FAQ Seputar Mitra Toppers

Tokopedia menghadirkan fitur Mitra Toppers sebagai wadah bagi para merchant yang membutuhkan tambahan atau pinjaman modal usaha bagi pengembangan bisnis online nya. Dihadirkannya fitur Mitra Toppers karena Tokopedia percaya bahwa setiap orang dapat menciptakan peluang usahanya sendiri.

Proses Pengajuan Pinjaman

Bagaimana cara mengajukan permohonan pinjaman melalui Tokopedia?

Mengajukan pinjaman lewat Mitra Toppers sangat mudah. Simak penjelasan lebih lanjutnya di sini.

  1. Kunjungi halaman Mitra Toppers.
  2. Masukkan jumlah pinjaman yang Anda inginkan.
  3. Ceritakan diri Anda untuk mendapatkan pilihan produk yang cocok dengan Anda.
  4. Pilih produk pinjaman yang Anda inginkan. Anda juga bisa membandingkan produk yang satu dengan produk yang lain melalui fitur Bandingkan Pinjaman.
  5. Isi formulir data diri Anda secara lengkap dan benar kemudian klik Ajukan. Jangan lupa juga untuk membaca syarat dan ketentuan yang berlaku.
  6. Permohonan Anda akan kami teruskan kepada mitra penyedia pinjaman terkait, lalu masing-masing mitra penyedia pinjaman akan mengkaji ulang pengajuan pinjaman dan data-data yang Anda kirimkan.

Perlu kami infokan, dalam hal ini Tokopedia berperan sebagai jembatan antara Merchant dengan mitra penyedia pinjaman. Keputusan tentang pemberian pinjaman sepenuhnya ditentukan oleh mitra penyedia pinjaman yang bersangkutan. Untuk info selengkapnya tentang kelanjutan proses pinjaman, Anda bisa langsung menghubungi pihak mitra penyedia pinjaman yang Anda pilih.

 

Apakah ada biaya administrasi dalam proses pengajuan pinjaman?

Tokopedia tidak memungut biaya apapun kepada Merchant. Tujuan kami adalah membantu para Merchant Tokopedia untuk mendapatkan bantuan pinjaman dengan mudah sehingga usahanya dapat lebih berkembang. Namun dalam proses ini, ada beberapa mitra penyedia pinjaman yang menerapkan biaya administrasi. Besaran biaya administrasi untuk tiap mitra penyedia pinjaman bervariasi dan dapat dilihat di halaman pencarian pinjaman.

 

Apakah bisa mengajukan permohonan lebih dari satu mitra penyedia pinjaman secara bersamaan?

Ya. Anda bisa mengajukan permohonan pinjaman kepada lebih dari satu mitra penyedia pinjaman. Namun jika Anda sudah mendapat pinjaman produktif dari sebuah mitra penyedia pinjaman, maka permohonan untuk pinjaman berikutnya pada umumnya akan ditolak oleh mitra lain.

 

Bagaimana saya membandingkan program pinjaman yang satu dan lainnya?

Anda dapat membandingkan produk yang satu dengan yang lainnya secara mudah dengan menggunakan fitur Bandingkan Pinjaman. Fitur ini bisa Anda lihat di halaman pencarian pinjaman.

Anda pun dapat membandingkan maksimum 3 produk secara detail dalam waktu bersamaan. Tentunya fitur ini sangat membantu Anda memilih produk pinjaman yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

Berapa jumlah dan tenor pinjaman yang sebaiknya saya ajukan?

Jumlah dan tenor pinjaman sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jangan lupa juga untuk menghitung penjualan dan kesanggupan untuk cicilan tiap bulannya.

 

Kenapa permohonan saya belum ada tindak lanjut?

Tokopedia murni sebagai penghubung antara Merchant dengan pihak mitra penyedia pinjaman. Dengan kata lain, Tokopedia membantu menjembatani permohonan pinjaman dari Merchant, bukan sebagai pembuat keputusan. Untuk keterangan lebih lanjut tentang proses permohonan pinjaman, Anda dapat menghubungi pihak mitra penyedia pinjaman terkait.

