Performa Toko

Performa Toko merupakan fitur untuk mengukur kemampuan toko dalam memenuhi beberapa indikator yang telah ditetapkan oleh Tokopedia. Performa Toko direpresentasikan dalam skor antara 0 – 100. Per 1 Januari 2019, bagi toko yang baru terdaftar, skor performa toko akan otomatis berada di skor 80. Penilaian Performa Toko dihitung dari masing-masing performa indikator 30 hari terakhir.

Indikator Performa Toko

Skor Performa Toko merupakan akumulasi dari nilai indikator-indikator yang telah ditetapkan. Adapun Indikator-indikator penentu penilaian Performa Toko mulai 1 Januari 2019 adalah sebagai berikut:

1. Kecepatan dalam Memproses Pesanan

  • Mengukur seberapa cepat Anda memproses pesanan. Kecepatan ini dinilai sejak pembayaran dari pembeli terkonfirmasi hingga resi tercatat di sistem logistik (untuk pengiriman konvensional) dan hingga penjual melakukan request pick-up (untuk pengiriman instant courier).

2. Kecepatan Membalas Pesan Pembeli (chat speed)

  • Merupakan kecepatan toko dalam membalas pesan (chat) yang masuk dari pembeli. Semakin cepat penjual membalas pesan dari pembeli, semakin baik skor Performa Tokomu.

3. Tingkat Pesan Terbalas (Chat Rate)

  • Merupakan ukuran seberapa responsif penjual terhadap pesan atau chat  yang dikirim pembeli. Cara hitungnya: User-added image
  • Contoh kasus: Penjual menerima pesan (chat) dari 100 pembeli dan membalas 90 pesan dari pembeli, maka tingkat respon pesan ialah 90%.
Perbedaan Nilai Chat Rate Pada Halaman Produk dan Halaman Statistik
  • Perhitungan pada Halaman Produk: Diberikan dalam bentuk persentase (1% – 100%) dan dihitung selama 7 hari terakhir
  • Perhitungan pada Halaman Statistik: Diberikan dalam bentuk numerik (1 – 10) yang merupakan konversi dari nilai di halaman produk sesuai ketentuan yang telah ditetapkan dan diakumulasi selama 30 hari terakhir.

4. Verifikasi Toko

  • Salah satu poin yang dinilai dari Performa Toko adalah verifikasi akun toko. Jika toko sudah berhasil terverifikasi, akan ada penambahan skor yang signifikan pada Performa Toko.

5. Poin Penalti Rendah

  • Jika poin penalti lebih rendah dibandingkan poin reputasi dalam di 30 hari terakhir, skor performa toko akan meningkat.

Contoh:

Skor performa toko Anda tanggal 14 Februari 2017 adalah 75. Berarti, ini merupakan hasil evaluasi performa toko Anda dari tanggal 15 Januari 2017 – 13 Februari 2017 (30 hari).

 

Memantau Skor Performa Toko

Untuk memeriksa skor toko, Anda dapat lakukan pada desktop dan Seller app. Untuk desktop, login akun toko Anda di tokopedia.com. Pada kolom sebelah kiri, klik Statistik. Skor yang ditunjukkan merupakan akumulasi performa toko Anda dalam 30 hari terakhir.

Cara Meningkatkan Skor Performa Toko

Anda bisa meningkatkan performa toko Anda dengan memperhatikan setiap indikator yang menentukan skor Performa Toko Anda. Setelah mengetahui nilai dari setiap indikator toko Anda, Anda dapat melihat tips & trick untuk meningkatkannya pada halaman seller.tokopedia.com.

 

×