Tiket Pesawat

Cara Mengajukan Refund

Pengajuan refund dapat dilakukan melalui Tokopedia. Proses refund untuk tiket pesawat membutuhkan waktu 7-30 hari kerja setelah permohonan refund diterima, sesuai dengan kebijakan maskapai. Anda bisa mengunjungi halaman Pengembalian Dana dan Penggantian Jadwal untuk info kebijakan Maskapai dan FAQ Seputar Tiket pesawat untuk informasi lebih lanjut.

  • Desktop
  • Mobile
  • Apps
  1. Masuk ke halaman Pesawat dan login menggunakan akun Tokopedia Anda.
  2. Klik Daftar Transaksi.
  3. Pilih transaksi tiket pesawat yang ingin Anda batalkan dan klik Batalkan.
  4. Klik Saya ingin membatalkan tiket pesawat.
  5. Klik Ya, saya butuh bantuan lain.
  6. Isi semua data yang dibutuhkan, diantaranya; data nama dan foto identitas penumpang yang ingin dibatalkan keberangkatannya.  User-added image
  7. Klik Kirim Sekarang dan pengajuan refund Anda telah kami terima. Jika pembatalan berhasil dilakukan, Anda akan mendapatkan email konfirmasi.
  1. Klik icon
  2. Klik Pembelian dan pilih Daftar Transaksi.
  3. Klik Tiket Pesawat.
  4. Pilih transaksi tiket pesawat yang ingin Anda batalkan dan klik Batalkan.
  5. Pilih Saya ingin membatalkan tiket pesawat.
  6. Klik Ya, saya butuh bantuan lain.
  7. Isi semua data yang dibutuhkan, diantaranya : data nama dan foto identitas penumpang yang ingin dibatalkan keberangkatannya. User-added image
  8. Klik Kirim Sekarang dan pengajuan refund Anda telah kami terima. Jika pembatalan berhasil dilakukan, Anda akan mendapatkan email konfirmasi.
  1. Klik menu akun saya di sisi kanan aplikasi User-added image
  2. Klik Pesawat User-added image
  3. Pilih transaksi tiket pesawat yang ingin Anda batalkan dan klik Batalkan
  4. Pilih Saya ingin membatalkan tiket pesawat
  5. Klik Ya, saya butuh bantuan lain
  6. Isi semua data yang dibutuhkan, diantaranya : data nama dan foto identitas penumpang yang ingin dibatalkan keberangkatannya. User-added image
  7. Klik Kirim Sekarang dan pengajuan refund Anda telah kami terima. Jika pembatalan berhasil dilakukan, Anda akan mendapatkan email konfirmasi.

 

Asuransi Perjalanan

Syarat dan Ketentuan
Syarat dan Ketentuan layanan Asuransi Perjalanan merupakan bagian dari Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi Tokopedia. Penggunaan layanan Asuransi Perjalanan tunduk pada Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi, Kebijakan Privasi, serta Syarat dan Ketentuan yang tertulis dibawah ini. Pengguna disarankan membaca dengan seksama karena dapat berdampak kepada hak dan kewajiban pengguna secara hukum.

Dengan mendaftar dan/atau menggunakan situs www.tokopedia.com, maka pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui semua isi dalam Syarat dan Ketentuan. Syarat dan Ketentuan ini merupakan bentuk kesepakatan yang dituangkan dalam sebuah perjanjian yang sah antara Pengguna dengan PT Tokopedia. Jika pengguna tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi Syarat dan Ketentuan, maka pengguna tidak diperkenankan menggunakan layanan di www.tokopedia.com.

A. Definisi

  1. Tokopedia adalah PT Tokopedia dan seluruh afiliasi atau anak perusahaannya, suatu perseroan terbatas yang menjalankan kegiatan usaha jasa web portal www.tokopedia.com, yakni situs pencarian toko dan Barang yang dijual oleh penjual terdaftar.
  2. Situs/Aplikasi adalah situs www.tokopedia.com milik Tokopedia yang dapat diakses melalui desktop site dan/atau aplikasi yang berbasis Android atau iOS.
  3. Zurich adalah PT Zurich Insurance Indonesia, perusahaan yang bergerak dalam bidang asuransi umum dan telah memiliki izin dari pihak yang berwenang berdasarkan peraturan yang berlaku dan merupakan mitra Tokopedia untuk menyediakan Produk Asuransi pada Situs/Aplikasi.
  4. Cek Premi adalah PT Reventon Mitra Pratama, agen asuransi Zurich yang telah memiliki izin dari pihak yang berwenang berdasarkan peraturan yang berlaku.
  5. Pengguna adalah pihak yang terdaftar dan/atau menggunakan Situs Tokopedia dan dalam hal ini yang melakukan pembelian Produk Asuransi melalui Situs Tokopedia.
  6. Klaim adalah tuntutan ganti kerugian yang diajukan oleh Pengguna kepada Zurich sebagai akibat terjadinya risiko-risiko yang dipertanggungkan berdasarkan syarat-syarat dan ketentuan-ketentuan yang diatur dalam Polis Asuransi, yang mencakup Klaim instan dan Klaim non instan, maupun klaim lain sebagaimana disepakati kemudian oleh Para Pihak.
  7. Premi adalah sejumlah biaya tertentu yang ditetapkan oleh Zurich dan dibayar oleh Pengguna untuk membeli Produk Asuransi.
  8. Produk Asuransi adalah produk-produk asuransi milik Zurich, dalam hal ini adalah produk Asuransi Perjalanan Domestik dan produk Asuransi Perjalanan Internasional, yang dalam hal ini disediakan dan dipasarkan oleh Zurich melalui Situs Tokopedia.
  9. Polis Asuransi adalah kontrak asuransi, termasuk perubahan-perubahannya, yang berisikan syarat-syarat dan ketentuan-ketentuan dari Produk Asuransi.
  10. Ketentuan Polis adalah bagian dari Polis Asuransi yang berisi ketentuan, kondisi dan persyaratan suatu pertanggungan/jaminan asuransi, yang dikeluarkan oleh suatu perusahaan asuransi tertentu.
  11. Ketentuan Situs adalah Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi, Kebijakan Privasi, Syarat dan Ketentuan ini dan setiap Syarat dan Ketentuan lain yang dapat berlaku untuk atau sehubungan dengan penggunaan Situs/Aplikasi dan seluruh fitur yang terdapat di dalamnya.
  12. Syarat dan Ketentuan adalah Syarat dan Ketentuan untuk menggunakan Asuransi Perjalanan.

B. Umum

  1. Pembelian Produk Asuransi hanya dapat digunakan oleh Pembeli yang terdaftar sebagai Pengguna Tokopedia.
  2. Premi asuransi tidak dapat dikembalikan (non-refundable).
  3. Pengelolaan Premi, termasuk namun tidak terbatas pada penerimaan pengajuan permohonan layanan Asuransi Perjalanan, penerimaan Premi, dan sebagainya, merupakan kewenangan dan dilakukan oleh Zurich.
  4. Tokopedia tidak melakukan pengelolaan terhadap Premi dan hanya berperan sebagai perantara antara Pengguna dengan Zurich dan Cek Premi melalui Situs/Aplikasi.
  5. Dalam menggunakan layanan Produk Asuransi, Pengguna memahami dan menyetujui bahwa Tokopedia akan meneruskan pembayaran Premi Pengguna kepada Zurich melalui Cek Premi.
  6. Dalam menggunakan layanan Produk Asuransi, Pengguna setuju untuk mengajukan Klaim kepada Zurich melalui Cek Premi.
  7. Pengajuan Klaim harus diajukan dalam jangka waktu 30 (tiga puluh) hari sejak tanggal kejadian kerugian oleh Pengguna disertai dokumen atau bukti lainnya (dapat diakses DISINI) untuk mempermudah proses verifikasi Klaim. Segala biaya yang timbul untuk mendapatkan dokumen atau bukti tersebut merupakan tanggung jawab Pengguna.
  8. Pengajuan Klaim dapat langsung menghubungi Customer Care Center 24 jam Zurich (1500-987) atau Cek Premi (021-5020-0879) dan untuk semua pengajuan Klaim akan diproses oleh Zurich.
  9. Dengan menggunakan layanan Produk Asuransi, Pengguna akan mendapatkan rencana dan manfaat asuransi yang dapat diakses DISINI.
  10. Dengan menggunakan layanan Produk Asuransi, Pengguna memberikan wewenang kepada Tokopedia untuk memberikan informasi yang tertera di form aplikasi, atau informasi lainnya jika diminta, kepada Zurich.
  11. Tokopedia tidak memiliki kewajiban dan tanggung jawab apa pun terkait dengan pembelian Produk Asuransi oleh Pengguna.
  12. Tokopedia berhak, tanpa pemberitahuan sebelumnya, melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan apabila ditemukan tindakan kecurangan dari Pengguna.
  13. Asuransi Perjalanan khusus untuk pertanggungan manfaat pembatalan perjalanan akan berlaku efektif setelah penerbitan Polis Asuransi dan berakhir saat dimulainya perjalanan yang direncanakan dari Indonesia. Asuransi Perjalanan untuk manfaat lainnya akan dimulai pada saat dimulainya perjalanan.
  14. Asuransi Perjalanan secara otomatis berakhir saat kedatangan Pengguna di lokasi asal (untuk perjalanan pulang pergi), atau saat kedatangan Pengguna di tujuan (untuk perjalanan sekali jalan).
  15. Dengan menggunakan layanan Produk Asuransi, Pengguna setuju dengan syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Zurich, termasuk namun tidak terbatas pada menghormati keputusan Zurich.
  16. Pengguna disarankan untuk membaca dengan seksama semua penjelasan tentang jaminan dan pengecualian yang terkandung dalam Ketentuan Polis Zurich.

C. Kelayakan Pengguna

Pengguna sangat disarankan untuk membaca dengan seksama kelayakan Pengguna yang terdapat dalam Syarat dan Ketentuan. Pengguna dapat menggunakan layanan Asuransi Perjalanan apabila:

