• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

8 Manfaat Mengajari Anak Berenang Sedari Dini

08 March 2023

Share

8 Manfaat Mengajari Anak Berenang Sedari Dini

Mengajari anak berenang sedari dini juga memiliki banyak manfaat untuk tumbuh kembangnya. Termasuk untuk keterampilan hidup yang penting untuk dimiliki.

Apakah Anda berencana membawa si kecil berenang? Dilansir dari situs Babycenter, bayi sebenarnya bisa diajak mulai berenang kapan saja, bahkan sejak baru lahir.

Namun meski Anda dapat mengajarkan berenang sedini mungkin, sebaiknya lakukan saat tali pusarnya sudah lepas.

Menurut Jeffrey Wegener, seorang dokter spesialis anak, bayi baru lahir memiliki refleks yang disebut bradycardic response yang membuat bayi menahan napas dan membuka matanya ketika dimasukkan ke dalam air.

Selain itu mereka juga secara refleks akan menggerakkan lengan dan kakinya dalam gerakan seperti berenang.

Karena refleks ini akan hilang setelah mereka berusia 6 bulan, maka waktu terbaik untuk mengajari bayi berenang adalah pada saat usianya di bawah 6 bulan. Berikut adalah beberapa manfaat dari mengajari anak berenang sedari dini.

Baca juga: Benarkan Gula Sukrosa Membahayakan Tumbuh Kembang Anak?

1. Meningkatkan kemampuan kognitif

Ketika berenang, si kecil akan menggerakkan tangannya dan menghentak-hentakkan kakinya. Ketika melakukan ini, otaknya akan merasakan sensasi taktil dari air. Pergerakan tangan dan kaki dengan pola yang mengharuskan kedua belah sisi badan aktif akan membantu fungsi otaknya kian bekerja.

Bagian otak ini juga memfasilitasi komunikasi dari otak kanan dan otak kiri. Manfaat jangka panjangnya adalah meningkatkan kemampuan membaca, bahasa, pembelajaran akademis, dan kemampuan spasial.

Menurut studi yang dilakukan oleh Griffith University di Australia, anak-anak yang lihai berenang memiliki perkembangan fisik dan mental lebih maju dibanding mereka yang tidak dapat berenang. Lebih spesifiknya, perkembangan yang terlihat adalah pada kemampuan verbal, matematika, membaca, mengingat cerita, dan memahami instruksi.

2. Mengurangi risiko tenggelam

Tentu saja kita ingin mengajarkan si kecil berenang untuk mencegahnya tenggelam jika sewaktu-waktu dihadapkan pada situasi berbahaya. Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), tenggelam menjadi salah satu penyebab meninggal pada anak-anak dan balita.

Mengajarkan anak untuk berenang akan mengurangi risiko tenggelam pada anak di atas 4 tahun. Perlu diingat bahwa risiko ini tetap ada pada anak di bawah 1 tahun, jadi si kecil harus selalu berada di bawah pengawasan orang dewasa ketika Anda mengajaknya berenang. 

3. Meningkatkan kepercayaan diri

Kelas berenang untuk bayi mencakup bermain-main dengan air, lagu, dan kontak kulit ke kulit dengan orang tuanya. Selain berinteraksi dengan Anda, ia juga akan diajak berinteraksi dengan anak lain dan instrukturnya, sehingga ia dapat mulai memahami fungsi grup.

Elemen-elemen ini, disertai kesenangan belajar hal baru, bisa meningkatkan kepercayaan dirinya. Menurut sebuah studi, anak umur 4 tahun yang sudah belajar berenang dari usia 2 bulan terlihat lebih baik dalam beradaptasi di situasi baru, memiliki rasa percaya diri yang lebih, dan lebih mandiri dibanding mereka yang tidak diajari berenang. 

4. Waktu yang berkualitas dan bonding dengan orang tua

Kelas berenang bisa menjadi waktu yang berkualitas dan memperkuat ikatan antara orang tua dan buah hati. Karena si kecil akan sangat bergantung pada Anda, perhatian Anda dan pasangan pun akan terfokus pada satu sama lain sehingga menciptakan suasana yang akrab dan intim.

5. Membentuk otot

Berenang dapat membantu perkembangan dan kontrol otot pada bayi. Si kecil akan mengembangkan otot yang diperlukan untuk menahan kepalanya tetap mendongak, menggerakkan lengan dan kaki, dan koordinasi seluruh bagian tubuh. Berenang juga olahraga yang baik untuk kesehatan jantung, paru-paru dan peredaran darahnya.

6. Meningkatkan koordinasi dan keseimbangan

Berenang dapat melatih anak untuk meningkatkan koordinasi dan keseimbangannya. Pergerakan terkoordinasi yang sederhana seperti menggerakkan tangan dan kaki bersamaan pun dapat berdampak besar untuk perkembangannya. 

7. Memperbaiki pola tidur

Berenang akan menghabiskan banyak energi. Selain banyak bergerak, tubuh bayi juga akan berusaha untuk tetap hangat. Tidak heran jika setelahnya si kecil akan tidur lebih pulas.

 8. Meningkatkan selera makan

Selain membuat tidur lebih pulas, Anda mungkin merasakan seringkali lapar setelah berenang. Bayi juga merasakan hal yang sama. Aktivitas fisik di dalam air menghabiskan banyak energi dan membakar banyak kalori, sehingga Anda akan melihat peningkatan selera makan dari si buah hati setelah menghabiskan waktu dengan berenang. 

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Susah Makan anak susah makan

Bagaimana, tertarik untuk mengajarkan si kecil untuk berenang di usia dini? kamu bisa mempertimbangkannya dengan matang bersama sebelum memutuskan untuk melatih kemampuan berenang anak.

banner tokopedia parents

Cek Tokopedia Parents dan dapatkan semua solusi untuk kebutuhan keluarga-mu

Share

Amanda Rafiqah PutriAmanda Rafiqah Putri

Related Articles

Obat Batuk untuk Ibu Hamil di Apotik, Efektif Bantu Redakan Batuk
Kids and Parenting
Obat Batuk untuk Ibu Hamil di Apotik, Efektif Bantu Redakan Batuk
© 2009-2024, PT Tokopedia