Gold Merchant

Kini dengan fitur Gold Merchant Anda dapat mengelola toko menjadi lebih efisien dan menarik bagi pembeli. Gold Merchant adalah fitur berbayar yang dapat memberikan kemudahan dan keuntungan dalam mengelola toko Anda. Dengan Gold Merchant, Anda dapat mengganti cover toko dengan gambar yang menjadi ciri khas toko Anda yang memungkinkan pembeli untuk tertarik melihatnya.

Kendala Gold Merchant

Anda dapat memastikan bahwa telah mengikuti langkah-langkah aktivasi Gold Merchant dengan baik dan telah mencapai indikator yang ditetapkan untuk menerima keuntungan berlangganan. Selain itu apabila aktivasi telah berhasil, Anda dapat mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku pada langganan Gold Merchant untuk menghindari kendala statistik toko tidak muncul, gold badge tidak muncul, dan kendala lainnya.

Aktivasi Gold Merchant Tidak Berhasil

Anda dapat pastikan bahwa telah mengikuti langkah-langkah aktivasi Gold Merchant dengan benar dan dapat melihat kembali informasi terkait Gold Merchant pada Halaman Gold Merchant.

Apabila Anda telah mengikuti langkah-langkah aktvasi dengan benar dan sesuai tetapi masih berkendala karena aktivasi tidak berhasil, maka Anda dapat hubungi Customer Care Tokopedia.
 

Gold Badge Tidak Muncul

Jika Anda telah berlangganan Gold Merchant dengan nilai performa toko di atas angka 75, maka Anda akan menerima Gold Badge di setiap produk yang Anda jual.

Jika Anda telah berlangganan Gold Merchant dan nilai performa toko telah sesuai tetapi tidak menerima Gold Badge, maka Anda dapat hubungi Customer Care Tokopedia.

Gold Merchant Belum Diperpanjang

Untuk melakukan perpanjangan status Gold Merchant, maka Anda dapat berlangganan terlebih dahulu kemudian memilih masa aktif sesuai dengan batas waktu yang Anda inginkan.

Jika Anda telah berlangganan akan tetapi status Gold Merchant belum diperpanjang, maka Anda dapat hubungi Customer Care Tokopedia.

Statistik Toko Tidak Muncul

Statistik toko dapat dilihat jika Anda telah berlangganan Gold Merchant dan mengakses Tokopedia versi desktop. Statistik toko akan menampilkan seluruh transaksi Anda dalam kurun waktu tertentu sehingga Anda akan mengetahui jumlah transaksi yang dilakukan.

Jika Anda memiliki kendala lebih lanjut pada statistik toko, maka dapat menghubungi Customer Care Tokopedia.

Perpanjangan Paket Gold Merchant Otomatis

Gold Merchant mempunyai masa waktu tergantung paket Gold Merchant yang Anda gunakan. Proses perpanjangan otomatis tersedia untuk mempermudah Anda dalam mengelola toko setiap kali masa berlaku keanggotaan Anda akan habis. Kini telah tersedia pilihan Perpanjang Otomatis untuk setiap pembelian paket Gold Merchant maupun bagi Anda yang saat ini telah berlangganan Gold Merchant.

Cara Membatalkan Perpanjangan Paket Gold Merchant Otomatis

Untuk membatalkan Perpanjang Otomatis:

  1. Masuk ke halaman Pengaturan Toko, klik tab Informasi Toko
  2. Scroll ke bagian kolom Keanggotaan.
  3. Klik (unchecked) checkbox Perpanjang otomatis.
  4. Akan muncul pop-up. Klik Ya.
Saat ini cara di atas hanya bisa dilakukan melalui desktop dan mobile browser.

Cara Mengaktifkan Perpanjangan Paket Gold Merchant Otomatis

Untuk mengaktifkan Perpanjang Otomatis saat pembelian paket Gold Merchant:

  1. Pastikan Anda sudah login ke akun Tokopedia.
  2. Akses gold.tokopedia.com.
  3. Pilih paket berlangganan yang Anda inginkan.
  4. Pilih metode pembayaran.
  5. Klik checkbox Perpanjang otomatis pada kolom Paket.
  6. Pilih paket berlangganan selanjutnya.
  7. Masukkan password akun Tokopedia Anda untuk konfirmasi persetujuan pembayaran menggunakan Saldo Tokopedia, klik Aktifkan.
  8. Lalu klik Bayar.

