Voucher Toko

Kini, Fitur Voucher Toko hadir di Tokopedia untuk membantu penjual membuat voucher dan promo ekslusif sesuai dengan budget Toko.

Apa itu Voucher Toko?

Voucher Toko adalah sebuah sistem promo berupa Voucher yang akan digunakan oleh penjual untuk melakukan promosi kepada Pembeli. Penjual dapat membuat promo sesuai dengan ketentuan dan biaya sesuai dengan yang diinginkan.

Berikut ini adalah beberapa tipe promosi yang termasuk dalam Merchant Promo Voucher Toko:

  1. Gratis ongkos kirim : dalam artian biaya pengiriman akan dibebankan dan ditanggung oleh penjual.
  2. Cashback : akan langsung mengurangi jumlah uang yang diterima penjual sebanyak jumlah yang akan diterima oleh pembeli via OVO.

FAQ Seputar Voucher Toko

Apakah terdapat syarat khusus bagi merchant untuk membuat promo?

Semua Seller/Merchant dapat membuat promo.

Apakah terdapat ketentuan khusus dalam membuat Nama Promo?

Tidak ada ketentuan khusus dalam membuat nama promo. Penjual dibebaskan untuk membuat sendiri nama promo sesuai keinginan masing-masing.

Apakah terdapat ketentuan khusus dalam membuat Nominal Promo?

Nominal promo yang diatur berupa Potongan Biaya Pengiriman, dan Cashback, sesuai subsidi yang ditanggung oleh Penjual. Dapat diatur berupa Rupiah dan Persentase (khusus untuk Cashback).

Apakah saya bisa memberlakukan promo untuk beberapa produk saja?

Promo diberlakukan secara otomatis untuk semua produk yang dijual di suatu toko.

Berapa besar nilai nominal dan persentase promo yang berlaku??

Nominal dan Persentase promo di atur oleh pihak Penjual.

Berapa banyak kuota promo yang dapat ditambah oleh penjual?

Kuota promo yang dapat ditambah oleh penjual tidak terbatas, tergantung keinginan dari masing-masing penjual.

Berapa banyak maksimal promo yang dapat dibuat oleh penjual?

Tidak ada batasan berapa banyak promo yang dibuat oleh penjual, hanya saja promo yang bisa diaktifkan maksimal 10 promo dalam satu periode.

Apa maksud dari promo aktif?

Promo aktif adalah promo yang dibuat oleh penjual dan masih berlaku dalam suatu periode yang telah ditetapkan.

Berapa lama waktu promo aktif berlangsung?

Promo hanya dapat berlangsung selama maksimal 30 (tiga puluh) hari.

Berapa banyak jumlah promo aktif dalam periode yang sama?

Jumlah promo yang aktif dalam periode yang sama adalah 10 promo.

Berapa banyak jumlah promo yang bisa ditampilkan di halaman toko atau produk penjual?

Merchant dapat menampilkan maksimal 3 promo pada halaman produk dan 5 promo pada halaman toko (yang diurutkan berdasarkan promo terbaru yang dibuat).

Apakah terdapat ketentuan khusus dalam menetapkan minimum pembelian sebelum menggunakan Kode Promo?

Minimum pembelian di toko milik Penjual sebagai syarat untuk menggunakan promo, harus lebih besar dari nominal promo.

Apakah boleh mengubah Kode Promo yang sudah dibuat?

Kode Promo tidak dapat diubah apabila program promo sedang aktif atau sedang berlangsung.

Apakah Kode Promo yang sebelumnya sudah dibuat boleh diaktifkan kembali?

Penjual tidak dapat membuat Kode Promo yang sama dengan Kode Promo yang masih aktif dalam periode yang sama.

Siapa yang menanggung nominal promo yang dibuat oleh penjual?

Nominal promo 100% ditanggung oleh Penjual.

Bagaimana mengatur periode promo?

Periode promo berlangsung maksimal 30 hari. Selain itu, suatu promo dapat aktif paling cepat 3 jam dari waktu pembuatan suatu promo.
Misalnya: Pada tanggal 16 Mei 2018, Penjual dapat membuat promo yang dimulai maksimal pada tanggal 16 Juni 2018. Promo tersebut dapat berlangsung selama 30 hari dan dapat aktif paling cepat 3 jam dari waktu pembuatan promo tersebut.

Apakah saya dapat mengubah (menambah atau mengurangi) kuota promo?

Selama periode promo masih berlangsung, kuota dapat diubah.

Kapan kuota promo dianggap sudah terpakai?