  1. Permohonan layanan Asuransi Perjalanan telah disetujui oleh Zurich.
  2. Merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) atau WNA yang memiliki izin untuk bertempat tinggal di Indonesia.
  3. Minimal berusia 12 (dua belas) tahun.
  4. Menggunakan penerbangan dengan rute awal dari Indonesia.
  5. Jaminan Asuransi tidak berlaku untuk atau apabila:
  • Perihal yang terkait dengan kehamilan dan persalinan.
  • Bertentangan dengan saran medis dari dokter.
  • Tujuan perjalanan untuk mendapatkan perawatan medis dan segala hal yang terkait dengan masalah kesehatan.
  • Setiap kondisi medis yang sudah ada (penyakit/kondisi bawaan).
  • Setiap penyakit atau kondisi menular secara seksual.
  • Bunuh diri, percobaan bunuh diri atau melukai diri yang disengaja.
  • Kelainan jiwa, penyakit jiwa atau penyakit-penyakit yang berhubungan dengan sistem saraf.
  • Setiap penyalahgunaan obat-obatan terlarang yang tidak diresepkan oleh dokter, atau dibawah pengaruh alkohol.
  • Semua kondisi yang terkait dengan Herniated Nucleus Pulposus (HNP).
  • Perjalanan udara selain sebagai penumpang yang membayar tiket pada maskapai penerbangan reguler terjadwal atau pesawat carteran berlisensi.
  • Setiap kegiatan yang terlibat dalam, berlatih untuk mengambil bagian dalam pelatihan khusus untuk olahraga ekstrim dan kejuaraan.
  • Terlibat dalam pekerjaan berisiko tinggi.
  • Tindakan ilegal atau melanggar hukum apa pun oleh Pengguna.
  • Setiap kehilangan terjadi melalui tindakan yang disengaja atau jahat atau keterlibatan Pengguna.
  • Kegagalan Pengguna untuk menjaga kesehatan dengan melakukan vaksinasi dan inokulasi yang direkomendasikan untuk perjalanan, memastikan bahwa mereka memiliki dokumen perjalanan yang sah untuk perjalanan, termasuk paspor, visa dan surat izin mengemudi di mana diperlukan, melindungi harta benda atau mencegah kecelakaan, memakai helm kecelakaan seperti pengemudi atau penumpang kendaraan roda dua, mengambil semua langkah yang wajar untuk memulihkan setiap barang apapun.
  • Setiap kerugian yang disebabkan oleh Pengguna yang bepergian melawan saran dari pemerintah, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) atau badan terkait lainnya ke dalam area terlarang/sangsi.
  • Kerugian yang tidak dapat dijelaskan atau kehilangan yang misterius.
  • Segala bentuk kerugian bisnis apa pun.
  • Setiap kejadian yang timbul akibat perang, invasi, tindakan dari negara musuh, permusuhan (apakah perang dinyatakan atau tidak), perang saudara, pemberontakan, pembangkitan rakyat, kekuatan militer atau kudeta politik.
  • Segala klaim yang terjadi saat melakukan perjalanan ke negara Afganistan, Irak, Liberia, Libya, Mali, Syria, Somalia atau Sudan atau negara/wilayah lainnya yang diinformasikan sebagai negara/wilayah yang tidak aman untuk dikunjungi oleh Pengguna berdasarkan informasi dari Instansi yang berwenang.
  • Ionisasi, radiasi atau kontaminasi oleh aktivitas radioaktif dari bahan bakar nuklir atau dari limbah nuklir hasil pembakaran bahan nuklir.

Rencana dan Manfaat
Perjalanan:
Artinya perjalanan sekali jalan atau perjalanan pulang pergi.

Perjalanan Domestik:
Perjalanan yang dilakukan di Indonesia.

Perjalanan Internasional:
Perjalanan yang dilakukan dari Indonesia.

Perjalanan Sekali Jalan (One Way Trip):
Artinya suatu perjalanan sekali jalan yang dilakukan oleh wisatawan dari Indonesia dengan Penerbangan Terjadwal dan akan dimulai 3 (tiga) jam sebelum keberangkatan dari Penerbangan Terjadwal dan berakhir sejak saat wisatawan tiba di tempat atau di negara tujuan, atau tanggal akhir Periode Pertanggungan, manapun yang lebih awal.

Perjalanan Pulang Pergi (Round Trip):
Artinya suatu perjalanan balik yang dilakukan oleh wisatawan dari Indonesia dengan Perjalanan Terjadwal dan akan dimulai 3 (tiga) jam sebelum keberangkatan dari Perjalanan Terjadwal serta berakhir 3 (tiga) jam setelah waktu kedatangan yang sebenarnya dari Perjalanan Terjadwal di tempat tujuan di Indonesia.

Perjalanan Terjadwal:
Artinya perjalanan yang terkait dengan rincian perjalanan yang ditetapkan dalam rencana perjalanan yang diterbitkan oleh Maskapai Penerbangan melalui Situs/Aplikasi Tokopedia.

Rencana Perjalanan Tokopedia:
Rencana perjalanan yang diterbitkan kepada Pengguna Tokopedia ketika memesan perjalanan terjadwal.

User-added image

Cara Klaim
Cara Mengajukan Klaim
Klaim asuransi dapat diajukan melalui email dan surat pos. Untuk mengajukan klaim Asuransi Anda, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

Pengajuan Klaim melalui Email atau Posting Surat

  1. Unduh formulir klaim Asuransi Perjalanan Zurich yang ada didalam Ketentuan Polis. Klaim Anda harus diajukan paling lambat dalam 30 (tiga puluh) hari sejak tanggal kejadian.
  2. Mohon lengkapi data dan pertanyaan yang relevan dari formulir klaim. Dengan kekurangan informasi yang diberikan dapat berpotensi untuk menghambat proses klaim Anda.
  3. Pastikan Anda melampirkan semua dokumen pendukung yang diperlukan. Dokumen yang tidak lengkap akan mengakibatkan perlunya klarifikasi dan dengan demikian akan menunda proses klaim Anda.
  4. Formulir klaim Anda dan dokumen pendukung dapat dikirimkan melalui email di layanan. layanan.pelanggan@cekpremi.com atau melalui pos ke kantor Zurich Insurance Indonesia.
  5. Setelah klaim telah diajukan, Anda akan menerima konfirmasi dari nomor klaim Anda dalam waktu 3 (tiga) hari kerja setelah Zurich Insurance Indonesia telah menerima semua dokumen Anda.

Dokumen yang diperlukan untuk Pengajuan Klaim
User-added image

Jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut mengenai klaim Anda, silahkan hubungi PT. Zurich Insurance Indonesia atau Cekpremi.com (Mitra PT. Zurich Insurance Indonesia):

PT Zurich Insurance Indonesia
Mayapada Tower II 5th FLoor
Jl. Jend. Sudirman Kav 27
Jakarta 12920, IndonesiaTelepon: 1500-987 (24 jam)
Email: zii.hotline@zurich.com
PT Reventon Mitra Pratama
Ruko Icon 21 Kebon Jeruk B/17
Jl. Meruya Ilir Raya
Srengseng-Kembangan
Jakarta 11630, Indonesia
Telepon: +62 21 5020 0879
(Weekdays: 08.00-20.00 & Weekend: 09.00-18.00, closed Public Holiday)
Email: layanan.pelanggan@cekpremi.com

FAQ
Pertanyaan yang Sering Ditanyakan (FAQ)
Temukan jawaban atas pertanyaan Anda tentang Asuransi Perjalanan Zurich disini!

1. Apa itu Asuransi Perjalanan?

Jawab: Asuransi Perjalanan adalah produk dari PT. Zurich Insurance Indonesia yang dirancang khusus untuk Pengguna Tokopedia.

2. Siapa yang dapat membeli Asuransi Perjalanan?

Jawab: Anda yang berdomisili di Indonesia dan/atau memiliki izin untuk tinggal di Indonesia (khusus WNA), minimal harus berusia 12 (dua belas) tahun pada Tanggal Efektif Polis Asuransi dan telah memperoleh Rencana Perjalanan (itinerary) dengan keberangkatan dari Indonesia.

3. Bagaimana Asuransi Perjalanan melindungi perjalanan Saya?

Jawab: Penerbangan Anda harus berasal dari Indonesia untuk dapat ditanggung oleh Zurich Insurance.

4. Berapa biaya Asuransi Perjalanan?

Jawab: Biaya Asuransi Perjalanan (premi) tergantung pada penerbangan yang Anda beli. Harga persis dari premi asuransi dapat dilihat di Formulir Pemesanan (booking form).

5. Apa yang dilindungi Asuransi Perjalanan?

Jawab: Silahkan lihat Rencana dan Manfaat.

6. Saya memesan penerbangan di Tokopedia, tetapi lupa membeli asuransi. Bisakah Saya menambahkan asuransi ke pemesanan Saya?

Jawab: Untuk saat ini, Asuransi Perjalanan hanya dapat dibeli bersamaan dengan pembelian tiket pesawat.

7. Dapatkah Saya membeli Asuransi Perjalanan untuk Perjalanan Pulang Pergi lebih dari 31 (tiga puluh satu) hari?

Jawab: Asuransi Perjalanan saat ini hanya tersedia untuk maksimum 31 (tiga puluh satu) hari.

8. Saya harus membatalkan perjalanan Saya. Apakah Saya akan mendapatkan pengembalian uang untuk asuransi Saya?

Jawab: Asuransi perjalanan tidak dapat dibatalkan dan tidak terdapat pengembalian premi asuransi (non refundable).

9. Bagaimana cara Saya mengajukan klaim?

Jawab: Silahkan lihat Cara Klaim.

10. Apakah ada batas waktu untuk mengajukan klaim?

Jawab: Klaim harus diajukan paling lambat dalam jangka waktu 30 (tiga puluh) hari setelah tanggal kejadian.

11. Berapa lama waktu yang diperlukan untuk memproses klaim?

Jawab: Klaim akan diproses dalam waktu maksimum 5 (lima) hari kerja setelah dokumen lengkap telah diterima oleh PT. Zurich Insurance Indonesia.

12. Jika memerlukan bantuan mengenai asuransi perjalanan, kemana saya harus menghubungi?

Jawab: Anda dapat mengikuti langkah di bawah ini. Namun, perlu diketahui untuk saat ini cara berikut hanya dapat dilakukan melalui Android.
User-added image

Info Lainnya
Manfaat apa yang akan Anda dapatkan dari Asuransi Perjalanan Zurich?
Temukan ringkasan Manfaat asuransi perjalanan Anda dengan meng-klik tiap-tiap judul manfaat di bawah.

User-added image
Santunan untuk Perlindungan Kecelakaan Diri maksimum hingga Rp 300.000.000, dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Bagi Anda yang berusia kurang dari atau sama dengan 75 tahun, limit santunan adalah 100% dari Tabel Manfaat.
  2. Bagi Anda yang berusia di atas 75 tahun, limit santunan adalah 50% dari Tabel Manfaat.

Zurich akan membayar manfaat seperti di bawah ini jika Anda, dalam penerbangannya atau selama perjalanannya, menderita cedera yang dalam waktu 12 (dua belas) bulan berturut-turut setelah Kecelakaan menyebabkan Kejadian seperti yang diatur di dalam tabel berikut:
User-added image
Manfaat tidak akan dibayarkan untuk lebih dari satu cedera yang tercantum dalam Tabel Manfaat sehubungan dengan kecelakaan yang sama. Jika lebih dari satu cedera terjadi akibat kecelakaan yang sama, Zurich hanya akan bertanggung jawab atas cedera dengan nilai manfaat tertinggi. Jaminan atas Manfaat ini akan berakhir pada saat terjadinya kerugian dimana pembayaran ganti rugi dilakukan berdasarkan salah satu dari kejadian yang tercantum di atas, namun hal ini tidak akan mengurangi klaim lain yang berasal dari kecelakaan yang menyebabkan kerugian tersebut.

Jaminan Asuransi pada bagian ini tunduk pada PENGECUALIAN UMUM YANG BERLAKU UNTUK SEMUA BAGIAN yang dapat ditemukan di dalam Policy Wording Asuransi Perjalanan Domestik & Asuransi Internasional Zurich, Anda sangat disarankan untuk membaca Policy Wording dengan seksama.

User-added image
Penggantian hingga maksimum Rp. 25,000,000, berlaku untuk Paket Perjalanan Domestik dan Internasional. Zurich akan membayar biaya perjalanan dan akomodasi yang telah dibayar sebelumnya oleh Anda atau dimana Anda harus bertanggung jawab jika harus membatalkan seluruh perjalanan sebelum dimulai.

