site dan/atau aplikasi yang berbasis Android atau IOS.
  3. Pengguna adalah pihak yang menggunakan layanan Tokopedia, termasuk namun tidak terbatas pada Pembeli, Penjual maupun pihak lain yang sekedar berkunjung ke Situs/Aplikasi.
  4. Penjual adalah Pengguna terdaftar yang melakukan tindakan buka toko dan/atau melakukan penawaran atas suatu barang kepada para pengguna melalui Situs/Aplikasi.
  5. Pembeli adalah Pengguna terdaftar yang melakukan permintaan atas barang yang dijual oleh Penjual di Situs/Aplikasi.
  6. Barang adalah benda yang berwujud/memiliki fisik barang yang dapat diantar/memnuhi kriteria pengiriman oleh perusahaan jasa pengiriman barang.
  7. Partner adalah pihak ketiga yang bekerjasama dengan Tokopedia untuk menyediakan Saldo Prioritas kepada Pengguna melalui Situs/Aplikasi.
  8. Saldo Prioritas adalah fitur/produk yang ditawarkan kepada Penjual untuk mendapatkan pembayaran dana di muka dari transaksi yang dilakukan melaui Situs.
  9. Dana Dimuka adalah sejumlah dana yang diberikan berdasarkan persentase yang ditetapkan oleh Partner kepada Penjual berdasarkan hasil penilaian dan kelayakan Partner.
  10. Limit Dana adalah sejumlah biaya yang diberikan oleh Partner kepada Penjual berdasarkan hasil penilaian dan kelayakan Partner.
  11. Biaya Admin adalah biaya yang harus dibayarkan Penjual atas penggunaan Saldo Prioritas.
  12. Biaya Keterlambatan adalah biaya tambahan yang dikenakan kepada Penjual atas keterlambatan dalam melakukan pelunasan pembayaran Biaya Admin.
  13. Perjanjian Fasilitas Pinjaman adalah perjanjian, baik secara tertulis ataupun elektronik, yang dibuat dan disepakati antara Partner dan Pengguna yang mengatur antara lain hak dan kewajiban, syarat dan ketentuan dan mekanisme serta prosedur pengembalian atau pembayaran Limit Dana.
  14. Transaksi Selesai adalah pada saat Pembeli sudah melakukan konfirmasi penerimaan Barang sehingga status transaksi dinyatakan selesai oleh Situs/Aplikasi.
  15. Ketentuan Situs adalah Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi, Kebijakan Privasi, Syarat dan Ketentuan ini dan setiap Syarat dan Ketentuan lain yang dapat berlaku untuk atau sehubungan dengan penggunaan Situs/Aplikasi dan seluruh fitur yang terdapat di dalamnya.
  16. Syarat dan Ketentuan adalah Syarat dan Ketentuan untuk penggunaan Saldo Prioritas.

B. Umum

  1. Penerimaan pengajuan permohonan, persetujuan permohonan, persetujuan Limit Dana, serta pemberian dana dimuka merupakan kewenangan dan dilakukan oleh Partner.
  2. Partner menyediakan Limit Dana yang akan ditentukan berdasarkan kebijakan dan persyaratan yang ditentukan oleh Partner serta berdasarkan statistik akun Pengguna dan Pengguna menyetujui Perjanjian Fasilitas Pinjaman yang disediakan oleh Partner.
  3. Tokopedia bukan merupakan salah satu pihak dalam Perjanjian Fasilitas Pinjaman dan tidak bertanggung jawab dan/atau tidak wajib memenuhi kewajiban yang timbul dari Perjanjian Fasilitas Pinjaman antara Pengguna dan Partner.
  4. Tokopedia tidak melakukan pengelolaan terhadap dana pembayaran dan hanya berperan sebagai perantara antara Penjual dan Partner.Ketika fitur Saldo Prioritas di aktifkan, fitur akan terus berfungsi selama fitur belum di non-aktifkan.
  5. Ketika fitur Saldo Prioritas di aktifkan, fitur akan terus berfungsi selama fitur belum di non-aktifkan.
  6. Tokopedia berwenang untuk melakukan (i) penghentian penggunaan Situs/Aplikasi; (ii) penurunan konten penawaran produk; (iii) penahanan dana; (iv) pembatalan transaksi; (v) penutupan akun Penjual, tanpa pemberitahuan sebelumnya, untuk sementara atau untuk selamanya, dalam hal diduga dan/atau terdapat kegiatan Pengguna yang melanggar ketentuan hukum dan/atau Ketentuan Situs.
  7. Dengan menggunakan fitur Saldo Prioritas, maka Penjual dianggap telah memahami dan akan mematuhi Syarat dan Ketentuan ini serta Ketentuan Situs.

C. Pengajuan

  1. Pengajuan hanya bisa dilakukan oleh Penjual aktif yang sudah membuka toko di Tokopedia selama minimum 3 (tiga) bulan.
  2. Untuk dapat menggunakan fitur Saldo Prioritas, Penjual harus mengajukan permohonan dan mengunggah dokumen-dokumen yang dipersyaratkan melalui formulir daring yang telah disediakan oleh Tokopedia.
  3. Penjual menyetujui dan memberikan wewenang kepada Tokopedia untuk memperoleh dan mengolah data transaksi dan data lainnya dari toko Penjual selama 12 (dua belas) bulan terakhir yang akan diteruskan kepada Partner.
  4. Penjual menyetujui dan memberikan wewenang kepada Tokopedia untuk memberikan informasi yang diberikan pada formulir laman Saldo Prioritas pada Situs/Aplikasi kepada Partner.
  5. Penjual menyetujui dan memberikan wewenang kepada Tokopedia untuk memberikan informasi atau data relevan lainnya pada Situs/Aplikasi yang dibutuhkan oleh Partner.
  6. Penjual menyetujui untuk mengikuti setiap proses selama proses pengajuan sesuai dengan sistem dan prosedur yang ditentukan oleh Tokopedia dan Partner.
  7. Penjual akan menghormati keputusan dari Partner.
  8. Partner akan menginformasikan kepada Tokopedia mengenai hasil/status pengajuan Penjual.
  9. Penjual menyetujui dan memberikan wewenang kepada Partner untuk memberikan informasi kepada Tokopedia mengenai status pembayaran di muka.

D. Transaksi

  1. Penjual dapat menentukan besaran Dana Dimuka yang diterimanya, dimana besaran tersebut dipilih berdasarkan batasan persentase yang telah ditentukan oleh Partner. Batas minimum pemilihan besaran Dana Dimuka yang dapat dipilih oleh Penjual adalah sebesar 10% (sepuluh persen) dan batas maksimum yang dapat dipilih adalah sesuai dengan persentase maksimum Dana Dimuka yang ditetapkan oleh Partner. Namun, penggunaan Dana Dimuka tidak boleh melebihi Limit Dana yang telah ditentukan oleh Partner.
  2. Penjual berhak mendapatkan Dana Dimuka sesuai dengan Limit Dana untuk transaksi dengan resi yang valid.
  3. Penjual akan mendapatkan Dana Dimuka sesuai dengan Limit Dana setelah nomor resi pengiriman divalidasi, dimana akan otomatis masuk ke Saldo Tokopedia.
  4. Penjual tidak dapat menggunakan fitur Saldo Prioritas untuk transaksi yang menggunakan layanan instant courier.
  5. Berdasarkan Perjanjian Fasilitas Pinjaman, kewajiban Penjual melakukan pembayaran kembali Dana Dimuka dan Biaya Admin beserta Biaya Keterlambatan (jika ada) akan dilakukan melalui Tokopedia dengan mekanisme pemotongan dana yang diterima Penjual atas Transaksi Selesai.
  6. Berdasarkan Perjanjian Fasilitas Pinjaman, Penjual akan dikenakan Biaya Admin yang besarnya ditentukan oleh Partner. Pembayaran atas Biaya Admin dilakukan dengan cara pemotongan langsung terhadap sisa pembayaran transaksi tersebut pada saat konfirmasi penerimaan.
  7. Apabila Dana Dimuka sesuai dengan Limit Dana telah diberikan kepada Penjual, namun pesanan Barang belum dikonfirmasi setelah 7 (tujuh) hari sejak Dana Dimuka diberikan, termasuk namun tidak terbatas dikarenakan adanya pembatalan transaksi atau pengembalian dana kepada Pembeli, maka pembayaran kembali Dana Dimuka, Biaya Admin, beserta Biaya Keterlambatan yang besarnya ditentukan oleh Partner, akan dikenakan pada Transaksi Selesai berikutnya.
  8. Tokopedia tidak bertanggung jawab atas setiap ketentuan dalam Perjanjian Fasilitas Pinjaman yang disepakati antara Penjual dan Partner, termasuk namun tidak terbatas pada keterlambatan pembayaran kembali Dana Dimuka oleh Penjual kepada Partner.
  9. Tokopedia dan/atau Partner berhak untuk menonaktifkan Saldo Prioritas pada Penjual dengan adanya pemberitahuan sebelumnya.
  10. Partner berhak mengubah jumlah Dana Dimuka dan/atau Limit Dana terhadap Pengguna yang telah mendapatkan Dana Dimuka dan/atau Limit Dana dengan pemberitahuan sebelumnya, dengan ketentuan perubahan tersebut akan berlaku sejak tanggal pemberitahuan.

Fitur Topbot

Kini, Topbot telah hadir di Tokopedia yang dapat membantu meningkatkan penjualan dengan mempermudah Seller untuk menjawab pertanyaan seputar produk dari calon buyer secara otomatis.

Apa itu Topbot?

Topbot adalah fitur baru dari tokopedia berupa teknologi pintar yang akan membalas pertanyaan pelanggan Anda secara otomatis berdasarkan kondisi dan produk toko Anda. Topbot Stok akan memeriksa diskusi produk dan ketersediaan produk secara otomatis setelah diaktifkan. Dengan menggunakan fitur Topbot, respon toko anda akan menjadi jauh lebih cepat.
 

Cara Mengaktifkan Topbot

  1. Anda dapat mengakses melalui halaman Inbox diskusi produk.                                User-added image
  2. Lalu Anda dapat memilih Tab fitur Topbot pada bagian paling atas di halaman diskusi produk. User-added image
  3. Anda dapat memilih untuk mengaktifkan Topbot Stok dimana fitur ini adalah balasan otomatis jika ada pertanyaan mengenai stok produk toko Anda. User-added image
  4. Jika sudah aktif, Anda akan disediakan 2 template balasan otomatis untuk 2 keadaan yaitu jika  produk jualan Anda masih tersedia/sisa sedikit dan produk sudah habis/tidak tersedia. User-added image
  5. Topbot Anda sudah aktif! User-added image
 

FAQ Seputar Topbot

Apa itu Topbot?

Topbot adalah fitur baru dari tokopedia berupa teknologi pintar yang akan membalas pertanyaan pelanggan Anda secara otomatis berdasarkan kondisi dan produk toko Anda. Topbot Stok akan memeriksa diskusi produk dan ketersediaan produk secara otomatis setelah diaktifkan. Dengan menggunakan fitur Topbot, respon toko anda akan menjadi jauh lebih cepat.

Apakah terdapat syarat khusus bagi merchant untuk mengaktifkan layanan Topbot?

Untuk saat ini, hanya seller seller terpilih yang bisa mengaktifkan fitur TopBot. Namun jangan khawatir, dalam waktu dekat layanan Topbot ini akan bisa digunakan oleh semua Seller Tokopedia.

Bagaimana cara mengaktifkan Topbot?

  1. Anda dapat mengakses melalui halaman Inbox diskusi produk.
  2. Lalu Anda dapat memilih Tab fitur Topbot pada bagian paling atas di halaman diskusi produk.
  3. Anda dapat memilih untuk mengaktifkan Topbot Stok dimana fitur ini adalah balasan otomatis jika ada pertanyaan mengenai stok produk toko Anda.
  4. Jika sudah aktif, Anda akan disediakan 2 template balasan otomatis untuk 2 keadaan yaitu jika  produk jualan Anda masih tersedia/sisa sedikit dan produk sudah habis/tidak tersedia.
  5. Topbot Anda sudah aktif!

Apakah balasan melalui Topbot dapat diketahui pelanggan?

Tidak, balasan otomatis akan tampil seperti balasan seller pada umumnya.

Apa keuntungan menggunakan fitur Topbot?

  1. Memudahkan dan mempersingkat waktu anda dalam menjawab pertanyaan dari calon pembeli toko Anda. Karena akan dilakukan secara otomatis oleh fitur TopBot.
  2. Meningkatkan efektivitas informasi mengenai stok barang Anda karena Topbot dapat update otomatis untuk stok barang.
 

 

Syarat dan Ketentuan Topbot

A. Definisi

  1. Tokopedia adalah PT Tokopedia dan seluruh afiliasi atau anak perusahaannya, suatu perseroan terbatas yang menjalankan kegiatan usaha jasa web portal www.tokopedia.com, yakni situs pencarian toko dan Barang yang dijual oleh penjual terdaftar.
  2. Situs/Aplikasi adalah situs www.tokopedia.com milik Tokopedia yang dapat diakses melalui desktop site dan/atau aplikasi yang berbasis Android atau iOS.
  3. Pengguna adalah pihak yang menggunakan layanan Tokopedia, termasuk namun tidak terbatas pada pembeli, penjual ataupun pihak lain yang sekedar berkunjung ke Situs Tokopedia.
  4. Pembeli adalah Pengguna terdaftar yang melakukan permintaan atas Barang yang dijual oleh Penjual di Situs Tokopedia.
  5. Penjual adalah Pengguna terdaftar yang melakukan tindakan buka toko dan/atau melakukan penawaran atas suatu Barang kepada para Pengguna Situs Tokopedia.
  6. Barang adalah benda yang berwujud/memiliki fisik Barang yang dapat diantar/memenuhi kriteria pengiriman oleh perusahaan jasa pengiriman Barang.
  7. TopBot adalah fitur yang disediakan oleh Tokopedia kepada Penjual untuk menjawab secara otomatis pertanyaan yang diajukan oleh Pembeli melalui halaman diskusi produk dan chat/inbox pada Situs/Aplikasi, dimana jawaban otomatis tersebut saat ini hanya terbatas untuk pertanyaan mengenai ketersediaan stok Barang Penjual.
  8. Kuota adalah batas jumlah penjual dapat menggunakan fitur broadcast message, dimana batas untuk setiap seller 1x melakukan broadcast message dalam kurun waktu 1 minggu atau maksimal 4x dalam kurun waktu 1 bulan.
  9. Ketentuan Situs adalah Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi, Kebijakan Privasi, Syarat dan Ketentuan ini dan setiap Syarat dan Ketentuan lain yang dapat berlaku untuk atau sehubungan dengan penggunaan Situs/Aplikasi dan seluruh fitur yang terdapat di dalamnya.
  10. Syarat dan Ketentuan adalah Syarat dan Ketentuan untuk menggunakan fitur Topbot.
B. Umum
  1. Fitur Topbot hanya dapat digunakan oleh pengguna Tokopedia yang telah membuka Toko sebagai penjual di situs / aplikasi.
  2. Dengan menggunakan fitur Topbot, maka Pengguna dianggap telah menyetujui dan mematuhi Syarat dan Ketentuan ini serta Ketentuan Situs.
  3. Tokopedia berhak untuk menggunakan data Pembeli dan Penjual untuk penelusuran indikasi manipulasi, pelanggaran maupun pemanfaatan fitur Topbot untuk keuntungan pribadi Pengguna, maupun indikasi kecurangan atau pelanggaran Syarat dan Ketentuan ini, Ketentuan Situs Tokopedia, dan ketentuan hukum yang berlaku di wilayah negara Indonesia.
  4. Tokopedia berhak, tanpa pemberitahuan sebelumnya, melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan termasuk namun tidak terbatas pada penghentian penggunaan fitur Topbot, membatalkan transaksi, menahan dana, menurunkan reputasi toko, menutup toko atau akun, serta hal-hal lainnya jika ditemukan adanya manipulasi, pelanggaran maupun pemanfaatan fitur Topbot untuk keuntungan pribadi Pengguna, maupun indikasi kecurangan atau pelanggaran pelanggaran Syarat dan Ketentuan ini, Ketentuan Situs Tokopedia, dan ketentuan hukum yang berlaku di wilayah negara Indonesia.
  5. Tokopedia berhak untuk menghentikan atau membatalkan Topbot dari Penjual yang menyebarkan konten yang tidak bermuatan unsur SARA dan Politik.
  6. Tokopedia berhak melakukan perubahan Syarat dan Ketentuan ini dengan memberitahukan informasi terkait perubahan tersebut kepada Penjual.
C. Penjual
  1. Penjual wajib mengikuti panduan dan ketentuan yang telah disediakan pada halaman bantuan dalam menggunakan fitur Topbot.
  2. Pada pesan Topbot, penjual wajib memastikan pesan yang disampaikan tidak bermuatan unsur SARA dan Politik.
  3. Penjual tidak boleh mencuri, menduplikat ataupun mengirimkan jawaban yang sama dengan jawaban yang dimiliki oleh penjual lain (PLAGIARISM).
  4. Penjual tidak dapat menarik kembali jawaban yang diberikan dari fitur Topbot.
  5. Penjual sepenuhnya bertanggung jawab untuk isi pesan yang dijawab melalui fitur Topbot.

