10 Kesalahan Fashion yang Sering Dilakukan Pria Bertubuh Pendek

10 Kesalahan Fashion yang Sering Dilakukan Pria Bertubuh Pendek

/   Gaya dan Fashion Pria, Informasi

Memiliki bentuk tubuh yang tinggi dan bidang tentunya menjadi impian hampir semua pria karena pria dengan bentuk tubuh seperti ini biasanya menjadi tipe ideal para wanita. Sayangnya tidak semua pria bisa mendapatkan bentuk tubuh ideal ini dengan mudah. Berbagai cara pun mereka lakukan, mulai dari olahraga, mengkonsumsi suplemen peninggi badan hingga memilih baju-baju yang menurut mereka bisa membuat penampilan mereka terkesan lebih tinggi.

Tapi tidak sedikit pria yang justru melakukan kesalahan-kesalahan saat berpakaian yang justru membuatnya terlihat semakin pendek, mungkin Toppers termasuk salah satu pria yang sering melakukannya.

1. Suka memakai baju motif gingham dan stripe horizontal

Motif stripe horizontal atau garis lurus ke samping dan motif gingham alias kotak-kotak akan membuat tubuh kamu terlihat semakin “tinggi” ke samping, bukan tinggi ke atas. Alih-alih ingin terlihat lebih tinggi, kedua motif ini justru akan membuat kamu terlihat semakin pendek. Motif stripe vertikal adalah motif yang paling cocok untuk kamu karena bisa memberi efek ilusi yang membuat tubuh kamu terlihat lebih tinggi.

tips berpakaian untuk pria bertubuh pendek - baju motif stripe vertikal

2. Baju yang kebesaran

Kesalahan lain yang paling sering dilakukan oleh pria bertubuh pendek adalah memakai baju yang ukurannya jauh lebih besar dari ukuran tubuh. Baju yang terlalu longgar ini akan membuat kamu terlihat seolah-olah “tenggelam” dalam baju dan membuat kamu terlihat semakin tenggelam, apalagi jika panjangnya berada di bawah pinggul. Solusinya, gunakanlah baju slim fit atau yang pas di badan, dalam hal ini tidak terlalu besar ataupun kecil, dan yang panjangnya jatuh tepat di pinggul.

tips berpakaian untuk pria bertubuh pendek - pilih baju slim fit
Baju berukuran slim fit, baju yang paling cocok untuk pria bertubuh pendek

3. Lemari yang penuh dengan baju warna cerah

Toppers suka mengoleksi baju dengan warna cerah? Jika iya, kamu harus berhenti untuk menambah koleksi baju warna cerah kamu karena warna cerah seperti merah, kuning dan pink justru akan membuat tubuh kamu semakin bervolume. Sebaiknya kamu memenuhi lemari dengan dengan baju bernuansa earth tone seperti hitam, cokelat dan navy. Ketiga warna tersebut akan memberi kesan lebih tinggi pada tubuh kamu.

tips berpakaian untuk pria bertubuh pendek - gunakan baju berwarna gelap

4. Bahan pakaian yang terlalu tebal

Niatnya memakai sweater agar bisa terlihat seperti anggota boyband Korea yang kece? Kamu salah besar Toppers, karena pakaian berbahan tebal seperti sweater, hoodie dan jaket cenderung membuat tubuh kamu terlihat semakin lebar dan pendek. Bukannya tampil kece, penampilan kamu justru akan terlihat “enggak banget” saat memakai sweater. Nah baju-baju berbahan ringan dan tipis seperti katun, polyester dan jersey merupakan pilihan yang paling tepat.

tips berpakaian untuk pria bertubuh pendek - pilih baju yang ringan dan tipis

5. Memakai sepatu dengan alas pendek

Alas sepatu beralas pendek seperti sandal, sepatu slip on dan sneakers bukanlah pilihan tepat untuk Toppers yang berpostur tubuh pendek. Jika tidak bisa menambah tinggi badan, kamu bisa menyiasatinya dengan memakai sepatu yang dilengkapi dengan sol tebal seperti sepatu boots dan sepatu pantofel bersol tebal. Sepatu ini setidaknya dapat menambah tinggi tubuh kamu 1 hingga 3 cm.

sepatu boots pria
Sepatu boots yang cocok untuk Toppers yang berpostur tubuh pendek

6. Memakai jas dengan kancing lebih dari tiga

Jas, blazer ataupun cardigan dengan jumlah kancing lebih dari tiga juga akan membuat tubuh bagian atas yang kurang jenjang semakin jelas terlihat. Jika ingin memakai jas, sebaiknya pilih jas yang hanya memiliki satu atau dua kancing dengan jenis single breasted. Selain itu pastikan pula, jas yang kamu pilih tidak terlalu panjang, usahakan panjangnya jatuh tepat di atas bokong.

tips berpakaian untuk pria bertubuh pendek - hindari jas dengan banyak kancing

7. Celana yang terlalu tinggi

Kesalahan lain yang sering dilakukan oleh pria bertubuh pendek adalah memakai celana terlalu tinggi, apalagi hingga di atas pinggang. Kebiasaan ini akan membuat kamu yang memiliki postur tubuh tidak terlalu tinggi jadi semakin terlihat pendek. Untuk memberi efek tubuh yang lebih tinggi, pakailah celana sedikit di atas pinggul. Selain itu, pastikan jahitan celana jatuh tepat di atas sepatu dan hindari pula melipat bagian bawah celana.

tips berpakaian untuk pria bertubuh pendek - memakai celana yang tidak terlalu tinggi
Sumber: galleryhip.com

8. Penggemar kaos dan kemeja kerah bulat

Toppers gemar memakai kaos dan kemeja dengan bentuk kerah bulat? Jika iya, simpanlah kaos dan kemeja kerah bulat karena baju-baju itu hanya akan membuat kamu terlihat semakin bulat dan pendek. Untuk kaos, sebaiknya Toppers memilih kerah berbentuk v-neck yang akan membantu tubuh bagian atas terlihat lebih jenjang. Sementara untuk kemeja, model kerah yang tinggi dan tidak terlalu lebar bisa jadi pilihan kamu.

tips berpakaian untuk pria bertubuh pendek - gunakan baju kerah v neck

9. Memakai dasi kupu-kupu

Memakai dasi kupu-kupu memang akan membuat kamu terlihat lebih muda, tapi hati-hati yah Toppers, karena dasi jenis ini kurang cocok untuk kamu yang memiliki postur tubuh pendek. Dasi yang panjangnya tepat jatuh di belt dan tidak terlalu lebar bisa jadi pilihan yang paling tepat untuk ke kantor atau saat menghadiri acara formal lainnya.

tips berpakaian untuk pria bertubuh pendek - jangan gunakan dasi kupu kupu

10. Potongan rambut yang panjang

Tidak hanya busana yang mempengaruhi ukuran tubuh kamu, ternyata rambut juga berpengaruh loh Toppers. Rambut yang panjang akan menutupi leher dan pundak sehingga membuat jenjang leher kamu semakin tidak terlihat. Potongan rambut pendek yang naik ke atas seperti spike adalah pilihan yang paling tepat dan akan membuat leher kamu terlihat lebih jenjang.

tips berpakaian untuk pria bertubuh pendek - hindari rambut pendek

Nah jika kamu enggak mau terlihat semakin pendek, hindari melakukan 10 kesalahan di atas yah :D

THEAUTHOR

Senny Ferdian Ciu

Senny Ferdian Ciu has written 144 Article, See all posts