Spesifikasi penyebab yang diakui dalam Pembatalan Perjalanan:

  1. Jika Anda mengalami cedera setelah asuransi ini dibeli dan dibayar yang terjadi dalam 14 (empat belas) hari sebelum jadwal keberangkatan Anda dari Indonesia; atau
  2. JIka asuransi ini dibeli dan dibayar sebelum Anda yang bersangkutan menyadari adanya suatu kondisi yang dapat merubah rencana perjalanannya, yang terjadi dalam 14 (empat belas) hari sebelum jadwal keberangkatan Anda dari Indonesia karena:
  • Kondisi medis yang serius, karantina atau meninggalnya Anda; atau
  • Kondisi medis yang serius yang tak terduga dan tiba-tiba atau kematian anggota keluarga, mitra bisnis atau teman perjalanan; atau
  • Anda menerima panggilan yang tidak terduga dan tidak terhindarkan untuk menjadi saksi di pengadilan yudisial; atau
  • Pemogokan yang tak terduga, kerusuhan, terorisme atau kondisi cuaca buruk di tempat tujuan yang direncanakan; atau
  • Kerugian serius akibat kebakaran, banjir atau pencurian atau kerusakan pada rumah atau tempat usaha Anda.

Jika pembayaran telah dibuat dengan menggunakan poin frequent flyer yang tidak dapat dipindahtangankan, air miles atau penghargaan loyalitas, penyelesaian klaim akan didasarkan pada tarif penerbangan terendah yang tersedia untuk pemesanan penerbangan awal jika mereka tidak dapat ditransfer.

Jaminan Asuransi pada bagian ini tunduk pada PENGECUALIAN UMUM YANG BERLAKU UNTUK SEMUA BAGIAN yang dapat ditemukan di dalam Policy Wording Asuransi Perjalanan Domestik & Asuransi Internasional Zurich, Anda sangat disarankan untuk membaca Policy Wording dengan seksama.

User-added image
Santunan Rp500.000 per 2 (dua) jam berturut-turut, maksimum hingga Rp3.000.000 / polis / Anda, untuk setiap penundaan penerbangan dari waktu yang ditentukan dalam itinerary/rencana perjalanan, karena pemogokan atau tindakan industrial lainnya, kerusuhan, pembajakan, tindakan terorisme, kondisi cuaca buruk/bencana alam, kerusakan mekanis atau listrik dari pesawat udara.

Penundaan Perjalanan (Travel Delay) harus diverifikasi secara tertulis oleh maskapai penerbangan atau agen penanganannya, serta jumlah jam yang tertunda dan alasan penundaan.

Jaminan Asuransi pada bagian ini tunduk pada PENGECUALIAN UMUM YANG BERLAKU UNTUK SEMUA BAGIAN yang dapat ditemukan di dalam Policy Wording Asuransi Perjalanan Domestik & Asuransi Internasional Zurich, Anda sangat disarankan untuk membaca Policy Wording dengan seksama.

User-added image
Penggantian tiket pesawat kelas ekonomi hingga Rp7.500.000 apabila Anda kehilangan pesawat lanjutan pada titik transfer, sebagai akibat dari keterlambatan penerbangan yang dialami Anda sebelumnya.

Rincian miskoneksi (ketidaksinambungan) perjalanan harus diverifikasi oleh maskapai penerbangan atau agen penanganannya, serta alasan untuk miskoneksi perjalanan, jadwal dan waktu kedatangan yang sebenarnya dari penerbangan awal.

Jaminan Asuransi pada bagian ini tunduk pada PENGECUALIAN UMUM YANG BERLAKU UNTUK SEMUA BAGIAN yang dapat ditemukan di dalam Policy Wording Asuransi Perjalanan Domestik & Asuransi Internasional Zurich, Anda sangat disarankan untuk membaca Policy Wording dengan seksama.

User-added image
Jika bagasi masuk (check-in) yang dibawa Anda tertunda, salah pengiriman atau salah penempatan untuk sementara oleh pihak maskapai, setelah waktu kedatangan di negara/kota tujuan Anda yang telah dijadwalkan oleh pesawat udara, Zurich akan membayar sejumlah RP500.000 per 2 (dua) jam berturut-turut, maksimum hingga Rp3.000.000 / polis / Anda untuk membantu Anda membeli kebutuhan pokok.

Jaminan Asuransi pada bagian ini tunduk pada PENGECUALIAN UMUM YANG BERLAKU UNTUK SEMUA BAGIAN yang dapat ditemukan di dalam Policy Wording Asuransi Perjalanan Domestik & Asuransi Internasional Zurich, Anda sangat disarankan untuk membaca Policy Wording dengan seksama.

User-added image
Jika barang-barang pribadi, termasuk bagasi, milik dan biasanya dipakai atau dibawa oleh Anda hilang secara tiba-tiba, dicuri, hancur atau rusak akibat kecelakaan selama perjalanan, Zurich akan mebayar biaya penggantian atau perbaikan setelah dikurangi nilai penyusutan karena pemakaian sampai dengan maksimum Rp500.000.

Jika bagasi masuk (check-in) yang dibawa Anda tertunda, salah pengiriman atau salah penempatan untuk sementara oleh pihak transportasi untuk jangka waktu lebih dari 120 (seratus dua puluh) jam berturut-turut setelah waktu kedatangan pada tujuan yang telah dijadwalkan oleh pesawat udara, maka akan dianggap hilang jika pihak transportasi tidak dapat memberikan informasi mengenai keberadaan bagasi tersebut.

Zurich hanya akan mebayar barang-barang pribadi yang dicuri dari kendaraan tanpa pengawasan jika:

  1. Barang-barang tersebut tidak terlihat karena terkunci di dalam bagasi, dalam laci atau dalam kompartemen di dalam kendaraan; dan
  2. Jika ada bukti nyata akan adanya unsur paksa dan kekerasan untuk masuk ke dalam kendaraan.

dan tidak akan membayar lebih dari jumlah manfaat untuk Perlindungan Bagasi Pribadi dalam kendaraan tanpa pengawasan sesuai yang tercantum dalam Sertifikat / Polis Asuransi.

Jaminan Asuransi pada bagian ini tunduk pada PENGECUALIAN UMUM YANG BERLAKU UNTUK SEMUA BAGIAN yang dapat ditemukan di dalam Policy Wording Asuransi Perjalanan Domestik & Asuransi Internasional Zurich, Anda sangat disarankan untuk membaca Policy Wording dengan seksama.

User-added image
Polis ini memberikan akses ke hotline telepon dan layanan rujukan Zurich Assist 24 jam: +62 21 3044 9777 selama Traveler berada di luar negeri Zurich Assist memberikan pelayanan dalam hal Kedutaan, Bantuan Juru Bahasa, Bantuan Ahli Hukum, Bantuan Kehilangan Bagasi, Kehilangan Paspor, Nasehat Medis melalui telepon, Vaksinasi dan Visa, informasi cuaca dan nilai tukar mata uang.

Jaminan Asuransi pada bagian ini tunduk pada PENGECUALIAN UMUM YANG BERLAKU UNTUK SEMUA BAGIAN yang dapat ditemukan di dalam Policy Wording Asuransi Perjalanan Domestik & Asuransi Internasional Zurich, Anda sangat disarankan untuk membaca Policy Wording dengan seksama.

User-added image
Zurich akan membayar manfaat pertanggungan di semua bagian dari Polis Asuransi untuk kerugian yang timbul secara langsung atau tidak langsung dari tindakan terorisme yang terjadi saat Anda dalam suatu perjalanan, dengan tunduk pada batas, syarat dan pengecualian dari Polis asuransi.

Jaminan Asuransi pada bagian ini tunduk pada PENGECUALIAN UMUM YANG BERLAKU UNTUK SEMUA BAGIAN yang dapat ditemukan di dalam Policy Wording Asuransi Perjalanan Domestik & Asuransi Internasional Zurich, Anda sangat disarankan untuk membaca Policy Wording dengan seksama.

Contact Center
Hubungi Zurich Insurance Indonesia

Silahkan menghubungi Zurich jika Anda mempunyai pertanyaan lain atau membutuhkan bantuan.

User-added image
User-added image 1500-987
Kantor Pelayanan Klaim:
Plasa Sentral, Lt. 5B
Jl. Jend. Sudirman Kav 47
Jakarta 12930, Indonesia
Email : zii.hotline@zurich.com

Kantor Pusat:
Mayapada Tower II 5th Floor
Jl. Jend. Sudirman Kav 27
Jakarta 12920, Indonesia
Email : zii.info@zurich.com

Hubungi Cekpremi.com

Silahkan menghubungi Cekpremi.com untuk pertanyaan lebih lanjut, bantuan lain dan monitoring klaim Anda.
User-added image
021-5020-0879
(Weekdays : 08.00-20.00 & Weekend : 09.00-18.00, closed Public Holiday)
Ruko Icon 21 Kebon Jeruk B/17
Jl. Meruya Ilir Raya
Srengseng-Kembangan
Jakarta 11630, Indonesia
Email : layanan.pelanggan@cekpremi.com

Pengembalian Dana dan Penggantian Jadwal

AirAsia

Domestik

Seluruh Subkelas Tiket
Penumpang Dewasa dan Anak-anak

  • Pembatalan lebih dari 72 jam sebelum keberangkatan : biaya pembatalan 25% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Pembatalan yang diajukan antara 72 jam sampai 48 jam sebelum keberangkatan :  biaya pembatalan 50% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Pembatalan yang diajukan antara 48 jam sampai 24 jam sebelum keberangkatan :  biaya pembatalan 60% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Pembatalan yang diajukan antara 24 jam sampai 12 jam sebelum keberangkatan :  biaya pembatalan 70% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Pembatalan yang diajukan antara 12 jam sampai 4 jam sebelum keberangkatan :  biaya pembatalan 80% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Pembatalan yang diajukan antara 4 jam sampai 30 menit sebelum keberangkatan :  biaya pembatalan 90% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Pembatalan yang diajukan kurang dari 30 menit sebelum keberangkatan / No Show : Tidak bisa pembatalan.
  • Pembatalan karena force majeure : biaya admin sebesar 10%.
  • Pembatalan karena kendala airlines : biaya pembatalan 0%.

Mohon diingat bahwa nominal refund yang Anda terima dapat berbeda tergantung pada kebijakan maskapai, alasan refund, jarak antara tanggal pengajuan refund dan tanggal keberangkatan, serta promo yang digunakan (apabila ada). Pengajuan pengembalian refund dapat dilakukan melalui aplikasi Tokopedia.

Internasional

Seluruh Subkelas Tiket
Penumpang Dewasa, Anak, dan Bayi tidak dapat di-refund.

Batik Air

Domestik

Seluruh Subkelas Tiket
Penumpang Dewasa dan Anak-anak

  • Refund yang diajukan lebih dari 72 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 25% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Refund yang diajukan antara 72 jam sampai 4 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 50% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Refund yang diajukan hingga 90 hari setelah keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 90% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Pembatalan karena force majeure dikenakan biaya pembatalan sebesar 10%-20%.

Penumpang Bayi

  • Refund yang diajukan hingga 90 hari setelah keberangkatan dapat memperoleh nominal 100%.

Pengembalian VAT dan pajak bandara dikarenakan pembatalan oleh maskapai

  • Subclass U: VAT dan airport tax tidak dapat dikembalikan.
  • Subclass O: VAT tidak dapat dikembalikan.
  • Subclass R: Airport tax tidak dapat dikembalikan.
  • Subclass Lainnya: Penumpang mendapatkan 100% pengembalian VAT dan airport tax.

Mohon diingat bahwa nominal refund yang Anda terima dapat berbeda tergantung pada kebijakan maskapai, alasan refund, jarak antara tanggal pengajuan refund dan tanggal keberangkatan, serta promo yang digunakan (apabila ada). Pengajuan pengembalian refund dapat dilakukan melalui aplikasi Tokopedia.