Fitur Varian

Fitur Varian adalah fitur yang memudahkan penjual dalam mengatur stock varian produk pada tokonya.

Cara Mengatur Varian Produk

1. Masuk ke Tokopedia SellerApp atau website. Klik ikon Menu Toko, lalu pilih Tambah Produk
User-added image
2. Masukkan foto dan informasi detail seputar produk.
User-added image
3. Pada bagian Pengelolaan Produk, pilih Status Produk :

  • Pilih Selalu Tersedia jika produk selalu tersedia
  • Pilih Stok Terbatas apabila Anda ingin mengatur jumlah stok sesuai yang ada di gudang. Pilihan Stok Terbatas juga dapat mengurangi kemungkinan pembatalan pembelian
  • Jika produk belum siap dijual Anda bisa memilih Stok Kosong.
User-added image

User-added image
4. Tambahkan dan pilih varian sesuai dengan ketersediaan produk. Penjual bisa mengatur maksimal 2 kategori varian pada setiap produk (misalnya warna dan ukuran*).
User-added image

5. Lengkapi deskripsi produk dan dukungan pengiriman. Penjual juga bisa menambahkan video tentang produk.
User-added image

6.Lengkapi Deskripsi Produk, detail Pengiriman, dan Pengembalian Produk.
User-added image
 

Catatan: *setiap kategori memiliki jenis varian yang berbeda

FAQ Seputar Fitur Varian

Apakah tampilan menu Tambah/Edit Produk berubah?

Betul, tampilan Tambah/Edit Produk saat ini diubah untuk memberikan kemudahan bagi Penjual dalam menambah dan mengatur produk.

Apa saja yang berubah dari menu Tambah/Edit Produk?

Saat ini, pada menu Tambah/Edit produk penjual dapat memilih varian produk sesuai kategori produk dan dapat mengatur harga dan stock di setiap varian. Begitu juga dari segi tampilannya, saat ini bagian informasi yang perlu diisi dikelompokkan berdasarkan jenis informasinya. Dimana, pada tampilan sebelumnya informasi tersebut berbentuk list. Perubahan tampilan tersebut juga terdapat pada urutan informasi produk yang perlu diisi.

Berapa jenis varian yang bisa diatur untuk setiap produk?

Dengan fitur varian, penjual bisa mengatur maksimal dua jenis varian misalnya varian warna dan ukuran.

Apa saja yang bisa diatur dalam varian? Apakah harga bisa berbeda per varian?

Penjual dapat mengunggah foto produk, memberikan informasi jumlah stock, SKU dan harga dengan ketetuan yang berbeda - beda pada setiap varian.

Bagaimana cara menambah varian dan mengatur stoknya?

Pada bagian Pengelolaan Produk, Anda dapat menambahkan jenis varian yang diinginkan (maksimal 2 varian). Kemudian, unggah foto produk, tambahkan jumlah stock dan SKU serta harga barang pada Tabel Varian.

Bagaimana cara jika saya tidak ingin membatasi jumlah stock produk yang saya miliki ?

Jika Anda dapat memastikan bahwa stock produk yang Anda miliki selalu tersedia, Anda dapat memilih option "Selalu Tersedia" pada bagian Status Produk.

Bagaimana jika varian produk tidak ada dalam daftar yang tersedia?

Pada setiap varian, Anda dapat memilih varian misalkan warna atau ukuran yang sudah tersedia (default). Namun, jika Anda ingin menambahkan warna / ukuran namun diluar pilihan tersebut, Anda dapat menambahkannya langsung dengan menuliskan warna / ukuran yang Anda inginkan pada kolom yang tersedia.

Jika sebelumnya sudah menggunakan fitur Varian produk, apakah yang terjadi dengan produk yang sudah diunggah sebelumnya?

Anda tidak perlu khawatir terkait hal itu, karena jika sebelumnya sudah ada produk yang telah diunggah maka sistem Tokopedia akan melakukan pengaturan dimana jumlah stock dan harga semua varian akan mengikuti parent produknya. Anda dapat melakukan pengecekkan di menu pengaturan produk kemudian menyesuaikan harga dan stock produknya.

Apakah fitur Varian yang baru sudah bisa digunakan di semua versi?

Saat ini, fitur Varian sudah dapat digunakan di Dekstop, dimana kedepannya fitur Varian juga akan di bisa digunakan di :

  1. Mobile browser
  2. Aplikasi Tokopedia
  3. Aplikasi TopSeller
Bagaimana penjual memproses pesanan dengan varian tertentu?

Pesanan yang akan Anda terima adalah pesanan yang sesuai dengan pilihan pembeli. Anda selaku penjual dapat memproses pesanan sesuai varian yang telah di pesan pembeli.

Apakah fitur Varian ini bisa menggunakan harga grosir?

Fitur Varian dapat diatur dengan harga grosir.

Apakah Penjual bisa menghapus varian produk yang sudah ditambah sebelumnya?

Varian yang sudah ditambah atau diubah, tidak bisa dihapus. Apabila suatu varian produk stoknya kosong, maka Penjual bisa mengatur status stok produk menjadi kosong di Pengaturan Produk.

Ketentuan Fitur Varian

1. Untuk saat ini, Fitur Varian baru bisa digunakan pada beberapa kategori tertentu.
2. Jika varian produk tertentu kosong, maka varian tersebut otomatis tidak dapat dipilih oleh pembeli.
3. Jika sudah menambahkan kategori varian pada produk tertentu, penjual tidak bisa menghilangkan varian tersebut.
4. Stok produk akan otomatis berkurang saat pembayaran berhasil diverifikasi
5. Penjual bisa mengatur maksimal 2 kategori varian (misalnya Warna dan Ukuran).
6. Jumlah varian yang bisa ditambahkan untuk satu produk adalah maksimal 10 varian per level/kategori. Misalkan penjual memilih varian Warna dan Ukuran, jumlah varian yang bisa ditambahkan oleh penjual adalah maksimal 20 varian (misal 10 warna dan 10 ukuran).

Flash Sale Seputar Penjual

FAQ Flash Sale seputar Penjual

Bagaimana cara mengikuti Flash Sale?

Untuk saat ini, hanya Merchant yang mendapatkan undangan yang dapat mengikuti promo Flash Sale Tokopedia.

Produk apa saja yang boleh ikut dalam Flash Sale?

Produk yang sesuai dengan Syarat dan Ketentuan Tokopedia.

Berapa kali saya bisa ikut Flash Sale?

1 Merchant bisa mengikuti lebih dari 1 kali Flash Sale, sesuai dengan undangan yang diterimanya.

Berapa stok produk yang harus saya sediakan?

Anda bisa menyediakan stok produk sesuai dengan jumlah minimal yang telah ditentukan Tokopedia.

Bagaimana saya tahu persentase diskonnya?

Sistem Tokopedia akan menghitung persentase diskon secara otomatis. Saat Flash Sale berlangsung, pembeli bisa melihat harga awal, persentase diskon, dan harga setelah diskon.

Jika saya sudah mendaftarkan produk, apakah harga produk atau harga diskon masih bisa diubah?

Jika sudah mendaftarkan suatu produk, harga produk dan harga diskon saat promo berlangsung akan sesuai dengan perjanjian saat pendaftaran.

Sebelum Flash Sale dimulai, apakah saya masih boleh mengubah harga atau deskripsi produk?

Pada 1 jam sebelum promo dan saat promo berlangsung, Tokopedia akan melakukan penguncian (product locking) untuk produk yang diterima dalam promo ini. Sehingga Merchant tidak dapat mengubah informasi produk selama kurun waktu tersebut.

Apakah produk yang saya daftarkan pada Flash Sale akan tetap ada di etalase dan harga yang tercantum akan mengikuti harga Flash Sale?

Produk akan muncul di etalase dengan stok yang sesuai dengan yang Anda masukkan pada formulir pendaftaran, dengan ketentuan:
- Tokopedia akan mengubah stok produk Merchant saat promo berlangsung sesuai dengan stok yang diajukan pada formulir pendaftaran Promo Flash Sale.
- Setelah produk berakhir, stok produk akan kembali berubah menjadi stok saat sebelum promo.

Jika produk yang saya daftarkan menggunakan TopAds, apakah iklan saya jadi nonaktif?

Iklan Anda tetap akan aktif selama promo

Bagaimana jika produk saya sudah habis saat Flash Sale masih berlangsung?

Jika stok yang Anda sediakan sudah habis terjual, maka produk tersebut akan otomatis masuk ke gudang dengan status stok kosong.

Jika saya menggunakan Fitur Cashback Merchant, apakah bisa digabungkan dengan Flash Sale?

Bisa, nominal cashback yang didapatkan pembeli akan dihitung dari harga promo.

Saat Flash Sale berlangsung, apakah saya harus mengubah harga dan stok produk secara manual?

Tokopedia akan mengubah harga sesuai promo dan stok produk secara otomatis saat promo berlangsung.

Setelah promo selesai, apakah saya harus mengubah harga dan stok produk ke awal?

Setelah promo selesai, harga dan stok produk Anda akan kembali ke kondisi awal seperti sebelum promo.

Bagaimana jika produk saya terjual lebih banyak dari stok yang saya daftarkan?

Tokopedia akan membatalkan transaksi pembeli secara otomatis.

Syarat dan Ketentuan Flash Sale

  1. Merchant hanya boleh mendaftarkan produk yang ada di tokonya.
  2. Merchant hanya dapat memasukkan produk yang sesuai dengan tipe produk telah disebutkan di bawah.
  3. Jika produk yang didaftarkan memiliki varian, link yang didaftarkan harus link masing-masing varian.
  4. Untuk mengikuti Flash Sale, Merchant harus memberikan harga diskon.
  5. Harga yang dimasukkan adalah harga final setelah diskon.
  6. Tokopedia akan menampilkan harga normal dan harga akhir setelah diskon yang sudah diajukan oleh Merchant.
  7. Tokopedia akan secara otomatis menghitung diskon yang Merchant berikan.
  8. Diskon ditanggung oleh Merchant. Dana produk yang masuk ke Merchant setelah pesanan finished, sesuai dengan nominal dari harga setelah diskon.
  9. Sistem Tokopedia akan melakukan pengecekan secara otomatis jika Merchant melakukan kenaikan harga yang tidak normal pada suatu produk. Tokopedia berhak menolak produk tersebut untuk masuk ke dalam daftar produk Flash Sale.
  10. Produk yang sudah mengikuti Promo Official Store, tidak dapat didaftarkan pada Promo Flash Sale secara bersamaan.
  11. Produk yang sudah didaftarkan, tidak dapat dibatalkan.
  12. Tokopedia berhak memilih toko dan produk yang bisa mengikuti Flash Sale berdasarkan kriteria yang telah ditentukan.
  13. Tokopedia akan memberikan informasi produk yang diterima maksimal 2 hari sebelum promo berlangsung.
  14. Tokopedia akan melakukan penguncian (product locking) untuk produk yang diterima dalam promo ini. Merchant tidak dapat mengubah informasi produk 1 jam sebelum promo dan saat promo berlangsung.
  15. Tokopedia akan mengubah stok produk Merchant saat promo berlangsung sesuai dengan stok yang diajukan pada formulir pendaftaran Promo Flash Sale.
  16. Setelah promo berakhir, stok produk akan kembali berubah menjadi stok saat sebelum promo.
  17. Setelah promo berakhir, harga produk akan kembali berubah menjadi harga saat sebelum promo.
  18. Untuk Flash Sale di akhir pekan atau hari libur, pastikan toko tetap buka saat promo berlangsung.
  19. Dengan menekan tombol "Daftar Flash Sale", Merchant telah menyetujui syarat & ketentuan Flash Sale.

Free Returns

Tokopedia menghadirkan fitur Free Returns untuk memudahkan Anda para penjual dalam meningkatkan kepercayaan pembeli di toko Anda. Dengan fitur ini, pembeli bisa melakukan retur produk secara gratis atau pengembalian dana apabila mendapati produk yang dibelinya cacat produksi, tidak sesuai dengan web, atau berubah pikiran selama syarat dan kondisi berlaku(*). Anda tidak perlu repot lagi menentukan siapa yang harus menanggung ongkos kirim produk retur dari pembeli karena Tokopedia akan mengembalikan ongkos kirim ke Saldo Tokopedia pembeli ketika transaksi selesai.

Keuntungan Penjual Menggunakan Free Returns

  1. Produk yang Anda jual akan mendapat badge Free Returns. Badge Free Returns ini juga akan terlihat di halaman produk sehingga meningkatkan kredibilitas toko Anda.
  2. Pembeli memiliki filter khusus untuk mencari barang Free Returns di search engine Tokopedia.
  3. Berpotensi menambah angka penjualan, menarik lebih banyak pembeli, dan meningkatkan reputasi di mata pembeli.
  4. Kesempatan untuk menjadikan Free Returns sebagai bentuk promosi baru untuk menarik lebih banyak pembeli dan menawarkan pelayanan yang lebih baik kepada pembeli.
  5. Toko online-mu akan terlihat lebih menonjol.

Karena itu, segera aktifkan fitur Free Returns dan berikan jaminan kepuasan lebih kepada para pembeli untuk membuat pengalaman belanja mereka di toko Anda menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.

Mitra Tokopedia

Mitra Tokopedia adalah aplikasi yang diciptakan untuk pemilik toko, warung, dan individu-individu yang ingin menambah pendapatan dengan berjualan produk-produk digital sambil mempermudah proses belanja kebutuhan toko atau warung menggunakan fitur Grosir online.

Keuntungan Menjadi Mitra Tokopedia

Dengan menjadi Mitra Tokopedia, Anda akan mendapatkan banyak keuntungan seperti :

  • Murah
Nikmati potongan langsung dan harga termurah untuk isi pulsa, listrik, dan produk digital lainnya, serta belanja kebutuhan warung dengan harga murah untuk dijual kembali.
  • Untung
Dapatkan keuntungan Promo Cashback langsung dari pembayaran berbagai tagihan seperti PLN, PDAM, Telkom, dan sebagainya.
  • Mudah
Semua dalam 1 aplikasi dengan layanan bantuan Live Chat 24 jam.
  • Cepat
Pengiriman barang menggunakan Same Day Delivery (pemesanan sebelum jam 10:00 pagi) dan Next Day Delivery.
 

Produk yang Dijual

  • Produk Digital
Kamu bisa menjadi mitra pengisian pulsa dan paket data, pembayaran tagihan listrik dan BPJS, serta berbagai produk digital lainnya. Dari sini, kamu bisa mendapatkan keuntungan berupa Promo Cashback dan diskon langsung.
  • Produk Grosir
Dengan jadi Mitra Tokopedia, kamu bisa membeli berbagai produk dengan harga grosir untuk dijual kembali. Pastinya kamu akan mendapat keuntungan lebih karena harganya lebih murah.
*Baru tersedia untuk Mitra yang berdomisili di Bekasi dan Tangerang.
 

