Syarat dan Ketentuan Pengiriman dengan REX Kiriman Express

  1. Layanan pengiriman REX yang tersedia di Tokopedia adalah REX 10, yaitu pengiriman dengan sistem pick up.
  2. Layanan pengiriman REX 10 saat ini dapat diakses di wilayah Jabodetabek dan Bandung. Serta dapat mengirimkan ke seluruh Indonesia.
  3. Konfirmasi orderan untuk pengiriman Pick Up adalah:

    • Batas waktu respons pesanan (terima/tolak/terima sebagian) adalah 2×24 jam terhitung sejak pembayaran diverifikasi.

    • Setelahnya batas waktu untuk konfirmasi pengiriman/request pick up adalah 2×24 jam (tidak termasuk hari Sabtu, Minggu, dan Libur Nasional) terhitung sejak pesanan di respons.

      *Apabila respons pesanan dilakukan di awal waktu maka sisa waktu respons pesanan akan diakumulasikan ke batas waktu konfirmasi pengiriman/request pick up. 
      Contoh: Anton memesan barang di Toko B, kemudian notifikasi pesanan masuk dan 1 jam kemudian penjual melakukan konfirmasi terima pesanan. Maka sisa waktu 47 jam akan di tambahkan ke batas waktu konfirmasi pengiriman menjadi 2 hari 23 jam.

  4. Masa waktu pengiriman atau pick up yang berlaku adalah dari pukul 09.00 – 16.00 WIB. Jika penjual melakukan request pick up di atas jam yang telah di tentukan maka request pick up dianggap tidak valid dan baru dapat melakukan request ulang pada keesokan harinya (Cut Off Time pukul 16.00 WIB).
  5. Sistem request Pick Up yang pada REX 10 terdiri atas:
    a. Request pick up pukul 09.00 – 12.00 WIB –> akan dilakukan pick up selambat-lambatnya pada pukul 14.00 WIB
    b. Request pick up pukul 12.01 – 16.00 WIB –> akan dilakukan pick up selambat-lambatnya pada pukul 18.00 WIB
  6. Ketentuan berat pengiriman dengan REX 10 minimal adalah 10 kg. Jadi ketika penjual mengirim barang di bawah 10 kg (1-9 kg), maka akan tetap terhitung 10 kg.
  7. Berat maksimal pengiriman menggunakan kurir REX adalah 300kg per 1 item pesanan. (1 invoice terdiri dari 3 item di mana berat per item adalah 250kg, maka transaksi bisa di lanjutkan menggunakan pengiriman REX).
  8. Batas toleransi kelebihan berat pengiriman adalah 100 gr. Contohnya, ketika penjual mengirim barang dengan bobot pengiriman 10,1 kg maka berat pengiriman tetap terhitung 10 kg. Tetapi jika bobot pengiriman lebih dari 100 gr (Contoh : 200 gram / 10,2 kg), maka berat pengiriman akan terhitung sebagai 11 kg.
  9. Berat volume Service REX-10 adalah panjang x lebar x tinggi : 4.000.
  10. Apabila tidak menggunakan fitur asuransi, maka besaran ganti rugi dari pihak REX sebesar 10 kali ongkos kirim atau Rp1.000.000,- (Satu juta rupiah), sesuai dengan nilai yang lebih kecil.
  11. Pihak REX berhak melakukan penolakan atas pengiriman barang-barang yaitu:
    a. Uang tunai atau surat berharga (cek, bilyet, giro, obligasi, saham, sertifikat, tiket pesawat, kartu kredit, kartu ATM, BPKB, STNK, Ijazah, dan sejenisnya).
    b. Surat, warkat pos, kartu pos.
    c. Perhiasan atau barang berharga yang sejenis.
    d. Barang yang mudah meledak, beracun, dapat menimbulkan percikan api atau dapat merusak barang lainnya (aki atau bahan kimia), dan cairan.
    e. Benda yang berbau tajam seperti buah durian, cabai, dan sejenisnya.
    f. Obat-obatan terlarang seperti narkotika, ganja, morfin, sabu-sabu, putaw, minuman keras, dan sejenisnya.
    g. Barang cetakan, foto, film, rekaman atau barang sejenis yang bertentangan dengan kesusilaan (Pornografi) dan dapat mengganggu stabilitas keamanan serta ketertiban umum.
    h. Makhluk hidup (hewan dan tumbuhan).
  12. Pihak REX berhak melakukan pemeriksaan sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Indonesia (dalam hal ini Departemen Perhubungan).
  13. REX hanya akan menerima klaim atas kerusakan barang 7×24 jam setelah barang diterima. Sedangkan untuk barang yang hilang, REX hanya akan menerima klaim 7 (tujuh) hari setelah tanggal pengiriman.
  14. Untuk pengiriman menggunakan jasa REX, dapat terjadi perbedaan perhitungan berat oleh Kurir untuk barang-barang berdimensi besar. Pihak Kurir akan menggunakan perhitungan berat volumetrik dengan rumus Panjang (cm) X Lebar (cm) X Tinggi (cm) : 4000. Apabila terjadi perbedaan berat tersebut, maka Tokopedia akan menghubungi pihak penjual/pembeli mengenai perbedaan selisih ongkos kirim yang akan terjadi. Untuk itu kami sarankan dari pihak penjual untuk dapat melakukan perhitungan berat produk (sudah berikut kemasan/packing) berdasarkan Syarat dan Ketentuan dari kurir terkait.
  15. Apabila Pembeli menggunakan asuransi, biaya atas asuransi yang dibayarkan tidak termasuk biaya packing, namun apabila Pembeli hendak menggunakan packing pada pengiriman, Penjual dipersilahkan berkomunikasi langsung kepada pihak REX mengenai permintaan Packing dan pembayaran serta biayanya, dan kepada Pembeli untuk informasi dan pembayaran biayanya.
  16. Untuk pengiriman paket yang termasuk dalam kategori FRAGILE, seperti pecah belah, acrilic dan barang yang sifatnya mudah pecah seperti yang terbuat dari keramik atau kaca, barang berbentuk cair (liquid dan cream) dan paket lain seperti surat berharga, uang tunai, dan benda benda berharga lain yang dilarang dalam aturan umum pada jasa pengiriman tidak dapat diberikan penggantian kerugian apapun apabila paket tetap dikirimkan menggunakan jasa pengiriman REX Kiriman Express sekalipun dikirim menggunakan packing kayu. REX akan melakukan screening atas kiriman barang kategori tersebut sesuai dengan pengakuan Penjual / Pembeli, namun screening yang dilakukan REX tsb tidak dapat diartikan bahwa REX akan bertanggung jawab dan akan melakukan investigasi atas kasus yg terjadi.
×