Tokopedia juga akan menginformasikan status pinjaman melalui email apabila sudah ada informasi dari mitra penyedia pinjaman. Selain itu, pihak mitra hanya akan memproses pengajuan pinjaman selama hari kerja.

 

Berapa lama waktu yang diperlukan untuk mendapatkan dana?

Tiap mitra penyedia pinjaman memiliki waktu yang berbeda-beda untuk memproses pinjaman yang Anda ajukan. Anda bisa melihat estimasi waktu dari tiap mitra penyedia pinjaman di halaman pencarian pinjaman.

 

Apakah saya dapat kembali mendaftar jika pengajuan saya ditolak/expired?

Tentu saja Anda masih bisa mendaftarkan kembali jika ternyata pengajuan Anda ditolak oleh mitra sebelumnya. Mitra Toppers bekerja sama dengan banyak mitra penyedia pinjaman.

 

Apa tujuan saya menjawab pertanyaan data diri dengan baik?

Untuk memastikan produk pinjaman cocok dengan kebutuhan Anda. Selain itu juga untuk memudahkan mitra penyedia pinjaman memproses pengajuan pinjaman dana Anda.

Dokumen Pendukung Pinjaman

Apa itu SKU/SKDU/IUMK/SIUP?

  1. SKU (Surat Keterangan Usaha) merupakan surat yang dibuat oleh petugas berwenang, dalam hal ini Kelurahan atau Kepala Desa, untuk menerangkan bahwa orang yang namanya tertera dalam surat tersebut benar merupakan penduduk di RT dan RW yang berada di bawah Kelurahan atau Desa tersebut dan benar memiliki sebuah usaha yang disebutkan dalam surat tersebut.
  2. SKDU (Surat Keterangan Domisili Usaha) merupakan surat yang menerangkan domisili suatu badan usaha, dalam hal ini Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Selain itu, surat ini juga sebagai tanda bukti domisili UKM Anda.
  3. IUMK (Izin Usaha Mikro dan Kecil) merupakan tanda legalitas bagi pelaku usaha berupa izin usaha mikro dan kecil. Untuk pengurusan IUMK bisa melalui lurah atau camat.
  4. SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) merupakan dokumen yang diperlukan dan diwajibkan bagi orang perseorangan maupun badan usaha yang akan mendirikan usaha perdagangan.

 

Apa itu NPWP pribadi/NPWP badan?

NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) merupakan nomor yang diberikan kepada wajib pajak untuk mempermudah administrasi perpajakan yang dipergunakan sebagai tanda pengenal diri atau identitas wajib pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakan.

NPWP bisa dikategorikan menjadi 2 jenis, yang pertama NPWP Pribadi apabila bentuk usahanya perseorangan, yang ke dua NPWP Badan apabila bentuk usahanya sudah CV atau PT.

 

Apa itu jaminan/agunan?

Jaminan / agunan adalah aset yang dijaminkan kepada pihak penyedia jasa pinjaman. Jaminan / agunan bisa berupa tanah, motor, mobil, rumah, ruko, barang inventori dan lainnya.

 

Apakah saya harus memberikan agunan untuk mendapatkan pinjaman?

Untuk mendapatkan pinjaman tidak wajib memberikan agunan. Agunan tidak diwajibkan untuk semua produk pinjaman. Untuk beberapa produk pinjaman memerlukan adanya agunan. Silakan lihat lebih lanjut di Fitur Bandingkan Pinjaman.

Tips Meningkatkan Kesempatan Mendapatkan Pinjaman

Caranya mudah, cukup dengan aktif berjualan di Tokopedia dan terus meningkatkan penjualan akan memperbesar kesempatan untuk mendapatkan pinjaman melalui Mitra Toppers. Untuk tips dan trik meningkatkan penjualan dapat kunjungi Seller Center Tokopedia.

Tentang Mitra Toppers

Siapa yang dimaksud mitra penyedia pinjaman?

Mitra penyedia pinjaman adalah mitra yang bekerja sama dengan Tokopedia untuk membantu menyalurkan dana pinjaman kepada merchant Tokopedia. Mitra penyedia pinjaman dapat berupa bank maupun non-bank yang memberikan produk bervariasi untuk memenuhi kebutuhan yang beragam dari merchant.