Cara Pendaftaran Mitra Tokopedia

  1. Masuk ke aplikasi Mitra Tokopedia, lalu klik Lanjut.
  2. Klik tombol Masuk pada bagian atas halaman utama.
  3. Masukkan nomor handphone yang aktif, lalu klik Masuk.
  4. Masukkan kode verifikasi yang kamu dapatkan melalui SMS.
  5. Masukkan nama lengkap, foto KTP dan foto kamu dengan memegang KTP. Lalu klik Lanjutkan.
  6. Selesai! Anda tinggal menunggu proses verifikasi maksimal 2x24 jam hari kerja.
 

Cara Kerja Aplikasi

Cara Beli Produk Grosir
  1. Masuk ke akun Mitra kamu, lalu klik Grosir.
  2. Cari produk yang ingin dibeli.
  3. Masukkan alamat pengiriman dan pilihan logistik.
  4. Pilih metode pembayaran dan segera lakukan pembayaran.
  5. Jika kamu melakukan pembayaran sebelum jam 10 pagi, pesanan akan dikirim pada hari yang sama.
Cara Beli Pulsa
  1. Masuk ke akun Mitra kamu, lalu klik Pulsa.
  2. Masukan nomor tujuan.
  3. Pilih nominal Pulsa.
  4. Klik Bayar.
Cara Beli Paket Data
  1. Masuk ke akun Mitra kamu, lalu klik Paket Data.
  2. Masukan nomor tujuan.
  3. Pilih nominal Paket Data.
  4. Klik Bayar.
Cara Beli Voucher Game
  1. Masuk ke akun Mitra kamu, lalu klik Voucher Game.
  2. Pilih Jenis Voucher Game.
  3. Pilih nominal voucher.
  4. Klik Bayar, lalu masukan nomor HP pembeli untuk menerima bukti pembayaran melalui sms.
  5. Klik Kirim, transaksi Selesai.
Cara Beli Token PLN
  1. Masuk ke akun Mitra kamu, lalu klik PLN.
  2. Pilih Token Listrik.
  3. Masukan Nomor Meter / ID Pelanggan, lalu klik Cek.
  4. Pilih nominal token.
  5. Klik Bayar, lalu masukan nomor HP pembeli untuk menerima bukti pembayaran melalui sms.
  6. Klik Kirim, transaksi Selesai.
Cara Bayar Tagihan PLN
  1. Masuk ke akun Mitra kamu, lalu klik PLN.
  2. Pilih Tagihan Listrik.
  3. Masukan Nomor Meter / ID Pelanggan, lalu klik Cek.
  4. Klik Bayar, lalu masukan nomor HP pembeli untuk menerima bukti pembayaran melalui sms.
  5. Klik Kirim, transaksi Selesai.
Cara Bayar Tagihan Telkom
  1. Masuk ke akun Mitra kamu, lalu klik Telkom.
  2. Masukan Nomor Telepon / Indihome, lalu klik Cek.
  3. Klik Bayar, lalu masukan nomor HP pembeli untuk menerima bukti pembayaran melalui sms.
  4. Klik Kirim, transaksi Selesai.
Cara Bayar PDAM
  1. Masuk ke akun Mitra kamu, lalu klik PDAM.
  2. Pilih wilayah, masukan Nomor Pelanggan, lalu klik Cek.
  3. Klik Bayar, lalu masukan nomor HP pembeli untuk menerima bukti pembayaran melalui sms.
  4. Klik Kirim, transaksi Selesai.
Cara Bayar BPJS
  1. Masuk ke akun Mitra kamu, lalu klik BPJS.
  2. Pilih Operator, Kesehatan atau Ketenagakerjaan, masukan Nomor Kepesertaan BPJS, lalu klik Cek.
  3. Klik Bayar, lalu masukan nomor HP pembeli untuk menerima bukti pembayaran melalui sms.
  4. Klik Kirim, transaksi Selesai.
Cara Bayar TV Kabel
  1. Masuk ke akun Mitra kamu, lalu klik TV Kabel.
  2. Pilih produk TV Kabel, masukan Nomor Pelanggan TV Kabel, lalu klik Cek.
  3. Klik Bayar, lalu masukan nomor HP pembeli untuk menerima bukti pembayaran melalui sms.
  4. Klik Kirim, transaksi Selesai.
Cara Beli Produk Grosir
Pertama kali
  1. Masuk ke akun Mitra kamu, lalu klik Grosir.
  2. Cari produk yang ingin dibeli, klik Lanjut.
  3. Masukkan alamat pengiriman.
  4. Klik Bayar, silakan menunggu pengiriman barang.
  • Catatan: Jika kamu melakukan pembayaran sebelum jam 10 pagi, pesanan akan dikirim pada hari yang sama.
Kedua kali, dan seterusnya
  1. Masuk ke akun Mitra kamu, lalu klik Grosir.
  2. Cari produk yang ingin dibeli, klik Lanjut.
  3. Klik Bayar, silakan menunggu pengiriman barang.
  • Catatan: Jika kamu melakukan pembayaran sebelum jam 10 pagi, pesanan akan dikirim pada hari yang sama.
 

Seputar Promo Cashback Mitra

Potongan Harga
Tokopedia memberikan potongan harga termurah secara langsung kepada mitra untuk produk Pulsa, Paket Data, Token Listrik, dan Voucher game. Sehingga mitra dapat mendapatkan untung ketika menjualnya kembali.

Promo Cashback per Transaksi
Tokopedia memberikan Promo Cashback sebesar Rp2.000 untuk setiap transaksi tagihan seperti, tagihan telepon pasca bayar, tagihan listrik, BPJS, dan TV Kabel. Promo Cashback yang diterima akan langsung ditambahkan kedalam Saldo Mitra.
User-added image
 

Tentang Saldo Mitra
Saldo Mitra adalah layanan escrow account sebagai fasilitas penampungan sementara atas dana milik Mitra Tokopedia (bukan fasilitas penyimpanan dana), yang disediakan Tokopedia untuk memudahkan Mitra Tokopedia dalam bertransaksi melalui Situs/Aplikasi.

Cara Isi Saldo Mitra Tokopedia

  1. Masuk ke akun Mitra Tokopedia kamu.
  2. Klik Isi Saldo dan pilih nominal yang diinginkan, lalu klik Beli.
  3. Pilih metode pembayaran dan lakukan pembayaran.
  4. Saldo Mitra kamu akan otomatis bertambah setelah pembayaran berhasil.


Cara Cek Riwayat Saldo Mitra Tokopedia

  1. Masuk ke akun Mitra Tokopedia kamu.
  2. Klik Riwayat Saldo, lalu akan muncul daftar transaksi yang telah dilakukan.
  3. Klik salah satu transaksi untuk melihat detail transaksi.


Cara Tarik Saldo Mitra Tokopedia
Pengguna pertama kali

  1. Masuk ke akun Mitra Tokopedia kamu.
  2. Klik Tarik Saldo.
 

Syarat dan Ketentuan Mitra Tokopedia
Penggunaan Mitra Tokopedia tunduk pada Kebijakan Privasi dan Syarat dan Ketentuan yang tertulis di bawah ini. Pengguna disarankan membaca dengan seksama karena dapat berdampak kepada hak dan kewajiban Pengguna secara hukum.

Dengan mendaftar dan/atau menggunakan Mitra Tokopedia, maka Pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui semua isi dalam Syarat dan Ketentuan ini. Syarat dan Ketentuan ini merupakan bentuk kesepakatan yang dituangkan dalam sebuah perjanjian yang sah antara Pengguna dengan PT Tokopedia. Jika Pengguna tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi Syarat dan Ketentuan, maka Pengguna tidak diperkenankan menggunakan layanan di www.mitra.tokopedia.com.

A. Definisi

  1. Tokopedia adalah PT Tokopedia dan seluruh afiliasi atau anak perusahaannya, suatu perseroan terbatas yang menjalankan kegiatan usaha jasa web portal www.tokopedia.com beserta segala situs turunan milik PT Tokopedia, seperti situs pencarian Barang Fisik dan/atau Barang Digital yang dijual oleh Partner.
  2. Situs/Aplikasi adalah adalah situs www.tokopedia.com beserta segala situs turunan milik Tokopedia, termasuk namun tidak terbatas pada situs www.mitra.tokopedia.com yang dapat diakses melalui desktop site, mobile web, dan/atau aplikasi yang berbasis Android atau iOS.
  3. Pengguna adalah pihak yang menggunakan layanan Tokopedia, termasuk namun tidak terbatas pada Mitra Tokopedia, Partner ataupun pihak lain yang sekedar berkunjung ke Situs/Aplikasi.
  4. Partner adalah Pengguna yang bertindak selaku Penjual terdaftar yang melakukan tindakan buka toko dan/atau melakukan penawaran atas suatu Barang kepada para Pengguna Situs Tokopedia, termasuk pihak ketiga yang bekerjasama dengan Tokopedia untuk menyediakan Barang Fisik dan/atau Barang Digital kepada Mitra Tokopedia melalui Situs/Aplikasi.
  5. Barang Fisik adalah benda berwujud/memiliki fisik yang dapat diantar/memenuhi kriteria pengiriman oleh perusahaan penyedia jasa layanan pengiriman.
  6. Barang Digital adalah benda tidak berwujud/tidak memiliki fisik, termasuk namun tidak terbatas pada Pulsa, Listrik (pascabayar dan prabayar), voucher game dan/atau tagihan (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan), Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), TV Kabel, dll).
  7. Mitra Tokopedia adalah Pengguna yang telah mendaftarkan diri melalui Situs/Aplikasi untuk membeli Barang dari Partner melalui Situs/Aplikasi dan menjualnya kembali secara offline.
  8. Saldo Mitra adalah layanan escrow account sebagai fasilitas penampungan sementara atas dana milik Mitra Tokopedia (bukan fasilitas penyimpanan dana), yang disediakan Tokopedia untuk memudahkan Mitra Tokopedia dalam bertransaksi melalui Situs/Aplikasi.
  9. Ketentuan Situs adalah Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi, Kebijakan Privasi, Syarat dan Ketentuan ini dan setiap syarat dan ketentuan lain yang dapat berlaku untuk atau sehubungan dengan penggunaan Situs/Aplikasi dan seluruh fitur yang terdapat di dalamnya.
  10. Syarat dan Ketentuan adalah Syarat dan Ketentuan untuk menggunakan Mitra Tokopedia.

B. Umum

  1. Mitra Tokopedia hanya dapat digunakan oleh Pengguna yang telah mendaftarkan diri, menyetujui Syarat dan Ketentuan ini serta yang sudah diverifikasi sesuai kebijakan dari Tokopedia.
  2. Mitra Tokopedia dengan ini menyatakan bahwa Mitra Tokopedia adalah orang yang cakap dan mampu untuk mengikatkan dirinya dalam sebuah perjanjian yang sah menurut hukum.
  3. Tokopedia tidak memungut biaya pendaftaran kepada Mitra Tokopedia.
  4. Tokopedia berhak untuk menggunakan data Mitra Tokopedia untuk penelusuran indikasi manipulasi, pelanggaran maupun pemanfaatan fitur Tokopedia untuk keuntungan pribadi Mitra Tokopedia, maupun indikasi kecurangan atau pelanggaran Syarat dan Ketentuan ini, Ketentuan Situs, dan/atau ketentuan hukum yang berlaku di wilayah negara Indonesia.
  5. Tokopedia berhak, tanpa pemberitahuan sebelumnya, melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan termasuk namun tidak terbatas pada penghentian penggunaan Situs/Aplikasi, membatalkan transaksi, menahan dana, menurunkan reputasi, menutup akun, serta hal-hal lainnya jika ditemukan adanya manipulasi, pelanggaran maupun pemanfaatan untuk keuntungan pribadi Mitra Tokopedia, maupun indikasi kecurangan atau pelanggaran Syarat dan Ketentuan ini, Ketentuan Situs, dan/atau ketentuan hukum yang berlaku di wilayah negara Indonesia.
  6. Tokopedia berhak melakukan perubahan atas Syarat dan Ketentuan ini.

C. Pengajuan Mitra Tokopedia

  1. Untuk dapat menjadi Mitra Tokopedia, Pengguna harus mengajukan permohonan melalui formulir daring yang telah disediakan oleh Tokopedia.
  2. Proses verifikasi akan dilakukan oleh Tokopedia dalam jangka waktu 2x24 jam hari kerja atau jangka waktu lain sesuai dengan kebijakan Tokopedia.
  3. Mitra Tokopedia menjamin dan bertanggungjawab atas keabsahan informasi dan dokumen yang diberikan dalam mengajukan permohonan untuk mendaftar sebagai Mitra Tokopedia.
  4. Mitra Tokopedia menyetujui bahwa informasi dan dokumen yang diberikan pada saat melakukan pendaftaran dapat dibagikan atau disampaikan Tokopedia kepada pihak ketiga untuk proses pelaksanaan verifikasi atau kegiatan lainnya sehubungan dengan pendaftaran Mitra Tokopedia.
  5. Mitra Tokopedia menyetujui dan memberikan wewenang kepada Tokopedia untuk mengumpulkan dan mengolah informasi yang terdapat dalam formulir laman Mitra Tokopedia pada Situs/Aplikasi kepada Partner.
  6. Pengguna menyetujui dan memberikan wewenang kepada Tokopedia untuk memberikan informasi dan/atau data relevan lainnya pada Situs/Aplikasi yang dibutuhkan oleh Partner.

D. Akun, Password, dan Keamanan

  1. Tokopedia tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Mitra Tokopedia, memiliki kewenangan untuk melakukan tindakan yang perlu atas setiap dugaan pelanggaran atau pelanggaran Syarat dan Ketentuan ini dan/atau hukum yang berlaku, yakni tindakan berupa suspensi akun, dan/atau penghapusan akun Mitra Tokopedia.
  2. Mitra Tokopedia dilarang untuk menciptakan dan/atau menggunakan perangkat, software, fitur dan/atau alat lainnya yang bertujuan untuk melakukan manipulasi pada sistem Tokopedia, termasuk namun tidak terbatas pada: (i) manipulasi data; (ii) kegiatan perambanan (crawling/scraping); (iii) kegiatan otomatisasi dalam transaksi, jual beli, promosi, dsb; dan/atau (iv) aktivitas lain yang secara wajar dapat dinilai sebagai tindakan manipulasi sistem.
  3. Tokopedia memiliki kewenangan untuk melakukan tindakan yang diperlukan yang mengakibatkan Mitra Tokopedia tidak dapat menggunakan Saldo Mitra apabila ditemukan/diduga adanya tindak kecurangan dalam bertransaksi dan/atau pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan ini dan/atau Ketentuan Situs.
  4. Pengguna bertanggung jawab secara pribadi untuk menjaga kerahasiaan akun dan password untuk semua aktivitas yang terjadi dalam akun Pengguna.
  5. Tokopedia tidak akan meminta username, password maupun kode SMS verifikasi atau kode one time password (“OTP”) milik akun Pengguna untuk alasan apapun, oleh karena itu, Tokopedia menghimbau Pengguna agar tidak memberikan data tersebut maupun data penting lainnya kepada pihak yang mengatasnamakan Tokopedia atau pihak lain yang tidak dapat dijamin keamanannya.
  6. Pengguna setuju untuk memastikan bahwa Pengguna keluar dari akun di akhir setiap sesi dan memberitahu Tokopedia jika ada penggunaan tanpa izin atas sandi atau akun Pengguna.
  7. Pengguna dengan ini menyatakan bahwa Tokopedia tidak bertanggung jawab atas kerugian ataupun kendala yang timbul atas penyalahgunaan akun Pengguna yang diakibatkan oleh kelalaian Pengguna, termasuk namun tidak terbatas pada meminjamkan atau memberikan akses akun kepada pihak lain, mengakses link atau tautan yang diberikan oleh pihak lain, memberikan atau memperlihatkan kode verifikasi OTP, password atau email kepada pihak lain, maupun kelalaian Pengguna lainnya yang mengakibatkan kerugian ataupun kendala pada akun Pengguna.
  8. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa untuk mempergunakan fasilitas keamanan OTP maka penyedia jasa telekomunikasi terkait dapat sewaktu-waktu mengenakan biaya kepada Pengguna dengan nominal sebagai berikut (i) Rp 500, - (lima ratus rupiah) ditambah pajak 10% (sepuluh persen) untuk Indosat, Tri, XL, Smartfren, dan Esia; dan (ii) Rp 200,- (dua ratus rupiah) ditambah pajak 10% (sepuluh persen) untuk Telkomsel.

