• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

11 Gunung di Indonesia yang Cocok untuk Pendaki Pemula

04 August 2023

Share

11 Gunung di Indonesia yang Cocok untuk Pendaki Pemula

Ingin mendaki gunung tapi takut tak kuat mendaki? bagi kamu yang masih pemula, berikut ini daftar gunung yang ramah bagi para pendaki pemula.


Menyaksikan panorama matahari terbit langsung dari puncak gunung, memandang hamparan lautan awan putih, pastinya semua orang ingin merasakan pengalaman menakjubkan ini. Namun untuk sampai ke puncak gunung, terkadang kita harus menaklukkan jalur pendakian yang tidak mudah dan tergolong sulit untuk dilakukan oleh orang yang belum berpengalaman dalam hiking.

Namun kamu tidak perlu khawatir, Toppers. Bagi kamu pendaki pemula yang ingin merasakan keindahan panorama dari puncak perbukitan tinggi ini,  gunung-gunung yang ramah didaki untuk para pemula bisa jadi pilihan yang paling tepat untuk melatih fisikmu. 

Ada banyak plihan gunung di Indonesia yang cocok untuk didaki para pemula. Berikut telah Tokopedia ulas 11 gunung di Indonesia yang biasanya jadi tempat favorit bagi pendaki pemula. Keindahannya juga tidak kalah dengan gunung-gunung yang jalur pendakiannya sulit, lho!

Rekomendasi Gunung Favorit yang Cocok Didaki Para Pemula

Punya rencana ingin mendaki gunung saat momen 17 Agustus nanti? Jika belum pernah sama sekali mendaki gunung, berikut beberapa rekomendasi gunung terindah dan terfavorit yang cocok didaki para pemula. Yuk, simak sampai habs!

1. Gunung Nglanggeran, Yogyakarta

Gunung Nglanggeran, Yogyakarta

Sumber Gambar: Liputan6

Berencana liburan ke Yogyakarta? Selain wisata kuliner dan budaya, kamu juga bisa mendaki Gunung Nglanggeran yang terletak di Kabupaten Gunung Kidul. Dengan ketinggian 700 mdpl dan medan yang cenderung landai, gunung yang satu ini sangat cocok untuk kamu pendaki pemula dan hanya butuh waktu 1 jam untuk sampai ke puncaknya. 

Kamu juga tidak perlu takut saat menemui medan yang agak licin dan batu karang karena sudah tersedia tangga-tangga kayu dan tali yang bisa membantumu untuk melewati medan tersebut. Perjalanan ke desa Nglanggeran bisa kamu tempuh dengan waktu kurang lebih satu jam dari Yogyakarta. Jika ingin lebih lama menikmati suasana di gunung purba yang satu ini, kamu juga bisa membangun tenda di area camping ground yang sudah tersedia.

2. Gunung Andong, Jawa Tengah

Gunung Andong, Jawa Tengah

Sumber Gambar: Indonesia Traveler

Pengen banget berpetualang dan naik gunung sendiri? Gunung Andong yang terletak di Magelang, Jawa Tengah ini paling cocok untukmu. Dengan jalur pendakiannya yang mudah dan dilengkapi dengan sejumlah papan petunjuk, kamu tidak perlu takut tersesat di gunung berketinggian 1.762 mdpl ini. 

Walaupun tidak terlalu tinggi, kamu tetap bisa mendapatkan pemandangan yang menawan dan bisa melihat langsung view ke Gunung Merbabu. Nah kalau kamu mendaki ke Gunung Andong, jangan lupa untuk bermalam agar kamu bisa menikmati pemandangan sunrise yang luar biasa cantiknya. Walaupun hiking sendiri, pastinya akan terasa menyenangkan dengan pemandangan yang ditawarkan Gunung Andong.

Bagi kamu yang membutuhkan informasi terbaru seputar pendakian Gunung Andong Magelang, akun Instagram @gunungandong bisa menjadi rujukan.