Kuota promo dianggap sudah terpakai apabila Pembeli memasukkan kode promo atau Voucher pada halaman Pembayaran dan telah menyelesaikan Pembayaran sebelum waktu yang telah ditentukan.

Bagaimana jika Pembeli terlambat membayar atau melakukan penggantian promo?

Apabila terjadi pembatalan penggunaan promo karena terlambat pembayaran atau penggantian promo oleh Pembeli, maka kuota promo yang batal digunakan akan terhitung kembali..

Berapa nominal minimum pembuatan voucher toko?

Nominal minimum pembuatan voucher toko sebesar Rp5.000 untuk Cashback dan Free ongkir dan 10% untuk Cashback.

Syarat dan Ketentuan Voucher Toko

Syarat dan Ketentuan Voucher Toko merupakan bagian dari Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi Tokopedia. Penggunaan Voucher Toko  tunduk pada Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi, Kebijakan Privasi, dan Syarat dan Ketentuan yang tertulis dibawah ini. Pengguna disarankan membaca dengan seksama karena dapat berdampak kepada hak dan kewajiban pengguna secara hukum.

Dengan mendaftar dan/atau menggunakan situs www.tokopedia.com, maka Pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui semua isi dalam Syarat dan Ketentuan. Syarat dan Ketentuan ini merupakan bentuk kesepakatan yang dituangkan dalam sebuah perjanjian yang sah antara Pengguna dengan PT Tokopedia. Jika pengguna tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi Syarat dan Ketentuan, maka pengguna tidak diperkenankan menggunakan layanan di www.tokopedia.com.

A. Definisi

  1. Tokopedia adalah PT Tokopedia dan seluruh afiliasi atau anak perusahaannya, suatu perseroan terbatas yang menjalankan kegiatan usaha jasa web portal www.tokopedia.com, yakni situs pencarian toko dan Barang yang dijual oleh penjual terdaftar.
  2. Situs/Aplikasi adalah situs www.tokopedia.com milik Tokopedia yang dapat diakses melalui desktop site dan/atau aplikasi yang berbasis Android atau iOS.
  3. Pengguna adalah pihak yang menggunakan layanan Tokopedia, termasuk namun tidak terbatas pada pembeli, penjual ataupun pihak lain yang sekedar berkunjung ke Situs Tokopedia.
  4. Pembeli adalah Pengguna terdaftar yang melakukan permintaan atas Barang yang dijual oleh Penjual di Situs Tokopedia.
  5. Penjual adalah Pengguna terdaftar yang melakukan tindakan buka toko dan/atau melakukan penawaran atas suatu Barang kepada para Pengguna Situs Tokopedia.
  6. Barang adalah benda yang berwujud/memiliki fisik Barang yang dapat diantar/memenuhi kriteria pengiriman oleh perusahaan jasa pengiriman Barang.
  7. Voucher Toko adalah fitur yang memungkinkan Penjual untuk melakukan kegiatan promo penjualan secara terbatas yang dilakukan melalui Situs/Aplikasi.
  8. Kode Voucher adalah kode alfanumerik yang dibuat oleh Penjual dan dapat digunakan oleh Pembeli untuk mendapatkan manfaat promo.
  9. Kuota adalah batas jumlah Pembeli yang dapat memanfaatkan Kode Voucher, dimana batas jumlah Pembeli ditentukan secara mandiri oleh Penjual.
  10. Ketentuan Situs adalah Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi, Kebijakan Privasi, Syarat dan Ketentuan ini dan setiap Syarat dan Ketentuan lain yang dapat berlaku untuk atau sehubungan dengan penggunaan Situs/Aplikasi dan seluruh fitur yang terdapat di dalamnya.
  11. Syarat dan Ketentuan adalah Syarat dan Ketentuan untuk menggunakan Voucher Toko.