Untuk mengaktifkan Perpanjang Otomatis keanggotaan Gold Merchant bagi toko yang telah menjadi Gold Merchant:

  1. Masuk ke halaman Pengaturan Toko, tab Informasi Toko.
  2. Scroll ke bagian kolom Keanggotaan.
  3. Klik checkbox Perpanjang otomatis.
  4. Pilih paket berlangganan selanjutnya.
  5. Masukkan password akun Tokopedia Anda untuk konfirmasi persetujuan pembayaran menggunakan Saldo Tokopedia, klik Aktifkan.

 

Cara Mengubah Paket Perpanjangan Gold Merchant

Untuk mengubah paket berlangganan Perpanjang Otomatis:

  1. Masuk ke halaman Pengaturan Toko, klik tab Informasi Toko.
  2. Klik Tampilkan detil yang terdapat pada bagian kanan bawah kolom Keanggotaan.
  3. Klik
  4. Pilih paket berlangganan baru.
  5. Masukkan password akun Tokopedia Anda untuk konfirmasi persetujuan pembayaran menggunakan Saldo Tokopedia, klik Aktifkan.

 

Syarat dan Ketentuan Perpanjang Otomatis Gold Merchant

Berikut ini adalah syarat dan ketentuan untuk perpanjangan paket Gold Merchant secara otomatis:

  1. Pembayaran akan ditarik dari Saldo Tokopedia Anda mulai H- 3 di akhir periode paket Gold Merchant yang berlaku saat ini. Dan penarikan akan tetap dilakukan pada H – 2, H-1 hingga hari H, jika penarikan gagal dilakukan dikarenakan Saldo Tokopedia Anda tidak mencukupi.
  2. Jika pada hari H, Saldo Tokopedia Anda tidak mencukupi, maka keanggotaan Gold Merchant Anda akan otomatis berakhir.
  3. Tokopedia tidak akan memotong waktu berlangganan Gold Merchant Anda, hanya saja pembayaran untuk kembali berlangganan Gold Merchant dilakukan lebih awal jika mengaktifkan fitur perpanjang otomatis.
  4. Berikut contohnya:
    • Toko ABC pertama kali berlangganan Gold Merchant pada tanggal 1 September 2016, dan memilih paket Gold Merchant 1 tahun. Lalu toko ABC mengaktifkan fitur perpanjang otomatis. Maka, pada tanggal 29 Agustus 2017, saldo Tokopedia dari Toko ABC akan di debet sebesar Rp999.000,- (Sembilan ratus sembilan puluh sembilan ribu rupiah) untuk memperpanjang Gold Merchant nya. Dan Gold Merchant yang telah diperpanjang  akan tetap berlaku sampai dengan tanggal 1 September 2018.
    • Jika pada tanggal 29 Agustus 2017 Toko ABC tidak memiliki dana yang cukup untuk perpanjang otomatis, Tokopedia akan mencoba kembali untuk mendebet Saldo Tokopedia untuk perpanjang masa aktif Gold Merchant. Begitu seterusnya sampai tanggal 1 September 2017. Jika pada tanggal 1 September 2017, Saldto Tokopedia Toko ABC tetap tidak cukup untuk melakukan perpanjang paket berlangganan Gold Merchant, maka keanggotaan Gold Merchant akan berakhir pada tanggal 1 September 2017.

Perubahan dalam Fitur Gold Merchant

Perubahan dalam fitur Gold Merchant akan berpengaruh pada tingkat kualitas Toko termasuk produk yang dijual dan juga pada pelayanan Toko.Untuk itu agar tetap menerima Gold Badge sebagai bagian dari Gold Merchant, Anda perlu meningkatkan performa toko untuk memenuhi indikator yang telah ditentukan.

Apa Keuntungan yang Didapat Penjual dari Perubahan Ini?

Perubahan pada sistem pemberian Gold Badge tentu membawa dampak positif bagi penjual di Tokopedia, di antaranya:

  1. Dengan adanya peraturan baru ini, tingkat kepercayaan pembeli pada penjual yang memiliki Gold Badge akan semakin tinggi.
  2. Ikon Gold Badge juga memudahkan produk Anda ditemukan oleh pembeli, sehingga diharapkan dapat membantu meningkatkan penjualan toko Anda.