3. Gunung Prau, Jawa Tengah

Gunung Prau, Jawa Tengah

Sumber Gambar: Kompas

Masih dari Jawa Tengah, ada satu lagi gunung yang sangat cocok untuk pendaki pemula, Gunung Prau. Terletak di Dataran Tinggi Dieng, tepatnya di Desa Patak Banteng, puncak Gunung Prau menawarkan hamparan lautan awan yang sudah siap untuk memanjakan mata dan menenangkan pikiran kita. Gunung yang tingginya mencapai 2.565 mdpl ini juga bisa menjadi tempat yang tepat bagi kamu yang ingin melihat cantiknya golden sunrise, lho. 

Selain menikmati awan-awan cantik dari puncak Prau, kamu juga bisa melihat pemandangan puncak Gunung Sindoro, Sumbing, Merapi dan Merbabu dari kejauhan. Hanya dengan pendakian selama kurang lebih 3 jam, kamu sudah bisa menginjakkan kaki di puncak Prau dan menikmati keindahan salah satu gunung dengan puncak terluas di Indonesia ini.

Untuk mendaki Gunung Prau, otoritas setempat mengharuskan kamu melakukan pendaftaran dan mematuhi aturan pendakian. Informasi lengkap mengenai syarat pendaftaran, peraturan dan agenda operasional Gunung Paru, dapat kamu temukan pada Instagram Akun Info Prau @prau_mountain.

Sedangkan, untuk informasi mengenai basecamp, berikut daftar akun Instagram yang bisa jadi rujukan:

  • Instagram Basecamp Kalilembu: @basecamp_prau_kalilembu
  • Instagram Basecamp Patak Banteng: @prau_patakbanteng
  • Instagram Basecamp via Wates: @gunungprau_viawates
  • Instagram Basecamp via dieng @basecamp_prau_dieng
  • Instagram Ranger via Patak Banteng @ranger_prau

4. Gunung Gede, Jawa Barat

Gunung Gede, Jawa Barat

Sumber Gambar: Get Lost ID

Jika ingin melihat keindahan hamparan padang bunga edelweis, Gunung Gede bisa jadi salah satu rekomendasi terbaik. Terletak di Bogor, Jawa Barat, gunung yang masih termasuk bagian dari Taman Nasional Gunung Gede Pangrango ini sangat cocok untuk pendaki pemula maupun yang sudah berpengalaman. Untuk kamu yang masih pemula, bisa mendaki gunung berketinggian 2.958 mdpl ini melalui jalur Cibodas yang medannya tidak terlalu terjal dengan waktu tempuh kurang lebih 6 jam. 

Selain padang edelweis, selama perjalanan mata kamu juga akan dimanjakan dengan pemandangan air terjun Cibereum, menikmati hangatnya sumber air panas, hingga telaga. Karena letaknya yang tidak terlalu jauh dari Jakarta, Gunung Gede sangat cocok untuk melepas kepenatan saat weekend. Untuk menuju ke sana, kamu bisa naik kereta api dengan tujuan Stasiun Bogor, lalu naik angkutan kota ke terminal Barangsiang untuk kemudian disambung dengan angkot menuju Cibodas.

Bagi kamu yang berencana mendaki ke gunung ini dan membutuhkan informasi terbaru mengenai Gunung Gede, akun Instagram resmi Gunung Gede yaitu @bbtn_gn_gedepangrango bisa menjadi rujukan informasi. Sedangkan untuk kebutuhan porter, homestay, transport hingga penyewaan alat pendakian, berikut akun Instagram yang bisa menjadi rujukan:

  • Instagram Basecamp via Umi Ratna Cibodas: @gn.gedepangrango
  • Instagram Basecamp via Putri Cibodas @basecampgedepangrango

5. Gunung Papandayan, Jawa Barat

Gunung Papandayan, Jawa Barat

Sumber Gambar: Asli Indonesia

Terletak di Garut, Jawa Barat, Gunung Papandayan menyimpan aneka pesona yang sudah siap untuk memanjakan para pecinta alam. Selama perjalanan menuju puncak gunung berketinggian 2.265 ini, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan kawah-kawah belerang seperti Kawah Baru, Kawah Manuk, Kawah Mas, dan Kawah Nangklak. 

