8 Film Asli Indonesia yang  Sukses “Go Internasional”

1643
8 Film Asli Indonesia yang Sukses Go Internasional

Akhir tahun 1998 memang bisa dianggap sebagai awal kebangkitan dunia perfilman Indonesia setelah sempat mengalami mati suri. Kreativitas para insan perfilman yang didukung dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat, memunculkan banyak film berkualitas yang mampu bersaing dikancah perfilman dunia. Nah kita patut berbangga dengan film-film buatan para sineas Indonesia Toppers, karena ternyata tidak sedikit dari film mereka mendapatkan perhatian khusus di dunia internasional loh. Bertepatan dengan Hari Perfilman Nasional, berikut Toped rangkum 8 film Indonesia yang sukses go internasional dan menarik perhatian dunia.

1. Ada Apa Dengan Cinta

Film Ada Apa Dengan Cinta (AADC) menjadi salah satu film yang mengawali kebangkitan dunia perfilman Indonesia. Diluncurkan pada tahun 2002, film yang dibintangi oleh Dian Sastro dan Nicholas Saputra ini seakan menjadi angin segar bagi masyarakat Indonesia yang sudah lama tidak dihibur dengan film-film nasional yang mengangkat kisah menarik. Dengan mengusung genre romantis dan anak muda banget, AADC tidak hanya berhasil meraih sukses besar di Indonesia, namun juga berhasil menarik hati para pecinta film dari berbagai negara seperti Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura dan Filipina.

film indonesia yang sukses go internasional - ada apa dengan cinta (AADC)

2. Ayat-Ayat Cinta

Resmi diliris pada 28 Februari 2008, Ayat-Ayat Cinta (AAC) berhasil menyita perhatian masyarakat Indonesia dengan raihan jumlah penonton sebanyak 3,8 juta orang. Film yang diangkat dari novel karya Habiburrahman El Shirazy ini menjadi film Indonesia pertama yang berhasil mengalahkan rekor yang dipegang oleh Titanic di bioskop Indonesia yang ditonton oleh 3,5 juta orang.

Bahkan pada 24 Maret 2008, film ini secara serentak ditayangkan di sejumlah negara Asia Tenggara. Tidak sampai disitu, pemutaran film ini pun juga dilakukan di India, Belanda dan Amerika Serikat. Sejumlah pelaku film dari negara lain seperti Inggris, Kanada, Jerman, Thailand, Taiwan, Hongkong, Jepang dak Korea Selatan pun datang ke Indonesia untuk membeli hak untuk menyiarkan film Ayat-Ayat Cinta di negara mereka.

film indonesia yang sukses go internasional - ayat-ayat cinta

3. The Raid

Masih ingat dengan aksi Iko Uwais, Joe Taslim dan kawan-kawan yang menonjolkan pencak silat dalam film The Raid? Yup, film yang tayang perdana dalam Festival Film Sundace pada 21 Februari 2014 ini berhasil menghebohkan dunia perfilman dunia. Kemudian pada 28 Maret 2014, film besutan sutradara ternama Gareth Evans ini serentak tayang di bioskop Indonesia dan Amerika Serikat.

Tidak butuh waktu lama, The Raid langsung mendapat tempat di hati para pecinta film di sana dan berhasil menjadi film Indonesia pertama yang masuk box office Amerika serikat serta bertengger pada urutan 11 sebagai film yang paling banyak ditonton di bioskop AS.

Film yang juga tayang di Kanada dan Australia ini juga menyabet banyak perhargaan bergengsi seperti Cadillacs People’s Choice Award di Toronto International Film Festival 2012 dan The Best Film sekaligus Audience Award di Jameson Dublin International Film Festival 2012.

film indonesia yang sukses go internasional - the raid

4. Laskar Pelangi

Diangkat dari novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata, film ini bercerita tentang kisah nyata sekelompok anak yang tidak takut untuk bermimpi dan terus berjuang menuntut ilmu walaupun di dera kemiskinan dan keterbatasan fasilitas belajar di Pulau Belitung. Sejak resmi diliris pada 26 September 2008, Laskar Pelangi berhasil meraup sukses di Indonesia dan negara-negara lain seperti Hongkong, Italia, Spanyol, Singapura, Jerman, Amerika Serikat, Australia, Portugal dan sebagainya.

