7 Tahun Tokopedia berlari mengejar mimpi sebesar dunia

Tokopedia /   Milestone, Seputar Tokopedia

Tokopedia bermula dari mimpi.

Sebuah mimpi tentang masyarakat Indonesia dapat menemukan apa saja kebutuhan mereka, dimana saja, kapan saja, dengan efisien dan harga yang transparan. Sebuah mimpi tentang siapa saja orang Indonesia dapat memulai dan mengembangkan bisnis mereka secara mudah. Tokopedia adalah tentang mimpi siapa saja memiliki kebebasan untuk menciptakan peluangnya sendiri.

Hari ini, mimpi tersebut genap 7 tahun kami jalani. Tokopedia telah berubah menjadi sebuah ekosistem. Ekosistem yang tumbuh bersama lebih dari 1 juta masyarakat Indonesia yang telah memulai dan mengembangkan bisnis mereka di Tokopedia.

Yang awalnya, para penjual hanya dapat menerima pembayaran lewat transfer bank, kemudian berkembang ditambah fasilitas pembayaran instant lewat internet banking & wallet dari produk perbankan, fasilitas pembayaran kartu kredit, hingga cicilan 0%, dan tahun ini ditambah dengan pembayaran tunai via gerai retail. Baru-baru ini kami juga meluncurkan program Mitra Toppers, program yang memungkinkan pinjaman kredit usaha hingga 18 Milyar Rupiah / merchant. Merchant kami yang tidak memiliki kolateral toko fisik, kini lewat rekam jejak transaksi mereka di Tokopedia, bisa membangun kredibilitas untuk pinjaman usaha, sehingga impian mereka lebih cepat menjadi kenyataan.

Evolusi ekosistem ini, adalah bukti dimana inovasi yang Tokopedia kembangkan selalu berbasis pada perkembangan kebutuhan dari pengguna setia layanan kami.

Lewat ekosistem ini, para penjual yang bergabung setiap bulan nya sudah mengirimkan 16,5 juta produk ke seluruh Indonesia. Puluhan juta peluang tercipta setiap bulan nya. Nominal transaksi yang tercipta pun sudah mencapai triliunan rupiah per bulan nya. Triliunan rupiah kepercayaan yang terbangun diantara masyarakat Indonesia setiap bulan nya lewat Tokopedia.

Paket-paket pengiriman tersebut, dikirimkan lewat belasan mitra logistik kami. Bersama dengan para penjual yang bergabung, telah tercipta jutaan peluang dan lapangan pekerjaan baru di Indonesia.

Perjalanan 7 tahun ini, telah membawa Tokopedia menjadi satu-satunya situs Indonesia dalam daftar 10 besar situs paling favorit di Indonesia. Menurut Similarweb, Tokopedia lebih di favoritkan netizen Indonesia dibandingkan Twitter & Wikipedia.

AppAnnie pun menobatkan Tokopedia sebagai aplikasi jual-beli online paling banyak dipakai masyarakat Indonesia sepanjang semester 1 2016, baik di platform Android maupun iOS.

Hal ini membawa Tokopedia menjadi situs dan aplikasi e-commerce #1 dari Indonesia. Apakah ini pertanda mimpi telah menjadi kenyataan? Lantas apa berikutnya?

Pencapaian ini jelas merupakan kesempatan dan kepercayaan yang luar biasa kepada Tokopedia. Dan bagi kami ini babak baru dari perjalanan mimpi kami.

Sepanjang tahun kemarin, Tokopedia lewat gerakan “Ciptakan Peluangmu” melihat transformasi digital di seluruh Indonesia. Pertumbuhan di daerah-daerah sangat pesat sekali. Lewat gerakan “Ciptakan Peluangmu” kami menyaksikan jutaan mimpi dimulai di Tokopedia. Tidak semuanya berhasil. Banyak yang gagal dan menyerah. Benang merah diantara mereka yang berhasil, adalah masing-masing diantara mereka memiliki semangat bambu runcing. Mereka tidak hanya punya keberanian untuk memulai, namun juga kegigihan untuk bangkit dalam setiap kegagalan. Kegigihan tersebut lahir dari harapan untuk mengejar impian mereka. Harapan untuk memberikan kehidupan yang lebih baik kepada keluarga mereka, tempat tinggal yang lebih layak untuk orang tua mereka, pendidikan yang lebih tinggi untuk anak mereka.

Ketika mendengarkan harapan-harapan tersebut, teringatlah alasan mengapa kami memulai Tokopedia. Dan dengan pencapaian Tokopedia sebagai situs dan aplikasi e-Commerce nomor 1, dari Indonesia, untuk Indonesia, ini akan menjadi modal kuat kami untuk mewujudkan mimpi kami, dalam misi pemerataan ekonomi secara digital. Kami membayangkan masyarakat Indonesia dimanapun mereka berada, bisa menemukan apa saja produk kebutuhan mereka, kapan saja dengan informasi dan harga yang transparan. Kami membayangkan dimana setiap masyarakat Indonesia bisa memiliki kebebasan mengejar mimpi mereka sebesar dunia. Dan Tokopedia akan ada disana, menjadi bagian dari setiap masyarakat Indonesia merayakan kebebasannya dalam menciptakan peluang mereka.

Karena belum sampai 100 tahun Indonesia merdeka, jangan sampai kita kehilangan kemerdekaan untuk bermimpi.

William Tanuwijaya
17 Agustus 2016,
Ballroom Pullman Hotel, Central Park, Jakarta

– ditulis ulang dari pidato pembuka di acara ulang tahun Tokopedia ke-7.

THEAUTHOR

Tokopedia

Tokopedia has written 544 Article, See all posts

Comments are closed.