Perjalanan menuju puncak yang ditempuh dalam waktu kurang lebih 4 jam ini dijamin tidak akan membuat kamu bosan karena kamu akan menemui padang bunga Edelweis yang luas bernama Tegal Alun, sekaligus melihat ke-eksotis-an hutan mati dengan ranting pepohonan yang sudah mengering.

Jika berencana mendaki ke Gunung Papandayan dan membutuhkan trip organizer, kamu bisa mendapatkan informasi lebih lengkap melalui akun Instagram Tour Papandayan @papandayantrip

Baca Juga: Rekomendasi Merek Sandal Gunung Wanita yang Nyaman dan Stylish

6. Gunung Ijen, Jawa Timur

Gunung Ijen, Jawa Timur

Sumber Gambar: The World Travel Guy

Ingin melihat langsung panorama blue fire yang mempesona dan hanya ada 2 di dunia? Mendaki Gunung Ijen yuk! Yup, salah satu tempat yang memiliki panorama blue fire yang menawan adalah Indonesia, khususnya Banyuwangi, Jawa Timur, dan satu lagi ada di Islandia. Gunung berketinggian 2.443 mdpl ini juga sangat cocok untuk kamu para pendaki pemula. Tapi tetap berhati-hati ya, karena di beberapa titik treknya cukup curam dan berpasir. 

Di Gunung Ijen, kamu bisa bisa menyaksikan aktivitas para penambang belerang tradisional, dan di saat gelap, tepatnya pada malam serta dini hari, kamu akan merasa beruntung bisa menikmati indahnya fenomena api biru di Kawah Ijen.

7. Gunung Penanggungan, Jawa Timur

Gunung Penanggungan, Jawa Timur

Sumber Gambar: Get Lost ID

Pengen banget mendaki Gunung Semeru? Eits sebelum menaklukkan gunung setinggi 3.676 mdpl ini, ada baiknya kamu latihan dulu dengan mendaki Gunung Penanggungan yang disebut-sebut sebagai miniatur Semeru. Gunung yang terletak di Mojokerto, Jawa Timur ini memiliki puncak yang tandus dan mirip dengan Gunung Semeru. Untuk mencapai ke puncaknya, hanya dibutuhkan waktu sekitar 4 jam melalui jalur Tamiajeng, Trawas. 

Namun jika kamu ingin merasakan suasana pendakian yang berbeda, kamu bisa melewati jalur Jolotundo dan menemukan candi-candi tua peninggalan sejarah. Walaupun jalur pendakiannya tergolong tidak terlalu berat untuk pemula, kamu tetap harus berhati-hati karena gunung berketinggian 1.653 mdpl ini memiliki kemiringan mencapai 65 derajat.

Bagi kamu yang berencana mengunjungi gunung ini, temukan informasi terbaru mengenai jadwal operasional, jasa trip organizer hingga merchandise Gunung Penanggungan di akun Instagram Tour Penanggungan di @pendaki_awp.

8. Gunung Batur, Bali

Gunung Batur, Bali

Sumber Gambar: Wikipedia

Liburan ke Bali tidak melulu harus main ke pantai. Sesekali kamu wajib mencoba untuk mendaki di Gunung Batur yang terletak di daerah Kintamani. Gunung dengan ketinggian 1.717 mdpl ini juga sangat ramah untuk kamu yang baru pertama kali hiking, lho. Untuk mencapai ke puncaknya, hanya dibutuhkan waktu paling lama 3 jam dengan trekking yang tidak terlalu sulit. 

Sesampai di puncak, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan salah satu kaldera terindah di dunia dengan pusatnya Danau Batur. Jika berkesempatan untuk mendaki gunung ini, sempatkan waktu untuk bermalam dan berburu sunrise di pagi hari. Melihat keindahan matahari terbit dari puncak Gunung Batur pastinya akan membuat kamu berdecak kagum.

