7 Makanan Khas Indonesia yang Namanya Unik Banget

2
1969

Selain kaya akan sumber daya alam dan juga budaya, Indonesia juga dikenal sebagai negara yang makanannya sangat beragam. Setiap daerah memiliki makanan khas tersendiri, rasa serta nama makanannya pun bervariasi dan unik. Coba deh sebutkan nama makanan khas Indonesia yang unik. Pempek kapal selam? Atau otak-otak? Itu belum seberapa uniknya, Toppers. Nih Toped udah rangkum 7 makanan khas dari berbagai daerah di Indonesia yang namanya unik banget. Penasaran apa saja makanannya? Langsung simak di bawah ini yuk! :D

Sate kalong

Sate kalong? Emang kalong bisa dimakan? Tenang Toppers, itu cuma namanya kok. Sate yang berasal dari Cirebon ini sebenarnya terbuat dari daging kerbau yang dihaluskan dengan cara ditumbuk dan pastinya aman untuk kamu konsumsi. Dinamai sate kalong karena dijual hanya pada malam hari, sama halnya dengan kelalawar yang hanya keluar saat malam hari. Paduan antara daging kerbau yang empuk dengan rasa manis yang menyerupai rasa dendeng, pastinya nggak akan bikin kamu nyesel deh mencoba panganan yang satu ini.

makanan khas indonesia yang namanya unik - sate kalong cirebon

Sate lalat

Sate terbuat dari lalat? Iihhhh pasti Toppers langsung mual kan membayangkannya? Tapi sate lalat ini nggak seperti yang kamu bayangkan, Toppers. Bahannya bukan lalat, tapi daging ayam dan kambing seperti bahan utama pembuatan sate pada umumnya. Lalu kenapa dinamakan sate lalat? Hal itu karena dagingnya dipotong kecil-kecil hingga menyerupai lalat. Sate khas Madura ini dilengkapi dengan bumbu kacang yang nikmat dan memiliki ciri khas daging yang empuk karena proses pembakaran yang tidak terlalu lama. Jadi kamu nggak perlu ragu untuk mencoba sate lalat ini yah, Toppers, karena sebenarnya sate ini sama dengan sate pada umumnya.

makanan khas Indonesia yang namanya unik - sate lalat madura

Nasi kucing

Pernah ngebolang ke Yogyakarta? Pasti Toppers sering menemukan makanan yang satu ini di warung Angkringan yang tersebar begitu banyak di seputaran Yogyakarta. Nasi kucing Kenapa dinamakan “nasi kucing”? Usut punya usut, dinamakan seperti itu karena porsinya yang sangat sedikit seperti pakan kucing. Makanan yang juga dikenal dengan sebutan “sego kucing” ini sangat digemari oleh para wisatawan dan masyarakat setempat loh, terutama kalangan mahasiswa. Karena selain rasanya yang nikmat, nasi kucing juga dibanderol dengan harga yang tergolong murah.

makanan khas indonesia yang namanya unik - nasi kucing yogyakarta

Nasi kentut

Saat pertama kali mendengar namanya “nasi kentut”, pasti Toppers langsung ilfeel kan dan nggak mau makan panganan yang satu ini? Tapi tenang, makanan khas Medan, Sumatera Utara ini bukan terbuat dari ekstrak kentut, melainkan terbuat dari daun kentut yang berfungsi memberikan aroma khas dan cita rasa yang lebih gurih.

Tap Tap Mantap April | Pecahkan Telurnya

Walaupun namanya nasi kentut, aromanya sama sekali nggak seperti aroma kentut kok, Toppers. Jadi kamu nggak perlu ragu untuk mencoba makanan yang satu ini saat sedang jalan-jalan ke Medan yah. Karena selain aromanya yang nikmat, daun kentut yang menjadi salah satu bahan pembuatannya ini juga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan peredaran darah.

makanan khas indonesia yang namanya unik - nasi kentut medan

Rawon setan

Kalau nama-nama makan sebelumnya banyak dikaitkan dengan hewan, makanan yang satu ini justru dikaitkan dengan dunia mistis. Tapi sebenarnya makanan khas Surabaya ini tidak ada kaitannya sama sekali dengan dunia mistis loh. Dinamai rawon setan karena konon katanya tempat pertama yang menjual rawon setan tersebut baru buka jam 10 malam ke atas. Tidak hanya bisa ditemui di Surabaya, hidangan sup daging berkuah hitam ini juga sudah banyak dijual di daerah-daerah lain, termasuk juga Jakarta. Jadi kamu nggak perlu jauh-jauh ke Surabaya untuk menikmati semangkuk rawon setan ini.

makanan khas indonesia yang namanya unik - rawon setan surabaya

Kue ketawa

Apa yang ada dibayangan Toppers jika mendengar mendengar nama “kue ketawa”? Kue yang bisa membuat kamu tertawa setelah memakannya? Hmm mungkin juga sih rasanya yang enak akan membuat kamu tertawa. Tapi sejarah pemberian nama kue kering khas asal Medan ini bukan karena itu Toppers, tapi lebih ke bentuknya seperti bentuk mulut yang sedang tertawa. Dinamakan kue ketawa karena terdapat belahan di permukaan pada kue bulat yang bertabur wijen ini, sama persis seperti bentuk mulut yang sedang tertawa.

makanan khas indonesia yang namanya unik - kue ketawa

Bika ambon

Masih dari Medan, ada satu lagi nih makanan yang namanya unik banget, bahkan nggak sesuai sama nama daerah asalnya, bika ambon! Pasti Toppers sering bertanya-tanya kan, kok namanya bika ambon, padahal asalnya dari Medan, kenapa nggak bika medan aja? Toped juga sempat bertanya-tanya gitu sih, tapi setelah Toped telusuri, ternyata nama kue ini diambil dari nama jalan di kota Medan yaitu jalan Ambon yang menjadi tempat kue ini diproduksi untuk pertama kalinya. Jadi deh namanya bika ambon.

Makanan yang teksturnya kenyal dan menyerupai martabak ini menjadi oleh-oleh wajib saat kamu berkunjung ke Medan. Variasinya juga sangat beragam, mulai dari rasa original, pandan, keju, cokelat hingga durian. Pengen banget icip bika ambon, tapi masa iya harus terbang jauh-jauh ke Medan? Tenang Toppers, kamu bisa membeli bika ambon di Tokopedia, tersedia dengan berbagai pilihan varian rasa dan pastinya asli Medan. Mau beli? Yuk langsung aja klik gambar di bawah ini.

jual bika ambon medan

Nah gimana Toppers, makanan mana yang namanya paling unik? :D

Sumber foto: sijagomakan.com, tempo.co, lintas.me, commons.wikimedia.org, twitter.com, resepmasakann.info, buahhatiku.com

Bagikan Artikel


2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here