Syarat dan Ketentuan Saldo Prioritas

Syarat dan Ketentuan Saldo Prioritas merupakan bagian dari Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi Tokopedia. Penggunaan Saldo Prioritas tunduk pada Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi, Kebijakan Privasi, dan Syarat dan Ketentuan yang tertulis di bawah ini. Pengguna disarankan membaca dengan seksama karena dapat berdampak kepada hak dan kewajiban pengguna secara hukum.

Dengan mendaftar dan/atau menggunakan situs www.tokopedia.com, maka pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami, dan menyetujui semua isi dalam Syarat dan Ketentuan. Syarat dan Ketentuan ini merupakan bentuk kesepakatan yang dituangkan dalam sebuah perjanjian yang sah antara Pengguna dengan PT Tokopedia. Jika pengguna tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi Syarat dan Ketentuan, maka pengguna tidak diperkenankan menggunakan layanan di www.tokopedia.com.

A. Definisi

  1. Tokopedia adalah PT Tokopedia dan seluruh afiliasi atau anak perusahaannya, suatu perseroan terbatas yang menjalankan kegiatan usaha jasa web portal www.tokopedia.com, yakni situs pencarian toko dan barang yang dijual oleh penjual terdaftar.
  2. Situs/Aplikasi adalah situs www.tokopedia.com milik Tokopedia yang dapat diakses melalui desktop site dan/atau aplikasi yang berbasis Android atau IOS.
  3. Pengguna adalah pihak yang menggunakan layanan Tokopedia, termasuk namun tidak terbatas pada Pembeli, Penjual maupun pihak lain yang sekedar berkunjung ke Situs/Aplikasi.
  4. Penjual adalah Pengguna terdaftar yang melakukan tindakan buka toko dan/atau melakukan penawaran atas suatu barang kepada para pengguna melalui Situs/Aplikasi.
  5. Pembeli adalah Pengguna terdaftar yang melakukan permintaan atas barang yang dijual oleh Penjual di Situs/Aplikasi.
  6. Barang adalah benda yang berwujud/memiliki fisik barang yang dapat diantar/memnuhi kriteria pengiriman oleh perusahaan jasa pengiriman barang.
  7. Partner adalah pihak ketiga yang bekerjasama dengan Tokopedia untuk menyediakan Saldo Prioritas kepada Pengguna melalui Situs/Aplikasi.
  8. Saldo Prioritas adalah fitur/produk yang ditawarkan kepada Penjual untuk mendapatkan pembayaran dana di muka dari transaksi yang dilakukan melaui Situs.
  9. Dana Dimuka adalah sejumlah dana yang diberikan berdasarkan persentase yang ditetapkan oleh Partner kepada Penjual berdasarkan hasil penilaian dan kelayakan Partner.
  10. Limit Dana adalah sejumlah biaya yang diberikan oleh Partner kepada Penjual berdasarkan hasil penilaian dan kelayakan Partner.
  11. Biaya Admin adalah biaya yang harus dibayarkan Penjual atas penggunaan Saldo Prioritas.
  12. Biaya Keterlambatan adalah biaya tambahan yang dikenakan kepada Penjual atas keterlambatan dalam melakukan pelunasan pembayaran Biaya Admin.
  13. Perjanjian Fasilitas Pinjaman adalah perjanjian, baik secara tertulis ataupun elektronik, yang dibuat dan disepakati antara Partner dan Pengguna yang mengatur antara lain hak dan kewajiban, syarat dan ketentuan dan mekanisme serta prosedur pengembalian atau pembayaran Limit Dana.
  14. Transaksi Selesai adalah pada saat Pembeli sudah melakukan konfirmasi penerimaan Barang sehingga status transaksi dinyatakan selesai oleh Situs/Aplikasi.
  15. Ketentuan Situs adalah Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi, Kebijakan Privasi, Syarat dan Ketentuan ini dan setiap Syarat dan Ketentuan lain yang dapat berlaku untuk atau sehubungan dengan penggunaan Situs/Aplikasi dan seluruh fitur yang terdapat di dalamnya.
  16. Syarat dan Ketentuan adalah Syarat dan Ketentuan untuk penggunaan Saldo Prioritas.

B. Umum

  1. Penerimaan pengajuan permohonan, persetujuan permohonan, persetujuan Limit Dana, serta pemberian dana dimuka merupakan kewenangan dan dilakukan oleh Partner.
  2. Partner menyediakan Limit Dana yang akan ditentukan berdasarkan kebijakan dan persyaratan yang ditentukan oleh Partner serta berdasarkan statistik akun Pengguna dan Pengguna menyetujui Perjanjian Fasilitas Pinjaman yang disediakan oleh Partner.
  3. Tokopedia bukan merupakan salah satu pihak dalam Perjanjian Fasilitas Pinjaman dan tidak bertanggung jawab dan/atau tidak wajib memenuhi kewajiban yang timbul dari Perjanjian Fasilitas Pinjaman antara Pengguna dan Partner.
  4. Tokopedia tidak melakukan pengelolaan terhadap dana pembayaran dan hanya berperan sebagai perantara antara Penjual dan Partner.Ketika fitur Saldo Prioritas di aktifkan, fitur akan terus berfungsi selama fitur belum di non-aktifkan.
  5. Ketika fitur Saldo Prioritas di aktifkan, fitur akan terus berfungsi selama fitur belum di non-aktifkan.
  6. Tokopedia berwenang untuk melakukan (i) penghentian penggunaan Situs/Aplikasi; (ii) penurunan konten penawaran produk; (iii) penahanan dana; (iv) pembatalan transaksi; (v) penutupan akun Penjual, tanpa pemberitahuan sebelumnya, untuk sementara atau untuk selamanya, dalam hal diduga dan/atau terdapat kegiatan Pengguna yang melanggar ketentuan hukum dan/atau Ketentuan Situs.
  7. Dengan menggunakan fitur Saldo Prioritas, maka Penjual dianggap telah memahami dan akan mematuhi Syarat dan Ketentuan ini serta Ketentuan Situs.