E. Saldo Mitra

  1. Limit maksimum untuk isi ulang Saldo Mitra dalam 1 (satu) kali pengisian adalah sebesar Rp 10.000.000,- (sepuluh juta rupiah) dan Saldo Mitra dapat menampung saldo hingga Rp 100.000.000,- (seratus juta rupiah) dalam satu waktu.
  2. Limit maksimum transaksi menggunakan Saldo Mitra adalah sebesar Rp100.000.000,- (seratus juta rupiah) dalam 1 (satu) kali transaksi.
  3. Mitra Tokopedia tidak dapat mengalihkan, mentransfer, memberikan dan melakukan tindakan pengalihan dalam bentuk apapun atas jumlah dana dalam Saldo Mitra kepada pihak lainnya baik yang berkaitan maupun tidak dengan Mitra Tokopedia.
  4. Mitra Tokopedia dapat melakukan withdraw Saldo Mitra dengan ketentuan sebagai berikut:
    • Penarikan dana sesama bank akan diproses dalam waktu 1x24 jam hari kerja, sedangkan penarikan dana antar bank akan diproses dalam waktu 2x24 jam hari kerja.
    • Untuk penarikan dana dengan tujuan nomor rekening di luar bank BCA, Mandiri, dan BNI apabila ada biaya tambahan yang dibebankan akan menjadi tanggungan dari Pengguna
    • Dalam hal ditemukan adanya dugaan pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan Tokopedia, kecurangan, manipulasi atau kejahatan, Pengguna memahami dan menyetujui bahwa Tokopedia berhak melakukan tindakan pemeriksaan, penundaan dan/atau pembatalan terhadap penarikan dana yang dilakukan oleh Pengguna.
    • Pemeriksaan dan/atau penundaan penarikan dana sebagaimana dimaksud dalam huruf c di atas dapat dilakukan dalam jangka waktu yang sepenuhnya ditentukan  oleh Tokopedia.

F. Transaksi

  1. Pengguna wajib bertransaksi melalui prosedur transaksi yang telah ditetapkan oleh Tokopedia.
  2. Mitra Tokopedia melakukan pembayaran dengan menggunakan Saldo Mitra, dan kemudian Tokopedia akan meneruskan dana kepada Partner apabila tahapan transaksi jual beli pada sistem Tokopedia telah selesai.
  3. Saat melakukan pembelian Barang Fisik dan/atau Barang Digital, Mitra Tokopedia menyetujui bahwa:
    • Mitra Tokopedia bertanggung jawab untuk membaca, memahami, dan menyetujui informasi/deskripsi keseluruhan Barang Fisik dan/atau Barang Digital (termasuk didalamnya namun tidak terbatas pada warna, kualitas, fungsi, dan lainnya) sebelum membuat tawaran atau komitmen untuk membeli.
    • Mitra Tokopedia mengakui bahwa warna sebenarnya dari Barang Fisik sebagaimana terlihat di Situs/Aplikasi tergantung pada perangkat elektronik Mitra Tokopedia. Tokopedia telah melakukan upaya terbaik untuk memastikan warna dalam foto-foto yang ditampilkan di Situs/Aplikasi muncul seakurat mungkin, tetapi tidak dapat menjamin bahwa penampilan warna pada Situs/Aplikasi akan akurat.
    • Mitra Tokopedia masuk ke dalam kontrak yang mengikat secara hukum untuk membeli Barang  Fisik dan/atau Barang Digital ketika Mitra Tokopedia membeli suatu barang.
    • Mitra Tokopedia tidak dapat mengajukan pengembalian Barang Fisik setelah menandatangani dokumen-dokumen terkait pengiriman Barang Fisik dari Partner dan melewati proses quality control oleh Mitra Tokopedia.
    • Mitra Tokopedia tidak dapat mengajukan pengembalian Barang Fisik dikarenakan adanya cacat produk yang secara kasat mata disebabkan oleh produsen.
    • Tokopedia tidak mengalihkan kepemilikan secara hukum atas Barang Fisik dan/atau Barang Digital dari Partner kepada Mitra Tokopedia.
  4. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa ketersediaan stok Barang Fisik merupakan tanggung jawab Partner yang menawarkan Barang Fisik tersebut. Terkait ketersediaan stok Barang Fisik dapat berubah sewaktu-waktu, sehingga dalam keadaan stok Barang Fisik kosong, maka Partner akan menolak pesanan, dan pembayaran atas barang yang bersangkutan dikembalikan kepada Mitra Tokopedia.
  5. Pengguna memahami sepenuhnya dan menyetujui bahwa segala transaksi yang dilakukan antara Mitra Tokopedia dan Partner selain melalui Situs/Aplikasi dan/atau tanpa sepengetahuan Tokopedia (melalui fasilitas/jaringan pribadi, pengiriman pesan, pengaturan transaksi khusus diluar Situs/Aplikasi atau upaya lainnya) adalah merupakan tanggung jawab pribadi dari Pengguna.
  6. Tokopedia memiliki kewenangan sepenuhnya untuk menolak pembayaran tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
  7. Pengguna menyetujui untuk tidak memberitahukan atau menyerahkan bukti pembayaran dan/atau data pembayaran kepada pihak lain selain Tokopedia. Dalam hal terjadi kerugian akibat pemberitahuan atau penyerahan bukti pembayaran dan/atau data pembayaran oleh Pengguna kepada pihak lain, maka hal tersebut akan menjadi tanggung jawab Pengguna secara pribadi.
  8. Mitra Tokopedia wajib melakukan konfirmasi penerimaan Barang Fisik, dengan cara menandatangani segala dokumen terkait penerimaan Barang Fisik yang disediakan oleh penyedia jasa layanan pengiriman dan/atau Partner, setelah Mitra Tokopedia menerima pengiriman Barang Fisik yang dibeli.
  9. Tokopedia memberikan batas waktu 6 (enam) jam setelah pengiriman berstatus "terkirim" pada sistem Tokopedia, untuk Mitra Tokopedia melakukan konfirmasi ataupun klaim atas penerimaan Barang Fisik. Jika dalam batas waktu tersebut tidak ada konfirmasi atau klaim dari Mitra Tokopedia, maka Mitra Tokopedia menyatakan menyetujui dilakukannya konfirmasi penerimaan Barang Fisik secara otomatis oleh sistem Tokopedia.
  10. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa setiap klaim yang dilayangkan setelah ditandatanganinya dokumen penerimaan Barang Fisik oleh Mitra Tokopedia, adalah bukan menjadi tanggung jawab Tokopedia melainkan menjadi tanggung jawab Mitra Tokopedia secara pribadi.
  11. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa setiap masalah pengiriman Barang Fisik yang disebabkan keterlambatan pembayaran adalah merupakan tanggung jawab dari Pengguna.
  12. Pengembalian dana dari Tokopedia kepada Mitra Tokopedia, baik sebagian maupun seluruhnya, hanya dapat dilakukan jika dalam keadaan-keadaan tertentu berikut ini:
    • Mitra Tokopedia menolak penerimaan seluruh Barang Fisik yang dikirimkan oleh Partner, dikarenakan alasan tertentu yang disebutkan dalam dokumen terkait pengiriman Barang Fisik yang harus ditandatangani oleh Mitra Tokopedia.
    • Kelebihan pembayaran dari Mitra Tokopedia atas harga Barang Fisik,
    • Masalah pengiriman Barang Fisik telah teridentifikasi secara jelas dari Partner yang mengakibatkan pesanan Barang Fisik tidak sampai,
    • Partner tidak bisa menyanggupi pesanan karena kehabisan atau kekurangan stok Barang Fisik, maupun penyebab lainnya,
    • Partner sudah menyanggupi pengiriman Barang Fisik, tetapi setelah batas waktu yang ditentukan ternyata Partner tidak mengirimkan Barang Fisik hingga batas waktu yang telah ditentukan.
    • Penyelesaian permasalahan melalui Live Chat Mitra Tokopedia berupa keputusan untuk pengembalian dana kepada Mitra Tokopedia atau hasil keputusan dari Tokopedia.
  13. Apabila terjadi proses pengembalian dana, maka pengembalian akan dilakukan melalui Saldo Mitra yang akan bertambah sesuai dengan jumlah pengembalian dana.
  14. Tokopedia berwenang memfasilitasi dan menentukan solusi atas permasalahan-permasalahan transaksi yang belum terselesaikan akibat tidak adanya kesepakatan penyelesaian, baik antara Partner dan Mitra Tokopedia, dengan melihat bukti-bukti yang ada. Keputusan Tokopedia adalah keputusan akhir yang tidak dapat diganggu gugat dan mengikat Partner dan Mitra Tokopedia untuk mematuhinya.
  15. Mitra Tokopedia wajib melakukan pembayaran dengan nominal yang sesuai dengan jumlah tagihan beserta kode unik (apabila ada) yang tertera pada halaman pembayaran. Tokopedia tidak bertanggung jawab atas kerugian yang dialami Mitra Tokopedia apabila melakukan pembayaran yang tidak sesuai dengan jumlah tagihan yang tertera pada halaman pembayaran.
  16. Pengguna memahami sepenuhnya dan menyetujui bahwa invoice yang diterbitkan adalah atas nama Partner.

G. Harga

  1. Harga Barang Fisik yang terdapat dalam Situs/Aplikasi adalah harga yang ditetapkan oleh Partner.
  2. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa kesalahan keterangan harga dan informasi lainnya yang disebabkan tidak terbaharuinya Situs/Aplikasi dikarenakan browser/ISP yang dipakai Pengguna adalah tanggung jawab Pengguna.
  3. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa setiap masalah dan/atau perselisihan yang terjadi akibat ketidaksepahaman antara Mitra Tokopedia dan Partner tentang harga bukanlah merupakan tanggung jawab Tokopedia.
  4. Dengan melakukan pemesanan melalui Tokopedia, Mitra Tokopedia menyetujui untuk membayar total biaya yang harus dibayarkan sebagaimana tertera dalam halaman pembayaran, yang terdiri dari harga barang, dan biaya-biaya lain yang mungkin timbul dan akan diuraikan secara tegas dalam halaman pembayaran. Mitra Tokopedia setuju untuk melakukan pembayaran melalui metode pembayaran yang telah dipilih sebelumnya oleh Mitra Tokopedia.
  5. Partner untuk saat ini hanya melayani transaksi jual beli Barang Fisik dan/atau Barang Digital dalam mata uang Rupiah.

H. Promo Cashback

  1. Mitra berhak mendapatkan Promo Cashback dengan ketentuan sebagaimana tercantum pada halaman info Promo Cashback yang dapat diakses pada halaman utama Situs/Aplikasi, maupun di bagian informasi akun Mitra Tokopedia.
  2. Promo Cashback yang ditetapkan dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan dari Tokopedia kepada Mitra Tokopedia.

I. Pengiriman Barang Fisik

  1. Pengiriman Barang Fisik kepada Mitra Tokopedia akan dilakukan melalui penyedia jasa layanan pengiriman yang telah ditentukan oleh Tokopedia.
  2. Setiap ketentuan berkenaan dengan proses pengiriman Barang Fisik adalah wewenang sepenuhnya penyedia jasa layanan pengiriman.
  3. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa setiap permasalahan yang terjadi pada saat proses pengiriman Barang Fisik oleh penyedia jasa layanan pengiriman adalah merupakan tanggung jawab penyedia jasa layanan pengiriman.

J. Live Chat Mitra Tokopedia

  1. Live Chat Mitra Tokopedia adalah mekanisme yang disediakan oleh Tokopedia untuk memfasilitasi penyelesaian kendala yang dialami oleh Mitra Tokopedia.
  2. Ketika Pengguna menggunakan Live Chat Mitra Tokopedia, Mitra Tokopedia hanya melakukan komunikasi dengan Tokopedia sehingga tidak ada komunikasi antar Pengguna.
  3. Komunikasi yang dilakukan melalui Live Chat Mitra Tokopedia menggunakan fitur Live Chat yang disediakan oleh Tokopedia.
  4. Penyelesaian kendala melalui Live Chat Mitra Tokopedia dapat berupa solusi yang dihasilkan berdasarkan kesepakatan bersama antara Tokopedia, Partner dan Mitra Tokopedia.
  5. Pengguna setuju untuk tidak memberikan informasi sensitif, seperti password, OTP, maupun informasi lainnya yang terkait dengan mekanisme autentikasi.

K. Penolakan Jaminan dan Batasan Tanggung Jawab

Tokopedia adalah suatu perusahaan portal web yang menyediakan platform dalam menyediakan layanan kepada Pengguna untuk dapat menjadi Partner maupun Mitra Tokopedia di Situs/Aplikasi. Dengan demikian transaksi yang terjadi adalah transaksi antar Pengguna, sehingga Pengguna memahami bahwa batasan tanggung jawab Tokopedia secara proporsional adalah sebagai penyedia jasa portal web.

Tokopedia selalu berupaya untuk menjaga Situs/Aplikasi aman, nyaman, dan berfungsi dengan baik, tapi kami tidak dapat menjamin operasi terus-menerus atau akses ke Situs/Aplikasi dapat selalu sempurna. Informasi dan data dalam Situs/Aplikasi memiliki kemungkinan tidak terjadi secara real time.

Pengguna setuju bahwa dengan memanfaatkan Situs/Aplikasi atas risiko Pengguna sendiri, dan Situs/Aplikasi diberikan kepada Pengguna pada "SEBAGAIMANA ADANYA" dan "SEBAGAIMANA TERSEDIA".

Sejauh diizinkan oleh hukum yang berlaku, Tokopedia (termasuk Induk Perusahaan, direktur, dan karyawan) adalah tidak bertanggung jawab, dan Anda setuju untuk tidak menuntut Tokopedia bertanggung jawab, atas segala kerusakan atau kerugian (termasuk namun tidak terbatas pada hilangnya uang, reputasi, keuntungan, atau kerugian tak berwujud lainnya) yang diakibatkan secara langsung atau tidak langsung dari:

  • Penggunaan atau ketidakmampuan Pengguna dalam menggunakan Situs/Aplikasi.
  • Harga, pengiriman atau petunjuk lain yang tersedia dalam Situs/Aplikasi.
  • Keterlambatan atau gangguan dalam Situs/Aplikasi.
  • Kelalaian dan kerugian yang ditimbulkan oleh Pengguna.
  • Kualitas Barang Fisik.
  • Pengiriman Barang Fisik.
  • Pelanggaran Hak atas Kekayaan Intelektual.
  • Perselisihan antar Pengguna.
  • Pencemaran nama baik pihak lain.Setiap penyalahgunaan Barang Fisik yang sudah dibeli oleh Mitra Tokopedia.Pengiriman untuk perbaikan Barang Fisik yang bergaransi resmi dari pihak produsen. Mitra Tokopedia dapat membawa Barang langsung kepada pusat layanan servis terdekat dengan kartu garansi dan faktur Penggunaan.
  • Virus atau perangkat lunak berbahaya lainnya (bot, script, automation tool selain fitur Gold Merchant, hacking tool) yang diperoleh dengan mengakses, atau menghubungkan ke Situs/Aplikasi.
  • Gangguan, bug, kesalahan atau ketidakakuratan apapun dalam Situs/Aplikasi.
  • Kerusakan pada perangkat keras Pengguna dari penggunaan Situs/Aplikasi.
  • Isi, tindakan, atau tidak adanya tindakan dari pihak ketiga, termasuk terkait dengan Barang Fisik dan/atau Barang Digital yang ada dalam Situs/Aplikasi yang diduga palsu.
  • Tindakan penegakan yang diambil sehubungan dengan akun Pengguna.
  • Adanya tindakan peretasan yang dilakukan oleh pihak ketiga kepada akun Pengguna.

