Syarat dan Ketentuan Pengiriman dengan SICEPAT

  1. Paket pengiriman SICEPAT di Tokopedia terdiri dari dua pilihan, yaitu Reguler Service dan BEST (Besok Sampai Tujuan)
  2. Untuk skema pembulatan berat SICEPAT dapat dilihat di table berikut :                                                                                                                                                          User-added image
  3. Perhitungan kilogram didasarkan atas berat ditimbang atau berat secara volumetrik (diambil yang terberat). Rumus penghitungan volumetrik adalah (Panjang x Lebar x Tinggi) / 6000. Misalnya, suatu paket memiliki volume 50 cm x 50 cm x 50 cm. Maka perhitungan beratnya adalah 50 cm x 50 cm x 50 cm dibagi 6.000 = 20.83 Kg, dibulatkan menjadi 21 Kg.
  4. SICEPAT hanya akan mengangkut dokumen atau barang pada syarat dan ketentuan yang berlaku di SICEPAT.
  5. SICEPAT berhak untuk menolak atau menerima dokumen transportasi atau item tertentu dari pengirim, sesuai dengan ketentuan yang ada di SICEPAT.
  6. SICEPAT berhak membawa dokumen atau barang milik pengirim menggunakan penanganan, penyimpanan, dan transportasi yang cocok sesuai kebijakan SICEPAT.
  7. Dokumen atau barang kemasan pengirim adalah tanggung jawab pengirim.
  8. SICEPAT tidak bertanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan dokumen atau ketidaksempurnaan kemasan barang yang disebabkan oleh pengirim.
  9. Pengirim bertanggung jawab untuk menyertakan nama dan alamat lengkap tujuan pengiriman, jenis atau isi dokumen atau barang kiriman sehingga pengiriman bisa dilakukan dengan benar.
  10. SICEPAT tidak bertanggung jawab atas keterlambatan, kerugian, kerusakan dan biaya yang timbul dari kelalaian dan kesalahan pengirim dalam memenuhi kewajiban-kewajiban di atas.

Larangan pengiriman:

  • SICEPAT tidak menerima barang berbahaya peledak atau terbakar, obat, emas dan perak, koin, abu, sianida, platinum dan batu atau logam mulia dan perangko, barang curian, periksa tunai, wesel, atau cek perjalanan, surat, barang antik, lukisan antik, hewan atau tanaman hidup serta benda cair.
  • Jika pengirim mengirimkan barang-barang tersebut tanpa sepengetahuan SICEPAT, SICEPAT dibebaskan dari segala tuntutan ganti rugi, biaya dan tuntutan yang mungkin timbul dari pihak mana pun.
  • SICEPAT berhak untuk mengambil semua langkah yang diperlukan sesegera SICEPAT mengetahui adanya pelanggaran kondisi ini, termasuk untuk menjalankan hak-hak yang diatur dalam undang-undang perlindungan konsumen.

Inspeksi:

  • SICEPAT berhak tetapi tidak berkewajiban untuk memeriksa barang atau dokumen yang dikirim oleh pengirim untuk memastikan bahwa pengiriman dokumen atau barang benar-benar memenuhi syarat untuk diangkut ke alamat tujuan pada ketentuan prosedur operasi standar dan metode penanganan SICEPAT.
  • SICEPAT dalam melaksanakan hak-hak mereka tidak menjamin atau menyatakan bahwa seluruh pengiriman layak untuk transportasi.
  • SICEPAT tidak bertanggung jawab atas isi dari kiriman yang tidak cocok dengan deskripsi yang diberikan pengirim ke SICEPAT.

Menjamin pengiriman kepemilikan:

  • Pengirim dengan ini menjamin bahwa yang bersangkutan adalah pemilik yang sah dan berhak atas penyerahan dokumen atau barang yang akan disampaikan oleh SICEPAT dan telah setuju untuk terikat dengan syarat dan kondisi.
  • Pengirim menyatakan SICEPAT dibebaskan dari tuntutan pihak mana pun dan dari semua biaya dan kerusakan atau biaya lainnya dalam hal pelanggaran jaminan ini.
  • SICEPAT hanya bertanggung jawab untuk membayar kerugian yang diderita sebagai akibat dari kerusakan atau kerugian pengiriman dokumen atau barang yang terjadi ketika barang atau dokumen masih di bawah kontrol dari SICEPAT, dengan catatan hanya jika kerusakan tersebut semata-mata karena kelalaian SICEPAT.
  • SICEPAT tidak bertanggung jawab atas kerusakan dan kerugian, termasuk dan tidak terbatas pada kerugian komersial, kerugian tidak langsung atau keuangan lainnya termasuk kerugian yang terjadi dalam transportasi atau pengiriman yang disebabkan oleh hal-hal yang berada di luar kemampuan kontrol SICEPAT atau kompensasi untuk kerusakan yang disebabkan oleh bencana alam atau Force Majeure.
  • Nilai ganti rugi sesuai dengan syarat dan ketentuan SICEPAT. Dalam menentukan nilai akuntabilitas SICEPAT mempertimbangkan nilai dari dokumen atau penggantian barang pada waktu dan tempat pengiriman, tanpa menghubungkan dengan nilai komersial dan konsekuensi kerugian.

Prosedur untuk klaim:

  • Setiap klaim pengirim sehubungan dengan kewajiban dan tanggung jawab SICEPAT harus disampaikan secara tertulis dan diterima oleh kantor SICEPAT paling lambat 10 (sepuluh) hari setelah tanggal di mana semestinya dokumen atau barang sudah sampai.
  • Jumlah klaim tidak dapat dipertanggungjawabkan dengan jumlah tagihan yang tertera.

×