Internasional

Seluruh Subkelas Tiket

  • Refund yang diajukan lebih dari 72 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 25% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Refund yang diajukan antara 72 jam sampai 4 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 50% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Refund yang diajukan antara 4 jam sebelum keberangkatan/ no show dikenakan biaya pembatalan 90% dari tarif dasar tiket per penumpang.

Mohon diingat bahwa nominal refund yang Anda terima dapat berbeda tergantung pada kebijakan maskapai, alasan refund, jarak antara tanggal pengajuan refund dan tanggal keberangkatan, serta promo yang digunakan (apabila ada). Pengajuan pengembalian refund dapat dilakukan melalui aplikasi Tokopedia.

Citilink

Domestik

Masa Validitas Tiket
Pengembalian dana harus dilakukan selama masa validitas tiket masih berlangsung. Jika jadwal penerbangan diubah/dibatalkan oleh maskapai, masa validitas tiket adalah 3 bulan terhitung sejak tanggal keberangkatan.

Selain itu, masa validitas tiket adalah hingga 30 menit sebelum waktu keberangkatan. Tiket yang tidak dipakai dan telah melewati masa validitas tidak dapat dilakukan pengembalian dana. Perlu diketahui bahwa pengembalian dana tidak dapat dilakukan jika penumpang telah melakukan check-in (di bandara atau online).

Seluruh Subkelas Tiket
Penumpang Dewasa, Anak-anak, dan Bayi

  • Pengembalian dana yang diajukan lebih dari 72 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 25% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Pengembalian dana yang diajukan antara 72 jam sampai 48 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 50% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Pengembalian dana yang diajukan antara 48 jam sampai 24 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 60% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Pengembalian dana yang diajukan antara 24 jam sampai 12 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 70% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Pengembalian dana yang diajukan antara 12 jam sampai 4 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 80% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Pengembalian dana yang diajukan antara 4 jam sampai 1 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 90% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Biaya dan jumlah refund bisa berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu jika terjadi perubahan pada kebijakan maskapai.

Mohon diingat bahwa nominal refund yang Anda terima dapat berbeda tergantung pada kebijakan maskapai, alasan refund, jarak antara tanggal pengajuan refund dan tanggal keberangkatan, serta promo yang digunakan (apabila ada). Pengajuan pengembalian refund dapat dilakukan melalui aplikasi Tokopedia.

Internasional

Masa Validitas Tiket
Pembatalan harus dilakukan selama masa validitas tiket masih berlangsung. Jika jadwal penerbangan diubah/dibatalkan oleh maskapai, masa validitas tiket adalah 3 bulan terhitung sejak tanggal keberangkatan. Selain daripada itu, masa validitas tiket adalah hingga 30 menit sebelum waktu keberangkatan. Tiket yang tidak dipakai dan telah melewati masa validitas tidak dapat di-Pembatalan.

Mohon diingat bahwa pembatalan tidak dapat dilakukan jika penumpang telah melakukan check-in (di bandara atau online).

Seluruh Subkelas Tiket
Penumpang Dewasa, Anak-anak, dan Bayi

  • Pembatalan lebih dari 72 jam sebelum keberangkatan : biaya pembatalan 25% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Pembatalan yang diajukan antara 72 jam sampai 48 jam sebelum keberangkatan : biaya pembatalan 50% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Pembatalan yang diajukan antara 48 jam sampai 24 jam sebelum keberangkatan : biaya pembatalan 60% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Pembatalan yang diajukan antara 24 jam sampai 12 jam sebelum keberangkatan : biaya pembatalan 70% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Pembatalan yang diajukan antara 12 jam sampai 4 jam sebelum keberangkatan : biaya pembatalan 80% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Pembatalan yang diajukan antara 4 jam sampai 30 menit sebelum keberangkatan : biaya pembatalan 90% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Pembatalan kurang dari 30 menit / No Show : Tidak dapat di refund.
  • Pembatalan karena force majuere : biaya admin 10%.
  • Pembatalan karena kendala airlines : biaya pembatalan 0%.
  • Biaya dan jumlah refund bisa berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu jika terjadi perubahan pada kebijakan maskapai.

Mohon diingat bahwa nominal refund yang Anda terima dapat berbeda tergantung pada kebijakan maskapai, alasan refund, jarak antara tanggal pengajuan refund dan tanggal keberangkatan, serta promo yang digunakan (apabila ada). Pengajuan pengembalian refund dapat dilakukan melalui aplikasi Tokopedia.

FlyScoot/ Tigerair

Internasional

Seluruh Subkelas Tiket

  • Penumpang dewasa, anak dan bayi tidak dapat di-refund.

Firefly

Internasional

Seluruh Subkelas Tiket

  • Penumpang dewasa, anak dan bayi tidak dapat di-refund.

Garuda

Domestik

Masa Validasi Tiket
Pengembalian dana harus dilakukan selama masa validitas tiket masih berlangsung, yang ditentukan berdasarkan tanggal keberangkatan. Tiket yang tidak dipakai dan telah melewati masa validitas tidak dapat dilakukan pengembalian dananya.

Masa validitas tiket adalah sebagai berikut:

  • Kelas Bisnis (Subkelas C, J): 3 bulan setelah tanggal penerbangan.
  • Kelas Ekonomi (Subkelas D, I): 30 hari setelah tanggal penerbangan.
  • Kelas Ekonomi (Subkelas Y): 3 bulan setelah tanggal penerbangan.
  • Kelas Ekonomi (Subkelas B, M): 30 hari setelah tanggal penerbangan.
  • Kelas Ekonomi (Subkelas K, N): 30 hari setelah tanggal penerbangan.
  • Kelas Ekonomi (Subkelas K, N): 30 hari setelah tanggal penerbangan.
  • Kelas Ekonomi (Subkelas V, S, H, L): 7 hari setelah tanggal penerbangan.

Mohon diingat bahwa refund tidak dapat dilakukan jika penumpang telah melakukan check-in (di bandara atau online).

Aturan Refund
User-added image
Mohon diingat bahwa nominal refund yang Anda terima dapat berbeda tergantung pada kebijakan maskapai, alasan refund, jarak antara tanggal pengajuan refund dan tanggal keberangkatan, serta promo yang digunakan (apabila ada). Pengajuan pengembalian refund dapat dilakukan melalui aplikasi Tokopedia.

Kelas Bisnis

  • Subkelas (C, J)
    • Penumpang Dewasa, Anak-anak, dan Bayi
      • Pengembalian dana yang diajukan lebih dari 24 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 10% dari tarif dasar tiket per penumpang.
      • Pengembalian dana yang diajukan antara 24 jam sampai 2 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 20% dari tarif dasar tiket per penumpang.
      • Pengembalian dana yang diajukan kurang dari 2 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 40% dari tarif dasar tiket per penumpang.
      • Pengembalian dana yang diajukan antara keberangkatan sampai 90 hari setelah keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 40% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Subkelas (D, I)
    • Penumpang Dewasa, Anak-anak, dan Bayi
      • Pengembalian dana yang diajukan lebih dari 72 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 10% dari tarif dasar tiket per penumpang.
      • Pengembalian dana yang diajukan antara 72 jam sampai 24 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 30% dari tarif dasar tiket per penumpang.
      • Pengembalian dana yang diajukan antara 24 jam sampai 2 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 30% dari tarif dasar tiket per penumpang.
      • Pengembalian dana yang diajukan kurang dari 2 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 30% dari tarif dasar tiket per penumpang.
      • Pengembalian dana yang diajukan antara keberangkatan sampai 30 hari setelah keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 40% dari tarif dasar tiket per penumpang.

Biaya dan jumlah pengembalian dana bisa berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu jika terjadi perubahan pada kebijakan maskapai.

Kelas Ekonomi

  • Subkelas (H,S,V)
    • Penumpang Dewasa, Anak-anak, dan Bayi
      • Pengembalian dana yang diajukan lebih dari 72 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 25% dari tarif dasar tiket per penumpang.
      • Pengembalian dana yang diajukan antara 72 jam sampai 24 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 50% dari tarif dasar tiket per penumpang.
      • Pengembalian dana yang diajukan antara 24 jam sampai 2 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 60% dari tarif dasar tiket per penumpang.
      • Pengembalian dana yang diajukan antara 2 jam sebelum keberangkatan sampai 7 hari setelah keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 80% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Subkelas (B,K,M)
    • Penumpang Dewasa, Anak-anak, dan Bayi
      • Pengembalian dana yang diajukan lebih dari 24 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 25% dari tarif dasar tiket per penumpang.
      • Pengembalian dana yang diajukan antara 24 jam sampai 2 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 30% dari tarif dasar tiket per penumpang.
      • Pengembalian dana yang diajukan kurang dari 2 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 80% dari tarif dasar tiket per penumpang.
      • Pengembalian dana yang diajukan antara keberangkatan sampai 30 hari setelah keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 80% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Subkelas (L)
    • Penumpang Dewasa, Anak-anak, dan Bayi
      • Pengembalian dana yang diajukan lebih dari 72 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 25% dari tarif dasar tiket per penumpang.
      • Pengembalian dana yang diajukan antara 72 jam sampai 24 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 50% dari tarif dasar tiket per penumpang.
      • Pengembalian dana yang diajukan antara 24 jam sampai 2 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 70% dari tarif dasar tiket per penumpang.
      • Pengembalian dana yang diajukan kurang dari 2 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 80% dari tarif dasar tiket per penumpang.
      • Pengembalian dana yang diajukan antara keberangkatan sampai 7 hari setelah keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 80% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Subkelas (N)
    • Penumpang Dewasa, Anak-anak, dan Bayi
      • Pengembalian dana yang diajukan lebih dari 72 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 25% dari tarif dasar tiket per penumpang.
      • Pengembalian dana yang diajukan antara 72 jam sampai 24 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 40% dari tarif dasar tiket per penumpang.
      • Pengembalian dana yang diajukan antara 24 jam sampai 2 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 50% dari tarif dasar tiket per penumpang.
      • Pengembalian dana yang diajukan kurang dari 2 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 80% dari tarif dasar tiket per penumpang.
      • Pengembalian dana yang diajukan antara 0 jam sebelum keberangkatan sampai 30 hari setelah keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 80% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Subkelas (Q,T)
    • Penumpang Dewasa, Anak-anak, dan Bayi
      • Pengembalian dana yang diajukan lebih dari 72 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 25% dari tarif dasar tiket per penumpang.
      • Pengembalian dana yang diajukan antara 72 jam sampai 24 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 40% dari tarif dasar tiket per penumpang.
      • Pengembalian dana yang diajukan antara 24 jam sampai 2 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 50% dari tarif dasar tiket per penumpang.
      • Pengembalian dana yang diajukan kurang dari 2 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 80% dari tarif dasar tiket per penumpang.
      • Pengembalian dana yang diajukan antara 0 jam sebelum keberangkatan sampai 10 hari setelah keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 80% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Subkelas (Y)
    • Penumpang Dewasa, Anak-anak, dan Bayi
      • Pengembalian dana yang diajukan lebih dari 24 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 10% dari tarif dasar tiket per penumpang.
      • Pengembalian dana yang diajukan antara 24 jam sampai 2 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 20% dari tarif dasar tiket per penumpang.
      • Pengembalian dana yang diajukan kurang dari 2 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 40% dari tarif dasar tiket per penumpang.
      • Pengembalian dana yang diajukan antara keberangkatan sampai 90 hari setelah keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 40% dari tarif dasar tiket per penumpang.