B. Umum

  1. Voucher Toko hanya dapat dibuat oleh Pengguna yang telah membuka toko sebagai Penjual di Situs/Aplikasi.
  2. Ketentuan promo yang dilangsungkan menggunakan fitur Voucher Toko tunduk pada Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi Poin N tentang Promo yang dapat dilihat DISINI.
  3. Dengan menggunakan Voucher Toko, maka Pengguna dianggap telah menyetujui dan mematuhi Syarat dan Ketentuan ini serta Ketentuan Situs.
  4. Tokopedia berhak untuk menggunakan data Pembeli dan Penjual untuk penelusuran indikasi manipulasi, pelanggaran maupun pemanfaatan fitur Voucher Toko untuk keuntungan pribadi Pengguna, maupun indikasi kecurangan atau pelanggaran Syarat dan Ketentuan ini, Ketentuan Situs Tokopedia, dan ketentuan hukum yang berlaku di wilayah negara Indonesia.
  5. Tokopedia berhak, tanpa pemberitahuan sebelumnya, melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan termasuk namun tidak terbatas pada penghentian penggunaan fitur Voucher Toko, membatalkan transaksi, menahan dana, menurunkan reputasi toko, menutup toko atau akun, serta hal-hal lainnya jika ditemukan adanya manipulasi, pelanggaran maupun pemanfaatan fitur Voucher Toko untuk keuntungan pribadi Pengguna, maupun indikasi kecurangan atau pelanggaran pelanggaran Syarat dan Ketentuan ini, Ketentuan Situs Tokopedia, dan ketentuan hukum yang berlaku di wilayah negara Indonesia.
  6. Tokopedia berhak untuk menghentikan atau membatalkan Kode Voucher dari Penjual yang melakukan pembatalan pemesanan Barang sebanyak tiga kali berturut-turut.
  7. Pembelian Barang yang menggunakan  Kode Voucher  tidak bisa mendapatkan manfaat fitur Peluang Tokopedia.
  8. Voucher Toko dapat digunakan bersamaan dengan fitur cashback Gold Merchant atau manfaat promo lainnya yang tidak perlu menggunakan kode dan penukaran Kupon.
  9. Tokopedia berhak melakukan perubahan Syarat dan Ketentuan ini dengan memberitahukan informasi terkait perubahan tersebut kepada Penjual.
  10. Penggunaan Kode Voucher tidak bisa digunakan dengan promo dari Tokopedia.
  11. Tokopedia tidak bertanggungjawab atas penggunaan Kode Voucher yang telah ditentukan oleh Penjual.

C. Penjual

  1. Penjual wajib mengikuti panduan dan ketentuan yang telah disediakan pada halaman bantuan dalam menggunakan fitur Voucher Toko.
  2. Kode Voucher tidak dapat menggunakan kata ‘TOP’, ‘TOPED’, atau ‘TOKOPEDIA’.
  3. Penjual tidak dapat membuat Kode Voucher yang sama dengan Kode Voucher yang masih aktif dalam periode yang sama.
  4. Kode Voucher tidak dapat diubah selama program promo sedang aktif.
  5. Penjual hanya dapat menambah kuota Kode Voucher selama periode promo masih berlangsung. Namun, Penjual tidak dapat mengurangi kuota Kode Voucher yang telah ditentukan di awal.
  6. Periode Promo hanya dapat berlangsung selama minimal 30 (tiga puluh) menit dan maksimal 30 (tiga puluh) hari.
  7. Nilai promo hanya dapat ditentukan dalam mata uang Rupiah dan persentase khusus untuk tipe promo Cashback dan dalam mata uang Rupiah khusus untuk tipe promo Gratis Ongkir.
  8. Penjual memastikan dan bertanggungjawab atas kesesuaian jumlah stok Barang yang dipromosikan melalui Voucher Toko serta ketersediaan stok Barang selama periode promo.
  9. Pemotongan langsung terhadap nilai transaksi akan dilakukan berdasarkan nilai subsidi promo yang sebelumnya telah ditentukan oleh Penjual.
  10. Ketika terjadi pembatalan transaksi, maka kuota promo yang sudah terpakai akan tetap terhitung dan mengurangi jumlah kuota yang tersedia.
  11. Apabila Pembeli telah berhasil melakukan pembayaran atas transaksi yang menggunakan Kode Voucher, maka kuota Kode Voucher akan terpotong.
  12. Apabila terjadi pengembalian dana sepenuhnya pada transaksi yang memiliki promo cashback, maka total dana yang dikembalikan kepada Pembeli yaitu hanya sejumlah total harga yang dibayar oleh Pembeli, dimana Pembeli tidak akan mendapatkan nilai cashback dari promo yang digunakan. Namun, apabila terjadi pengembalian dana sebagian pada transaksi yang memiliki promo cashback, maka total dana yang dikembalikan kepada Pembeli yaitu sebesar total harga dan nilai cashback yang telah disepakati melalui Pusat Resolusi, dimana total harga dan nilai cashback tersebut ditanggung oleh Penjual.

