• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

5 Tips Foto Flat Lay yang Lagi Hits di Instagram

Share

5 Tips Foto Flat Lay yang Lagi Hits di Instagram

Kamu suka banget selancar di Instagram nggak Toppers? Instagram memang banyak banget menyediakan berbagai jenis foto yang bagus dan menginspirasi. Salah satunya adalah gaya foto yang banyak kita jumpai di jejaring sosial tersebut, yakni flat lay. Jenis foto ini sedang digemari belakangan ini. Kamu bisa cek kok beragam jenis foto flat lay ini dengan mengetik hashtag #flatlay.

Kenapa foto flat lay jadi populer? Ini karena cara foto yang mudah dan menantang kreativitas kita dalam mengatur objek foto lah yang membuat gaya foto ini banyak ditiru orang untuk mengabadikan barang-barang favoritnya. Biasanya barang yang dibuat foto flat lay adalah baju OOTD (Outfit of the Day), buku, dan objek-objek favorit lainnya.

Kamu nggak mau ketinggalan trend foto flat lay juga Toppers? Yuk lihat tipsnya supaya hasil foto kamu bagus dan mendapatkan banyak like di Instagram.

Pilih Background

Foto flat lay pada dasarnya adalah foto berbagai objek yang ditempatkan di atas permukaan rata. Jadi, pemilihan background untuk meletakkan objek foto sangatlah penting Toppers. Biasanya background warna putih dan kayu adalah yang paling banyak dipakai. Kamu bisa pakai kasur dengan sprei putih dan meja kayu sebagai background flat lay.

background flatlay
Sumber: happinessisanoutfit.com

Pencahayaan

Supaya hasil foto kamu jelas, pencahayaan amatlah penting. Cahaya paling ideal untuk foto flat lay adalah sinar matahari pada siang hari. Dengan menggunakan sinar alami matahari, kamu bisa mengontrol bayangan ketika kamu mengambil fotonya dari angle atas. Kalau kamu pakai lampu saat foto flat lay di malam hari, takutnya bayangan kamera tangan kamu mengganggu jepretan foto yang sempurna.

sunny day

Lihat Lagi Objek dari Atas

Karena flat lay adalah gaya foto yang diambil dari posisi atas, pastikan kamu memperhatikan apakah objek yang atur sudah ditata dengan rapi dan terlihat bagus di foto. Apalagi kalau kamu mau foto busana OOTD, kamu harus lihat lagi apakah lipatan bajunya sudah rapi atau belum. Agar lebih menarik, kamu bisa tambahkan properti foto seperti bunga, stiker, buah-buahan, renda, dan hiasan kecil lainnya.

ambil foto
Sumber: sheknows.com

Beri Ruang di Antara Objek

Ketika akan di-upload ke Instagram, supaya nggak perlu di-crop lagi, maka kamu harus mengatur kamera kamu menjadi “square”. Dengan pengaturan ini, kamu bisa menata dan memposisikan benda-benda yang akan kamu foto. Pastikan penataannya nggak terlalu rapat dan beri ruang supaya nggak terkesan berantakan. Dengan kreativitasmu, atur benda-benda tersebut menjadi komposisi yang enak dipandang mata.

flat lay
Sumber: stylecaster.com

Tentukan Tema

Biar fokus pada objek yang ingin kamu tunjukkan, lebih baik kamu tentukan tema flat lay. Kalau kamu mau foto OOTD, maka kombinasikan berbagai pelengkap fashion seperti baju, sepatu, dan aksesoris. Mau foto flat lay dengan tema waktu santai di sore hari? Kamu bisa kumpulkan berbagai objek seperti sepiring kue, secangkir teh, majalah, dan sekuntum bunga atau hiasan lainnya yang sesuai.

Jadikan artificial flower sebagai pelengkap dan properti untuk foto kamu biar hasilnya makin menarik
Jadikan artificial flower sebagai pelengkap dan properti untuk foto kamu biar hasilnya makin menarik

Ternyata gampang kan Toppers buat foto flat lay? Kamu mau bikin flat lay tema apa nih? Dengan foto seperti ini, dijamin kamu makin eksis di Instagram dan dunia maya. Kemungkinan besar kamu bisa jadi selebgram kalau kamu rutin post foto di Instagram. Selamat mencoba ya Toppers.

Share

TokopediaTokopedia

Related Articles

Apa Itu FOMO? Ini Penjelasan, Ciri, dan Cara Mengatasinya!
Hobi dan Gaya Hidup
Apa Itu FOMO? Ini Penjelasan, Ciri, dan Cara Mengatasinya!
© 2009-2024, PT Tokopedia