Pelaporan Hak Merek

Prosedur Pelaporan Hak Merek di Tokopedia

Tokopedia adalah pasar atau mall online (Costumer to Costumer Marketplace) dimana transaksi jual-beli yang terjadi adalah antar pengguna situs Tokopedia. Setiap produk yang dijual melalui situs Tokopedia diunggah, ditawarkan, dan diperjualbelikan secara mandiri oleh masing-masing Pengguna Tokopedia (user generated content), yang dapat bertindak sebagai Penjual maupun Pembeli. 
 
Apabila Anda menemukan konten penawaran produk di situs/aplikasi Tokopedia yang mungkin melanggar hak  Anda, termasuk namun tidak terbatas pada Hak Kekayaan Intelektual, maka Anda dapat melapor kepada kami melalui formulir daring yang telah tersedia. Kami akan meninjau laporan tersebut dengan teliti dan apabila laporan Anda telah terverifikasi, maka kami dapat melakukan tindak lanjut berupa penurunan konten penawaran produk yang dilaporkan.

Berikut adalah jenis pelanggaran konten penawaran produk yang dapat anda laporkan melalui formulir daring:

I. Pelanggaran Merek

Anda dapat mengajukan laporan Pelanggaran Merek apabila Anda menemukan adanya konten penawaran produk (baik produk secara keseluruhan maupun nama produk) milik Penjual melalui situs/aplikasi Tokopedia yang: (i) menggunakan nama dan/atau etiket merek milik Anda tanpa hak; dan (ii) diduga merupakan barang palsu atau tiruan dari produk yang menggunakan merek Anda.
Untuk jenis pelaporan ini, Anda wajib melampirkan Sertifikat Merek yang sudah terdaftar dan masih berlaku di wilayah Republik Indonesia.
 

II. Pelanggaran Hak Cipta

Anda dapat mengajukan laporan Pelanggaran Hak Cipta apabila Anda menemukan adanya konten penawaran produk yang menggunakan hasil ciptaan Anda tanpa hak, termasuk pada: (i) menggunakan foto milik Anda; (ii) penjualan buku ciptaan Anda tanpa izin; (iii) penjualan software ciptaan Anda tanpa izin; (iv) dan bentuk pelanggaran hak cipta lainnya sesuai dengan peraturan yang berlaku.
Untuk jenis pelaporan ini, Anda wajib melampirkan bukti bahwa konten penawaran produk yang dilaporkan tersebut melanggar Hak Cipta Anda seperti: (i) Surat Pencatatan Ciptaan yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual; (ii) bukti kepemilikan ciptaan (surat pernyataan, surat kuasa, bukti pengalihan, dsb.); (iii) perjanjian dengan penerbit buku; dan (iv) bukti pendukung lainnya.
 

III. Pelanggaran Izin BPOM

Anda dapat mengajukan laporan Pelanggaran Izin BPOM apabila Anda mengetahui dan menemukan adanya konten penawaran produk yang tidak memiliki izin BPOM. Untuk jenis pelaporan ini dan untuk membuktikan laporan, Anda wajib melampirkan bukti Izin Edar BPOM dan/atau Notifikasi Kosmetika yang masih berlaku dan diterbitkan oleh BPOM.
 

IV. Pelanggaran Izin Usaha Penjualan Langsung

Anda dapat mengajukan laporan Pelanggaran Izin Usaha Penjualan Langsung apabila Anda menemukan adanya konten penawaran produk, dimana penawaran dan penjualan produk tersebut seharusnya dijual secara langsung oleh Anda selaku pemegang izin penjualan langsung berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Untuk jenis pelaporan ini, Anda wajib melampirkan bukti Surat Izin Usaha Penjualan Langsung (SIUPL) yang masih berlaku atas nama Anda, termasuk lampirannya yang menunjukkan daftar-daftar barang yang Anda jual, dimana nama barang yang Anda laporkan disebutkan pada daftar dimaksud.

HAL-HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM MENGISI FORMULIR LAPORAN:

  1. Setiap laporan harus melampirkan identitas Pelapor/orang yang melakukan laporan, seperti: KTP, Paspor dan bukti identitas lainnya;
  2. Apabila Pelapor adalah pihak yang ditugaskan dan/atau dikuasakan, maka Pelapor harus melampirkan surat tugas, surat kuasa, atau surat keterangan yang intinya menerangkan bahwa pelapor berwenang melakukan laporan, yang ditandatangani oleh pemilik atau prinsipal atas suatu produk yang dilaporkan;
  3. Semua kolom yang tersedia dalam formulir laporan harus terisi;
  4. Pada kolom “Nama Produk” hanya dimasukkan 1 (satu) nama merek/brand yang sesuai dengan jenis laporan dan bukti yang dimiliki. Contoh: nama merek yang sesuai dengan yang tertulis dalam sertifikat merek, nama produk yang sesuai dengan yang tertulis dalam SIUPL, dll;
  5. Pada kolom “Link Produk” harus diisi tautan atau link yang spesifik mengarah ke halaman konten penawaran produk yang dilaporkan. Kami akan menolak laporan Anda bila: (i) tautan atau link yang dilaporkan bukan tautan atau link spesifik, melainkan tautan atau link toko; (ii) tautan atau link yang dilaporkan adalah tautan atau link lainnya, seperti tautan atau link yang mengarah ke situs selain situs Tokopedia, dan lainnya. Untuk mempermudah laporan, Anda dapat menyalin tautan atau link yang terdapat pada kolom ‘address bar’ pada peramban yang Anda pakai untuk setiap konten penawaran produk;
  6. Untuk menghindari kesalahan teknis, kami merekomendasikan untuk mengakses formulir laporan daring menggunakan peramban Google Chrome atau Mozilla Firefox yang terbaru.
 