Biaya dan jumlah pengembalian dana bisa berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu jika terjadi perubahan pada kebijakan maskapai.

Lion Air

Domestik

Seluruh Subkelas Tiket
Penumpang Dewasa dan Anak-anak

  • Refund yang diajukan lebih dari 72 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 25% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Refund yang diajukan antara 72 jam sampai 4 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 50% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Refund yang diajukan hingga 90 hari setelah keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 90% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Pembatalan karena force majeure dikenakan biaya pembatalan sebesar 10%-20%.

Penumpang Bayi

  • Refund yang diajukan hingga 90 hari setelah keberangkatan dapat memperoleh nominal 100%.

Pengembalian VAT dan pajak bandara dikarenakan pembatalan oleh maskapai

  • Subclass U: VAT dan airport tax tidak dapat dikembalikan.
  • Subclass O: VAT tidak dapat dikembalikan.
  • Subclass R: Airport tax tidak dapat dikembalikan.
  • Subclass Lainnya: Penumpang mendapatkan 100% pengembalian VAT dan airport tax.

Mohon diingat bahwa nominal refund yang Anda terima dapat berbeda tergantung pada kebijakan maskapai, alasan refund, jarak antara tanggal pengajuan refund dan tanggal keberangkatan, serta promo yang digunakan (apabila ada). Pengajuan pengembalian refund dapat dilakukan melalui aplikasi Tokopedia.

Internasional

Seluruh Subkelas Tiket

  • Refund yang diajukan lebih dari 72 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 25% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Refund yang diajukan antara 72 jam sampai 4 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 50% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Refund yang diajukan antara 4 jam sebelum keberangkatan/ no show dikenakan biaya pembatalan 90% dari tarif dasar tiket per penumpang.

Mohon diingat bahwa nominal refund yang Anda terima dapat berbeda tergantung pada kebijakan maskapai, alasan refund, jarak antara tanggal pengajuan refund dan tanggal keberangkatan, serta promo yang digunakan (apabila ada). Pengajuan pengembalian refund dapat dilakukan melalui aplikasi Tokopedia.

Malindo Air

Internasional

Perubahan Tanggal

  • Kelas Bisnis Subkelas J, C, D
    • Perubahan yang diajukan lebih dari 24 jam sebelum keberangkatan tidak dikenakan biaya pembatalan, namun mungkin terjadi selisih harga tergantung ketersediaan kursi.
    • Perubahan yang diajukan kurang dari 24 jam sebelum keberangkatan hanya diijinkan untuk pindah ke jadwal penerbangan yang lebih awal dan mungkin terjadi selisih harga tergantung ketersediaan kursi.
  • Kelas Bisnis Subkelas I
    • Perubahan yang diajukan lebih dari 24 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan IDR 100.000, namun mungkin terjadi selisih harga tergantung ketersediaan kursi.
    • Perubahan yang diajukan kurang dari 24 jam sebelum keberangkatan hanya diijinkan untuk pindah ke jadwal penerbangan yang lebih awal dan mungkin terjadi selisih harga tergantung ketersediaan kursi.
  • Kelas Ekonomi Semua Subkelas
    • Perubahan yang diajukan lebih dari 24 jam sebelum keberangkatan tidak dikenakan biaya pembatalan, namun mungkin terjadi selisih harga tergantung ketersediaan kursi.
    • Perubahan yang diajukan kurang dari 24 jam sebelum keberangkatan hanya diijinkan untuk pindah ke jadwal penerbangan yang lebih awal dan mungkin terjadi selisih harga tergantung ketersediaan kursi.
  • Kelas Ekonomi Subkelas X, V, T
    • Perubahan yang diajukan lebih dari 24 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan IDR 200.000, namun mungkin terjadi selisih harga tergantung ketersediaan kursi.
    • Perubahan yang diajukan kurang dari 24 jam sebelum keberangkatan hanya diijinkan untuk pindah ke jadwal penerbangan yang lebih awal dan mungkin terjadi selisih harga tergantung ketersediaan kursi.

Aturan Refund

  • Kelas Bisnis Subkelas J, C, D
    • Refund yang diajukan lebih dari 72 jam dikenakan biaya pembatalan IDR 500.000.
    • Refund diajukan kurang dari 72 jam / no show tidak dapat di refund.
  • Kelas Bisnis Subkelas I
    • Tidak dapat di refund.
  • Kelas Ekonomi Semua Subkelas
    • Refund yang diajukan lebih dari 72 jam dikenakan biaya pembatalan IDR 500.000.
    • Refund diajukan kurang dari 72 jam / no show tidak dapat di refund.
  • Kelas Ekonomi Subkelas X, V, T
    • Tidak dapat di refund.

Tiket yang sudah separuh digunakan tidak dapat di-refund.
Mohon diingat bahwa nominal refund yang Anda terima dapat berbeda tergantung pada kebijakan maskapai, alasan refund, jarak antara tanggal pengajuan refund dan tanggal keberangkatan, serta promo yang digunakan (apabila ada). Pengajuan pengembalian refund dapat dilakukan melalui aplikasi Tokopedia.

Sriwijaya

Domestik

Masa Validitas Tiket
Refund harus dilakukan selama masa validitas tiket masih berlangsung, yang ditentukan berdasarkan tanggal keberangkatan. Tiket yang tidak dipakai dan telah melewati masa validitas tidak dapat di-refund.

Periode validitas tiket adalah sebagai berikut:

  • Kelas Bisnis Subkelas (C, D, I:) 3 bulan setelah tanggal penerbangan.
  • Kelas Ekonomi Subkelas (O, U): 1 hari setelah tanggal penerbangan. 
  • Kelas Ekonomi Subkelas (X, E): 3 hari setelah tanggal penerbangan.
  • Kelas Ekonomi Subkelas (G, V): 7 hari setelah tanggal penerbangan.
  • Kelas Ekonomi Subkelas (T, Q): 14 hari setelah tanggal penerbangan.
  • Kelas Ekonomi Subkelas (N, M): 21 hari setelah tanggal penerbangan.
  • Kelas Ekonomi Subkelas (L, K): 30 hari setelah tanggal penerbangan.
  • Kelas Ekonomi Subkelas (H, B): 60 hari setelah tanggal penerbangan.
  • Kelas Ekonomi Subkelas (W, S, Y): 90 hari setelah tanggal penerbangan.

Pengembalian dana juga tidak dapat dilakukan jika penumpang telah melakukan check-in (di bandara atau online).

Perlu diketahui bahwa PPN dan biaya asuransi wajib yang termasuk dalam harga tiket tidak dapat dilakukan pengembalian dananya. Selain itu, jumlah pengembalian dana untuk Kelas Ekonomi Subkelas O, U akan dikenakan potongan dari maskapai, sejumlah maksimal Rp150.000 per penumpang.

Aturan Refund
Kelas (Bisnis)
Subkelas (C,D,I)

  • Penumpang Dewasa dan Anak-anak
    • Refund yang diajukan lebih dari 72 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 25% dari tarif dasar tiket per penumpang.
    • Refund dana yang diajukan antara 72 jam sampai 4 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 50% dari tarif dasar tiket per penumpang.
    • Refund dana yang diajukan kurang dari 4 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 50% dari tarif dasar tiket per penumpang.

Seluruh Subkelas Tiket

  • Penumpang Dewasa dan Anak-anak
    • Refund yang diajukan lebih dari 72 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 25% dari tarif dasar tiket per penumpang.
    • Refund yang diajukan antara 72 jam sampai 48 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 50% dari tarif dasar tiket per penumpang.
    • Refund yang diajukan antara 48 jam sampai 24 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 60% dari tarif dasar tiket per penumpang.
    • Refund yang diajukan antara 24 jam sampai 12 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 70% dari tarif dasar tiket per penumpang.
    • Refund yang diajukan antara 12 jam sampai 4 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 80% dari tarif dasar tiket per penumpang.
    • Refund yang diajukan kurang dari 4 jam sebelum keberangkatan / No Show dikenakan biaya pembatalan 90% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Penumpang Balita
    • Pembatalan yang dilakukan sebelum jadwal keberangkatan dikenakan biaya pembatalan sebesar Rp20.000 (per route per penumpang).

Mohon diingat bahwa nominal refund yang Anda terima dapat berbeda tergantung pada kebijakan maskapai, alasan refund, jarak antara tanggal pengajuan refund dan tanggal keberangkatan, serta promo yang digunakan (apabila ada). Pengajuan pengembalian refund dapat dilakukan melalui aplikasi Tokopedia.

Internasional

Masa Validitas Tiket
Refund harus dilakukan selama masa validitas tiket masih berlangsung, yang ditentukan berdasarkan tanggal keberangkatan. Tiket yang tidak dipakai dan telah melewati masa validitas tidak dapat di-refund.
Periode validitas tiket adalah sebagai berikut:

  • Kelas Bisnis (Subkelas C, D, I:) 3 bulan setelah tanggal penerbangan.
  • Kelas Ekonomi (Subkelas W, S, Y): 90 hari setelah tanggal penerbangan.
  • Kelas Ekonomi (Subkelas H, B): 60 hari setelah tanggal penerbangan.
  • Kelas Ekonomi (Subkelas L, K): 30 hari setelah tanggal penerbangan.
  • Kelas Ekonomi (Subkelas N, M): 21 hari setelah tanggal penerbangan.
  • Kelas Ekonomi (Subkelas T, Q): 14 hari setelah tanggal penerbangan.
  • Kelas Ekonomi (Subkelas G, V): 7 hari setelah tanggal penerbangan.
  • Kelas Ekonomi (Subkelas X, E): 3 hari setelah tanggal penerbangan.
  • Kelas Ekonomi (Subkelas O, U): 1 hari setelah tanggal penerbangan.

Refund tidak dapat dilakukan jika penumpang telah melakukan check-in (di bandara atau online).

Aturan Refund
Kelas (Bisnis)
Subkelas (C,D,I)

  • Penumpang Dewasa dan Anak-anak
    • Refund yang diajukan lebih dari 72 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 25% dari tarif dasar tiket per penumpang.
    • Refund dana yang diajukan antara 72 jam sampai 4 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 50% dari tarif dasar tiket per penumpang.
    • Refund dana yang diajukan kurang dari 4 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 50% dari tarif dasar tiket per penumpang.

Seluruh Subkelas Tiket

  • Penumpang Dewasa dan Anak-anak
    • Refund yang diajukan lebih dari 72 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 25% dari tarif dasar tiket per penumpang.
    • Refund yang diajukan antara 72 jam sampai 48 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 50% dari tarif dasar tiket per penumpang.
    • Refund yang diajukan antara 48 jam sampai 24 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 60% dari tarif dasar tiket per penumpang.
    • Refund yang diajukan antara 24 jam sampai 12 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 70% dari tarif dasar tiket per penumpang.
    • Refund yang diajukan antara 12 jam sampai 4 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 80% dari tarif dasar tiket per penumpang.
    • Refund yang diajukan kurang dari 4 jam sebelum keberangkatan / No Show dikenakan biaya pembatalan 90% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Penumpang Balita
    • Pembatalan yang dilakukan sebelum jadwal keberangkatan dikenakan biaya pembatalan sebesar Rp20.000 (per route per penumpang).

Mohon diingat bahwa nominal refund yang Anda terima dapat berbeda tergantung pada kebijakan maskapai, alasan refund, jarak antara tanggal pengajuan refund dan tanggal keberangkatan, serta promo yang digunakan (apabila ada). Pengajuan pengembalian refund dapat dilakukan melalui aplikasi Tokopedia.