L. Pelepasan

Apabila Mitra Tokopedia memiliki perselisihan dengan satu atau lebih Mitra Tokopedia lainnya, Mitra Tokopedia melepaskan Tokopedia (termasuk Induk Perusahaan, Direktur, dan karyawan) dari klaim dan tuntutan atas kerusakan dan kerugian (aktual dan tersirat) dari setiap jenis dan sifatnya, yang dikenal dan tidak dikenal, yang timbul dari atau dengan cara apapun berhubungan dengan sengketa tersebut. Dengan demikian maka Mitra Tokopedia dengan sengaja melepaskan segala perlindungan hukum (yang terdapat dalam undang-undang atau peraturan hukum yang lain) yang akan membatasi cakupan ketentuan pelepasan ini.

M. Ganti Rugi

Mitra Tokopedia akan melepaskan Tokopedia dari tuntutan ganti rugi dan menjaga Tokopedia (termasuk Induk Perusahaan, direktur, dan karyawan) dari setiap klaim atau tuntutan, termasuk biaya hukum yang wajar, yang dilakukan oleh pihak ketiga yang timbul dalam hal Anda melanggar Perjanjian ini, penggunaan Situs/Aplikasi yang tidak semestinya dan/atau pelanggaran Mitra Tokopedia terhadap hukum atau hak-hak pihak ketiga.

N. Pilihan Hukum

Syarat dan Ketentuan ini akan diatur oleh dan ditafsirkan sesuai dengan hukum Republik Indonesia, tanpa memperhatikan pertentangan aturan hukum. Mitra Tokopedia setuju bahwa tindakan hukum apapun atau sengketa yang mungkin timbul dari, berhubungan dengan, atau berada dalam cara apapun sehubungan dengan Situs/Aplikasi dan/atau Syarat dan Ketentuan ini akan diselesaikan secara eksklusif dalam wilayah hukum yang termasuk dalam yurisdiksi Tokopedia.

O. Pembaruan

Syarat dan Ketentuan ini mungkin diubah dan/atau diperbaharui dari waktu ke waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Tokopedia menyarankan agar Mitra Tokopedia membaca secara seksama dan memeriksa halaman Syarat dan ketentuan ini dari waktu ke waktu untuk mengetahui perubahan apapun. Dengan tetap mengakses dan menggunakan Situs/Aplikasi, maka Mitra Tokopedia dianggap menyetujui perubahan-perubahan dalam Syarat dan Ketentuan ini.

Official Store

Fitur Official Store merupakan ruang khusus yang ditujukan bagi brand resmi atau pemegang merek yang sah untuk memperjualbelikan produk mereka secara online melalui website Tokopedia. Pembeli dapat dengan mudah menemukan Official Store pada menu khusus di homepage. Belanja produk resmi melalui official store akan menjadi lebih nyaman.

Apa itu Official Store?

Official Store merupakan ruang khusus yang disediakan bagi brand resmi atau pemegang hak merek yang sah untuk menjual produk mereka secara online melalui website Tokopedia.

Menjadi Official Store

Sehubungan dengan tingginya minat Merchant yang ingin menjadi Official Store, pengajuan Official Store kini dibatasi hanya untuk produsen (principal) dan distributor resmi dari merek tertentu. Informasi selengkapnya silakan Anda baca di sini.

Keuntungan Official Store

Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda nikmati saat menjadi Official Store, di antaranya:

  1. Menu khusus di homepage Tokopedia yang memudahkan pembeli menemukan toko Anda.

  2. Menjadi prioritas di fitur pencarian dan hasil pencarian toko.




     
  3. Desain toko eksklusif yang dapat disesuaikan dengan identitas brand Anda.




     
  4. Berbagai fitur premium untuk mengembangkan toko Anda.

Performa Toko

Performa Toko merupakan fitur untuk mengukur kemampuan toko dalam memenuhi beberapa indikator yang telah ditetapkan oleh Tokopedia. Performa Toko direpresentasikan dalam skor antara 0 – 100. Per 1 Januari 2019, bagi toko yang baru terdaftar, skor performa toko akan otomatis berada di skor 80. Penilaian Performa Toko dihitung dari masing-masing performa indikator 30 hari terakhir.

Cara Meningkatkan Skor Performa Toko

Anda bisa meningkatkan performa toko Anda dengan memperhatikan setiap indikator yang menentukan skor Performa Toko Anda. Setelah mengetahui nilai dari setiap indikator toko Anda, Anda dapat melihat tips & trick untuk meningkatkannya pada halaman seller.tokopedia.com.

 

Indikator Performa Toko

Skor Performa Toko merupakan akumulasi dari nilai indikator-indikator yang telah ditetapkan. Adapun Indikator-indikator penentu penilaian Performa Toko mulai 1 Januari 2019 adalah sebagai berikut:

1. Kecepatan dalam Memproses Pesanan
  • Mengukur seberapa cepat Anda memproses pesanan. Kecepatan ini dinilai sejak pembayaran dari pembeli terkonfirmasi hingga resi tercatat di sistem logistik (untuk pengiriman konvensional) dan hingga penjual melakukan request pick-up (untuk pengiriman instant courier).
2. Kecepatan Membalas Pesan Pembeli (chat speed)
  • Merupakan kecepatan toko dalam membalas pesan (chat) yang masuk dari pembeli. Semakin cepat penjual membalas pesan dari pembeli, semakin baik skor Performa Tokomu.
3. Tingkat Pesan Terbalas (Chat Rate)
  • Merupakan ukuran seberapa responsif penjual terhadap pesan atau chat  yang dikirim pembeli. Cara hitungnya: User-added image
  • Contoh kasus: Penjual menerima pesan (chat) dari 100 pembeli dan membalas 90 pesan dari pembeli, maka tingkat respon pesan ialah 90%.

Perbedaan Nilai Chat Rate Pada Halaman Produk dan Halaman Statistik
  • Perhitungan pada Halaman Produk: Diberikan dalam bentuk persentase (1% - 100%) dan dihitung selama 7 hari terakhir
  • Perhitungan pada Halaman Statistik: Diberikan dalam bentuk numerik (1 - 10) yang merupakan konversi dari nilai di halaman produk sesuai ketentuan yang telah ditetapkan dan diakumulasi selama 30 hari terakhir.
4. Verifikasi Toko
  • Salah satu poin yang dinilai dari Performa Toko adalah verifikasi akun toko. Jika toko sudah berhasil terverifikasi, akan ada penambahan skor yang signifikan pada Performa Toko.
5. Poin Penalti Rendah
  • Jika poin penalti lebih rendah dibandingkan poin reputasi dalam di 30 hari terakhir, skor performa toko akan meningkat.

Contoh:

Skor performa toko Anda tanggal 14 Februari 2017 adalah 75. Berarti, ini merupakan hasil evaluasi performa toko Anda dari tanggal 15 Januari 2017 – 13 Februari 2017 (30 hari).

 

Memantau Skor Performa Toko

Untuk memeriksa skor toko, Anda dapat lakukan pada desktop dan Seller app. Untuk desktop, login akun toko Anda di tokopedia.com. Pada kolom sebelah kiri, klik Statistik. Skor yang ditunjukkan merupakan akumulasi performa toko Anda dalam 30 hari terakhir.

Power Merchant

Power Merchant merupakan fitur berbayar yang dapat memberikan kemudahan dan keuntungan dalam mengelola toko Anda. Dengan Power Merchant tampilan toko Anda menjadi lebih menarik, pengelolaan toko yang lebih efisien, dan Anda juga dapat mengembangkan bisnis Anda.

Apa itu Power Merchant?

Power Merchant adalah paket berlangganan yang menawarkan berbagai fitur premium khusus Seller yang merupakan pengembangan dari fitur-fitur Gold Merchant. Dengan Power Merchant, Seller bisa memaksimalkan penjualan dan meningkatkan pelayanannya.
 

Keuntungan Menjadi Power Merchant

Jika berlangganan Power Merchant, Anda akan mendapatkan banyak keuntungan seperti:

Statistik Toko
Fitur statistik akan menampilkan berbagai data penjualan yang dapat membantu Anda memantau performa toko dan memudahkan Anda dalam menentukan strategi penjualan lebih tepat sasaran.

Sampul Toko
Sebagai Power Merchant, Anda bisa mengganti sampul toko sesuai dengan identitas toko Anda agar terlihat lebih menarik di mata calon pembeli. Anda pun dapat menambahkan informasi promosi toko Anda pada sampul toko.

Gratis 1 slot Admin Toko
Anda akan mendapat 1 admin slot Admin Toko secara gratis. Anda dapat menjadikan anggota keluarga atau kerabat dekat sebagai Admin untuk membantu mengelola toko.

Power Badge
Saat nilai performa toko minimal 75 poin atau lebih dan Anda telah melakukan verifikasi toko, Anda akan mendapatkan Power Badge (logo mahkota hijau). Power Badge ini akan muncul di toko dan setiap produk Anda sehingga terlihat berbeda dari toko Regular.

Produk Unggulan
Fitur produk unggulan dapat digunakan untuk menampilkan 5 produk terbaik dan ditampilkan lebih menonjol pada halaman toko Anda.

Etalase
Dengan menjadi Power Merchant, Anda bisa memiliki hingga 200 etalase yang akan membuat toko Anda terlihat lebih rapi dan terorganisir.

Wawasan Pasar
Anda bisa memantau semua daftar toko teratas, produk terlaris, diskusi dan kata kunci yang sering digunakan sesuai dengan kategori produk yang Anda jual.

Diskusi Produk
Ketahui produk apa saja yang sedang ramai didiskusikan di Tokopedia oleh calon-calon pembeli Anda. Fitur ini membantu Anda untuk segera mengatur strategi dengan tepat dan sesuai keinginan.

Cashback TokoCash 3-5%.
Fitur Cashback merupakan fitur untuk memudahkan penjual memberi bonus belanja berupa Cashback ke pembeli. Penjual bisa memilih produk apa saja yang ingin didukung oleh fitur ini dan mengatur jumlah Cashback yang diberikan, berkisar antara 3% hingga 5% dari harga produk. Regular Merchant hanya dapat mengaktifkan fitur Cashback pada maksimal 5 produk. Power Merchant dapat mengaktifkan fitur Cashback tanpa batasan produk.

Peluang
Manfaatkan Fitur Peluang untuk menggandakan reputasi Anda 2-5 kali lipat dengan cara menyelesaikan pesanan yang telah dibatalkan oleh penjual sebelumnya. Tentunya, pesanan-pesanan yang masuk kedalam daftar Peluang Anda akan sesuai dengan kategori penjualan Anda.
 

Tentang Power Badge

Power Badge merupakan logo berbentuk mahkota yang muncul di toko. Logo Power Badge akan diberikan pada Toko yang berlangganan Power Merchant dan telah memenuhi ketentuan nilai performa toko minimal 75 poin serta telah melakukan verifikasi toko. Power Badge juga akan muncul pada produk dan toko Anda yang berfungsi untuk meningkatkan kepercayaan pembeli terhadap produk di toko Anda.
 

Keuntungan Memiliki Power Badge

Logo Power Badge akan membantu produk Anda lebih mudah ditemukan saat pembeli melakukan pencarian produk. Hal tersebut disebabkan oleh 2 hal, yaitu:
  1. Adanya nilai tambah bagi toko yang sudah memiliki Power Badge dalam sistem pencarian produk.
  2. Adanya fitur filter berdasarkan toko Power Merchant yang sudah memiliki Power Badge.
 

Berlangganan Power Merchant

Langkah berlangganan Power Merchant melalui desktop:
  1. Pastikan Anda sudah login ke akun Tokopedia.
  2. Akses seller.tokopedia.com/edu/power-merchant.
  3. Pilih paket berlangganan yang Anda inginkan.
  4. Pilih metode pembayaran, lalu klik Bayar.
  5. Lakukan pembayaran seperti transaksi biasanya.
 

Perpanjangan Paket Power Merchant Otomatis

Power Merchant memiliki masa berlangganan tergantung paket Power Merchant yang Anda gunakan. Proses perpanjangan otomatis tersedia untuk mempermudah Anda dalam mengelola toko setiap kali masa berlangganan Anda akan habis.

Cara Mengaktifkan Perpanjangan Otomatis ketika Membeli Paket Power Merchant

Untuk mengaktifkan Perpanjang Otomatis saat pembelian paket Power Merchant:
  1. Pastikan Anda sudah login ke akun Tokopedia.
  2. Akses https://seller.tokopedia.com/edu/power-merchant/
  3. Pilih paket berlangganan yang Anda inginkan.
  4. Pilih metode pembayaran.
  5. Klik checkbox Perpanjang otomatis pada kolom Paket (Paket berlangganan selanjutnya akan di debet dari saldo Tokopedia).
  6. Lalu klik Bayar.
Untuk mengaktifkan Perpanjang Otomatis keanggotaan Power Merchant bagi toko yang telah menjadi Power Merchant:
  1. Masuk ke halaman Pengaturan Toko, tab Informasi Toko.
  2. Scroll ke bagian kolom Keanggotaan.
  3. Klik checkbox Perpanjang otomatis.
  4. Pilih paket berlangganan selanjutnya.
  5. Muncul Pop Up persetujuan, Klik Aktifkan.

Cara Membatalkan Perpanjangan Paket Power Merchant Otomatis

Untuk membatalkan Perpanjang Otomatis:
  1. Masuk ke halaman Pengaturan Toko, klik tab Informasi Toko
  2. Scroll ke bagian kolom Keanggotaan.
  3. Klik (unchecked) checkbox Perpanjang otomatis.
  4. Akan muncul pop-up. Klik Ya.
  5. Saat ini cara di atas hanya bisa dilakukan melalui desktop dan aplikasi TopSeller.

Cara Mengubah Paket Perpanjangan Power Merchant

Untuk mengubah paket berlangganan Perpanjang Otomatis:

  1. Masuk ke halaman Pengaturan Toko, klik tab Informasi Toko.
  2. Klik tombol perpanjang otomatis yang terdapat pada bagian kanan bawah kolom Keanggotaan.
  3. Non aktifkan perpanjangan otomatis sebelumnya terlebih dahulu. Lalu ceklist ulang.
  4. Pilih paket berlangganan baru.
  5. Muncul Pop Up persetujuan, Klik Aktifkan.
 

Kendala Power Merchant

Pastikan bahwa semua langkah aktivasi Power Merchant telah dijalankan denga baik dan semua indikator yang ditentukan telah tercapai untuk menerima keuntungan berlangganan.Apabila aktivasi telah berhasil, Anda dapat mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku pada  Power Merchant untuk menghindari munculnya kendala seperti statistik toko tidak muncul, Power badge tidak muncul, dan kendala lainnya.

Aktivasi Power Merchant Tidak Berhasil

Pastikan bahwa Anda telah mengikuti langkah-langkah aktivasi Power Merchant dengan benar. Informasi terkait Power Merchant dapat dilihat pada di sini. Apabila Anda telah mengikuti langkah-langkah aktivasi dengan benar dan sesuai namun aktivasi belum berhasil, hubungi Customer Care Tokopedia.

Power Badge Tidak Muncul

Jika Anda telah berlangganan Power Merchant dengan nilai performa toko sama dengan atau lebih dari 75 dan telah melakukan verifikasi toko, maka logo Power Badge akan tampil pada produk dan toko AndaJika Anda telah berlangganan Power Merchant dan nilai performa toko telah sesuai tetapi logo Power Badge tidak muncul, Anda dapat hubungi Customer Care Tokopedia.

Statistik Toko Tidak Muncul

Statistik toko dapat dilihat jika Anda telah berlangganan Gold Merchant dan mengakses Tokopedia versi desktop. Statistik toko akan menampilkan seluruh transaksi Anda dalam kurun waktu tertentu sehingga Anda akan mengetahui jumlah transaksi yang dilakukan.

