• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

8 Makanan yang Bikin Kenyang Lebih Lama, Cocok Banget untuk Diet

Share

8 Makanan yang Bikin Kenyang Lebih Lama, Cocok Banget untuk Diet

Daftar makanan yang bisa membuat kita kenyang lebih lama, cocok untuk kamu yang tengah menjalankan program diet!


Saat sedang menjalani program diet untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal, makanan pastinya menjadi hal utama yang paling kamu perhatikan. Bahkan tidak sedikit orang yang justru mengurangi porsi makannya dan menahan lapar karena takut berat badannya akan naik setelah mengkonsumsi makanan dalam porsi banyak.

Tapi kini kamu tidak perlu khawatir lagi Toppers, karena ternyata banyak juga makanan yang bisa membuat kamu kenyang lebih lama dan pastinya tidak akan membuat berat badan kamu naik drastis. Penasaran apa saja makanan itu? Berikut Toped rekomendasikan 8 makanan yang bisa membuat kenyang lebih lama, cocok banget untuk kamu yang sedang diet.

1. Telur

Telur memang dikenal sebagai salah satu makanan yang kaya akan protein dan juga 9 asam amino esensial. Saat dicerna oleh tubuh, kesembilan asam amino ini berperan dalam memincu pelepasan hormon-hormon dalam usus yang dapat meminimalisir rasa lapar. Studi yang dilakukan oleh Saint Louis University juga sudah membuktikan bahwa orang yang sarapan dengan telur di pagi hari mengkonsumsi 330 kalori lebih sedikit dibandingkan orang yang makan roti putih. Agar lebih mengenyangkan, sebaiknya Toppers mengkonsumsi 1 butir telur utuh, berikut dengan kuning telurnya karena hampir semua protein pada telur terkandung dalam kuning telurnya.

makanan yang mengenyangkan - telur
Sumber: besthomechef.com.au

2. Sup

Makanan yang mengandung banyak air seperti sup sayuran atau sup kacang-kacangan juga bisa memberi rasa kenyang yang lebih lama. Kabar baiknya lagi, elain kaya akan serat yang membuat Toppers tidak cepat merasa lapar, sup sayuran juga tidak akan membuat kamu gemuk loh, Toppers. Karena semangkuk sup hanya mengandung tidak lebih dari 150 kalori. Saat sarapan dengan semangkuk sup, tubuh juga akan memberikan sinyal kepada otak dan menginformasikan bahwa kamu sudah cukup makan dan tidak akan terdorong untuk mngkonsumsi makanan lain dengan porsi yang banyak.

makanan yang mengenyangkan - sup
Sumber: yourcareerplan.org

3. Alpukat

Suka mengkonsumsi alpukat? Selamat karena kamu sudah memilih makanan yang tepat untuk dietmu! Alpukat memang termasuk makanan berlemak, tapi lemak yang terkandung di dalamnya adalah lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan, bahkan bisa membantu proses pembakaran lemak jadi lebih maksimal. Tidak hanya itu Toppers, buah yang satu ini juga kaya akan asam folat, potassium dan vitamin E yang akan memberi efek kenyang yang lebih lama dibandingkan makanan lain. Tapi untuk mendapatkan hasil maksimalnya, konsumsilah alpukat tanpa dicampur dengan gula, susu, sirup, dan makanan tambahan manis lainnya yah.

makanan yang mengenyangkan - alpukat
Sumber: salute.robadadonne.it

4. Oatmeal

Makanan yang mengenyangkan berikutnya adalah oatmeal. Yup, makanan yang mengandung karbohidrat kompleks ini memang akan memberi rasa kenyang yang lebih lama dan pastinya tidak akan membuat berat badan kamu naik. Selain mampu mengolah gula dengan lebih lambat sehingga menekan rasa lapar, oatmeal juga kaya akan serat yang mendukung terjadinya proses metabolisme tubuh dengan baik. Sarapan dengan semangkuk oatmeal pastinya akan membuat harimu jadi lebih bersemangat dan membuat nafsu makan kamu tidak akan melonjak. Untuk menambah rasa pada oatmeal, Toppers bisa menambahkan susu rendah lemak, almond dan buah-buahan segar seperti strawberry.