Xpress Air

Domestik

Masa Validitas Tiket
Peraturan pengembalian dana tergantung pada masa validitas tiket, yang dihitung sejak tanggal keberangkatan. Tiket yang tidak dipakai dan telah melewati masa validitas tidak dapat dilakukan pengembalian dananya. Periode validitas tiket adalah: Kelas Promo dan Normal: 1 bulan setelah tanggal penerbangan Kelas Flexi: 1 bulan setelah tanggal penerbangan Mohon diingat bahwa refund tidak dapat dilakukan jika penumpang telah melakukan check-in (di bandara atau online).

Aturan Refund
Seluruh Subkelas Tiket

  • Penumpang Bayi
    • Pengembalian dana yang diajukan hingga 30 hari setelah keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 100% dari harga total per penumpang.

Kelaas (Promo)

  • Seluruh Subkelas Tiket
  • Penumpang Dewasa dan Anak-anak
    • Pengembalian dana yang diajukan hingga 30 hari setelah keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 95% dari tarif dasar tiket per penumpang.

Kelas (Ekonomi)

  • Seluruh Subkelas Tiket
  • Penumpang Dewasa dan Anak-anak
    • Refund yang diajukan lebih dari 24 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 50% dari tarif dasar tiket per penumpang.
    • Refund yang diajukan antara 24 jam sampai 3 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 75% dari tarif dasar tiket per penumpang.
    • Refund yang diajukan antara 3 jam sebelum keberangkatan sampai 30 hari setelah keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 90% dari tarif dasar tiket per penumpang.
    • Refund yang diajukan dikarenakan force majeure dikenakan biaya pembatalan 10%-20% dari tarid dasar tiket per penumpang.
    • Refund yang diajukan dikarenakan pembatalan dari maskapai dikenakan biaya pembatalan 0%.

Mohon diingat bahwa nominal refund yang Anda terima dapat berbeda tergantung pada kebijakan maskapai, alasan refund, jarak antara tanggal pengajuan refund dan tanggal keberangkatan, serta promo yang digunakan (apabila ada). Pengajuan pengembalian refund dapat dilakukan melalui aplikasi Tokopedia.

Kalstar

Domestik

Masa Validitas Tiket
Refund harus dilakukan selama masa validitas tiket masih berlangsung, yang ditentukan berdasarkan tanggal keberangkatan. Tiket yang tidak dipakai dan telah melewati masa validitas tidak dapat di-refund.

Periode validitas tiket adalah sebagai berikut:

  • Subkelas Y: 40 hari setelah tanggal penerbangan.
  • Subkelas G, H, K, L: 30 hari setelah tanggal penerbangan.
  • Subkelas M, N, Q: 10 hari setelah tanggal penerbangan.
  • Subkelas R, T, V: 5 hari setelah tanggal penerbangan.
  • Subkelas X, A, B: 3 hari setelah tanggal penerbangan.
  • Subkelas S, P, W: 2 hari setelah tanggal penerbangan.
  • Subkelas J, U, Z: 1 hari setelah tanggal penerbangan.

Refund juga tidak dapat dilakukan jika penumpang telah melakukan check-in (di bandara atau online).

Perlu diketahui bahwa PPN dan biaya asuransi wajib yang termasuk dalam harga tiket tidak dapat dilakukan pengembalian dananya. Selain itu, jumlah pengembalian dana untuk Kelas Ekonomi Subkelas O, U akan dikenakan potongan dari maskapai, sejumlah maksimal Rp150.000 per penumpang.

Aturan Refund
Kelas (Bisnis)
Subkelas (C,D,I)

  • Penumpang Dewasa dan Anak-anak
    • Refund yang diajukan lebih dari 72 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 25% dari tarif dasar tiket per penumpang.
    • Refund dana yang diajukan antara 72 jam sampai 4 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 50% dari tarif dasar tiket per penumpang.
    • Refund dana yang diajukan kurang dari 4 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 50% dari tarif dasar tiket per penumpang.

Seluruh Subkelas Tiket

  • Penumpang Bayi
    • Refund yang diajukan hingga 90 hari setelah keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 100% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Penumpang Dewasa dan Anak-anak
    • Refund yang diajukan lebih dari 72 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 25% dari tarif dasar tiket per penumpang.
    • Refund yang diajukan antara 72 jam sampai 48 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 50% dari tarif dasar tiket per penumpang.
    • Refund yang diajukan antara 48 jam sampai 24 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 60% dari tarif dasar tiket per penumpang.
    • Refund yang diajukan antara 24 jam sampai 12 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 70% dari tarif dasar tiket per penumpang.
    • Refund yang diajukan antara 12 jam sampai 4 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 80% dari tarif dasar tiket per penumpang.
    • Refund yang diajukan antara 4 jam sebelum keberangkatan sampai 90 hari dikenakan biaya pembatalan 90% dari tarif dasar tiket per penumpang.
    • Refund yang diajukan dikarenakan force majeure dikenakan biaya pembatalan 10%-20% dari tarif dasar tiket per penumpang.
    • Refund yang diajukan dikarenakan pembatalan dari maskapai dikenakan biaya pembatalan 0%, bagi penumpang yang sudah check-in, airport tax tidak dapat dikembalikan.

Mohon diingat bahwa nominal refund yang Anda terima dapat berbeda tergantung pada kebijakan maskapai, alasan refund, jarak antara tanggal pengajuan refund dan tanggal keberangkatan, serta promo yang digunakan (apabila ada). Pengajuan pengembalian refund dapat dilakukan melalui aplikasi Tokopedia.

Nam Air

Domestik

Masa Validitas Tiket
Refund harus dilakukan selama masa validitas tiket masih berlangsung, yang ditentukan berdasarkan tanggal keberangkatan. Tiket yang tidak dipakai dan telah melewati masa validitas tidak dapat di-refund.

Periode validitas tiket adalah sebagai berikut:

  • Kelas Bisnis (Subkelas C, D, I): 3 bulan setelah tanggal penerbangan.
  • Kelas Ekonomi (Subkelas O, U): 1 hari setelah tanggal penerbangan.
  • Kelas Ekonomi (Subkelas X, E): 3 hari setelah tanggal penerbangan.
  • Kelas Ekonomi (Subkelas G, V): 7 hari setelah tanggal penerbangan.
  • Kelas Ekonomi (Subkelas T, Q): 14 hari setelah tanggal penerbangan.
  • Kelas Ekonomi (Subkelas N, M): 21 hari setelah tanggal penerbangan.
  • Kelas Ekonomi (Subkelas L, K): 30 hari setelah tanggal penerbangan.
  • Kelas Ekonomi (Subkelas H, B): 60 hari setelah tanggal penerbangan.
  • Kelas Ekonomi (Subkelas W, S, Y): 90 hari setelah tanggal penerbangan.

Refund tidak dapat dilakukan jika penumpang telah melakukan check-in (di bandara atau online).
Perlu diketahui bahwa PPN dan biaya asuransi wajib yang termasuk dalam harga tiket tidak dapat di-refund. Selain itu, jumlah refund untuk Kelas Ekonomi (Subkelas O, U) akan dikenakan potongan dari maskapai, sejumlah maksimal Rp150.000 per penumpang.

Aturan Refund
Kelas (Bisnis)
Subkelas (C, D, I)

  • Penumpang Dewasa dan Anak-anak
    • Refund yang diajukan lebih dari 72 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 25% dari tarif dasar tiket per penumpang.
    • Refund yang diajukan antara 72 jam sampai 4 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 50% dari tarif dasar tiket per penumpang.
    • Refund yang diajukan antara 4 jam sebelum keberangkatan sampai 90 hari setelah keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 50% dari tarif dasar tiket per penumpang.

Seluruh Subkelas Tiket

  • Penumpang Bayi
    • Refund yang diajukan hingga 90 hari setelah keberangkatan dikenakan biaya pembatalan IDR 20.000 per rute per penumpang.
  • Penumpang Dewasa dan Anak-anak
    • Refund yang diajukan lebih dari 72 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 25% dari tarif dasar tiket per penumpang.
    • Refund yang diajukan antara 72 jam sampai 48 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 50% dari tarif dasar tiket per penumpang.
    • Refund yang diajukan antara 48 jam sampai 24 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 60% dari tarif dasar tiket per penumpang.
    • Refund yang diajukan antara 24 jam sampai 12 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 70% dari tarif dasar tiket per penumpang.
    • Refund yang diajukan antara 12 jam sampai 4 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 80% dari tarif dasar tiket per penumpang.
    • Refund yang diajukan antara 4 jam sebelum keberangkatan sampai 7 hari setelah keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 90% dari tarif dasar tiket per penumpang.
    • Refund yang diajukan dikarenakan force majeure dikenakan biaya pembatalan 10%-20% dari tarif dasar tiket per penumpang.
    • Refund yang diajukan dikarenakan pembatalan dari maskapai dikenakan biaya pembatalan 0%.

Mohon diingat bahwa nominal refund yang Anda terima dapat berbeda tergantung pada kebijakan maskapai, alasan refund, jarak antara tanggal pengajuan refund dan tanggal keberangkatan, serta promo yang digunakan (apabila ada). Pengajuan pengembalian refund dapat dilakukan melalui aplikasi Tokopedia.

Internasional

Masa Validitas Tiket
Refund harus dilakukan selama masa validitas tiket masih berlangsung, yang ditentukan berdasarkan tanggal keberangkatan. Tiket yang tidak dipakai dan telah melewati masa validitas tidak dapat di-refund.

Periode validitas tiket adalah sebagai berikut:

  • Kelas Bisnis (Subkelas C, D, I): 3 bulan setelah tanggal penerbangan. 
  • Kelas Ekonomi (Subkelas W, S, Y): 90 hari setelah tanggal penerbangan.
  • Kelas Ekonomi (Subkelas H, B): 60 hari setelah tanggal penerbangan.
  • Kelas Ekonomi (Subkelas L, K): 30 hari setelah tanggal penerbangan.
  • Kelas Ekonomi (Subkelas N, M): 21 hari setelah tanggal penerbangan.
  • Kelas Ekonomi (Subkelas T, Q): 14 hari setelah tanggal penerbangan.
  • Kelas Ekonomi (Subkelas G, V): 7 hari setelah tanggal penerbangan.
  • Kelas Ekonomi (Subkelas X, E): 3 hari setelah tanggal penerbangan.
  • Kelas Ekonomi (Subkelas O, U): 1 hari setelah tanggal penerbangan.

Refund tidak dapat dilakukan jika penumpang telah melakukan check-in (di bandara atau online).

Aturan Refund
Seluruh Subkelas Tiket

  • Penumpang Bayi
    • Pembatalan yang dilakukan sebelum jadwal keberangkatan dikenakan biaya pembatalan sebesar Rp20.000 (per rute per penumpang).
  • Penumpang Dewasa dan Anak-anak
    • Refund yang diajukan lebih dari 72 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 25% dari tarif dasar tiket per penumpang.
    • Refund yang diajukan antara 72 jam sampai 48 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 50% dari tarif dasar tiket per penumpang.
    • Refund yang diajukan antara 48 jam sampai 24 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 60% dari tarif dasar tiket per penumpang.
    • Refund yang diajukan antara 24 jam sampai 12 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 70% dari tarif dasar tiket per penumpang.
    • Refund yang diajukan antara 12 jam sampai 4 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 80% dari tarif dasar tiket per penumpang.
    • Refund yang diajukan antara 4 jam sebelum keberangkatan / no show dikenakan biaya pembatalan 90% dari tarif dasar tiket per penumpang.