C. Pengajuan

  1. Pengajuan hanya bisa dilakukan oleh Penjual aktif yang sudah membuka toko di Tokopedia selama minimum 3 (tiga) bulan.
  2. Untuk dapat menggunakan fitur Saldo Prioritas, Penjual harus mengajukan permohonan dan mengunggah dokumen-dokumen yang dipersyaratkan melalui formulir daring yang telah disediakan oleh Tokopedia.
  3. Penjual menyetujui dan memberikan wewenang kepada Tokopedia untuk memperoleh dan mengolah data transaksi dan data lainnya dari toko Penjual selama 12 (dua belas) bulan terakhir yang akan diteruskan kepada Partner.
  4. Penjual menyetujui dan memberikan wewenang kepada Tokopedia untuk memberikan informasi yang diberikan pada formulir laman Saldo Prioritas pada Situs/Aplikasi kepada Partner.
  5. Penjual menyetujui dan memberikan wewenang kepada Tokopedia untuk memberikan informasi atau data relevan lainnya pada Situs/Aplikasi yang dibutuhkan oleh Partner.
  6. Penjual menyetujui untuk mengikuti setiap proses selama proses pengajuan sesuai dengan sistem dan prosedur yang ditentukan oleh Tokopedia dan Partner.
  7. Penjual akan menghormati keputusan dari Partner.
  8. Partner akan menginformasikan kepada Tokopedia mengenai hasil/status pengajuan Penjual.
  9. Penjual menyetujui dan memberikan wewenang kepada Partner untuk memberikan informasi kepada Tokopedia mengenai status pembayaran di muka.

D. Transaksi

  1. Penjual dapat menentukan besaran Dana Dimuka yang diterimanya, dimana besaran tersebut dipilih berdasarkan batasan persentase yang telah ditentukan oleh Partner. Batas minimum pemilihan besaran Dana Dimuka yang dapat dipilih oleh Penjual adalah sebesar 10% (sepuluh persen) dan batas maksimum yang dapat dipilih adalah sesuai dengan persentase maksimum Dana Dimuka yang ditetapkan oleh Partner. Namun, penggunaan Dana Dimuka tidak boleh melebihi Limit Dana yang telah ditentukan oleh Partner.
  2. Penjual berhak mendapatkan Dana Dimuka sesuai dengan Limit Dana untuk transaksi dengan resi yang valid.
  3. Penjual akan mendapatkan Dana Dimuka sesuai dengan Limit Dana setelah nomor resi pengiriman divalidasi, dimana akan otomatis masuk ke Saldo Tokopedia.
  4. Penjual tidak dapat menggunakan fitur Saldo Prioritas untuk transaksi yang menggunakan layanan instant courier.
  5. Berdasarkan Perjanjian Fasilitas Pinjaman, kewajiban Penjual melakukan pembayaran kembali Dana Dimuka dan Biaya Admin beserta Biaya Keterlambatan (jika ada) akan dilakukan melalui Tokopedia dengan mekanisme pemotongan dana yang diterima Penjual atas Transaksi Selesai.
  6. Berdasarkan Perjanjian Fasilitas Pinjaman, Penjual akan dikenakan Biaya Admin yang besarnya ditentukan oleh Partner. Pembayaran atas Biaya Admin dilakukan dengan cara pemotongan langsung terhadap sisa pembayaran transaksi tersebut pada saat konfirmasi penerimaan.
  7. Apabila Dana Dimuka sesuai dengan Limit Dana telah diberikan kepada Penjual, namun pesanan Barang belum dikonfirmasi setelah 7 (tujuh) hari sejak Dana Dimuka diberikan, termasuk namun tidak terbatas dikarenakan adanya pembatalan transaksi atau pengembalian dana kepada Pembeli, maka pembayaran kembali Dana Dimuka, Biaya Admin, beserta Biaya Keterlambatan yang besarnya ditentukan oleh Partner, akan dikenakan pada Transaksi Selesai berikutnya.
  8. Tokopedia tidak bertanggung jawab atas setiap ketentuan dalam Perjanjian Fasilitas Pinjaman yang disepakati antara Penjual dan Partner, termasuk namun tidak terbatas pada keterlambatan pembayaran kembali Dana Dimuka oleh Penjual kepada Partner.
  9. Tokopedia dan/atau Partner berhak untuk menonaktifkan Saldo Prioritas pada Penjual dengan adanya pemberitahuan sebelumnya.
  10. Partner berhak mengubah jumlah Dana Dimuka dan/atau Limit Dana terhadap Pengguna yang telah mendapatkan Dana Dimuka dan/atau Limit Dana dengan pemberitahuan sebelumnya, dengan ketentuan perubahan tersebut akan berlaku sejak tanggal pemberitahuan.

×