Mengapa Ada Perubahan dalam Fitur Gold Merchant?

Perubahan ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas setiap penjual di Tokopedia (khususnya Gold Merchant), karena ikon Gold Badge hanya akan di berikan kepada penjual yang memenuhi indikator yang telah di tetapkan.

Tentang Gold Badge

Gold badge merupakan logo emas yang muncul di toko dan menyatakan bahwa Anda telah bergabung menjadi anggota Gold Merchant. Logo Gold Badge akan diberikan pada Toko yang sudah memenuhi ketentuan nilai performa toko minimal 75 poin. Gold Badge akan muncul di produk Anda yang tentunya membuat performa toko Anda terlihat berbeda.

Keuntungan Memiliki Gold Badge

Ikon Gold Badge akan membantu produk Anda lebih mudah ditemukan saat pembeli melakukan pencarian produk. Hal tersebut disebabkan oleh 2 hal, yaitu:

  1. Adanya nilai ekstra bagi toko yang sudah memiliki Gold Badge dalam sistem pencarian produk.
  2. Adanya fitur sortir berdasarkan toko Gold Merchant yang sudah memiliki Gold Badge.

 

Perubahan Ketentuan Gold Badge

Berbeda dengan aturan sebelumya, yaitu setiap pembelian paket Gold Merchant akan otomatis mendapakatkan Gold Badge, Mulai tanggal 27 Maret 2017 ikon Gold Badge akan diberikan kepada penjual Tokopedia dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. Berlangganan Gold Merchant. Cari tahu selengkapnya mengenai Gold Merchant
  2. Memiliki performa toko dengan skor minimal 75 poin.

 

Apa Itu Gold Merchant?

Gold Merchant adalah fitur berbayar yang dapat memberikan kemudahan bagi Anda dalam mengelola toko online. Dengan berlangganan Gold Merchant, Anda dapat menikmati beragam fasilitas unggulan yang ada di Tokopedia seperti Statistik Toko, Pemberian Cashback, Cover Toko, Gold Ticket, Bonus Saldo TopAds, dan masih banyak lagi. Selain itu, Anda juga berkesempatan mendapatkan Gold Badge jika nilai performa toko Anda mencapai 75.

 

Berlangganan Gold Merchant

Untuk berlangganan Gold Merchant:

  1. Pastikan Anda sudah login ke akun Tokopedia.
  2. Akses gold.tokopedia.com.
  3. Pilih paket berlangganan yang Anda inginkan.
  4. Pilih metode pembayaran, lalu klik Bayar.
  5. Lakukan pembayaran seperti transaksi biasanya

 

 

Catatan: Khusus untuk metode pembayaran manual (transfer bank), Gold Merchant baru akan aktif setelah pembayaran diverifikasi.

Keuntungan Menjadi Gold Merchant

Jika berlangganan Gold Merchant, Anda akan mendapatkan banyak keuntungan seperti:

Statistik Toko

Fitur statistik dapat membantu Anda memantau performa toko, yang akan memudahkan Anda dalam menentukan strategi penjualan lebih tepat sasaran.

Cover Toko

Sebagai Gold Merchant, Anda bisa mengganti cover toko sesuai dengan identitas toko Anda agar terlihat lebih menarik di mata calon pembeli.

Gratis 1 slot Admin Toko

Dengan berlangganan Gold Merchant, Anda akan mendapat 1 admin slot Admin Toko secara gratis. Anda dapat menjadikan anggota keluarga atau kerabat dekat sebagai Admin untuk membantu mengelola toko.

Pengaturan kurs otomatis

Jualan produk impor? Tidak perlu pusing lagi dengan kurs dollar yang sering berubah. Sistem kami akan meng-update harga produk Anda secara otomatis sesuai kurs dollar terkini.

Gold Badge

Saat nilai performa toko di atas 75, Anda akan mendapatkan Gold Badge (logo emas). Gold Badge ini akan muncul di toko dan setiap produk Anda sehingga terlihat berbeda dari toko yang bukan Gold Merchant.

Produk Unggulan

Fitur produk unggulan dapat digunakan untuk menampilkan 5 produk terbaik dan ditampilkan lebih menonjol pada halaman toko Anda.

