Syarat dan Ketentuan Pengiriman dengan Ninja Xpress

  1. Saat ini Ninja Xpress menyediakan 1 (satu) layanan pengiriman, yakni:
    • Layanan Reguler Service memiliki jangkauan pengiriman dari Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Medan, Palembang ke daerah di seluruh Indonesia yang telah menyediakan layanan Ninja Xpress.
  2. Pada layanan Regular Service, batas waktu driver akan datang untuk mengambil barang setelah request Pick Up adalah maksimal pukul 18.00 di hari yang sama, dan barang harus sampai maksimal H+5 setelah pengiriman barang.
  3. Khusus untuk pick up dan pengiriman dengan tujuan alamat perkantoran yang jatuh pada hari Sabtu akan diagendakan kembali di hari Senin. Sedangkan untuk hari Minggu proses pick up dan pengiriman hanya akan berlangsung ke alamat tujuan non-perkantoran di area Jabodetabek.
  4. Untuk layanan pengiriman Reguler Service proses pengiriman dapat dilakukan pada pukul 09.00 – 15.00. Jika penjual melakukan request Pick Up melebihi batas waktu Cut Off Time, maka penjual harus melakukan request Pick Up kembali pada keesokan harinya.
  5. Untuk layanan Reguler, ukuran maksimum produk yang bisa dikirim adalah 70cm (panjang) x 70cm (lebar) x 70cm (tinggi) dan maksimum berat produk 15kg.
  6. Pembeli TIDAK PERLU membayar ongkos kirim kepada kurir, karena sistem Tokopedia akan memproses langsung ongkos kirim ke Ninja Xpress.
  7. Apabila pengiriman tidak menggunakan asuransi, maka Ninja Xpress akan menanggung biaya penggantian sebesar 10 (Sepuluh) kali dari ongkos kirim atau maksimal senilai Rp1.000.000,- (Satu juta rupiah) tergantung dari ongkos kirim yang telah dibayarkan.
    Contoh: Jika ongkos kirim sebesar Rp10.000,- (Sepuluh ribu rupiah) maka biaya penggantiannya adalah Rp100.000,- (Seratus ribu rupiah) bukan Rp1.000.000,- (Satu juta rupiah).
  8. Ninja Xpress hanya akan menerima klaim atas kerusakan barang 7×24 jam setelah barang diterima. Sedangkan untuk barang yang hilang, Ninja Xpress hanya akan menerima klaim 7 (tujuh) hari setelah tanggal pengiriman.
  9. Layanan Service Reguler pengirimannya menggunakan Motor atau Mobil.
  10. Untuk pengiriman menggunakan jasa Ninja Express, dapat terjadi perbedaan perhitungan berat oleh Kurir untuk barang-barang berdimensi besar. Pihak Kurir akan menggunakan perhitungan berat volumetrik dengan rumus Panjang (cm) X Lebar (cm) X Tinggi (cm) : 6000. Apabila terjadi perbedaan berat tersebut, maka Tokopedia akan menghubungi pihak penjual/pembeli mengenai perbedaan selisih ongkos kirim yang akan terjadi.
  11. Ninja Xpress tidak bertanggung jawab untuk kerusakan atau perubahan bentuk yang terjadi atas pengiriman produk rapuh seperti yang terbuat dari kaca, keramik, serta produk yang cepat rusak seperti makanan kering meskipun telah dikemas secara khusus. Ninja Xpress tidak melayani pengiriman khusus untuk makanan beku dan makanan yang mudah berubah bentuk seperti nugget, es krim, mentega, dll.
  12. Ninja Xpress tidak menyediakan jasa pengiriman untuk barang-barang berharga seperti emas, perhiasan, surat-surat berharga, dan lain-lain.
  13. Daftar barang yang tidak dapat dikirim dengan menggunakan layanan Ninja Xpress:
  • Uang (koin, uang tunai dalam rupiah dan/atau mata uang asing lainnya), surat berharga (cek, giro, obligasi, saham, sertifikat).
  • Narkotika, ganja, morphin dan obat-obat atau zat-zat yang dianggap sebagai benda terlarang lainnya.
  • Barang cetakan, rekaman atau barang-barang lainnya yang bertentangan dengan nilai kesusilaan dan dapat mengganggu stabilitas keamanan dan ketertiban umum.
  • Makhluk hidup (binatang dan tumbuhan).
  • Barang dalam kategori berbahaya, beracun dan barang-barang kimia yang mudah meledak atau terbakar.
  • Alkohol dan minuman beralkohol.
  • Kiriman dalam bentuk cair lainnya kecuali dikemas dengan baik dan benar (dengan melampirkan MSDS (Material Safety Data Sheet) dan surat pernyataan barang berbahaya dari pelanggan).
  • Barang yang mudah meledak, senjata dan bagian-bagiannya.
  • Peralatan judi dan tiket lotere.
  • Barang-barang yang dikategorikan dalam pengawasan pemerintah.
  • Barang-barang yang terbuat dari bahan gelas, keramik, dan pecah belah.
  • Barang seni, termasuk hasil karya dari keahlian, bakat atau talenta untuk diperjualbelikan, dipamerkan atau pun untuk dikoleksi, seperti lukisan, gambar, jambangan, hiasan dinding dari permadani.
  • Barang antik, segala jenis komoditi yang memperlihatkan ciri-ciri masa lampau dan memiliki nilai tersendiri karena sejarah, usia dan kelangkaannya, seperti furnitur, peralatan makan, barang pecah belah dan barang-barang koleksi seperti koin dan perangko.
  • Perhiasan adalah barang perhiasan dari permata asli, permata asli atau batu permata (batu mulia atau semi mulia), berlian hasil kerajinan (sudah diasah dan dibentuk) dan perhiasan terbuat dari logam mulia.
  • Logam mulia, termasuk diantaranya, emas dan perak lantakan atau satuan kecil-kecil, platina (kecuali sebagai bagian tak terpisahkan dari peralatan elektronik).
  • Produk elektronik dengan berat diatas 70 kg.
  • Perangko, materai cukai minuman keras, materai pajak.
  • Voucher telepon seluler.
  • Komoditi yang bernilai tinggi, seperti sarang burung walet, bulu binatang, sutra.
  • Klasifikasi barang berbahaya sesuai dengan peraturan internasional tentang barang berbahaya:
    1. Kelas 1 Bahan peledak.
    2. Kelas 2 Gas beracun: dipadatkan, dicairkan atau dilarutkan di bawah tekanan.
    3. Kelas 3 Cairan yang mudah terbakar.
    4. Kelas 4 Bahan padat yang mudah terbakar.
    5. Kelas 5 Zat oksidasi.
    6. Kelas 6 Zat beracun.
    7. Kelas 7 Zat radioaktif.
    8. Kelas 8 Bahan yang menimbulkan karat.
    9. Kelas 9 Aneka zat dan bahan berbahaya lainnya.

×