Mohon diingat bahwa nominal refund yang Anda terima dapat berbeda tergantung pada kebijakan maskapai, alasan refund, jarak antara tanggal pengajuan refund dan tanggal keberangkatan, serta promo yang digunakan (apabila ada). Pengajuan pengembalian refund dapat dilakukan melalui aplikasi Tokopedia.

Transnusa

Domestik

Masa Validitas Tiket
Refund harus dilakukan selama masa validitas tiket masih berlangsung, yang ditentukan berdasarkan tanggal keberangkatan. Tiket yang tidak dipakai dan telah melewati masa validitas tidak dapat di-refund.

Periode validitas tiket adalah sebagai berikut:

  • Subkelas Y, S, W: 3 bulan setelah tanggal penerbangan
  • Subkelas B: 2 bulan setelah tanggal penerbangan
  • Subkelas C: 1 bulan setelah tanggal penerbangan
  • Subkelas D, E: 14 hari setelah tanggal penerbangan
  • Subkelas F, G, H: 7 hari setelah tanggal penerbangan
  • Subkelas I, J, K, L: 3 hari setelah tanggal penerbangan
  • Subkelas M, N: 1 hari setelah tanggal penerbangan

Perlu diketahui bahwa PPN dan biaya asuransi wajib yang termasuk dalam harga tiket tidak dapat dilakukan pengembalian dananya. Selain itu, jumlah pengembalian dana untuk Kelas Ekonomi Subkelas O, U akan dikenakan potongan dari maskapai, sejumlah maksimal Rp150.000 per penumpang.

Aturan Refund
Seluruh Subkelas Tiket

  • Penumpang Dewasa dan Anak-anak
    • Refund yang diajukan lebih dari 72 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 25% dari tarif dasar tiket per penumpang.
    • Refund yang diajukan antara 72 jam sampai 48 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 50% dari tarif dasar tiket per penumpang.
    • Refund yang diajukan antara 48 jam sampai 24 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 60% dari tarif dasar tiket per penumpang.
    • Refund yang diajukan antara 24 jam sampai 12 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 70% dari tarif dasar tiket per penumpang.
    • Refund yang diajukan antara 12 jam sampai 4 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 80% dari tarif dasar tiket per penumpang.
    • Refund yang diajukan antara 4 jam sebelum keberangkatan sampai 90 hari setelah keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 90% dari tarif dasar tiket per penumpang.

Mohon diingat bahwa nominal refund yang Anda terima dapat berbeda tergantung pada kebijakan maskapai, alasan refund, jarak antara tanggal pengajuan refund dan tanggal keberangkatan, serta promo yang digunakan (apabila ada). Pengajuan pengembalian refund dapat dilakukan melalui aplikasi Tokopedia.

Trigana

Domestik

Masa Validitas Tiket
Refund harus dilakukan selama masa validitas tiket masih berlangsung, yang ditentukan berdasarkan tanggal keberangkatan. Tiket yang tidak dipakai dan telah melewati masa validitas tidak dapat di-refund.

Periode validitas tiket adalah sebagai berikut:

  • Subkelas Y, A: 3 bulan setelah tanggal penerbangan.
  • Subkelas B: 2 bulan setelah tanggal penerbangan.
  • Subkelas C: 1 bulan setelah tanggal penerbangan.
  • Subkelas D, E: 14 hari setelah tanggal penerbangan.
  • Subkelas F, G, H: 7 hari setelah tanggal penerbangan.
  • Subkelas I, J, K, L: 3 hari setelah tanggal penerbangan.
  • Subkelas M, N: 1 hari setelah tanggal penerbangan.

Perlu diketahui bahwa PPN dan biaya asuransi wajib yang termasuk dalam harga tiket tidak dapat dilakukan pengembalian dananya. Selain itu, jumlah pengembalian dana untuk Kelas Ekonomi Subkelas O, U akan dikenakan potongan dari maskapai, sejumlah maksimal Rp150.000 per penumpang.

Aturan Refund
Kelas (Ekonomi)

Seluruh Subkelas Tiket

  • Penumpang Bayi
    • Refund yang diajukan hingga 72 jam setelah keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 100% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Penumpang Dewasa dan Anak-anak
    • Refund yang diajukan lebih dari 48 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan IDR 50.000 biaya administrasi per penumpang.
    • Refund yang diajukan antara 48 jam sampai 24 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 50% dari tarif dasar tiket dan IDR 50.000 biaya administrasi per penumpang.
    • Refund yang diajukan antara 24 jam sampai 3 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 75% dari tarif dasar tiket dan IDR 50.000 biaya administrasi per penumpang.
    • Refund yang diajukan antara 3 jam sebelum keberangkatan sampai 72 jam setelah keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 80% dari tarif dasar tiket dan IDR 50.000 biaya administrasi per penumpang.
    • Refund yang diajukan dikarenakan force majeure dikenakan biaya pembatalan 10%-20% dari tarid dasar tiket per penumpang.
    • Refund yang diajukan dikarenakan pembatalan dari maskapai dikenakan biaya pembatalan 0%.

Mohon diingat bahwa nominal refund yang Anda terima dapat berbeda tergantung pada kebijakan maskapai, alasan refund, jarak antara tanggal pengajuan refund dan tanggal keberangkatan, serta promo yang digunakan (apabila ada). Pengajuan pengembalian refund dapat dilakukan melalui aplikasi Tokopedia.

Wings Air

Domestik

Seluruh Subkelas Tiket
Penumpang Dewasa dan Anak-anak

  • Refund yang diajukan lebih dari 72 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 25% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Refund yang diajukan antara 72 jam sampai 4 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 50% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Refund yang diajukan hingga 90 hari setelah keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 90% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Pembatalan karena force majeure dikenakan biaya pembatalan sebesar 10%-20%.

Penumpang Bayi

  • Refund yang diajukan hingga 90 hari setelah keberangkatan dapat memperoleh refund 100%.

Pengembalian VAT dan pajak bandara dikarenakan pembatalan oleh maskapai

  • Subclass U : VAT dan airport tax tidak dapat dikembalikan.
  • Subclass O : VAT tidak dapat dikembalikan.
  • Subclass R : Airport tax tidak dapat dikembalikan.
  • Subclass Lainnya: penumpang mendapatkan 100% pengembalian VAT dan airport tax.

Mohon diingat bahwa nominal refund yang Anda terima dapat berbeda tergantung pada kebijakan maskapai, alasan refund, jarak antara tanggal pengajuan refund dan tanggal keberangkatan, serta promo yang digunakan (apabila ada). Pengajuan pengembalian refund dapat dilakukan melalui aplikasi Tokopedia.

Internasional

Seluruh Subkelas Tiket

  • Refund yang diajukan lebih dari 72 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 25% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Refund yang diajukan antara 72 jam sampai 4 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 50% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Refund yang diajkukan antara 4 jam sebelum keberangkatan / no show dikenakan biaya pembatalan 90% dari tarif dasar tiket per penumpang.

Mohon diingat bahwa nominal refund yang Anda terima dapat berbeda tergantung pada kebijakan maskapai, alasan refund, jarak antara tanggal pengajuan refund dan tanggal keberangkatan, serta promo yang digunakan (apabila ada). Pengajuan pengembalian refund dapat dilakukan melalui aplikasi Tokopedia.

FAQ Seputar Tiket Pesawat

GENERAL

Apakah saya membutuhkan paspor untuk penerbangan domestik yang transit di luar negeri?

Paspor dibutuhkan untuk penerbangan domestik yang transit di luar negeri.

Berapakah batas usia untuk penumpang dewasa, anak-anak dan bayi?

Batas usia untuk penumpang dewasa >12 tahun, anak 2-12 tahun, bayi 0-2 tahun. Batas usia penumpang terhitung pada saat perjalanan, bukan pada saat pemesanan dilakukan. Untuk penumpang bayi, setiap maskapai memiliki ketentuan berbeda. Silahkan hubungi customer care Tokopedia atau pihak maskapai untuk informasi lebih lanjut.

Apakah harga untuk bayi dan anak-anak berbeda?

Ya, harga untuk bayi dan anak berbeda tergantung ketentuan maskapai. Anda bisa melihat detail harga pada rincian pembayaran.

Mengapa harga tiket selalu berubah?

Harga tiket pesawat selalu fluktuatif. Perubahan harga mengikuti update dari maskapai.

Mengapa harga di Tokopedia berbeda dengan situs penjualan tiket pesawat lainnya?

Harga yang kami berikan berdasarkan kesepakatan bisnis antara Tokopedia dan maskapai. Kami selalu berusaha memberikan harga terbaik untuk semua pengguna Tokopedia.

Apakah harga tiket pesawat sudah termasuk airport tax?

Sejak 1 Maret 2015, seluruh maskapai penerbangan di Indonesia untuk rute domestik dan internasional telah menggabungkan airport tax dalam harga tiket pesawat.

Masa berlaku paspor saya di bawah 6 bulan, apakah saya dapat melakukan pemesanan dan penerbangan ke luar negeri?

Sesuai dengan peraturan penerbangan, bagi penumpang yang ingin melakukan pemesanan dan penerbangan ke luar negeri, harus memiliki paspor yang berlaku setidaknya lebih dari 6 bulan.

Bagaimana cara saya menarik jumlah pengembalian uang saya?

Anda dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini untuk menarik Saldo Tokopedia ke rekening bank sesuai dengan device yang Anda gunakan:
Desktop

  1. Klik nominal Anda di sisi kiri homepage.
  2. Klik Tarik Dana.
  3. Isi semua data yang dibutuhkan.
  4. Klik Kirim OTP. Tokopedia akan memberikan kode OTP via SMS.
  5. Masukkan kode OTP.
  6. Klik Kirim Konfirmasi.

Mobile

  1. Klik ikon User-added image.
  2. Di bagian bawah foto profil, klik Saldo.
  3. Klik Tarik Dana.
  4. Isi semua data, di antaranya: nominal saldo yang akan Anda tarik, nama pemilik dan nomor rekening, nama bank dan cabang.
  5. Klik Kirim OTP ke HP. Tokopedia akan mengirimkan kode OTP via SMS.
  6. Masukkan kode OTP dan kata sandi akun Tokopedia Anda.
  7. Klik Tarik Dana.

Android

  1. Klik ikon User-added image.
  2. Di bagian bawah foto profil, klik Saldo.
  3. Klik Penarikan pada halaman Saldo Saya.
  4. Isi semua data, di antaranya: nominal saldo yang akan Anda tarik, nama pemilik dan nomor rekening, nama bank dan cabang.
  5. Klik Kirim OTP ke HP. Tokopedia akan mengirimkan kode OTP via SMS.
  6. Masukkan kode OTP dan kata sandi akun Tokopedia Anda.
  7. Klik ikon User-added image

iOS

  1. Klik ikon User-added image pada bagian kanan bawah layar.
  2. Pilih Saldo Tokopedia.
  3. Klik Tarik Dana.
  4. Isi semua data, di antaranya: nominal saldo yang akan Anda tarik, nama pemilik dan nomor rekening, nama bank dan cabang.
  5. Klik Kirim OTP ke HP. Tokopedia akan mengirimkan kode OTP via SMS.
  6. Masukkan kode OTP dan kata sandi akun Tokopedia Anda.
  7. Lalu klik Konfirmasi.

Catatan: Penarikan dana ke rekening BCA, Mandiri, BRI, BNI dan CIMB Niaga maksimal 1 x 24 jam di hari kerja. Hari Sabtu/Minggu/libur bank tidak beroperasi, jadi penarikan dana baru akan diproses oleh bank bersangkutan di hari kerja berikutnya.