Etalase

Dengan menjadi Gold Merchant, Anda bisa memiliki hingga 150 etalase yang akan membuat toko Anda terlihat lebih rapi dan terorganisir.

Wawasan Pasar

Anda bisa memantau semua daftar toko, produk, diskusi dan kata kunci yang sering digunakan.

Diskusi Produk

Ketahui produk apa saja yang sedang ramai didiskusikan di Tokopedia oleh calon-calon pembeli Anda. Fitur ini membantu Anda untuk segera mengatur strategi dengan tepat dan sesuai keinginan.

Cashback TokoCash 3-5%

Fitur Cashback merupakan fitur untuk memudahkan penjual memberi bonus belanja berupa Cashback ke pembeli. Penjual bisa memilih produk apa saja yang ingin didukung oleh fitur ini dan mengatur jumlah Cashback yang diberikan, berkisar antara 3% hingga 5% dari harga produk. Regular Merchant hanya dapat mengaktifkan fitur Cashback pada maksimal 5 produk. Gold Merchant dapat mengaktifkan fitur Cashback tanpa batasan produk.

Peluang

Manfaatkan Fitur Peluang untuk menggandakan reputasi Anda 2-5 kali lipat dengan cara menyelesaikan pesanan yang telah dibatalkan oleh penjual sebelumnya. Tentunya, pesanan-pesanan yang masuk kedalam daftar Peluang Anda akan sesuai dengan kategori penjualan Anda.

Syarat dan Ketentuan Gold Merchant


Syarat dan Ketentuan Gold Merchant merupakan bagian dari Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi Tokopedia. Penggunaan layanan Gold Merchant tunduk pada Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi, Kebijakan Privasi, dan Syarat dan Ketentuan yang tertulis dibawah ini. Pengguna disarankan membaca dengan seksama karena dapat berdampak kepada hak dan kewajiban pengguna secara hukum.

Dengan mendaftar dan/atau menggunakan situs www.tokopedia.com, maka pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui semua isi dalam Syarat dan Ketentuan. Syarat dan Ketentuan ini merupakan bentuk kesepakatan yang dituangkan dalam sebuah perjanjian yang sah antara Pengguna dengan PT Tokopedia. Jika pengguna tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi Syarat dan Ketentuan, maka pengguna tidak diperkenankan menggunakan layanan di www.tokopedia.com.

 

Definisi

  1. Tokopedia adalah PT Tokopedia dan seluruh afiliasi atau anak perusahaannya, suatu perseroan terbatas yang menjalankan kegiatan usaha jasa web portal www.tokopedia.com, yakni situs pencarian toko dan Barang yang dijual oleh penjual terdaftar.
  2. Situs/Aplikasi adalah situs www.tokopedia.com milik Tokopedia yang dapat diakses melalui desktop site dan/atau aplikasi yang berbasis Android atau iOS.
  3. Gold Merchant adalah layanan pada Situs/Aplikasi yang memberikan kemudahan bagi Penjual untuk mengelola toko online dengan beragam fasilitas yang disediakan oleh Tokopedia.
  4. Pengguna Gold Merchant adalah pihak yang menggunakan layanan atau fitur Gold Merchant.
  5. Ketentuan Situs adalah Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi, Kebijakan Privasi, Syarat dan Ketentuan ini dan setiap Syarat dan Ketentuan lain yang dapat berlaku untuk atau sehubungan dengan penggunaan Situs/Aplikasi dan seluruh fitur yang terdapat di dalamnya.
  6. Syarat dan Ketentuan adalah Syarat dan Ketentuan untuk menggunakan program Gold Merchant.
 

Umum

  1. Pengguna Gold Merchant dapat mengakses fasiltas unggulan untuk mengelola toko online yang disediakan khusus oleh Tokopedia.
  2. Dengan membayar dan menggunakan fitur Gold Merchant, maka Pengguna Gold Merchant dianggap telah memahami dan akan mematuhi Syarat dan Ketentuan ini.
  3. Pengguna Gold Merchant tidak dapat mengalihkan layanan berlangganan Gold Merchant yang melekat pada akunnya kepada akun lain.
  4. Tokopedia berwenang untuk menghentikan atau mencabut layanan atau manfaat Gold Merchant tanpa pemberitahuan sebelumnya, untuk sementara atau untuk selamanya, apabila Pengguna Gold Merchant terindikasi melakukan tindak kecurangan atau pelanggaran Ketentuan Situs.
 

