6 Acara Konser Musik Tahunan di Indonesia buat Pecinta Musik!

1125
festival / konser musik tahunan

Konser Musik Tahunan di Indonesia – Konser musik merupakan salah satu event paling seru. Bagaimana tidak, segalanya bisa terjadi, mulai dari reuni dengan sahabat yang tak terduga, nyanyi bareng dengan orang tak dikenal yang berujung dengan kenalan, atau sendirian saja dan menikmati sajian musik live dengan total menjadi pengalaman tak terlupakan.

Tentu berbagai macam konser musik hadir di Indonesia. Ragam konser berbagai macam artis juga tempat disediakan untuk menunjang kepuasan dan kehausan masyarakat Indonesia akan konser-konser berkualitas.

Nah, ada pula konser musik tahunan yang harus menjadi agenda wajib bagi kalian para pecinta musik untuk menikmati alunan lagu-lagu dari artis idola, atau hanya sekedar menikmati atmosfer seru yang dihasilkan!

Baca juga: 7 Festival Jazz Tahunan Terbaik di Indonesia!

Festival / Konser Musik Tahunan di Indonesia

1. Java Jazz Festival

Konser Musik Tahunan
Sumber Gambar: Wikimedia Commons

Ini dia nih salah satu festival musik paling senior di Indonesia! Java Jazz Festival adalah sebuah festival tahunan yang menampilkan musisi papan atas nasional dan internasional yang berfokus pada musik jazz. Java Jazz Festival diadakan oleh promotor ternama, Java Festival Production.

Pertama kali dihelat tahun 2005, Java Jazz telah lama bergulir dan tahun depan akan memasuki umurnya yang ke 13 tahun! Java Jazz umumnya dilaksanakan setiap minggu pertama bulan Maret tiap tahunnya. Berbagai artis jazz papan atas telah hadir di Java Jazz, seperti band Iegendaris Earth, Wind and Fire, Incognito, penyanyi dan pianis Jamie Cullum, James Brown, Sergio Mendes, dan legenda jazz Indonesia seperti Bubi Chen, Ireng Maulana, Indra Lesmana, lainnya.

Festival ini juga selalu mendukung perkembangan musik jazz tanah air dengan mengundang dan membuka submisi untuk musisi lokal tampil di panggung khusus, lho!

2. Jazz Gunung

Konser Musik Tahunan
Sumber Gambar: Jazz Gunung Official Website

Nah, kalau yang satu ini terbilang baru, tapi popularitasnya naik dengan pesat. Jazz Gunung adalah perhelatan tahunan musik jazz yang biasanya diadakan di amfiteater Jiwa Jawa terbuka di gunung Bromo, Probolinggo, Jawa Timur. Mengusung slogan “Indahnya Jazz dan Merdunya Gunung”, Jazz Gunung pertama kali digelar pada tahun 2012 oleh Jazz Gunung Indonesia yang didukung oleh pemerintah kota Probolinggo dan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Jazz Gunung mengedepankan kombinasi antara musik jazz dan pemandangan indah serta udara yang sejuk di gunung Bromo. Pada 2017 yang lalu, Jazz Gunung mengundang artis mancanegara Paul McCandles serta artis nasional seperti Glenn Fredly, Dewa Budjana serta Monita Tahalea.

Yang satu ini tentu tak boleh dilewatkan karena serunya menikmati musik jazz sambil ditemani udara yang dingin dan indahnya pemandangan pegunungan Semeru merupakan pengalaman yang pastinya menyenangkan!

3. We The Fest

Konser Musik Tahunan
Sumber Gambar: Ismaya Live

Memadukan musik, makanan, dan fashion dalam satu tempat, apakah mungkin? Nah, itu semua hanya terjadi di We The Fest! Festival musik yang diminati lintas generasi terutama millenials ini selalu menjadi highlight setiap tahunnya. Acara yang digelar oleh Ismaya Live ini mengusung tema festival tropis musim panas setiap tahunnya!

Pastinya seru banget dan menyenangkan, apalagi diramaikan oleh artis-artis internasional seperti Ellie Goulding, Echosmith, The 1975 dan berbagai macam tenant F&B dan fashion! Event ini memuat berbagai musik lintas generasi seperti musik elektronik, pop, rock, sampai hip hop.

Pertama kali digelar pada tahun 2014 di Parkir Timur Senayan dan berpindah ke Jakarta International Expo Kemayoran, tiket We The Fest selalu ludes tiap tahunnya. Oh iya, sampai-sampai presiden Indonesia, pak Joko Widodo, datang menikmati loh pada perhelatan We The Fest tahun ini!