PENCARIAN DAN PEMESANAN

Bagaimana cara memesan tiket di Tokopedia?

Anda dapat melakukan pencarian penerbangan sesuai yang Anda inginkan, pilih dan pesan penerbangan, isi data penumpang sesuai kartu identitas, lakukan pembayaran dan e-ticket akan dikirimkan.

Saya ingin membeli tiket untuk 3 penumpang dewasa, tapi kenapa harga yang dicantumkan hanya untuk 1 penumpang?

Hasil pencarian akan menampilkan harga untuk 1 penumpang saja. Total harga akan muncul pada detail rincian pembayaran.

Saya tidak dapat mengisi nama lengkap penumpang sesuai dengan kartu identitas pada kolom nama penumpang, apa yang harus saya lakukan?

Silahkan klik Bantuan dan Customer Care kami akan membantu untuk proses pengisian data penumpang.

Mengapa daftar penerbangan tidak muncul untuk kelas penerbangan yang saya inginkan?

Untuk penerbangan tertentu, maskapai hanya menawarkan kelas Ekonomi dan Bisnis aja. Pilihan penerbangan yang muncul berdasarkan ketersediaan kursi dari maskapai.

Bagaimana cara mengubah jadwal keberangkatan tiket yang telah saya beli?

Silakan hubungi maskapai untuk perubahan jadwal keberangkatan. Biaya administrasi untuk perubahan jadwal tergantung kebijakan maskapai, kunjungi Kontak Maskapai Penerbangan.

Bagaiman cara saya tau jika pesanan saya telah dikonfirmasi?

Tokopedia akan mengirimkan Anda SMS dan email konfirmasi pembayaran setelah permbayaran berhasil. Anda juga bisa melihat detail pembelian di Daftar Transaksi.

Apa yang harus saya lakukan jika terjadi salah input huruf pada nama penumpang?

Jika Anda belum melakukan pembayaran, silakan lakukan pemesanan ulang. Namun, jika Anda sudah melakukan pembayaran dan e-ticket sudah diterima, silakan hubungi Customer Care Tokopedia untuk proses lebih lanjut.

Apakah data pada informasi kontak harus sama dengan data penumpang?

Tidak, data pada informasi kontak diperlukan untuk mengirimkan e-ticket dan email. Pastikan email dan nomor telepon informasi kontak benar.

Mengapa saya belum terima e-ticket?

Pastikan Anda sudah mentransfer sesuai nominal yang ada di total pembayaran dan tidak melewati batas transfer. Jika jumlah pembayaran Anda telah sesuai dan dilakukan tidak melewati batas waktu pembayaran, e-ticket Anda akan terbit dalam 60 menit.

Bagaimana cara saya supaya bisa mengirimkan ulang e-ticket?

Anda bisa kirim ulang e-ticket melalui Daftar Transaksi Tiket Pesawat. Jika Anda mengalami kesulitan silakan hubungi Customer Care kami.

Apakah asuransi perjalanan sudah termasuk dalam harga tiket yang ditampilkan?

Harga yang ditampilkan belum termasuk asuransi perjalanan. Anda dapat memesan asuransi perjalanan. Anda dapat memesan asuransi perjalanan di halaman pemesanan. Silakan kunjungi Asuransi Perjalanan untuk detail.

Apakah saya perlu menunjukkan kartu kredit untuk melakukan pemesanan saat check-in?

Pada umumnya pihak maskapai tidak mengharuskan Anda untuk menunjukkan kartu kredit yang digunakan untuk pemesanan. Namun kami sarankan Anda untuk membawa kartu kredit tersebut.

Apa saja metode pembayaran yang dapat saya gunakan untuk pembayaran tiket pesawat?

Anda dapat melakukan pembayaran melalui beberapa metode pembayaran seperti: Kartu Kredit, Transfer Bank, Virtual Account, Pembayaran Instant, dan Pembayaran Gerai.

Mata uang apa yang dapat digunakan untuk pembayaran?

Saat ini mata uang yang Anda dapat gunakan adalah Rupiah.

Bagaimana peletakan nama apabila saya memiliki nama tengah?

Anda dapat menuliskan nama tengah Anda di kolom pertama setelah nama depan.

REFUND

Bagaimana cara mengajukan refund?

Anda bisa mengajukan refund melalui Daftar Transaksi. Untuk pengguna Android, silahkan pilih transaksi yg ingin dibatalkan dan klik Batalkan Tiket. Untuk pengguna iOS/mobile/desktop, klik Bantuan pada transaksi yang ingin dibatalkan, lalu klik “Saya ingin membatalkan tiket pesawat”.

Apakah saya mendapatkan refund untuk setiap pembatalan pesawat?

Anda hanya akan mendapatkan refund untuk maskapai yang memiliki kebijakan Refundable. Jika Anda membeli tiket PP dan salah satu tiket adalah Non-refundable, maka Anda hanya akan mendapatkan refund untuk salah satu tiket saja.

Berapa nominal refund yang saya terima?

Nominal refund yg diterima ditentukan berdasarkan kebijakan maskapai. Anda juga dapat melihat estimasi dana refund saat melengkapi data untuk pengajuan refund. Silahkan kunjungi halaman Pengembalian Dana dan Penggantian Jadwal.

Kapan dana refund diterima?

Proses refund untuk tiket pesawat membutuhkan waktu 7 hari kerja setelah permohonan refund diterima. Apabila refund disebabkan oleh kasus tertentu seperti penerbangan dibatalkan, perubahan jadwal dari maskapai, penumpang sakit/meninggal dunia, penumpang sudah pernah check-in, tiket sudah separuh digunakan, dan lain sebagainya, maka proses refund membutuhkan waktu lebih lama hingga maksimal 30 hari kerja.

Bagaimana dengan cashback yang saya dapatkan saat permohonan refund diterima?

Cashback yang Anda dapatkan akan ditarik oleh Tokopedia.

Apakah ada biaya pembatalan pemesanan tiket pesawat yang dibebankan?

Ya. Biaya pembatalan pemesanan tiket pesawat adalah Rp 20.000 per penumpang.

Kemana dana refund akan dikirim?

Jika pembayaran menggunakan kartu kredit maka dana refund akan dikembalikan ke limit kartu kredit sesuai dengan ketentuan waktu proses dari bank dalam 14 hari. Untuk pembayaran dengan metode lainnya, dana akan dikembalikan ke Saldo Tokopedia sesuai limit yang dimiliki.

Mengapa dana refund yang saya terima berbeda dengan estimasi refund yang diberikan?

Perbedaan dana refund yang diterima terjadi karena adanya kebijakan maskapai. Selain itu, cashback akan ditarik saat dana refund diberikan ke Saldo Tokopedia Anda.

INTERNATIONAL

Masa berlaku paspor saya kurang dari 6 bulan, apakah saya bisa melakukan penerbangan internasional?

Untuk penerbangan internasional, masa berlaku paspor harus lebih dari 6 (enam) bulan dari tanggal kepulangan Anda.

Apakah nama depan dan belakang penumpang harus sama dengan paspor?

Ya. Penumpang harus melakukan pengisian nama depan dan belakang sesuai paspor.

Apakah ada aturan nama untuk penerbangan internasional ke Arab Saudi dengan tujuan umroh?

Untuk tujuan umroh, nama penumpang minimal harus 3 suku kata. Jika kurang dari 3 suku kata, silahkan lakukan revisi nama ke kantor Imigrasi terdekat untuk mendapatkan pengesahan nama. Jika Anda sudah memiliki pengesahan nama dari imigrasi, Anda bisa menemukan revisi nama tersebut di halaman 4 paspor Anda.

Bagaimana jika saya salah dalam penulisan nama dan nomor paspor untuk penerbangan internasional?

Anda dapat melakukan koreksi nama atau nomor paspor melalui Customer Care Tokopedia dengan melampirkan salinan paspor. Koreksi nama dan nomor paspor mungkin akan dikenakan biaya tergantung pada kebijakan maskapai. Customer Care kami akan memberikan link pembayaran untuk koreksi nama dan paspor.

Saya akan bepergian ke negara yang membutuhkan Visa. Apakah nama penumpang dan nama yang tertera di Visa harus sama?

Ya. Untuk penerbangan internasional yang membutuhkan Visa, nama penumpang harus sama dengan nama yang tertera di Visa.

Saya membawa bayi dibawah 1 tahun, apakah saya bisa mengajukan permintaan untuk baby bassinet/ baby box ?

Anda bisa mengajukan permintaan tersebut melalui Customer Care kami. Ketersediaan baby bassinet/baby box terbatas dan tergantung pada kebijakan maskapai. Kami sarankan untuk mengajukan permintaan ini maksimal sebelum 24 jam dari jam keberangkatan.

Apakah saya bisa mengajukan untuk ganti tempat duduk?

Anda bisa melakukan pengajuan penggantian tempat duduk/memilih kursi langsung ke maskapai. Penggantian/pemilihan nomor kursi mungkin akan dikenakan biaya, tergantung kebijakan maskapai. Untuk informasi kontak maskapai, kunjungi Kontak Maskapai Penerbangan.

Berapa usia kehamilan yang diizinkan untuk penerbangan internasional?

Usia kehamilan maksimal 6 bulan dan harus dilengkapi surat keterangan dari dokter kandungan. Supaya tidak menghalangi proses check-in, kami sarankan untuk membuat surat keterangan dokter terbaru minimal 2 hari sebelum jadwal penerbangan.

Apakah saya bisa mengajukan permintaan khusus untuk jenis makanan?

Anda bisa mengajukan permintaan khusus melalui Customer Care kami maksimal 24 jam sebelum jam keberangkatan. Untuk permintaan makanan, silahkan sebutkan dengan detail permintaan jenis makanan seperti : muslim meal, vegetarian meal, child meal.

Bagaimana proses untuk pengajuan permintaan kursi roda?

Anda bisa mengajukan permintaan khusus melalui Customer Care kami maksimal 24 jam sebelum jam keberangkatan. Silahkan jelaskan permintaan kursi roda yang Anda butuhkan dengan kategori seperti : manula, pasca operasi, cacat/disable. Anda juga bisa melakukan pengajuan secara langsung kepada pihak maskapai.

Apakah penumpang bisa membawa kursi roda milik sendiri?

Jika penumpang ingin membawa kursi roda milik sendiri, silahkan hubungi pihak maskapai terlebih dahulu. Untuk informasi kontak maskapai, kunjungi Kontak Maskapai Penerbangan.

Apakah saya bisa membawa hewan peliharaan untuk penerbangan internasional?

Kebijakan untuk membawa binatang peliharaan berbeda untuk setiap maskapai. Silahkan hubungi pihak maskapai secara langsung.

Apakah saya bisa menambah jumlah bagasi untuk penerbangan internasional?

Untuk kebijakan penambahan bagasi berbeda setiap maskapai. Kami sarankan untuk menghubungi pihak maskapai secara langsung.

Kontak Maskapai Penerbangan

Air Asia Extra (XT)

Air Asia Indonesia Airways (QZ)

Batik Air (ID) – Lion Air Group

Citilink (QG)

XpressAir (XN)

Garuda (GA)

Kal Star (KD)

  • Nomor Telepon: 021 – 2934 3456

Lion Airways (JT)

Nam Air (IN) – Sriwijaya Air Group

Sriwijaya(SJ)

Trans Nusa (M8)

Trigana Air (IL)

Wings Air (IW) – Lion Air Group

×