makanan yang mengenyangkan - oatmeal
Sumber: www.ladietnomade.com

5. Apel

Siapa bilang buah-buahan hanya menjadi pencuci mulut dan tidak bisa memberikan rasa kenyang yang tahan lama? Buktinya, buah apel justru bisa mengenyangkan kamu, tanpa harus didampingi dengan nasi. Hal ini karena apel mengandung pektin yang bisa memperlambat proses pencernaan dan memberi efek mengenyangkan. Tapi untuk mendapatkan rasa kenyang yang lebih lama, lebih baik kamu mengkonsumsi apel utuh, bukan dalam bentuk jus. Akan lebih baik lagi jika kamu memakan sebutir apel tanpa membuang kulitnya, untuk mendapatkan nutrisinya secara maksimal.

jual apple cutter - pemotong apel
Dengan Apple Cutter ini, memotong apel jadi lebih mudah, hanya dalam 1 gerakan dan hitungan detik. Beli sekarang juga yuk!

6. Kacang-kacangan

Toppers suka ngemil? Daripada ngemil makanan yang bisa membuat timbangan kamu semakin bergerak ke kanan, lebih baik kamu nyemil kacang-kacangan yang baik untuk diet yang kamu lakukan. Kacang-kacangan seperti kacang kedelai, almond, kacang merah dan walnut kaya akan karbohidrat kompleks yang membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna sehingga akan memberi efek kenyang yang lebih awet. Tidak hanya mengandung karbohidrat kompleks, kacang-kacangan juga kaya akan lemak baik dan protein yang bisa jadi sumber protein pengganti untuk Toppers yang tidak makan daging.

makanan yang mengenyangkan - kacang-kacangan
Sumber: camillaferraro.com

7. Popcorn

Popcorn, pasti Toppers suka sama cemilan yang sering dijadikan teman nonton ini. Nah ada kabar baik nih untuk kamu, ternyata cemilan dari jagung yang satu ini hanya mengandung 90 kalori, namun akan memberi efek kenyang yang lebih lama. Hal ini karena popcorn akan mengisi banyak ruang di dalam perut dan merangsang otak untuk berpikir bahwa kamu sudah makan dalam jumlah kalori yang banyak, sehingga kamu pun akan merasa kenyang setelah memakannya.

makanan yang mengenyangkan - popcorn
Sumber: www.laprensa.hn

8. Kentang panggang

Sebagian orang menganggap kentang adalah makanan yang tinggi akan karbohidrat yang justru membuat berat badan cepat naik. Tapi hal tersebut tidak sepenuhnya benar Toppers. Disamping mengandung karbohidrat, kentang juga kaya akan serat, vitamin dan berbagai nutrisi lain yang dibutuhkan oleh tubuh. Karena kandungan seratnya yang tinggi, kentang juga akan membuat kamu menjadi lebih kenyang dan tidak tertarik untuk mengkonsumsi makanan lain setelah makan kentang.  Dan kamu tidak perlu khawatir kentang akan mengganggu program diet kamu Toppers, kandungan kalori yang terkandung dalam 1 buah kentang tidak lebih dari 160 kalori kok.

makanan yang mengenyangkan - kentang panggang
Sumber: www.bns24.com

Sekarang kamu tidak perlu lagi menahan rasa lapar karena sedang menjalani program diet, Toppers. Dengan mengkonsumsi 8 makanan di atas, rasa lapar pun teratasi dan pastinya tidak akan mengganggu program diet kamu :D

Share

TokopediaTokopedia

Related Articles

10 Rekomendasi Sunscreen/Sunblock Terbaik, Lindungi Kulit Maksimal dari UV
Kecantikan
10 Rekomendasi Sunscreen/Sunblock Terbaik, Lindungi Kulit Maksimal dari UV
© 2009-2024, PT Tokopedia