Jika Anda memiliki kendala lebih lanjut pada statistik toko, maka dapat menghubungi Customer Care Tokopedia.

Syarat dan Ketentuan Perpanjang Otomatis Power Merchant

Berikut ini adalah syarat dan ketentuan untuk perpanjangan paket Power Merchant secara otomatis:

  1. Pembayaran akan ditarik dari saldo Tokopedia Anda mulai H-3 di akhir periode paket Power Merchant yang berlaku saat ini. Jika saldo Tokopedia tidak mencukupi, maka penarikan akan kembali dilakukan pada H – 2, H-1 hingga hari H.
  2. Jika pada hari H Saldo Tokopedia Anda tidak mencukupi, maka keanggotaan Power Merchant Anda akan otomatis berakhir.
  3. Tokopedia tidak akan memotong waktu berlangganan Power Merchant Anda, hanya saja pembayaran untuk kembali berlangganan Power Merchant dilakukan lebih awal jika mengaktifkan fitur perpanjang otomatis. Berikut contohnya:
    • Toko ABC pertama kali berlangganan Power Merchant pada tanggal 1 Januari 2018, dan memilih paket Power Merchant 6 bulan. Lalu toko ABC mengaktifkan fitur perpanjang otomatis. Maka, pada tanggal 27 Juni 2018, Saldo Tokopedia dari Toko ABC akan di debet sebesar Rp 999.000,- (Sembilan ratus sembilan puluh sembilan ribu rupiah) untuk memperpanjang Power Merchant nya. Paket Power Merchant yang telah diperpanjang  akan tetap berlaku sampai dengan tanggal 27 Desember 2018 (terhitung 180 hari sejak 30 Juni 2018).
    • Jika pada tanggal 27 Juni 2018 Toko ABC tidak memiliki dana Saldo Tokopedia yang cukup untuk perpanjang otomatis, Tokopedia akan mencoba kembali untuk mendebet Saldo Tokopedianya pada hari selanjutnya sampai tanggal 30 Juni 2018. Jika pada tanggal 30 Juni 2018, Saldo Tokopedia Toko ABC tetap tidak cukup untuk melakukan perpanjang paket berlangganan Gold Merchant, maka keanggotaan Power Merchant akan berakhir pada tanggal 30 Juni 2018.
 

FAQ Seputar Power Merchant

Kapankah saya bisa menjadi Power Merchant?

Fitur Power Merchant akan berlaku untuk seller efektif per tanggal 1 Januari 2019.

Apakah saya sudah bisa membeli paket berlangganan Power Merchant dari sekarang?

Pembelian paket berlangganan Power Merchant dapat dilakukan per tanggal efektif Power Merchant, yaitu 1 Januari 2019. Apabila seller ingin membeli paket berlangganan di bulan Desember, seller dapat membeli Gold Merchant seperti biasa pada halaman Gold Merchant.

Kalau saya berlangganan Gold Merchant dari sekarang, apakah saya akan mendapatkan fitur-fitur terbaru dari Tokopedia seperti yang disebutkan di atas?

Seller akan tetap mendapatkan fitur-fitur premium Gold Merchant pada bulan Desember, dan akan mendapatkan fitur-fitur terbaru dari Power Merchant secara otomatis per tanggal 1 Januari 2019.

Saya Regular Merchant dan ingin coba berlangganan Gold Merchant di bulan Desember, masih bisa ga ya?

Tentu! Paket Gold Merchant dapat seller beli seperti biasa pada halaman Gold Merchant. Gold Merchant yang baru seller beli tersebut juga akan berubah otomatis menjadi Power Merchant mulai tanggal 1 Januari 2019.

Jika saya berlangganan Gold Merchant dan akan jatuh tempo pada tanggal 5 Januari 2019, apakah saya dapat menikmati fasilitas dari Power Merchant?

Tentu saja! Efektif 1 Januari 2019, semua Gold Merchant akan berubah menjadi Power Merchant dan berhak menikmati fasilitas Power Merchant.

Saya merchant reguler dan saat ini di shop page saya terdapat 20 etalase. Bagaimana jadinya ya?

Efektif tanggal 1 Januari 2019 terdapat perubahan jumlah etalase bagi regular merchant dari 50 menjadi 10 etalase. Namun jangan khawatir etalase Seller tidak akan hilang namun akan tersembunyi dari shop page. Seller dapat melakukan pengaturan etalase pada Toko → Pengaturan toko → etalase . Apabila Seller ingin mempertahankan jumlah etalase, Seller dapat berlanggananan Power Merchant.

Saya memiliki 30 etalase, etalase mana saja yang akan tersembunyi dari shop page?

Etalase yang akan tersembunyi adalah etalase dengan urutan 11 keatas. Etalase 1-10 akan tetap terlihat pada shop page.

Saya masih memiliki keanggotaan Gold Merchant sampai dengan bulan Maret 2019 dan memiliki 40 etalase, apakah etalase saya akan hilang pada tanggal 1 januari 2019?

Etalase tidak akan hilang selama seller memiliki keanggotaan Gold Merchant/Power Merchant. Segera perpanjang keanggotaan Power Merchant Anda untuk mempertahankan jumlah etalase Anda.

Saya membeli keanggotaan power merchant pada tanggal 2 Januari 2019, kapan etalase saya yang kemarin tersembunyi akan muncul kembali?

Etalase akan muncul kembali pada shop page segera setelah keanggotaan Power Merchant aktif.


Syarat dan Ketentuan Power Merchant

Syarat dan Ketentuan Power Merchant merupakan bagian dari Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi Tokopedia. Penggunaan layanan Power Merchant tunduk pada Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi, Kebijakan Privasi, dan Syarat dan Ketentuan yang tertulis dibawah ini. Pengguna disarankan membaca dengan seksama karena dapat berdampak kepada hak dan kewajiban pengguna secara hukum.

Dengan mendaftar dan/atau menggunakan situs www.tokopedia.com, maka pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui semua isi dalam Syarat dan Ketentuan. Syarat dan Ketentuan ini merupakan bentuk kesepakatan yang dituangkan dalam sebuah perjanjian yang sah antara Pengguna dengan PT Tokopedia. Jika pengguna tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi Syarat dan Ketentuan, maka pengguna tidak diperkenankan menggunakan layanan di www.tokopedia.com.
 

A. Definisi

  1. Tokopedia adalah PT Tokopedia dan seluruh afiliasi atau anak perusahaannya, suatu perseroan terbatas yang menjalankan kegiatan usaha jasa web portal www.tokopedia.com, yakni situs pencarian toko dan Barang yang dijual oleh penjual terdaftar.
  2. Situs/Aplikasi adalah situs www.tokopedia.com milik Tokopedia yang dapat diakses melalui desktop site dan/atau aplikasi yang berbasis Android atau iOS.
  3. Power Merchant adalah layanan pada Situs/Aplikasi Tokopedia yang memberikan kemudahan bagi Penjual untuk mengelola toko online dengan beragam fasilitas yang disediakan oleh Tokopedia.
  4. Pengguna Power Merchant adalah pihak yang menggunakan layanan atau fitur Power Merchant.
  5. Ketentuan Situs adalah Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi, Kebijakan Privasi, Syarat dan Ketentuan ini dan setiap Syarat dan Ketentuan lain yang dapat berlaku untuk atau sehubungan dengan penggunaan Situs/Aplikasi dan seluruh fitur yang terdapat di dalamnya.
  6. Syarat dan Ketentuan adalah Syarat dan Ketentuan untuk menggunakan program Power Merchant.

B. Umum

  1. Layanan atau fitur Power Merchant hanya bisa digunakan oleh Pengguna terdaftar di Situs/Aplikasi yang melakukan pembelian fitur berlangganan Power Merchant melalui Situs/Aplikasi.
  2. Pengguna Power Merchant dapat mengakses fasilitas unggulan untuk mengelola toko online yang disediakan khusus oleh Tokopedia.
  3. Dengan membayar dan menggunakan fitur Power Merchant, maka Pengguna Power Merchant dianggap telah memahami dan akan mematuhi Syarat dan Ketentuan ini.
  4. Pengguna Power Merchant tidak dapat mengalihkan layanan berlangganan Power Merchant yang melekat pada akunnya kepada akun lain.
  5. Tokopedia berwenang untuk menghentikan atau mencabut layanan atau manfaat Power Merchant tanpa pemberitahuan sebelumnya, untuk sementara atau untuk selamanya, apabila Pengguna Power Merchant terindikasi melakukan tindak kecurangan atau pelanggaran Ketentuan Situs. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa setiap kerugian yang timbul akibat dari tindakan tersebut bukanlah tanggung jawab Tokopedia, termasuk namun tidak terbatas pada (i) kehilangan kredit TopAds; atau (ii) kehilangan akun Gold Merchant tanpa dikembalikan biaya berlangganan.
  6. Tokopedia berwenang untuk mengubah layanan atau manfaat Power Merchant tanpa pemberitahuan dan persetujuan dari pengguna.
  7. Tokopedia berwenang untuk melakukan perubahan pada seluruh atau sebagian daripada Syarat dan Ketentuan ini.

C. Konten

  1. Pengguna Power Merchant bertanggungjawab terhadap konten yang diunggah dan ditampilkan pada Situs/Aplikasi.
  2. Pengguna Power Merchant akan melepaskan Tokopedia dari tuntutan ganti rugi dan menjaga Tokopedia (termasuk Induk Perusahaan, direktur, dan karyawan) dari setiap klaim atau tuntutan, termasuk biaya hukum yang wajar, yang dilakukan oleh pihak ketiga yang timbul dalam hal konten yang diunggah dan ditampilkan Pengguna Power Merchant melanggar Ketentuan Situs, peraturan hukum yang berlaku, serta hak-hak pihak ketiga.
  3. Tokopedia menghormati hak-hak pemilik kekayaan intelektual dan menjaga kenyamanan transaksi jual-beli pada Situs/Aplikasi. Dalam hal terdapat laporan pelanggaran kekayaan intelektual, Tokopedia dapat atas kebijaksanaan mutlak mengambil tindakan tanpa memberikan pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pengguna Power Merchant berupa penghapusan konten.

D. Keterbatasan dan Perubahan Layanan

  1. Tokopedia akan memberikan upaya yang wajar dalam memberikan pelayanan dan operasional Power Merchant.
  2. Tokopedia berwenang, secara berkala dan sewaktu-waktu, untuk mengubah atau menghentikan, untuk sementara atau permanen, sebagian atau seluruh fungsi dan fitur dari Power Merchant, dengan atau tanpa pemberitahuan sebelumnya, untuk setiap gangguan, modifikasi, atau penghentian layanan Power Merchant atau fungsi atau fitur daripadanya.
  3. Pengguna Power Merchant memahami, menyetujui, dan menerima bahwa Tokopedia tidak memiliki kewajiban untuk memelihara, mendukung, atau memperbarui layanan Power Merchant, atau untuk menyediakan semua atau fitur tertentu pada layanan Power Merchant.
  4. Pengguna Power Merchant tidak dapat mengajukan pengembalian dana atas dasar perubahan fitur atau layanan Power Merchant

E. Pembayaran

  1. Layanan Power Merchant dapat digunakan dengan membayar biaya berlangganan (sudah termasuk PPN sebesar 10%) yang tercantum pada laman Power Merchant. Pengguna juga bisa mendapatkan potongan harga atau keuntungan lainnya menggunakan kode promo Tokopedia.
  2. Tokopedia berwenang untuk sewaktu-waktu mengubah harga berlangganan Power Merchant dengan atau tanpa pemberitahuan sebelumnya.
  3. Pengguna Power Merchant tidak dapat mengajukan pembatalan atau pengembalian dana atas pembayaran biaya berlangganan Power Merchant yang berhasil dilakukan pada sistem.

F. Perpanjangan Otomatis

  1. Pengguna Power Merchant dapat memilih untuk menggunakan fitur perpanjangan otomatis dalam melakukan pembayaran biaya berlangganan.
  2. Apabila Pengguna Power Merchant menggunakan fitur perpanjangan otomatis, pembayaran akan dilakukan 3 (tiga) hari sebelum berakhirnya masa berlangganan layanan Power Merchant dan masa berlangganan baru akan terhitung pada hari berakhirnya layanan Power Merchant sebelumnya. Tokopedia tidak memotong waktu berlangganan Power Merchant yang masih aktif.
  3. Pembayaran akan ditarik dari saldo Tokopedia mulai H-3 di akhir periode paket Power Merchant yang berlaku saat ini. Jika pada waktu penarikan saldo Tokopedia tidak mencukupi, maka penarikan dana akan dilanjutkan hingga H-2 dan H-1. Jika sumber dana tidak mencukupi hingga hari berakhirnya masa berlangganan Pengguna Power Merchant, maka layanan berlangganan Power Merchant akan dihentikan pada hari tersebut.
  4. Pengguna Power Merchant tidak dapat mengajukan pembatalan atau pengembalian dana atas biaya berlangganan yang diperpanjang secara otomatis.

Pre Order

Jualan produk custom atau handmade jadi makin mudah dengan fitur Pre Order. Anda dapat memperpanjang waktu proses pesanan hingga 90 hari, lho. Yuk baca dulu panduan lengkapnya di bawah ini.

Cara Menambah Produk Pre Order

Ikuti langkah berikut ini untuk menambahkan produk pre order ke toko Anda.

  • Desktop
  • Mobile
  • Android
  • IOS
  1. Klik ikon , lalu pilih Tambah Produk.
  2. Isi data produk.
  3. Di bagian Preorder, klik untuk mengaktifkan fitur Pre Order.
  4. Isi waktu tambahan untuk memproses produk dengan waktu proses maksimal 90 hari atau 12 minggu.
  5. Klik Simpan atau Simpan & Tambah Baru jika ingin menambahkan produk lainnya.
  1. Klik , lalu pilih Toko Saya yang ada di bagian paling bawah.
  2. Klik
  3. Isi produk.
  4. Di bagian Preorder, klik untuk mengaktifkan fitur Pre Order.
  5. Isi waktu tambahan untuk memproses produk dengan waktu proses maksimal 90 hari atau 12 minggu.
  6. Klik Simpan atau Simpan & Tambah Baru jika ingin menambahkan produk lainnya.
  1. Klik yang ada sisi kiri atas.
  2. Pilih ikon , lalu klik Daftar Produk.
  3. Klik yang ada di sisi kanan bawah. Tentukan darimana foto produk Anda yang akan diunggah.
  4. Klik pada menu Preorder.
  5. Isi waktu tambahan untuk memproses produk dengan waktu proses maksimal 90 hari atau 12 minggu.
  6. Klik Simpan atau Simpan dan Tambah jika ingin menambahkan produk lainnya.
  1. Klik User-added image yang ada di sisi kanan bawah.
  2. Klik Tambah Produk.                                                                              User-added image
  3. Isi data produk.                                                                                           User-added image
  4. Klik Atur > pada menu Preorder.                                                             User-added image
  5. Isi waktu tambahan untuk memproses produk dengan waktu proses maksimal 90 hari atau 12 minggu. User-added image
  6. Klik Simpan atau Simpan dan Tambah jika ingin menambahkan produk lainnya.                                                                                              User-added image

Cara Mengubah Jadwal Pre Order

Anda bisa mengubah jadwal Pre Order yang sudah ditentukan dengan mengikuti panduan ini:

  • Desktop
  • Mobile
  • Android
  1. Klik ikon dan pilih Daftar Produk.
  2. Klik Atur Preorder pada produk yang jadwalnya ingin Anda ubah.

  3. Tentukan waktu proses yang baru, lalu klik Ubah.
  1. Klik
  2. Pilih , lalu klik Daftar Produk.
  3. Klik Atur Preorder pada produk yang jadwalnya ingin Anda ubah.

  4. Tentukan waktu proses yang baru, lalu klik Simpan.
  1. Klik yang ada sisi kiri atas.
  2. Pilih ikon , lalu klik Daftar Produk.
  3. Tentukan produk. Klik lalu pilih Ubah.
  4. Klik pada menu Preorder.
  5. Ubah waktu proses pesanan, lalu klik Simpan.