Konten

  1. Pengguna Gold Merchant akan bertanggungjawab terhadap konten yang diunggah dan ditampilkan pada Situs/Aplikasi.
  2. Pengguna Gold Merchant akan melepaskan Tokopedia dari tuntutan ganti rugi dan menjaga Tokopedia (termasuk Induk Perusahaan, direktur, dan karyawan) dari setiap klaim atau tuntutan, termasuk biaya hukum yang wajar, yang dilakukan oleh pihak ketiga yang timbul dalam hal konten yang diunggah dan ditampilkan Pengguna Gold Merchant melanggar Ketentuan Situs, peraturan hukum yang berlaku, serta hak-hak pihak ketiga.
  3. Tokopedia menghormati hak-hak pemilik kekayaan intelektual dan menjaga kenyamanan transaksi jual-beli pada Situs/Aplikasi. Dalam hal terdapat laporan pelanggaran kekayaan intelektual, Tokopedia dapat atas kebijaksanaan mutlak mengambil tindakan tanpa memberikan pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pengguna Gold Merchant berupa penghapusan konten.
 

Keterbatasan dan Perubahan Layanan

  1. Tokopedia akan memberikan upaya yang wajar dalam memberikan pelayanan dan operasional Gold Merchant.
  2. Tokopedia berwenang, secara berkala dan sewaktu-waktu, untuk mengubah atau menghentikan, untuk sementara atau permanen, sebagain atau seluruh fungsi dan fitur dari Gold Merchant, dengan atau tanpa pemberitahuan sebelumnya, untuk setiap gangguan, modifikasi, atau penghentian layanan Gold Merchant atau fungsi atau fitur daripadanya.
  3. Pengguna Gold Merchant memahami, menyetujui, dan menerima bahwa Tokopedia tidak memiliki kewajiban untuk memelihara, mendukung, atau memperbarui layanan Gold Merchant, atau untuk menyediakan semua atau fitur tertentu pada layanan Gold Merchant.
  4. Pengguna Gold Merchant tidak dapat mengajukan pengembalian dana atas dasar perubahan fitur atau layanan Gold Merchant.
 

Pembayaran

  1. Layanan Gold Merchant dapat digunakan dengan membayar biaya berlangganan yang tercantum pada laman Gold Merchant. Pengguna juga bisa mendapatkan potongan harga atau keuntungan lainnya menggunakan kode promo Tokopedia.
  2. Tokopedia berwenang untuk sewaktu-waktu mengubah harga berlangganan Gold Merchant dengan atau tanpa pemberitahuan sebelumnya.
  3. Pengguna Gold Merchant tidak dapat mengajukan pembatalan atau pengembalian dana atas pembayaran yang berhasil dilakukan pada sistem.
 

Perpanjangan Otomatis

  1. Pengguna Gold Merchant dapat memilih untuk menggunakan fitur perpanjangan otomatis dalam melakukan pembayaran biaya berlangganan.
  2. Penagihan pembayaran akan dilakukan oleh sistem secara otomatis terhadap Saldo Tokopedia Pengguna Gold Merchant dimulai sejak 3 (tiga) hari sebelum masa berlangganan berakhir.
  3. Apabila Saldo Tokopedia tidak mencukupi untuk perpanjangan otomatis hingga hari berakhirnya masa berlangganan Pengguna Gold Merchant, maka layanan berlangganan Gold Merchant akan dihentikan pada hari tersebut.
  4. Apabila Pengguna Gold Merchant menggunakan fitur perpanjangan otomatis, pembayaran akan dilakukan 3 (tiga) hari sebelum berakhirnya masa berlangganan layanan Gold Merchant dan masa berlangganan baru akan terhitung pada hari berakhirnya layanan Gold Merchant sebelumnya. Tokopedia tidak memotong waktu berlangganan Gold Merchant yang masih aktif.
  5. Pengguna Gold Merchant tidak dapat mengajukan pembatalan atau pengembalian dana atas biaya berlangganan yang diperpanjang secara otomatis.

×