Syarat dan Ketentuan Affiliate Marketing

Syarat dan Ketentuan Affiliate Marketing merupakan bagian dari Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi Tokopedia. Penggunaan layanan Affiliate Marketing tunduk pada Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi, Kebijakan Privasi, dan Syarat dan Ketentuan yang tertulis dibawah ini. Pengguna disarankan membaca dengan seksama karena dapat berdampak kepada hak dan kewajiban pengguna secara hukum.

Dengan mendaftar dan/atau menggunakan situs www.tokopedia.com, maka pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui semua isi dalam Syarat dan Ketentuan. Syarat dan Ketentuan ini merupakan bentuk kesepakatan yang dituangkan dalam sebuah perjanjian yang sah antara Pengguna dengan PT Tokopedia. Jika Pengguna tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi Syarat dan Ketentuan, maka Pengguna tidak diperkenankan menggunakan layanan di www.tokopedia.com.

A. Definisi

  1. Tokopedia adalah PT Tokopedia dan seluruh afiliasi atau anak perusahaannya, suatu perseroan terbatas yang menjalankan kegiatan usaha jasa web portal www.tokopedia.com, yakni situs pencarian toko dan produk yang dijual oleh Penjual.
  2. Situs/Aplikasi adalah situs www.tokopedia.com milik Tokopedia yang dapat diakses melalui desktop site dan/atau aplikasi yang berbasis Android atau iOS.
  3. Pengguna adalah pihak yang menggunakan layanan Tokopedia, termasuk namun tidak terbatas pada Pembeli, Penjual maupun pihak lain yang sekedar berkunjung ke Situs/Aplikasi.
  4. Pembeli adalah Pengguna terdaftar yang melakukan pembelian atas Barang yang dijual oleh Penjual di Situs/Aplikasi.
  5. Penjual adalah Pengguna terdaftar yang melakukan tindakan buka toko serta melakukan penawaran dan/atau penjualan atas suatu Barang kepada para Pengguna melalui Situs/Aplikasi.
  6. Barang adalah benda yang berwujud/memiliki fisik Barang yang dapat diantar/memenuhi kriteria pengiriman oleh perusahaan jasa pengiriman Barang.
  7. Affiliate Marketing adalah fitur TopAds yang mempertemukan Affiliate dengan Penjual untuk dapat mengiklankan barang milik Penjual yang ditawarkan melalui Situs/Aplikasi maupun platform lain di luar Situs/Aplikasi.
  8. Affiliate adalah Pengguna yang menggunakan fitur Tokopedia By Me, dimana melaksanakan kegiatan jasa mempromosikan Barang milik Penjual yang ditawarkan melalui Situs/Aplikasi maupun platform lain di luar Situs/Aplikasi.
  9. Iklan adalah segala bentuk promosi atau penawaran yang dilakukan oleh Affiliate yang akan ditampilkan pada Situs/Aplikasi maupun platform lain di luar Situs/Aplikasi, dimana bentuk promosi atau penawaran ditentukan sendiri oleh Affiliate dengan tetap tunduk pada Ketentuan Situs dan segala peraturan perundang-undangan terkait yang berlaku.
  10. Affiliate Link adalah pranala atau tautan unik yang disediakan oleh Tokopedia untuk digunakan Affiliate dalam mengunggah Iklan pada Situs/Aplikasi dan/atau platform lain diluar Situs/Aplikasi.
  11. Transaksi Selesai adalah pada saat Pembeli sudah melakukan konfirmasi penerimaan Barang sehingga status transaksi dinyatakan selesai oleh Situs/Aplikasi.
  12. Komisi Affiliate adalah sejumlah nominal atau persentase tertentu yang telah ditentukan oleh Penjual untuk periode tertentu dalam layanan Tokopedia By Me dan dibayarkan oleh Penjual kepada Affiliate atas setiap Transaksi Selesai untuk penjualan Barang menggunakan Affiliate Link dalam Situs/Aplikasi.
  13. Rekening Resmi Tokopedia adalah rekening bersama yang disepakati oleh Tokopedia dan Pengguna untuk proses transaksi jual beli di Situs/Aplikasi. Rekening resmi Tokopedia dapat ditemukan di halaman Nomor Rekening Tokopedia.
  14. Ketentuan Situs adalah Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi, Kebijakan Privasi, Syarat dan Ketentuan ini dan setiap syarat dan ketentuan lain yang dapat berlaku untuk atau sehubungan dengan penggunaan Situs/Aplikasi dan seluruh fitur yang terdapat di dalamnya.
  15. Syarat dan Ketentuan adalah Syarat dan Ketentuan untuk menggunakan fitur Affiliate Marketing.

B. Umum

  1. Penjual dapat mengakses/menggunakan fitur Affiliate Marketing pada halaman TopAds yang tersedia pada Situs/Aplikasi.
  2. Dengan menggunakan Affiliate Marketing, maka Penjual dianggap telah menyetujui dan mematuhi Syarat dan Ketentuan ini serta Ketentuan Situs.
  3. Tokopedia berwenang untuk melakukan (i) penurunan konten penawaran produk; (ii) permintaan penurunan konten atau materi Iklan; (iii) penahanan dana Saldo Tokopedia; (iv) pembatalan transaksi; serta (v) penutupan toko Penjual tanpa pemberitahuan sebelumnya, untuk sementara atau untuk selamanya, dalam hal diduga dan/atau terdapat kegiatan Penjual yang melanggar ketentuan hukum dan/atau Ketentuan Situs.
  4. Penjual memahami dan menyetujui bahwa setiap kerugian yang timbul akibat dari tindakan tersebut di atas, termasuk namun tidak terbatas pada kehilangan keuntungan, peluang bisnis, atau somasi, gugatan, tuntutan dan/atau upaya lainnya yang diajukan oleh pihak ketiga, bukan merupakan tanggung jawab Tokopedia.
  5. Tokopedia berwenang untuk melakukan perubahan pada seluruh atau sebagian daripada Syarat dan Ketentuan ini.