PERSETUJUAN DAN PELEPASAN: Mengajukan laporan permohonan penghapusan konten penawaran produk adalah tindakan serius yang dapat melibatkan proses hukum kedepannya. Dengan melakukan pelaporan melalui formulir daring yang telah kami sediakan, Anda memberikan persetujuan kepada Tokopedia untuk menyimpan laporan Anda dan memberikan informasi Anda berupa Nama, Perusahaan, Jabatan, Alamat Email, serta Nomor Telepon kepada pihak yang Anda laporkan.
Anda dengan ini menyatakan akan melepaskan Tokopedia, karyawannya termasuk seluruh afiliasinya serta bertanggung jawab penuh atas akibat hukum yang dapat terjadi di kemudian hari akibat tindakan ini termasuk namun tidak terbatas pada adanya tuntutan hukum dari pihak ketiga yang disebabkan oleh kesalahan dan kelalaian Anda dalam mengajukan laporan.

Dengan mengajukan laporan, Anda telah memahami dan setuju terhadap hal-hal yang disebutkan di atas. Apabila setelah memahami dan menyetujui hal-hal di atas Anda tetap berkeinginan mengajukan laporan, Anda dapat melakukan pelaporan sesuai dengan prosedur dan formulir yang telah kami sediakan DISINI.
 
Apabila Anda ingin melakukan pelaporan terhadap konten penawaran produk namun tidak termasuk dari 4 (empat) jenis laporan di atas, Anda dapat melakukan pengecekan dan pelaporan melalui tombol User-added image yang terdapat pada halaman setiap konten penawaran produk melalui situs Tokopedia.

Pengulangan Pelanggaran oleh Pengguna

Apakah dengan melaporkan pelanggaran tersebut maka kedepannya tidak akan ada lagi pelanggaran atas merek saya?

Tokopedia adalah situs User Generated Content, dimana pengguna Tokopedia dapat mengunggah secara mandiri produk yang ingin mereka jual. Untuk itu, kami tidak dapat menjamin bahwa tidak akan ada lagi produk yang melanggar hak merek dagang Anda. Jika masih menemukan pelanggaran atas hak merek Anda (yang sama) silakan kirimkan kembali link produk terkait.

Perlindungan dan Pelanggaran Hak Merek

Bagaimana saya tahu hak merek dagang saya sedang dilanggar oleh konten yang diunggah oleh seorang pengguna di Tokopedia?

Dalam sistem perlindungan hak merek yang saat ini dianut oleh Indonesia, yakni sistem First to File, pelanggaran merek hanya terjadi apabila terdapat tindakan penggunaan merek terdaftar secara melawan hukum oleh pihak lain yang beriktikad buruk, yang dilakukan dalam masa perlindungan atas merek yang bersangkutan, dalam kelas barang yang sama, sebagaimana tertera dalam sertifikat hak mereknya. Tidak ada pelanggaran tanpa pendaftaran merek, karena dalam sistem First to File, perlindungan hukum hanya diberikan kepada pemilik merek terdaftar. Pelapor harus mampu menunjukkan sertifikat merek atau alas hak lainnya yang sah pada saat melakukan pelaporan atas suatu pelanggaran merek.

Syarat & Ketentuan Tokopedia dengan tegas telah melarang pengguna situs Tokopedia untuk mengunggah konten yang melanggar hak merek dagang orang lain. Jika tidak yakin apakah konten di situs Tokopedia melanggar hak merek dagang Anda, Anda dapat mencari nasihat hukum perihal apakah hak-hak Anda telah dilanggar.

Panduan Pengunggahan Produk Terkait Hak Merek

Bagaimana jika saya ingin mengunggah konten ke situs Tokopedia tapi saya tidak yakin apakah itu akan melanggar merek dagang seseorang?

Apabila Anda ingin mengunggah konten ke situs Tokopedia tapi tidak yakin apakah itu akan melanggar merek dagang seseorang, maka kami tidak dapat memberikan nasihat hukum kepada Anda. Jika Anda tidak yakin, jangan unggah konten-konten yang berpotensi melanggar hak merek orang lain ke Tokopedia. Jika Anda telah melakukannya, silakan segera hapus konten tersebut.

Bukan Pemegang Hak Merek

 

Dapatkah saya melaporkan pelanggaran hak merek dagang yang merupakan merek pihak lain?

Jika Anda bukan pemilik merek dagang atau pemegang lisensi atau penerima kuasa dari pemilik merek dagang, maka Anda TIDAK bisa melaporkan klaim pelanggaran kepada kami.

×