D. Pembeli

  1. Pembeli wajib untuk mengikuti syarat dan ketentuan yang diterapkan oleh Penjual untuk mendapatkan manfaat dari fitur Voucher Toko.
  2. Manfaat Voucher Toko tidak berlaku untuk untuk penggunaan resi yang diinput lebih dari 1 (satu) kali, jika ditemukan penginputan resi sebanyak 2 (dua) kali, manfaat promo hanya akan diberikan pada transaksi yang dibentuk oleh pembeli pertama. Manfaat promo tidak dapat diteruskan pada transaksi dropshipper (pembeli kedua).
  3. Pembeli hanya dapat menggunakan 1 (satu) akun Tokopedia untuk mengikuti setiap Kode Voucher. Jika ditemukan pembuatan lebih dari 1 (satu) akun oleh 1 (satu) Pembeli yang sama dan/atau nomor handphone yang sama dan/atau alamat yang sama dan/atau identitas pembayaran yang sama dan/atau riwayat transaksi yang sama, maka Pembeli tidak berhak mendapatkan manfaat dari Kode Voucher.
  4. Apabila Pembeli melakukan 1 (satu) transaksi pembelian dengan Barang dari Penjual yang berbeda, maka Pembeli hanya dapat menggunakan 1 (satu) Kode Voucher. Kode Voucher  hanya dapat digunakan pada Barang yang dijual oleh Penjual yang menggunakan Voucher Toko.
  5. Pembeli yang menggunakan Kode Voucher memiliki waktu 60 (enam puluh) menit untuk menyelesaikan pembayaran. Penyelesaian pembayaran yang dilakukan lebih dari 60 (enam puluh) menit, atau tidak menyelesaikan pembayaran sama sekali, akan mengakibatkan ketidakberlakuan Kode Voucher.
  6. Apabila terjadi pembatalan pesanan dan pengembalian dana, maka ketentuannya adalah sebagai berikut:
    • Apabila terjadi pengembalian dana pada promo “gratis ongkir”, maka total dana yang dikembalikan kepada Pembeli yaitu sejumlah total harga yang dibayar oleh Pembeli dikurangi nilai promo yang digunakan (kecuali pengembalian dana dilakukan sebelum pengiriman dilakukan oleh Penjual, dimana nomor resi pengiriman belum dicantumkan oleh Penjual). Pembeli tidak dapat menggunakan kembali Kode Voucher yang telah digunakan sebelumnya apabila terjadi pengembalian dana.
    • Apabila terjadi pengembalian dana sepenuhnya pada transaksi yang memiliki promo cashback, maka total dana yang dikembalikan kepada Pembeli yaitu hanya sejumlah total harga yang dibayar oleh Pembeli, dimana Pembeli tidak akan mendapatkan nilai cashback dari promo yang digunakan. Namun, apabila terjadi pengembalian dana sebagian pada transaksi yang memiliki promo cashback, maka total dana yang dikembalikan kepada Pembeli yaitu sebesar total harga dan nilai cashback yang telah disepakati melalui Pusat Resolusi.

Cara Membuat Voucher Toko

Perlu diketahui, untuk saat ini pembuatan Voucher Toko hanya dapat dilakukan melalui desktop. Berikut langkah-langkah cara membuat Voucher Toko:

  1. Login ke akun Toko Anda.
  2. Pilih Voucher Toko pada Side Bar atau Menu Toko.                                    User-added image
  3. Klik +Tambah Voucher                                                 User-added image
  4. Pilih tipe Voucher yang Anda inginkan. Kemudian isi Nama Voucher dan Kode Voucher sesuai dengan yang Anda inginkan. User-added image
  5. Isi nominal atau persentase cashback atau gratis ongkir yang mau anda berikan kepada pembeli.  User-added image
  6. Isi nominal minimum pembelian agar pembeli dapat menggunakan voucher.                                User-added image
  7. Isi kuota voucher yang anda ingin berikan. Setelah kuota yang anda masukkan telah habis digunakan, pembeli tidak dapat menggunakan voucher anda lagi.                              User-added image
  8. Angka ini adalah maksimum pengeluaran promosi Anda. Akan otomatis terkalkulasi nominal gratis ongkir dikali kuota. User-added image
  9. Periode berisi tanggal dan waktu mulai hingga selesai suatu promo Voucher yang diberlakukan oleh Penjual.  Anda dapat mengisi periode dengan minimum 30 menit dan maksimal 30 hari. User-added image
  10. Target Voucher adalah pilihan apakah Voucher akan berbentuk Publik (ditampilkan di halaman Toko dan halaman Produk) dan Terbatas (tidak ditampilkan namun kode Voucher dapat dibagikan secara pribadi ke target pembeli).               User-added image
  11. Sebelum Voucher disimpan dan siap digunakan, Anda dapat melihat Preview Voucher dan mendownload gambar Voucher serta membagikannya ke media sosial.User-added image
  12. Anda dapat melihat tampilan Preview Voucher secara detail.
  13. Cek dan pastikan status voucher yang telah dibuat sudah benar.
  14. Sebarkan informasi tentang Voucher kepada pembeli.
×