TopAds

Apa Itu TopAds?

TopAds merupakan fitur berupa iklan yang ditawarkan oleh Tokopedia agar dapat dilihat dan berpotensi meningkatkan transaksi. TopAds dibagi menjadi empat pilihan, yaitu TopAds Toko, TopAds Produk, TopAds Kata Kunci, dan TopAds Headline. Semuanya dapat Anda gunakan untuk memaksimalkan perkembangan toko online Anda.

Dengan membayar hingga Rp5.000 saja, Anda bisa melakukan promosi produk kapan pun, termasuk di jam-jam ramai. Dengan begitu, toko dan produk Anda berpotensi untuk dilihat serta dibeli oleh lebih banyak pembeli!

 

Cara Mengaktifkan TopAds

Cara menggunakan TopAds cukup mudah. Anda hanya perlu menambahkan Kredit TopAds, dan promosi produk menggunakan TopAds sudah dapat dilakukan. TopAds menerapkan sistem pembayaran Cost per Click (CPC) dimana Anda hanya akan membayar setiap kali iklan Toko atau Produk Anda diklik. Namun terlebih dahulu pastikan Anda sudah mengisi kredit TopAds sesuai dengan pilihan yang tersedia. Lihat disini untuk mengisi kredit TopAds.

Dimana Iklan Saya akan Muncul?

Anda tidak dapat mengetahui secara spesifik dimana iklan Anda akan muncul. Produk Anda dapat tampil pada halaman-halaman berikut:

  1. Halaman Beranda
  2. Halaman Katalog Produk
  3. Halaman Kategori
  4. Halaman Pencarian Produk
  5. Halaman Toko Favorit
  6. Halaman Hot List
  7. Aplikasi dan Mobile Site

Apakah Saya Bisa Menentukan dimana Iklan Saya akan Muncul?

Anda tidak bisa menentukan dimana iklan akan muncul karena letak iklan secara otomatis akan ditentukan oleh skor tertentu yang dihitung berdasarkan beberapa faktor.

Bagaimana Cara Iklan Saya Tampil Teratas?

  1. Penamaan Produk yang tepat

    Iklan akan muncul dihalaman hasil pencarian jika Anda memberikan nama produk yang sesuai. Penamaan produk sangat berperan penting untuk tampilan iklan Anda. Semakin sesuai penamaan produk Anda dengan pencarian pembeli, maka iklan Anda akan memiliki kesempatan lebih besar untuk ditampilkan dan diklik oleh pembeli.

  2. Biaya per klik iklan

    Perhatikan biaya perklik untuk iklan Anda. Semakin besar biaya per klik untuk iklan Anda, makan akan semakin besar juga peluang iklan Anda muncul di bagian paling atas. Namun perlu diingat, Anda juga harus mempertimbangkan anggaran iklan secara bijaksana sebelum menggunakannya.

Kenapa Saldo TopAds Saya Cepat Habis?

Ini mengartikan bahwa banyak pembeli yang mengunjungi produk Anda. Jika Anda ingin menghemat anggaran, Anda bisa menggunakan fitur anggaran harian. Anda juga harus memperhatikan kembali nilai bid yang Anda pasang, serta banyaknya iklan yang statusnya aktif di toko Anda.

Apa yang dimaksud dengan Rekomendasi Biaya?

Biaya rekomendasi adalah biaya per klik yang direkomendasikan oleh Tokopedia saat Anda mengatur biaya promo dengan TopAds.

Berapa Biaya yang Harus Saya Keluarkan untuk Bidding TopAds?

Nilai bidding yang dapat Anda masukkan sampai dengan Rp2.000. Anda dapat memulai dari harga rekomendasi terlebih dahulu. Jika Anda merasa iklan belum muncul, Anda dapat menaikkan harga bidding secara perlahan.

Apa yang Dimaksud dengan Biaya Maksimal?

Biaya maksimal adalah biaya yang akan Anda bayarkan setiap iklan Anda di klik oleh calon pembeli.

Saldo TopAds Saya Belum Masuk, Padahal Pembayaran Sudah di Verifikasi oleh Tokopedia

Anda bisa melakukan refresh pada halaman Pengaturan TopAds Anda. Jika masih terdapat kesalahan dalam jumlah saldo, Anda bisa melaporkannya pada halaman berikut

Kenapa Persentase Konversi Iklan Saya Rendah?

Promo Produk dan Toko memiliki penilaian konversi yang berbeda. Untuk promo Toko, nilai konversi bisa dilihat dari seberapa banyak user yang memfavoritkan toko Anda setelah klik iklan Toko Anda. Sedangkan promo Produk nilai konversi dilihat dari banyaknya produk yang dijual dari hasil klik iklan Produk Anda.

Jika Anda lihat pada statistik nilai konversi produk yang Anda pasangkan TopAds masih rendah, Anda dapat membandingkan penjualan di toko Anda sebelum menggunakan TopAds dan setelah menggunakan TopAds. Jika terdapat kenaikan yang signifikan, hal tersebut bisa dikarenakan faktor indirect buying atau pembelian tidak langsung di toko Anda.

Indirect buying atau pembelian tidak langsung adalah ketika calon pembeli Anda klik iklan Produk A, tapi setelah melihat deskripsi produk dan buka halaman toko Anda, justru melakukan pembelian produk B, C dan D.

Bagaimana Cara Mengaktifkan TopAds yang Pengaturan Waktunya Sudah Lewat?

Anda cukup mengklik tombol on / off. Iklan Anda akan secara otomatis aktif kembali dengan pengaturan waktu yang berubah sesuai dengan lama pengaturan waktu yang sebelumnya.

Kenapa Status Iklan tidak Terkirim?

Status Iklan Anda Bisa Menjadi Tidak Terkirim Dikarenakan Beberapa Hal:

  1. Status iklan Anda masih aktif, tetapi saldo TopAds Anda sudah habis.
  2. Anda melakukan pengaturan waktu tampil untuk iklan Anda dan belum masuk waktu iklan Anda tampil.
  3. Ketika iklan Anda sudah tampil melebihi limit anggaran harian Anda.

Jika Saya Menghapus Iklan Saya, Apakah Saya Masih Bisa Melihat Statistik dari Iklan yang Telah Dihapus?

Data untuk iklan yang sudah Anda hapus tidak bisa dilihat kembali. Oleh karena itu, pastikan kembali untuk melakukan pengecekan ulang saat akan menghapus iklan Anda.

Apakah Saya bisa Mengetahui Berapa Besar Bidding dari Toko Kompetitor Saya?

Anda tidak dapat melihat nilai bidding dari kompetitor Anda karena Tokopedia ingin membandung sistem yang adil bagi semua penjual.

Apa arti dari masing – masing iklan?

Apa yang dimaksud Anggaran Harian?

Anggaran harian adalah jumlah anggaran yang disediakan untuk promo pada fitur TopAds. Promo akan berhenti tampil jika melewati anggaran.

×