Tidak hanya mendapatkan banyak penonton, film yang disutradarai oleh Riri Riza ini juga berhasil meraih penghargaan bergengsi dunia seperti The Golden Butterfly Award untuk kategori film terbaik di Internasional Festival of Films for Children and Young Adults di Hamedan, Iran; nominasi film terbaik di Berlin International Film Festival tahun 2009; dan nominasi Best Editor di Asian Film Festival pada 2009 di Hongkong. Laskar Pelangi juga sempat diputar dalam berbagai ajang film internasional seperti Barcelona Asian Film Festival 2009 di Spanyol, Singapore Internasional Film Festival 2009, 11th Udine Far East Film Festival di Italia, dan Los Angeles Asia Pacific Film Festival 2009 di Amerika Serikat.

film indonesia yang sukses go internasional - laskar pelangi

5. Pasir Berbisik

Kolaborasi antara Dian Sastro Wardoyo dan artis senior Christine Hakim membuat film Pasir Berbisik berhasil, ditambah dengan cerita yang begitu tajam dan pesona keindahan alam Gunung Bromo yang begitu ditonjolkan membuat film Pasir Berbisik berhasil menjadi salah satu film nasional Indonesia yang mendapat perhatian dunia perfilman internasional.

Film besutan Nan Achnas ini juga berhasil meraih banyak perhargaan perfilman kelas dunia seperti Best Cinematography Award, Best Sound Award serta Jury’s Special Award for Most Promising Director di Festival Film Asia Pacific 2001, Festival Film Asiatique Deauville 2002, serta Artis Wanita Terbaik pada Festival Film Antar Bangsa Singapura ke-15 dan Festival Film Asiatique Deauville 2002.

film indonesia yang sukses go internasional - pasir berbisik

6. Habibie & Ainun

Film yang diangkat dari kisah salah satu tokoh Indonesia, Habibie bersama istrinya, Ainun ini tidak hanya berhasil menyentuh hati para penikmat film di Indonesia, namun juga berhasil menyabet penghargaan pada ASEAN International FIlm Festival Award (AFIFA) yang diselenggarakan di Malaysia, Maret 2013 lalu. Film romantis ini juga berhasil memborong 7 penghargaan di Festival Film Bandung pada Mei 2013.

film indonesia yang sukses go internasional - habibie dan ainun

7. Modus Anomali

Mengusung genre thriller, Joko Anwar berhasil membuat para pecinta film menjadi tegang seketika saat menonton film berjudul Modus Anomali ini. Tidak hanya mendapat tempat di hati para pecinta film Indonesia, film yang resmi dirilis pada 26 April 2012 ini juga mendapat sambutan positif dari pecinta perfilman dunia setelah diputar di festival film terbesar kedua di Amerika Serikat, South By Southwest (SXSW). Tidak hanya itu, film berbahasa Inggris yang dibintangi Rio Dewanto dan memang ditargetkan untuk pasar luar negeri ini juga sempat menyabet penghargaan pada ajang Bucheon Award di Korea Selatan.

film indonesia yang sukses go internasional - modus anomali

8. Daun di Atas Bantal

Daun di Atas Bantal merupakan film Indonesia yang mulai digarap pada tahun 1998 dan dimainkan oleh Christine Hakim sebagai pemeran utama. Walaupun terhitung kurang diminati di dalam negeri, film yang disutradarai oleh Garin Nugroho ini ternyata cukup mendunia dengan beberapa penghargaan perfilman tingkat dunia yang berhasil diraihnya.

Pada ajang Asia Pacific Film Festival pada tahun 1998, Daun Di Atas Bantal dinobatkan sebagai film terbaik. Christine Hakim sebagai bintang utama juga dinobatkan sebagai aktris terbaik. Film ini juga menjadi unggulan dalam kategori Silver Screen Award Best Asian Feature Film di Singapore International Film Festival pada 1999. Sementara, sang sutradara berhasil memperoleh Special Jury Prize pada Tokyo International Film Festival 1998.

film indonesia yang sukses go internasional - daun di atas bantal

Wahh ternyata banyak juga yah film asli Indonesia yang bisa sukses di dunia internasional, bahkan sampai masuk deretan 15 besar box office Hollywood. Ayo kita sama-sama mendukung perfilman Indonesia dengan menonton film-film buatan anak Indonesia. Selamat Hari Perfilman Nasional :)

Sumber foto: www.palcomtech.tv, onlinemovies.pro, www.moviemovie.com.hk , www.indiefilm.cz, www.imovies.ge, thevocket.com, myscreens.fr, www.portalkbr.com, id.wikipedia.org 

Bagikan Artikel