Sistem Refund Otomatis

Saat Anda melakukan transaksi di Tokopedia, terkadang Anda mengalami kendala koneksi yang menyebabkan pembayaran tidak berhasil. Saat ini, Tokopedia menerapkan sistem refund/pengembalian dana otomatis untuk membuat Anda tetap nyaman dalam menghadapi situasi seperti ini. Berikut pertanyaan-pertanyaan terkait beserta jawabannya agar Anda dapat memahami lebih dalam hal tersebut.

1. Mengapa saat saya melakukan pembayaran, tiba-tiba koneksi terputus?

Anda mengalami kendala pada proses pembayaran (biasanya di halaman proses verifikasi metode pembayaran) dikarenakan terganggunya koneksi antara sistem kami dengan sistem lembaga keuangan yang menjadi mitra pembayaran kami.

2. Jika koneksi terputus saat proses pembayaran tengah berlangsung, apakah proses tersebut otomatis gagal?

Belum tentu. Selama 30 menit setelah Anda melakukan proses pembayaran, sistem kami akan terus mencoba melakukan verifikasi pembayaran Anda. Jika proses ini berhasil, pembayaran Anda sukses. Setelah itu, Anda akan mendapatkan email pemberitahuan bahwa pembayaran telah berhasil.

Namun, jika sistem kami tetap gagal melakukan verifikasi pembayaran, ada kemungkinan lembaga keuangan tetap memotong dana/limit kartu kredit Anda, sementara Tokopedia tidak melakukan verifikasi pembayaran tersebut. Dalam hal ini, Anda telah mengalami Gagal Checkout. Oleh karena itu, kini kami menerapkan sistem refund otomatis.

3. Apa itu sistem refund otomatis?

Sistem refund otomatis adalah sistem pengembalian dana/limit kartu kredit Anda secara otomatis. Jika terjadi kendala di tengah proses pembayaran, sementara dana/limit kartu kredit Anda telanjur dipotong oleh lembaga keuangan yang Anda pilih, Tokopedia akan mengembalikan dana/limit kartu kredit Anda dalam kurun waktu 30 menit setelah Anda melakukan proses pembayaran.

4. Apakah sistem refund ini berlaku untuk semua metode pembayaran?

Untuk saat ini, Tokopedia melakukan pengembalian dana untuk semua metode pembayaran, kecuali pembayaran melalui gerai partner (Indomaret, Alfamart, Kantorpos, Kioson, JNE, dll.).

5. Jika saya menutup aplikasi/tampilan web saat terputusnya koneksi di tengah proses pembayaran, apakah saya tetap dapat menerima refund otomatis?

Ya, sistem refund otomatis akan tetap berjalan jika Anda menutup aplikasi/tampilan web Tokopedia.

6. Kemana dana/limit kartu kredit saya yang terlanjur terpotong akan dikembalikan?

  • Pembayaran dengan kartu kredit: dana akan dikembalikan ke limit kartu kredit Anda.
  • Pembayaran dengan kartu debit: dana akan dikembalikan ke rekening Anda.
  • Pembayaran dengan metode lain: dana akan dikembalikan ke TokoCash / Saldo Tokopedia Anda.

7. Bagaimana jika setelah 30 menit, saya tidak menerima email pemberitahuan transaksi dinyatakan sukses maupun transaksi dinyatakan refund?

Jika Anda Gagal Checkout namun tidak menerima notifikasi setelah 30 menit, silakan hubungi Customer Care Tokopedia agar dapat dilakukan pengecekan dana keesokan harinya serta memproses refund dana/limit kartu kredit Anda.

×