9. Gunung Pulosari, Banten

Gunung Pulosari, Banten

Sumber Gambar: About Tangerang

Jika kamu mencari pendakian yang tidak jauh dari Jakarta, Gunung Pulosari yang terletak di Pandeglang, Banten ini bisa jadi pilihan pendakian yang tergolong sangat ramah bagi pendaki pemula. Gunung Pulosari dengan ketinggian 1.346 mdpl ini termasuk gunung berapi yang masih aktif. 

Selama perjalanan menuju puncaknya yang hanya memakan waktu kurang lebih 3 jam, kamu bisa menikmati panorama hutan dengan jenis tumbuhan yang beragam, Curug Putri, dan Kawah Ratu yang cantik. Di puncak Pulosari, kamu juga bisa menyaksikan indahnya matahari terbit yang mampu menghilangkan rasa capek selama pendakian.

10. Gunung Kelimutu, Flores

Gunung Kelimutu, Flores

Sumber Gambar: Adira

Last but not least, ada Gunung Kelimutu di Flores yang juga sangat cocok untuk kamu yang baru pertama mendaki gunung. Gunung yang terletak di Kabupaten Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur, sudah siap untuk memanjakanmu dengan pemandangan Danau Kelimutu tiga warna yang sangat menawan. 

Untuk sampai ke puncak Kelimutu, hanya dibutuhkan waktu sekitar setengah jam dengan jalur pendakian ringan yang sudah disediakan oleh pengelola Taman Nasional Gunung Kelimutu.

11. Gunung Bromo

mengendarai mobil jip di gunung bromo

Sumber Gambar: Pexels

Gunung yang berada di provinsi Jawa Timur ini terletak di empat wilayah kabupaten, yaitu Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan, dan Kabupaten Lumajang. Gunung dengan ketinggian 2.329 mdpl ini menjadi salah satu tujuan wisata populer di Jawa Timur.

Berencana mengunjungi Gunung Bromo dalam waktu dekat dan membutuhkan trip organizer? kamu bisa menggunakan jasa Explor Bromo Tour. Dapatkan informasi mengenai tour provider ini di Istagram @explorebromo.tour

Referensi Gunung dengan Kesulitan Menengah hingga Profesional

Jika daftar gunung di atas lebih cocok untuk pemula, berikut ini rekomendasi gunung dengan medan yang memiliki tingkat kesulitan lebih tinggi yakni Gunung Merbabu, Gunung Sumbing dan Gunung Rinjani.

 Untuk informasi terbaru mulai dari pendaftaran, jadwal operasional hingga trip organizer untuk pendakian di Gunung Merbabu, Sumbing dan Rinjani, kamu bisa mendapatkan informasi lebih lengkap di sejumlah akun Instagram berikut ini:

Gunung Merbabu:

  • Basecamp via Thekelan: @merbabu_via_thekelan
  • Porter Merbabu: @xplore.wisata

Gunung Sumbing:

  • Basecamp via Banaran: @sumbingeastroute

Gunung Rinjani

  • Tour Rinjani: @id.rinjani
Baca Juga: Rekomendasi Merek Sepatu Gunung yang Tangguh dan Tahan Lama

Walaupun tergolong memiliki medan yang cukup mudah untuk pemula, pastikan kamu mempersiapkan diri kamu sebelum melakukan pendakian. Jangan lupa untuk mempersiapkan fisik dan mentalmu, mencari informasi medan yang akan kamu taklukkan, serta membaca tips-tips tentang naik gunung atau kamu juga bisa langsung bertanya ke teman-temanmu yang sudah sering pergi hiking.

Sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui. Sambil mendaki, jangan lupa potret momen terbaikmu saat di puncak gunung! Kibarkan merah putih di puncak Indonesia dan menangkan GoPro Hero 9 serta voucher belanja 1 juta dengan mengikuti Kompetisi Foto Mendaki Gunung dalam Rangka HUT RI & Ultah Tokopedia ke-13!

Share

Pritania AviraPritania Avira

Related Articles

Hasil Final Thomas Cup 2024 dan Daftar Juara dari Masa ke Masa
Sports & Football
Hasil Final Thomas Cup 2024 dan Daftar Juara dari Masa ke Masa
© 2009-2024, PT Tokopedia