 

 

Catatan: Perubahan waktu pre order tidak berlaku untuk pesanan yang sudah terlanjur pembeli checkout atau pesanan telah diteruskan ke Anda sebagai Penjual.

 

 

Statistik Toko

Statistik Toko menjadi salah satu penunjang aktivitas jual beli di toko tersebut dimana pembeli dapat melihat berapa produk yang sudah terjual dan dapat melihat tingkat keberhasilan transaksi toko Anda.

Cara Melihat Statistik Toko

  • Desktop
  • TopSeller App Android
  1. Masuk ke akun Tokopedia Anda.
  2. Klik ikon menu Toko dan pilih Statistik.
  3. Rangkuman Penjualan Anda akan tampil pada halaman Statistik.
  1. Klik icon 3 garis di kiri atas layar.
  2. Pilih Statistik.
  3. Rangkuman Penjualan Anda akan tampil sesuai periode yang sudah Anda pilih pada pilihan periode di atas aplikasi.

Data Pembeli

Pada bagian ini Anda bisa melihat siapa saja pembeli yang sudah berbelanja di tokomu. Ada beberapa indikator di Data Pembeli, yaitu:

  1. Jumlah Pembeli adalah seluruh total pembeli yang pernah sukses melakukan transaksi di toko Anda.
  2. Data persentase jenis kelamin dan umur Pembeli.
  3. Detil pembelanjaan pembeli dan juga daerah pengirimannya.
  4. Total Favorit adalah daftar jumlah pengunjung yang memfavoritkan toko Anda. Di sini Anda juga dapat melihat nama pengunjung yang sudah memfavoritkan toko Anda.

 

Data Produk

Pada Data Produk terdapat 4 metrik utama tentang produk yang Anda jual, yaitu:

  • Dilihat, yaitu berapa kali produk Anda telah dilihat oleh pengguna Tokopedia.

  • Transaksi (successful transaction), yaitu jumlah transaksi yang telah selesai dan sukses.

  • Tingkat Konversi, yaitu presentase Transaksi Sukses (dana penjualan sudah masuk ke Saldo Tokopedia) dibagi dengan jumlah Produk Dilihat.

  • Terjual, yaitu jumlah produk yang sudah terjual.

Di bagian kanan terdapat grafik yang menginformasikan perbandingan antara jumlah transaksi (transaksi yang sukses) dan jumlah produk dilihat. Anda juga bisa membandingkan jumlah transaksi dengan grafik pengeluaran TopAds di bagian ini.

Produk terlaris dan terbanyak diminati

Pada bagian ini terdapat 2 tabel, yaitu:

  • Tabel 5 Produk Terlaris adalah daftar 5 produk teratas di toko Anda yang paling banyak terjual di Tokopedia dalam 30 hari terakhir.
  • Tabel 5 Produk Paling Diminati adalah daftar 5 produk teratas di toko Anda yang paling banyak di-wishlist oleh pengguna di Tokopedia dalam 30 hari terakhir.

Untuk melihat data lengkap dari produk-produk Anda, klik tombol Lihat Semua yang terdapat di bagian bawah tabel.

 

 

Catatan: Data pada kedua tabel tidak mengikuti filter tanggal. Data ini berdasarkan rentang waktu 30 hari terakhir.

Overview Statistik Toko

Bagian Overview menampilkan 5 metrik utama dari data toko Anda, yaitu:

  • Pendapatan Kotor, yaitu total transaksi penjualan ditambah ongkos kirim yang terjadi pada periode (date range) yang telah ditentukan. Jumlah ini sesuai dengan nominal yang telah masuk ke Saldo Tokopedia Anda.

  • Jumlah Transaksi (successful transaction), yaitu seluruh jumlah transaksi (angka) yang telah selesai dan sukses.

  • Produk Dilihat, yaitu berapa kali produk-produk Anda telah dilihat.

  • Tingkat Konversi, yaitu presentase Jumlah Transaksi yang sukses (successful transaction) dibagi dengan jumlah Produk Dilihat.

  • Produk Terjual, yaitu berapa banyak item / produk Anda yang telah sukses terjual.

 

 

Catatan:

  1. Pada setiap metrik juga terdapat presentase perbandingan data metrik dengan periode sebelumnya. Periode sebelumnya adalah satu periode dari date range yang sudah di-set pada filter tanggal. Contoh: Filter tanggal adalah 1 Mei – 7 Mei 2016 (7 hari), berarti periode sebelumnya adalah 24 April - 30 April 2016 (7 hari sebelumnya).
  2. Tanda naik warna hijau, berarti terjadi peningkatan hasil data dari date range dibandingkan dengan data periode sebelumnya.
  3. Tanda turun warna merah, berarti terjadi penurunan hasil data dari date range dibandingkan dengan data periode sebelumnya.
  4. Tanda naik warna merah, berarti terjadi peningkatan hasil data yang berdampak negatif bagi toko Anda.
  5. Tanda turun warna hijau, berarti terjadi penurunan hasil data yang berdampak positif bagi toko Anda.

 

Tentang Statistik Toko

Statistik Toko adalah sarana bagi para penjual untuk mengetahui informasi serta statistik tentang transaksi, produk, dan pembeli. Informasi ini bisa Anda gunakan untuk mengatur strategi peningkatan penjualan.

Statistik Toko memiliki filter tanggal (date range) pada bagian kanan atas Dashboard, sehingga Anda dapat mengatur periode data statistik yang ingin dilihat.

Wawasan Pasar

Pada bagian ini, Anda dapat melihat performa toko dan produk dari penjual lain sesuai kategori yang Anda jual. Anda juga bisa melihat kata pencarian populer yang di-input oleh pengguna di Tokopedia yang juga berdasarkan kategori yang Anda jual. Data ini ditampilkan berdasarkan rentang waktu tujuh hari terakhir.

 

Upload Resi Sekaligus

Apa itu Upload Resi Sekaligus?

Upload Resi Sekaligus adalah fitur untuk memasukkan kode resi pengiriman sejumlah pesanan sekaligus yang dapat digunakan oleh semua Penjual di Tokopedia. Dengan fitur ini, status pengiriman sejumlah pesanan yang sudah di-Upload Resi Sekaligus pun akan berubah secara otomatis.

Apa keuntungan dari fitur Upload Resi Sekaligus?

Dengan menggunakan fitur Upload Resi Sekaligus, Anda dapat menghemat waktu ketika akan memroses pengiriman pesanan dalam jumlah yang cukup banyak. Anda hanya perlu memasukkan nomor resi ke file excel yang formatnya sudah disediakan dan mengunggahnya. Dengan begitu, Anda dapat memproses pesanan lebih cepat dan tentunya memberikan pelayanan yang lebih memuaskan kepada pembeli.

Cara menggunakan/mengaktifkan fitur?


1. Klik tombol "Upload Resi Sekaligus" pada halaman Konfirmasi Pengiriman.
User-added image

2. Pilih pesanan yang akan di-upload resinya sekaligus.

User-added image
3. Pesanan yang ingin diproses pengirimannya dapat di-filter sesuai Waktu Jatuh Tempo, Kurir, dan Pre Order.

User-added image
User-added image
User-added image

4. Ekspor pesanan yang dipilih ke template Microsoft Excel, lalu download.
User-added image

5. Lengkapi template excel yang sudah di-download dengan nomor resi pesanan yang sudah disesuaikan.
User-added image
User-added image
User-added image

6. Konfirmasi pengiriman akan ter-update secara otomatis setelah resi berhasil di-upload.
User-added image


Catatan : Fitur ini hanya tersedia untuk desktop. Harap perhatikan nomor resi yang dimasukkan ke dalam pesanan. Jangan sampai keliru dalam memasukkan kode resi sesuai pesanan.

Voucher Toko

Kini, Fitur Voucher Toko hadir di Tokopedia untuk membantu penjual membuat voucher dan promo ekslusif sesuai dengan budget Toko.

Apa itu Voucher Toko?

Voucher Toko adalah sebuah sistem promo berupa Voucher yang akan digunakan oleh penjual untuk melakukan promosi kepada Pembeli. Penjual dapat membuat promo sesuai dengan ketentuan dan biaya sesuai dengan yang diinginkan.

Berikut ini adalah beberapa tipe promosi yang termasuk dalam Merchant Promo Voucher Toko:

  1. Gratis ongkos kirim : dalam artian biaya pengiriman akan dibebankan dan ditanggung oleh penjual.
  2. Cashback : akan langsung mengurangi jumlah uang yang diterima penjual sebanyak jumlah yang akan diterima oleh pembeli via OVO.

FAQ Seputar Voucher Toko

Apakah terdapat syarat khusus bagi merchant untuk membuat promo?

Semua Seller/Merchant dapat membuat promo.

Apakah terdapat ketentuan khusus dalam membuat Nama Promo?

Tidak ada ketentuan khusus dalam membuat nama promo. Penjual dibebaskan untuk membuat sendiri nama promo sesuai keinginan masing-masing.

Apakah terdapat ketentuan khusus dalam membuat Nominal Promo?

Nominal promo yang diatur berupa Potongan Biaya Pengiriman, dan Cashback, sesuai subsidi yang ditanggung oleh Penjual. Dapat diatur berupa Rupiah dan Persentase (khusus untuk Cashback).

Apakah saya bisa memberlakukan promo untuk beberapa produk saja?

Promo diberlakukan secara otomatis untuk semua produk yang dijual di suatu toko.

Berapa besar nilai nominal dan persentase promo yang berlaku??

Nominal dan Persentase promo di atur oleh pihak Penjual.

Berapa banyak kuota promo yang dapat ditambah oleh penjual?

Kuota promo yang dapat ditambah oleh penjual tidak terbatas, tergantung keinginan dari masing-masing penjual.

Berapa banyak maksimal promo yang dapat dibuat oleh penjual?

Tidak ada batasan berapa banyak promo yang dibuat oleh penjual, hanya saja promo yang bisa diaktifkan maksimal 10 promo dalam satu periode.

Apa maksud dari promo aktif?

Promo aktif adalah promo yang dibuat oleh penjual dan masih berlaku dalam suatu periode yang telah ditetapkan.

Berapa lama waktu promo aktif berlangsung?

Promo hanya dapat berlangsung selama maksimal 30 (tiga puluh) hari.

Berapa banyak jumlah promo aktif dalam periode yang sama?

Jumlah promo yang aktif dalam periode yang sama adalah 10 promo.

Berapa banyak jumlah promo yang bisa ditampilkan di halaman toko atau produk penjual?

Merchant dapat menampilkan maksimal 3 promo pada halaman produk dan 5 promo pada halaman toko (yang diurutkan berdasarkan promo terbaru yang dibuat).

Apakah terdapat ketentuan khusus dalam menetapkan minimum pembelian sebelum menggunakan Kode Promo?

Minimum pembelian di toko milik Penjual sebagai syarat untuk menggunakan promo, harus lebih besar dari nominal promo.

Apakah boleh mengubah Kode Promo yang sudah dibuat?

Kode Promo tidak dapat diubah apabila program promo sedang aktif atau sedang berlangsung.

Apakah Kode Promo yang sebelumnya sudah dibuat boleh diaktifkan kembali?

Penjual tidak dapat membuat Kode Promo yang sama dengan Kode Promo yang masih aktif dalam periode yang sama.

Siapa yang menanggung nominal promo yang dibuat oleh penjual?

Nominal promo 100% ditanggung oleh Penjual.

Bagaimana mengatur periode promo?

Periode promo berlangsung maksimal 30 hari. Selain itu, suatu promo dapat aktif paling cepat 3 jam dari waktu pembuatan suatu promo.
Misalnya: Pada tanggal 16 Mei 2018, Penjual dapat membuat promo yang dimulai maksimal pada tanggal 16 Juni 2018. Promo tersebut dapat berlangsung selama 30 hari dan dapat aktif paling cepat 3 jam dari waktu pembuatan promo tersebut.

Apakah saya dapat mengubah (menambah atau mengurangi) kuota promo?

Selama periode promo masih berlangsung, kuota dapat diubah.

Kapan kuota promo dianggap sudah terpakai?

Kuota promo dianggap sudah terpakai apabila Pembeli memasukkan kode promo atau Voucher pada halaman Pembayaran dan telah menyelesaikan Pembayaran sebelum waktu yang telah ditentukan.

Bagaimana jika Pembeli terlambat membayar atau melakukan penggantian promo?

Apabila terjadi pembatalan penggunaan promo karena terlambat pembayaran atau penggantian promo oleh Pembeli, maka kuota promo yang batal digunakan akan terhitung kembali..

Berapa nominal minimum pembuatan voucher toko?

Nominal minimum pembuatan voucher toko sebesar Rp5.000 untuk Cashback dan Free ongkir dan 10% untuk Cashback.

Syarat dan Ketentuan Voucher Toko

Syarat dan Ketentuan Voucher Toko merupakan bagian dari Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi Tokopedia. Penggunaan Voucher Toko  tunduk pada Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi, Kebijakan Privasi, dan Syarat dan Ketentuan yang tertulis dibawah ini. Pengguna disarankan membaca dengan seksama karena dapat berdampak kepada hak dan kewajiban pengguna secara hukum.

Dengan mendaftar dan/atau menggunakan situs www.tokopedia.com, maka Pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui semua isi dalam Syarat dan Ketentuan. Syarat dan Ketentuan ini merupakan bentuk kesepakatan yang dituangkan dalam sebuah perjanjian yang sah antara Pengguna dengan PT Tokopedia. Jika pengguna tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi Syarat dan Ketentuan, maka pengguna tidak diperkenankan menggunakan layanan di www.tokopedia.com.

A. Definisi

  1. Tokopedia adalah PT Tokopedia dan seluruh afiliasi atau anak perusahaannya, suatu perseroan terbatas yang menjalankan kegiatan usaha jasa web portal www.tokopedia.com, yakni situs pencarian toko dan Barang yang dijual oleh penjual terdaftar.
  2. Situs/Aplikasi adalah situs www.tokopedia.com milik Tokopedia yang dapat diakses melalui desktop site dan/atau aplikasi yang berbasis Android atau iOS.
  3. Pengguna adalah pihak yang menggunakan layanan Tokopedia, termasuk namun tidak terbatas pada pembeli, penjual ataupun pihak lain yang sekedar berkunjung ke Situs Tokopedia.
  4. Pembeli adalah Pengguna terdaftar yang melakukan permintaan atas Barang yang dijual oleh Penjual di Situs Tokopedia.
  5. Penjual adalah Pengguna terdaftar yang melakukan tindakan buka toko dan/atau melakukan penawaran atas suatu Barang kepada para Pengguna Situs Tokopedia.
  6. Barang adalah benda yang berwujud/memiliki fisik Barang yang dapat diantar/memenuhi kriteria pengiriman oleh perusahaan jasa pengiriman Barang.
  7. Voucher Toko adalah fitur yang memungkinkan Penjual untuk melakukan kegiatan promo penjualan secara terbatas yang dilakukan melalui Situs/Aplikasi.
  8. Kode Voucher adalah kode alfanumerik yang dibuat oleh Penjual dan dapat digunakan oleh Pembeli untuk mendapatkan manfaat promo.
  9. Kuota adalah batas jumlah Pembeli yang dapat memanfaatkan Kode Voucher, dimana batas jumlah Pembeli ditentukan secara mandiri oleh Penjual.
  10. Ketentuan Situs adalah Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi, Kebijakan Privasi, Syarat dan Ketentuan ini dan setiap Syarat dan Ketentuan lain yang dapat berlaku untuk atau sehubungan dengan penggunaan Situs/Aplikasi dan seluruh fitur yang terdapat di dalamnya.
  11. Syarat dan Ketentuan adalah Syarat dan Ketentuan untuk menggunakan Voucher Toko.

