Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

5 Cara Sederhana Untuk Mencintai Bumi Kita

07 August 2015
Share
5 Cara Sederhana Untuk Mencintai Bumi Kita

Bumi yang kita tinggali harus kita rawat dengan baik karena akan kita wariskan pada anak-cucu. Nah, berikut ini 5 cara sederhana mencintai bumi.


Sebagai penghuni bumi, tentunya kita harus sadar akan keadaan bumi yang sudah tidak seperti dulu lagi. Perlu kita ketahui kalau bumi yang selama ini menjadi tempat tinggal kita sebenarnya juga sama seperti kita, makhluk hidup. Yaitu, perlu dirawat dan dijaga seisinya. Mulai dari air, tanah, tanaman, dan segala elemen yang ada di dalamnya. Mungkin kita terlalu terhanyut dengan segala fasilitas yang disediakan bumi kita tercinta ini sampai kita terlalu berlebihan memanfaatkannya bahkan sampai menyakiti bumi hanya demi keuntungan kita para manusia. Seperti menebang pohon sembarangan, buang sampah sembarangan, penggunaan plastik yang berlebihan dan lainnya.

Sadar atau tidak semakin kita melakukan kebiasaan buruk yang merusak lingkungan tersebut, sama saja merusak diri kita sendiri. Karena jika kualitas alam menurun, kita yang tinggal di dalamnya juga terkena imbasnya. Untuk itu kenapa sih kita tidak mencoba beberapa cara sederhana ini sebagai bukti cinta kita kepada tempat tinggal ini?

Menghemat penggunaan listrik

tips mengatasi global warming
Sumber foto: Mirror.co.uk

Mungkin Toppers sudah sering mendengar pernyataan ini dan memang benar adanya lho Toppers! Tanpa kita sadari, penggunaan listrik yang berlebihan sama saja membuang bahan bakar fosil yang dibutuhkan dan ternyata perabot elektronik yang sering kita gunakan tersebut merupakan penyumbang gas pencemar udara hingga 40% lho! Untuk itu, akan jauh lebih baik jika kita bisa menghemat penggunaan listrik terutama di siang hari. Biasakan untuk mematikan lampu di siang hari. Selain menghemat biaya listrik, hal sederhana tersebut juga berpengaruh baik terhadap bumi kita.

Menanam pohon

tips mengatasi global warming
Sumber foto: Stroginskievesti.ru

Pasti kamu juga sering melihat atau mendengar tentang aksi tanam pohon dong? Yap, cara tersebut  memang umum dilakukan untuk melakukan penghijauan lingkungan. Mengingat wilayah di sekitar Ibukota, khususnya Jakarta yang justru sudah disesaki dengan gedung-gedung bertingkat dan sudah sangat minim dengan area hijau atau pepohonan. Padahal pohon merupakan salah satu cara alami untuk memberi kesejukan dan mengatasi global warming. Coba kamu bayangkan jika jalanan di Jakarta dipenuhi dengan pohon-pohon rindang, tentu oksigen yang kita dapatkan juga lebih maksimal dan bisa meminimalisir rasa gerah dan panas yang sering kita rasakan di siang hari. Untuk itu, gak ada salahnya lho jika kita ikut aksi menanam pohon ini. Atau setidaknya kita bisa menanam bunga atau tanaman kecil di pekarangan rumah kita.

Mulai kurangi penggunaan plastik

tips mengatasi global warming
Sumber foto: Rajalakshmiwastepapermart.in

Toppers juga tentu sudah tidak asing lagi dengan bahaya penggunaan plastik. Plastik memang bisa dikatakan sebagai teman kita sehari-hari. Beli makanan atau sehabis berbelanja sesuatu pasti menggunakan plastik sebagai pembungkus. Tapi, kemanakah plastik-plastik tersebut jika kita buang begitu saja? Plastik tidak bisa lenyap ditelan bumi begitu saja lho! Butuh waktu yang amat sangat lama untuk bisa mengurai si plastik ini. Bahkan jika dijadikan daur ulang pun, kandungan racun petro-polymers-nya dalam plastik bisa masuk ke dalam tanah dan air. Tidak menutup kemungkinan kalau zat tersebut bisa masuk ke dalam rantai makanan kita kan?

Daripada kita juga yang terkena resiko dari penggunaan plastik ini, kenapa kita gak beralih aja dengan menggunakan Tote Bag Kanvas sebagai pengganti plastik belanjaan kita. Selain tas ini lebih aman dan ramah lingkungan, Tote Bag Kanvas punya banyak sekali model dan corak yang lucu, dibandingkan dengan plastik yang cepat lecek dan usang.

Kurangi penggunaan kertas

tips mengatasi global warming
Sumber foto: Elblogverde.com

Darimana kertas-kertas yang biasa kita gunakan untuk menulis dan membaca tersebut berasal? Jawabannya gak lain, gak bukan adalah dari pepohonan. Semakin banyak penggunaan kertas, maka semakin banyak juga pohon-pohon di hutan yang harus ditebang. Kita bisa mengatasi penggunaan kertas yang berlebihan ini dengan melakukan daur ulang yang justru akan memberi nilai lebih.

Meminimalisir penggunaan kendaraan

tips mengatasi global warming
Sumber foto: Sustrans.org.uk

Udah bukan rahasia umum lagi kalau salah satu penyumbang global warming terbesar berasal dari asap kendaraan. Pasti kamu sendiri juga merasakannya kan? Harus berhadapan dengan asap kendaraan bermotor setiap harinya yang mengakibatkan polusi udara dan ujung-ujungnya juga berdampak buruk untuk kesehatan kita. Kita bisa membantu mengurangi polusi udara tersebut dengan lebih memilih angkutan umum, daripada membawa kendaraan pribadi. Atau akan lebih baik lagi jika kita memilih bersepeda. Selain baik untuk kesehatan, bersepeda sama sekali tidak menghasilkan gas CO2. Bayangkan sejuk dan segarnya udara jika setiap hari semua masyarakat Indonesia beraktivitas menggunakan sepeda. Dijamin kamu gak perlu lagi repot menutup hidung dengan masker.

Bayangkan Toppers kalau bumi kita sudah tidak layak dihuni karena pencemaran lingkungan yang disebabkan ulah kita sendiri, kemana lagi kita harus mengungsi? Untuk itu sebelum terlambat, buat kamu yang ngaku peduli lingkungan yuk mulai jaga dan sayangi bumi kita dengan cara sederhana di atas.

Share
TokopediaTokopedia

Related Articles

Final FA Cup 2023 Man United vs Man City: Prediksi Skor, Line-up, Formasi, dan H2H
Topik Seru Lainnya
Final FA Cup 2023 Man United vs Man City: Prediksi Skor, Line-up, Formasi, dan H2H
© 2009-2023, PT Tokopedia