C. Penjual

  1. Fitur Affiliate Marketing hanya bisa digunakan oleh Penjual yang sudah membuka toko di Tokopedia.
  2. Barang yang dapat dipromosikan melalui Affiliate Marketing merupakan Barang yang masih ada persediaannya.
  3. Penjual berhak menentukan besaran Komisi Affiliate atas Barang yang ditawarkan melalui Affiliate Marketing.
  4. Penjual berkewajiban membayar Komisi Affiliate kepada Affiliate paling rendah 1% (satu persen).
  5. Barang yang dapat atau dilarang untuk diiklankan melalui Affiliate Marketing tunduk pada Ketentuan Situs dan peraturan hukum yang berlaku.
  6. Affiliate Marketing tidak terkait dengan segala bentuk kerja sama, fitur dan/atau program lainnya antara Tokopedia dan Penjual, khususnya untuk ketentuan biaya yang timbul dari perjanjian antara Tokopedia dan Penjual.

D. Pengunaan Data

  1. Dengan terus menggunakan Affiliate Marketing, Penjual memberi wewenang kepada Tokopedia untuk menyimpan informasi miliknya dan/atau data terkait penggunaan Affiliate Marketing dalam sistem Tokopedia.
  2. Penggunaan Data Penjual sehubungan dengan Affiliate Marketing akan tunduk pada Kebijakan Privasi Tokopedia.

E. Transaksi

  1. Penjual dan Affiliate wajib bertransaksi melalui prosedur transaksi yang telah ditetapkan oleh Tokopedia.
  2. Tokopedia akan meneruskan dana penjualan kepada Penjual dan Komisi Affiliate kepada Affiliate melalui Saldo Tokopedia apabila tahapan transaksi jual beli, yang bersumber dari Affiliate Link, pada sistem Tokopedia merupakan Transaksi Selesai.
  3. Apabila terdapat program promo yang dilaksanakan oleh Penjual berupa potongan harga atas Barang, Komisi Affiliate yang didapat oleh Affiliate akan dihitung berdasarkan harga atas Barang yang ditampilkan pada program promo.
  4. Dalam hal Penjual melakukan promo selain Affiliate Marketing, dan mengakibatkan nominal Transaksi Selesai lebih kecil daripada nominal Komisi Affiliate yang harus dibayarkan kepada Affiliate, maka Penjual memberikan hak kepada Tokopedia untuk melakukan pengurangan atas penerusan dana atas Transaksi Selesai selanjutnya untuk pembayaran kekurangan Komisi Affiliate.
  5. Apabila terdapat kendala transaksi terhadap Barang yang belum terselesaikan di Pusat Resolusi, maka dapat mempengaruhi Komisi Affiliate yang diberikan oleh Penjual kepada Affiliate.
  6. Penjual tidak akan dikenakan Komisi Affiliate apabila transaksi dengan menggunakan Affiliate Link bukan merupakan Transaksi Selesai.
  7. Penjual tidak akan dikenakan Komisi Affiliate apabila penyelesaian kendala transaksi pada Pusat Resolusi mengakibatkan berubahnya jumlah pembayaran oleh Pembeli.
  8. Penjual tidak akan dikenakan Komisi Affiliate apabila terdapat kendala transaksi pada Barang yang dibeli oleh Pembeli dari Penjual yang sama, meskipun Barang tersebut bukanlah berasal dari Affiliate Link.
  9. Penjual memahami sepenuhnya dan menyetujui bahwa segala transaksi yang dilakukan antara Penjual dan Affiliate selain melalui Rekening Resmi Tokopedia dan/atau tanpa sepengetahuan Tokopedia (termasuk namun tidak terbatas pada fasilitas/jaringan pribadi, pengiriman pesan, atau pengaturan transaksi khusus diluar Situs/Aplikasi) adalah merupakan tanggung jawab pribadi dari Penjual dan Affiliate.
  10. Penjual dan Affiliate memahami dan menyetujui bahwa masalah keterlambatan proses penarikan dana dan biaya tambahan yang disebabkan oleh perbedaan bank yang Penjual dan Affiliate pergunakan dengan bank Rekening resmi Tokopedia adalah tanggung jawab Penjual dan Affiliate secara pribadi.
  11. Penjual memahami sepenuhnya dan menyetujui bahwa invoice Komisi Affiliate diterbitkan oleh Tokopedia atas nama Affiliate.
  12. Penjual dan Affiliate memahami dan menyetujui bahwa Pajak Penghasilan dan/atau Pajak Pertambahan Nilai sehubungan dengan penjualan Barang dan/atau pembayaran Service Fee Affiliate akan dibayarkan, dilaporkan dan diurus sendiri oleh masing-masing Penjual dan Affiliate sesuai dengan ketentuan perpajakan berdasarkan peraturan perundang-undangan perpajakan yang berlaku di Republik Indonesia. Tokopedia dibebaskan dari kewajiban serta tidak bertanggung jawab atas segala pemotongan/pemungutan, pembayaran dan pelaporan segala kewajiban perpajakan Penjual dan Affiliate yang timbul dari Tokopedia By Me, kecuali jika dipersyaratkan oleh peraturan perundang-undangan perpajakan yang berlaku di Indonesia.

×