B. Umum
  1. Voucher Toko hanya dapat dibuat oleh Pengguna yang telah membuka toko sebagai Penjual di Situs/Aplikasi.
  2. Ketentuan promo yang dilangsungkan menggunakan fitur Voucher Toko tunduk pada Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi Poin N tentang Promo yang dapat dilihat DISINI.
  3. Dengan menggunakan Voucher Toko, maka Pengguna dianggap telah menyetujui dan mematuhi Syarat dan Ketentuan ini serta Ketentuan Situs.
  4. Tokopedia berhak untuk menggunakan data Pembeli dan Penjual untuk penelusuran indikasi manipulasi, pelanggaran maupun pemanfaatan fitur Voucher Toko untuk keuntungan pribadi Pengguna, maupun indikasi kecurangan atau pelanggaran Syarat dan Ketentuan ini, Ketentuan Situs Tokopedia, dan ketentuan hukum yang berlaku di wilayah negara Indonesia.
  5. Tokopedia berhak, tanpa pemberitahuan sebelumnya, melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan termasuk namun tidak terbatas pada penghentian penggunaan fitur Voucher Toko, membatalkan transaksi, menahan dana, menurunkan reputasi toko, menutup toko atau akun, serta hal-hal lainnya jika ditemukan adanya manipulasi, pelanggaran maupun pemanfaatan fitur Voucher Toko untuk keuntungan pribadi Pengguna, maupun indikasi kecurangan atau pelanggaran pelanggaran Syarat dan Ketentuan ini, Ketentuan Situs Tokopedia, dan ketentuan hukum yang berlaku di wilayah negara Indonesia.
  6. Tokopedia berhak untuk menghentikan atau membatalkan Kode Voucher dari Penjual yang melakukan pembatalan pemesanan Barang sebanyak tiga kali berturut-turut.
  7. Pembelian Barang yang menggunakan  Kode Voucher  tidak bisa mendapatkan manfaat fitur Peluang Tokopedia.
  8. Voucher Toko dapat digunakan bersamaan dengan fitur cashback Gold Merchant atau manfaat promo lainnya yang tidak perlu menggunakan kode dan penukaran Kupon.
  9. Tokopedia berhak melakukan perubahan Syarat dan Ketentuan ini dengan memberitahukan informasi terkait perubahan tersebut kepada Penjual.
  10. Penggunaan Kode Voucher tidak bisa digunakan dengan promo dari Tokopedia.
  11. Tokopedia tidak bertanggungjawab atas penggunaan Kode Voucher yang telah ditentukan oleh Penjual.

C. Penjual
  1. Penjual wajib mengikuti panduan dan ketentuan yang telah disediakan pada halaman bantuan dalam menggunakan fitur Voucher Toko.
  2. Kode Voucher tidak dapat menggunakan kata ‘TOP’, ‘TOPED’, atau ‘TOKOPEDIA’.
  3. Penjual tidak dapat membuat Kode Voucher yang sama dengan Kode Voucher yang masih aktif dalam periode yang sama.
  4. Kode Voucher tidak dapat diubah selama program promo sedang aktif.
  5. Penjual hanya dapat menambah kuota Kode Voucher selama periode promo masih berlangsung. Namun, Penjual tidak dapat mengurangi kuota Kode Voucher yang telah ditentukan di awal.
  6. Periode Promo hanya dapat berlangsung selama minimal 30 (tiga puluh) menit dan maksimal 30 (tiga puluh) hari.
  7. Nilai promo hanya dapat ditentukan dalam mata uang Rupiah dan persentase khusus untuk tipe promo Cashback dan dalam mata uang Rupiah khusus untuk tipe promo Gratis Ongkir.
  8. Penjual memastikan dan bertanggungjawab atas kesesuaian jumlah stok Barang yang dipromosikan melalui Voucher Toko serta ketersediaan stok Barang selama periode promo.
  9. Pemotongan langsung terhadap nilai transaksi akan dilakukan berdasarkan nilai subsidi promo yang sebelumnya telah ditentukan oleh Penjual.
  10. Ketika terjadi pembatalan transaksi, maka kuota promo yang sudah terpakai akan tetap terhitung dan mengurangi jumlah kuota yang tersedia.
  11. Apabila Pembeli telah berhasil melakukan pembayaran atas transaksi yang menggunakan Kode Voucher, maka kuota Kode Voucher akan terpotong.
  12. Apabila terjadi pengembalian dana sepenuhnya pada transaksi yang memiliki promo cashback, maka total dana yang dikembalikan kepada Pembeli yaitu hanya sejumlah total harga yang dibayar oleh Pembeli, dimana Pembeli tidak akan mendapatkan nilai cashback dari promo yang digunakan. Namun, apabila terjadi pengembalian dana sebagian pada transaksi yang memiliki promo cashback, maka total dana yang dikembalikan kepada Pembeli yaitu sebesar total harga dan nilai cashback yang telah disepakati melalui Pusat Resolusi, dimana total harga dan nilai cashback tersebut ditanggung oleh Penjual.

D. Pembeli
  1. Pembeli wajib untuk mengikuti syarat dan ketentuan yang diterapkan oleh Penjual untuk mendapatkan manfaat dari fitur Voucher Toko.
  2. Manfaat Voucher Toko tidak berlaku untuk untuk penggunaan resi yang diinput lebih dari 1 (satu) kali, jika ditemukan penginputan resi sebanyak 2 (dua) kali, manfaat promo hanya akan diberikan pada transaksi yang dibentuk oleh pembeli pertama. Manfaat promo tidak dapat diteruskan pada transaksi dropshipper (pembeli kedua).
  3. Pembeli hanya dapat menggunakan 1 (satu) akun Tokopedia untuk mengikuti setiap Kode Voucher. Jika ditemukan pembuatan lebih dari 1 (satu) akun oleh 1 (satu) Pembeli yang sama dan/atau nomor handphone yang sama dan/atau alamat yang sama dan/atau identitas pembayaran yang sama dan/atau riwayat transaksi yang sama, maka Pembeli tidak berhak mendapatkan manfaat dari Kode Voucher.
  4. Apabila Pembeli melakukan 1 (satu) transaksi pembelian dengan Barang dari Penjual yang berbeda, maka Pembeli hanya dapat menggunakan 1 (satu) Kode Voucher. Kode Voucher  hanya dapat digunakan pada Barang yang dijual oleh Penjual yang menggunakan Voucher Toko.
  5. Pembeli yang menggunakan Kode Voucher memiliki waktu 60 (enam puluh) menit untuk menyelesaikan pembayaran. Penyelesaian pembayaran yang dilakukan lebih dari 60 (enam puluh) menit, atau tidak menyelesaikan pembayaran sama sekali, akan mengakibatkan ketidakberlakuan Kode Voucher.
  6. Apabila terjadi pembatalan pesanan dan pengembalian dana, maka ketentuannya adalah sebagai berikut:
    • Apabila terjadi pengembalian dana pada promo “gratis ongkir”, maka total dana yang dikembalikan kepada Pembeli yaitu sejumlah total harga yang dibayar oleh Pembeli dikurangi nilai promo yang digunakan (kecuali pengembalian dana dilakukan sebelum pengiriman dilakukan oleh Penjual, dimana nomor resi pengiriman belum dicantumkan oleh Penjual). Pembeli tidak dapat menggunakan kembali Kode Voucher yang telah digunakan sebelumnya apabila terjadi pengembalian dana.
    • Apabila terjadi pengembalian dana sepenuhnya pada transaksi yang memiliki promo cashback, maka total dana yang dikembalikan kepada Pembeli yaitu hanya sejumlah total harga yang dibayar oleh Pembeli, dimana Pembeli tidak akan mendapatkan nilai cashback dari promo yang digunakan. Namun, apabila terjadi pengembalian dana sebagian pada transaksi yang memiliki promo cashback, maka total dana yang dikembalikan kepada Pembeli yaitu sebesar total harga dan nilai cashback yang telah disepakati melalui Pusat Resolusi.

Cara Membuat Voucher Toko

Perlu diketahui, untuk saat ini pembuatan Voucher Toko hanya dapat dilakukan melalui desktop. Berikut langkah-langkah cara membuat Voucher Toko:

  1. Login ke akun Toko Anda.
  2. Pilih Voucher Toko pada Side Bar atau Menu Toko.                                    User-added image
  3. Klik +Tambah Voucher                                                 User-added image
  4. Pilih tipe Voucher yang Anda inginkan. Kemudian isi Nama Voucher dan Kode Voucher sesuai dengan yang Anda inginkan. User-added image
  5. Isi nominal atau persentase cashback atau gratis ongkir yang mau anda berikan kepada pembeli.  User-added image
  6. Isi nominal minimum pembelian agar pembeli dapat menggunakan voucher.                                User-added image
  7. Isi kuota voucher yang anda ingin berikan. Setelah kuota yang anda masukkan telah habis digunakan, pembeli tidak dapat menggunakan voucher anda lagi.                              User-added image
  8. Angka ini adalah maksimum pengeluaran promosi Anda. Akan otomatis terkalkulasi nominal gratis ongkir dikali kuota. User-added image
  9. Periode berisi tanggal dan waktu mulai hingga selesai suatu promo Voucher yang diberlakukan oleh Penjual.  Anda dapat mengisi periode dengan minimum 30 menit dan maksimal 30 hari. User-added image
  10. Target Voucher adalah pilihan apakah Voucher akan berbentuk Publik (ditampilkan di halaman Toko dan halaman Produk) dan Terbatas (tidak ditampilkan namun kode Voucher dapat dibagikan secara pribadi ke target pembeli).               User-added image
  11. Sebelum Voucher disimpan dan siap digunakan, Anda dapat melihat Preview Voucher dan mendownload gambar Voucher serta membagikannya ke media sosial.User-added image
  12. Anda dapat melihat tampilan Preview Voucher secara detail.
  13. Cek dan pastikan status voucher yang telah dibuat sudah benar.
  14. Sebarkan informasi tentang Voucher kepada pembeli.

Fitur Balasan Otomatis

Apa Itu Fitur Balasan Otomatis Chat?

Balasan Otomatis Chat merupakan fitur yang dapat digunakan oleh Penjual untuk membalas atau merespon Chat yang masuk dari Pembeli secara otomatis. Balasan atau respon otomatis ini dapat diatur sesuai dengan kalimat yang diinginkan oleh Penjual, maksimal 500 karakter.

Balasan Otomatis dapat digunakan untuk:

  1. Membalas pesan pertama atau pesan baru dari Pembeli. Pesan pertama atau baru yang dimaksud adalah:
    • Pesan pertama dari pembeli yang belum pernah mengirim pesan sebelumnya kepada Penjual.
    • Pesan dari Pembeli yang sudah pernah mengirim pesan sebelumnya setelah selama 7 hari berturut-turut tidak pernah mengirim pesan kembali pada Penjual.
  2. Membalas pesan yang masuk di jam tertentu, misalnya di luar jam operasional atau ketika toko Anda tutup.
Meskipun pesan dari Pembeli secara otomatis dibalas, namun Penjual tetap mendapatkan notifikasi pesan masuk dan tetap harus mebalas pesan tersebut. Perlu diketahui bahwa fitur ini tidak akan mempengaruhi perhitungan respon toko Anda dalam Chat Dibalas dan Waktu Chat DIbalas. Jadi, jangan lupa untuk tetap membalas pesan yang masuk segera ya!



Cara Menggunakan Fitur Balasan Otomatis Chat

Saat ini Fitur Balasan Otomatis Chat dapat digunakan dan diaktifkan oleh semua Penjual dengan melakukan pengaturan melalui Desktop. Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

A. Mengaktifkan Balasan Otomatis untuk Pesan Pertama atau Pesan Baru
  1. Masuk ke Fitur Chat melalui Kotak Masuk atau Notifikasi.
  2. Masuk ke Pengaturan dengan klik tombol berikut. User-added image
  3. Pilih Balasan Otomatis. Geser ke kanan/kiri untuk mengaktifkan/mematikan Fitur Balasan Otomatis saat menerima chat baru. User-added image
  4. Jika Anda memilih untuk mengaktifkan Fitur Balasan Otomatis, Anda dapat mengubah template balasan sesuai keinginan Anda. User-added image Tips: Anda bisa menyampaikan sapaan selamat datang di toko Anda, informasi penting toko seperti jam operasional toko, promosi, kebijakan toko, dan lain-lain. Usahakan untuk membuat balasan otomatis yang tidak terlalu rumit dan panjang, serta gunakan kalimat yang ramah.
  5. Klik Preview untuk melihat contoh Balasan Otomatis yang akan diterima Pembeli atau klik Simpan untuk menyelesaikan pengaturan. User-added image
B. Mengaktifkan Balasan Otomatis di Jam-jam Tertentu
  1. Masuk ke Fitur Chat melalui Kotak Masuk atau Notifikasi.
  2. Masuk ke Pengaturan dengan klik tombol berikut.   User-added image
  3. Pilih Balasan Otomatis. Geser ke kanan/kiri untuk mengaktifkan/mematikan fitur “Balasan Otomatis saat tidak bisa membalas”.  User-added image
  4. Anda dapat mengubah template balasan sesuai keinginan Anda. User-added image  Tips: Anda bisa menyampaikan informasi penting toko seperti jam operasional toko, promosi, kebijakan toko, dan lain-lain. Jika kondisi toko sedang tutup, berikan penjelasan kepada Pembeli dan informasikan kapan pertanyaan atau pesanan akan direspon. Usahakan untuk membuat balasan otomatis yang tidak terlalu rumit dan panjang, serta gunakan kalimat yang ramah.
  5. Pilih Jadwal Kirim Balasan:
    • Sesuai jadwal tutup toko jika Anda ingin mengatur balasan otomatis dikirim saat toko tutup. Catatan: jangan lupa untuk cek jadwal tutup toko Anda ya. User-added image
    • Atur jadwal kirim balasan jika Anda ingin mengatur balasan otomatis dikirim di waktu-waktu tertentu. Anda dapat mengatur jadwal balasan otomatis pada hari dan jam yang sesuai dengan kebutuhan Anda.  User-added image
  6. Klik Preview untuk melihat contoh balasan otomatis yang Anda atur atau klik Simpan untuk menyelesaikan pengaturan.  User-added image
  7. Balasan otomatis serta jadwal yang Anda atur telah tersimpan dan aktif.


Keuntungan Fitur Balasan Otomatis
  1. Fitur Balasan Otomatis dapat membantu Penjual untuk lebih responsif kepada pesan yang masuk dari Pembeli karena dibalas dengan cepat dan menggunakan konten pesan sesuai yang diinginkan oleh Penjual.
  2. Dapat menyebarkan konten informatif kepada Pembeli, seperti jam buka-tutup toko atau informasi seputar pengiriman.
  3. Membuat Pembeli merasa senang karena disambut dengan pesan yang ramah dari Penjual saat pertama kali menghubungi.
  4. Menjaga ekspektasi Pembeli yang mencoba menghubungi Anda di luar jam operasional, sehingga Penjual terhindar dari kemungkinan komplain karena terlambat membalas pesan.
Keuntungan-keuntungan di atas tentunya dapat tercapai apabila pesan yang Anda sampaikan informatif dan tepat.

Pinjaman Modal

Pinjaman Modal adalah program kerjasama Tokopedia dengan mitra penyedia pinjaman yang bertujuan memudahkan Merchant Tokopedia untuk mendapat pinjaman modal bagi pengembangan bisnis.

Mau tahu lebih lengkap tentang program Pinjaman Modal? Silakan lihat halaman Berikut ini

Print Label Pengiriman Sekaligus


Fitur ini memungkinkan penjual untuk mencetak banyak label pengiriman dari sekaligus, jadi lebih hemat waktu untuk memproses pengiriman.

Cara Menggunakan Fitur Print Label Pengiriman Sekaligus

  • Desktop
  • Mobile
  • Android
  • iOS
  • Klik ikon menu Toko dan pilih Penjualan
  • Pilih Pesanan Baru
  • Klik Cetak Sekaligus
  • Saat ini Fitur Print Label Pengiriman Sekaligus via Mobile tidak tersedia
  • Saat ini Fitur Print Label Pengiriman Sekaligus via Android tidak tersedia
  • Saat ini Fitur Print Label Pengiriman Sekaligus via iOS tidak tersedia
Berikut gambar dari fitur tersebut :
User-added image

Berikut adalah hasil dari print cetak sekaligus :
User-added image

×