 

Siapa saja yang dapat mengajukan pinjaman melalui Mitra Toppers?

Merchant-merchant aktif Tokopedia dengan usia toko minimum 6 bulan dan memiliki tingkat penjualan yang memenuhi syarat dari mitra penyedia pinjaman.

 

Apakah berbeda jika saya mendaftar langsung ke mitra dengan mendaftar melalui Mitra Toppers?

Ya berbeda. Melalui Mitra Toppers, Tokopedia akan membantu memberikan data pendukung kepada mitra penyedia pinjaman, sehingga akan meningkatkan kredibilitas dan memperbesar peluang Anda untuk mendapatkan pendanaan.

Tokopedia senantiasa berdiskusi dengan mitra untuk memberikan produk terbaik untuk Anda. Tidak menutup kemungkinan, pihak mitra menyediakan program pinjaman baru untuk memenuhi kebutuhan merchant Tokopedia.

 

Apa arti rating/bintang pada program pinjaman?

Rating/bintang yang ada pada program pinjaman mengandung unsur kesesuaian produk dengan kebutuhan merchant. Rating yang lebih baik menunjukkan semakin tinggi kesesuaian program tersebut dengan kebutuhan Anda.

 

Apa itu popularitas program?

Popularitas merupakan sebuah filter pada halaman pencarian program pinjaman yang melambangkan seberapa populer program pinjaman tersebut.

 

Apa itu tingkat keberhasilan?

Tingkat keberhasilan merupakan suatu indikator peluang merchant untuk mendapatkan pendanaan dari mitra penyedia pinjaman tersebut. Tingkat keberhasilan ditampilkan sesuai dengan kesesuaian produk dan history pinjaman di Mitra Toppers.

 

Apakah meminjam di mitra penyedia pinjaman itu aman?

Tentu saja aman karena semua mitra penyedia pinjaman yang bekerja sama dengan Tokopedia merupakan pihak perbankan, multifinance dan finansial technology yang sudah terpercaya di Indonesia.

Tokopedia telah melakukan pengecekan terhadap masing-masing mitra penyedia pinjaman dan memberikan informasi setransparan mungkin atas mitra maupun program pinjaman yang ditawarkan.

 

Apakah keamanan data saya terjamin?

Tokopedia menjamin keamanan data Merchant dan hanya akan digunakan untuk kepentingan pengajuan pinjaman ke pihak mitra penyedia pinjaman. Tokopedia memiliki perjanjian terpisah dengan para pihak mitra penyedia pinjaman untuk menjamin keamanan data Anda.

 

Apa arti promo Mitra Toppers dan lainnya?

Promo Mitra Toppers merupakan penawaran khusus yang terbatas dari tiap mitra penyedia pinjaman untuk merchant-merchant Tokopedia. Program ini dapat membantu merchant memperoleh banyak kemudahan dan manfaat lebih dari Mitra Toppers. Untuk info terkait promo yang sedang berlangsung, bisa Anda lihat di sini.

 

Kendala Pinjaman

Mengapa jumlah cicilan yang saya bayar berbeda dengan yang tertera di halaman Mitra Toppers?

Nominal cicilan per bulan yang tertera hanyalah perkiraan. Untuk nominal cicilan per bulan yang akan Anda bayarkan, akan diinfokan lebih lengkap oleh pihak mitra terkait.

 

Apa yang terjadi jika saya gagal mengembalikan pinjaman?

Tiap mitra penyedia pinjaman mengenakan biaya keterlambatan pembayaran yang berbeda antara satu dan yang lainnya sehingga hal ini dapat mengakibatkan jumlah yang harus dibayarkan bertambah. Selain itu, keterlambatan pembayaran juga akan menyebabkan kredibilitas Anda di Tokopedia menjadi kurang baik.

Tips Memanfaatkan Pinjaman untuk Meningkatkan Penjualan

Anda dapat memanfaatkan dana pinjaman untuk mengembangkan toko dengan cara:

  1. Memperbanyak stok dan varian produk untuk memenuhi permintaan pasar.
  2. Mempekerjakan karyawan baru untuk membantu kelola toko.
  3. Melakukan promosi untuk menjangkau pasar yang lebih luas dan memperkuat branding toko online Anda.
×