6 Tahun Tokopedia: Kisah dibalik kampanye Ciptakan Peluangmu

/   Milestone, Seputar Tokopedia

“Mbak Dina dari Malang, Mas Rizky dari Bogor, Mbak Mustika dari Semarang, Audrey dan papa-mama nya dari Bali, adalah sebagian diantara mereka-mereka yang sudah menciptakan peluangnya lewat Tokopedia. Mereka-mereka ini datang dari latar belakang yang berbeda-beda, dari kota yang berbeda, menjalankan bisnis yang berbeda. Namun mereka dipersatukan oleh benang merah yang sama. Mereka yang sering disebut sebagai bisnis kecil atau UMKM ini lahir dengan mimpi yang besar. Mereka ini adalah orang-orang Indonesia yang punya kehendak untuk bekerja. Mereka adalah orang-orang yang kreatif, kreatif dalam menggunakan teknologi sebagai platform untuk memulai bisnis mereka.

Delapan tahun lalu, ketika kami memiliki ide untuk membangun Tokopedia, kami belajar, bahwa membangun bisnis adalah tentang membangun kepercayaan. Kepercayaan dari pasar, dari teman-teman kita, dari orang-orang sekitar kita. Saat itu, kami juga belajar bahwa di Indonesia kepercayaan itu sering dinilai dari masa lalu, dari rekam jejak kita. Siapa keluarga kita? Apa latar belakang pendidikan kita? Sebelumnya kita pernah berhasil membangun apa? Itulah sebabnya selama dua tahun pertama kami gagal mendapat kepercayaan karena kami tidak memiliki latar belakang dan rekam jejak yang bisa kami banggakan. Namun saat itu kami belajar, bahwa walau masa lalu sudah tidak bisa kita ubah, masa depan ada di tangan kita masing-masing.

Itulah sebabnya, sejak hari pertama, kami di Tokopedia berkomitmen untuk meruntuhkan tembok-tembok penghalang bagi masyarakat Indonesia yang ingin memulai bisnis mereka. Jika kami di Tokopedia butuh waktu dua tahun untuk memulai, cukuplah orang-orang yang menggunakan Tokopedia hanya butuh waktu dua menit. Itulah alasan mengapa Tokopedia lahir. Itulah alasan mengapa Tokopedia mencari pendanaan setiap tahunnya sehingga bisa menyediakan platform marketplace yang gratis dipakai siapa saja di Indonesia, agar siapa saja bisa memulai. Itulah roda penggerak di balik inovasi-inovasi yang kami lakukan selama 6 tahun terakhir.

Hari ini bertepatan dengan kemerdekaan Indonesia yang ke-70, Tokopedia merayakan ulang tahun ke-6. Selama 6 tahun terakhir ini kami beruntung sekali bertumbuh dan menyaksikan dengan dekat merchant-merchant yang bergabung bersama Tokopedia. Saat ini sudah lebih dari 6 juta produk yang dikirimkan oleh merchant-merchant kami ke seluruh Indonesia setiap bulannya. 6 juta produk, menandakan ada 6 juta kepercayaan setiap bulannya, dari orang yang tidak bisa bertemu sama lain, terpisah oleh jarak, namun terhubung oleh teknologi. Kepercayaan yang dulunya dianggap sulit untuk diraih, namun toh terbukti bisa dibangun secara bersama-sama.

Pada kesempatan ini saya ingin mengucapkan terima kasih kepada para mitra kami, dari pihak perbankan, pihak pembayaran, hingga minimart yang memungkinkan kami selama 6 tahun ini melakukan inovasi sehingga saat ini setiap orang Indonesia bisa melakukan pembayaran dari bank mana saja ke bank mana saja, baik debit, kartu kredit, maupun setoran tunai ke minimart terdekat. Terima kasih juga kepada 9 mitra logistik kami yang memungkinkan pengiriman lebih dari 6 juta produk setiap bulannya. Kepada para media yang selama 6 tahun terakhir ini telah mengedukasi masyarakat Indonesia tentang potensi menggunakan teknologi sebagai distribusi baru dalam memasarkan produk, dan telah mengawal perjalanan Tokopedia selama 6 tahun terakhir.

Dan terima kasih untuk rasa bangga dan menjadi kehormatan luar biasa, bisa setiap harinya bekerja dengan lebih dari 300 putra-putri terbaik Indonesia yang bergabung di bawah naungan PT Tokopedia yang tidak hanya punya kerja keras, namun juga punya hati dan tujuan yang baik, dan percaya bahwa Indonesia bisa melahirkan perusahaan teknologi kelas dunia yang mampu bersaing secara global, yang mampu membangun produk yang bermanfaat bagi orang banyak.

Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada merchant-merchant kami yang mengizinkan kami untuk bertumbuh bersama mimpi-mimpi besar kalian, yang selalu setia dan percaya akan segala tantangan yang kami hadapi, Tokopedia besok akan lebih baik dari hari ini. Dan khususnya kepada jutaan pengguna Tokopedia di seluruh nusantara yang telah menggunakan Tokopedia. Dengan menggunakan dan berbelanja di Tokopedia, Anda telah turut mendukung pertumbuhan bisnis-bisnis baru di Indonesia. Secara tidak langsung Anda telah turut serta mengambil andil dalam menciptakan lapangan pekerjaan baru di Indonesia.

Kami di Tokopedia percaya bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar. Kita adalah bangsa yang gigih, yang penuh kehendak untuk bekerja. Kita adalah bangsa yang sangat kreatif. Dan hal ini bisa kita lihat dari keseharian kita, di sekeliling kita. Di kala hujan mengguyur ibukota, kita bisa lihat di berbagai gedung, selalu ada tawa riang jasa ojek payung. Di setiap U-turn, kemacetan ibukota, ada kegigihan Pak Ogah yang menguraikan kemacetan yang ada. Ibu-ibu rumah tangga di Indonesia adalah ibu-ibu rumah tangga paling produktif di dunia, yang mampu memanfaatkan sosial media untuk memasarkan produk-produk mereka.

Bayangkan, jika seluruh kreativitas dan kegigihan tersebut bisa di salurkan lewat teknologi. Bayangkan, berapa banyak lapangan pekerjaan baru yang akan tercipta? Bayangkan, betapa hebatnya Indonesia di masa akan datang? Itulah sebabnya kami di Tokopedia berkomitmen untuk mewujudkan harapan besar tersebut. Karena kami di Tokopedia percaya bahwa kesuksesan hanya bisa diraih dengan cara membantu orang lebih sukses. Dan bagi kami inilah model bisnis paling indah di dunia.”

William Tanuwijaya
17 Agustus 2015,
InterContinental Hotel MidPlaza, Jakarta

– ditulis ulang dari opening speech di acara ulang tahun Tokopedia ke-6.

THEAUTHOR

Tokopedia

Tokopedia has written 351 Article, See all posts