Sayang kan kalau melewatkan merasakan serunya We The Fest?

headphone bluetooth
Nikmati musik dengan lebih asyik dan fleksibel berkat headphone Bluetooth terbaik berharga murah di sini!

Baca Juga: 8 Headphone Sennheiser Terbaik Pilihan untuk Pecinta Musik

4. Djakarta Warehouse Project (DWP)

Konser Musik Tahunan
Sumber Gambar: Ismaya Live

Yang terakhir, merupakan salah satu acara musik tahunan yang paling populer hingga konon katanya buat macet jalanan ibukota! Djakarta Warehouse Project, atau biasa dikenal dengan akronim DWP, adalah festival musik tahunan yang mengedepankan musik EDM (Electronic Dance Music). Sejumlah disc jockey ternama seperti Tiesto, Avicii, Calvin Harris, Zedd, David Guetta, Alesso telah meramaikan panggung Djakarta Warehouse Project yang biasanya diselenggarakan setiap tahunnya pada akhir tahun, yakni bulan Desember.

Festival musik yang juga digawangi oleh Ismaya Live ini disebut sebagai salah satu yang terbesar di Asia Tenggara, dihadiri oleh puluhan ribu penonton dari berbagai penjuru tanah air. Namun, beberapa tahun belakangan festival musik ini menuai protes dari berbagai kalangan yang khawatir mengenai dampak buruk yang dapat terjadi dengan diselenggarakannya acara ini.

Tak peduli dengan isu tersebut, DWP tetap hadir dengan meriah dan puluhan ribu penonton menikmati alunan musik EDM penuh sesak meskipun diiringi hujan deras!

5. Invasion

festival / konser musik tahunan indonesia
Sumber Gambar: Jawa Pos

Festival indoor terbesar di Jakarta, Invasion, kembali hadir, nih! Mengusung tema Tempus Chronicle yang terinspirasi dari abad ke-19 dengan industri revolusinya, Invasion akan menawarkan sebuah pengalaman baru rave party dengan suasana berbeda. Para invaders, begitu sebutan untuk pengunjung Invasion, akan serasa dibawa melintasi perjalanan sejarah. Set panggung dan teknologi yang memukau siap memanjakan mata dan telinga para partygoers.

Sebagai awalan, Invasion telah mencanangkan beberapa nama dalam line up yang siap mewarnai akhir pekanmu, Yellow Claw, Sam Feldt dan Snakehips, yang merupakan DJ kenamaan dunia. Catat tanggalnya, ya! Invasion akan digelar pada 14 September 2018 di Hall B3 dan C3 JiExpo Kemayoran, Jakarta.

6. Soundrenaline

acara / konser musik tahunan indonesia
Sumber Gambar: GetLost Travel Magazine

Apabila dua event sebelumnya berada di Jakarta, mari sejenak pindah ke Pula Dewata. Bali juga punya, lho, festival musik yang nggak kalah seru dan memiliki jenis musik beragam. Yap, apalagi kalau bukan Soundrenaline. Festival musik yang telah eksis sejak tahun 2002 ini selalu konsisten menghadirkan musisi-musisi lintas genre dan panggung megah.

Soundrenaline akan diselenggarakan selama dua hari, 8-9 September mendatang di area GWK, Bali. Dijamin, kamu yang suka musik rock nggak akan tahan untuk headbanging bareng band-band seperti Barasuara atau Burgerkill yang terkenal dengan musik metalnya. Kamu juga bisa berdansa mengikuti alunan musik dari Sheila on 7 dan Dipha Barus.

Baca juga: Nonton Konser Lebih Asik dengan 5 Tips Ini

Nah, itu dia tadi 6 acara konser musik tahunan di Indonesia buat pecinta musik. Serunya berbagai konser musik yang pastinya tidak boleh terlewatkan karena beragam jenis musik berkualitas yang dihadirkan oleh para promotor. Pastinya semua seru dan momen yang tak datang dua kali!

Jangan lupa juga berikan penampilan yang terbaik! Lengkapi penampilan kece-mu ketika ke konser musik dengan beragam jenis fashion keren, mulai dari t-shirt, sepatu boots, rok, hingga topi dengan harga termurah, serta jangan lupa beli tiket konser musik secara lebih praktis hanya di Tokopedia!

glow stick
Mengikuti acara konser musik semakin seru dan atraktif dengan glow stick. Dapatkan dengan harga termurah di sini!