• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Achmad Annama: Antara Politik, Sulap dan Bisnis Online

Share

Dunia politik yang penuh prasangka membuat pria kelahiran Jakarta, 4 Juli 1977 ini berpikir ulang akan profesinya. Nasihat sang orang tua pun seakan turut ‘menyulap’ dan kemudian membuatnya menemukan dunianya sendiri. Jadilah kini Achmad yang sempat mencalonkan diri menjadi salah satu caleg ini dikenal sebagai seorang mentalis.

Untuk membuktikan kesungguhannya, pria yang kerap dikenal dengan nama Annamaniac ini pun menggunakan setiap waktu luangnya dengan terus mengasah kemampuan dan kekuatan otak kanannya untuk menjadi seorang mentalis sejati.

Tidak hanya sampai di situ, sebagai sosok yang sudah menguasai seluk-beluk dunia persulapan, beliau kemudian turut terjun dalam bidang jual-beli alat-alat sulap, hingga akhirnya merambah ke dunia bisnis online dengan bergabung di Tokopedia dan kemudian menjadi salah satu penjual terlaris.

Ingin mengenal lebih jauh sosok mentalis inspiratif ini? Simak hasil wawancara berikut.

Achmad Annama, pemilik Annamaniac Unique Items

Apa tanggapan Anda sebagai salah satu penjual terlaris di Tokopedia?

Luar biasa! Merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi saya setelah 6 bulan bergabung. Meskipun tidak masuk peringkat 5 besar, namun saya yakin untuk ukuran omzet saya masuk 5 besar.

Bisa diceritakan sedikit mengenai profesi Anda sehari-hari? Apakah juga berhubungan dengan sulap?

Saat ini saya menjabat sebagai Training Coordinator di sebuah perusahaan pertambangan. Sebelumnya saya adalah manajer salah satu motivator muda dan sering dijadikan MC, Entertainer atau pesulap untuk setiap penampilan beliau dan pada kesempatan lainnya.

Apa yang membuat Anda tertarik pada dunia sulap?

Jenuh berkecimpung di dunia politik, 5 tahun terjun di bidang ini membuat saya berpikir bahwa bekerja di bidang ini membuat hidup penuh dengan prasangka. Orang tua saya pun turut menasehati saya untuk mencari sesuatu yang saya sukai dan orang yang mau membayar saya untuk melakukannya. Nasihat tersebut saya camkan betul, terlebih ketika saya melirik adik saya yang sedang merintis bisnis alat-alat sulap secara online. Meskipun demikian, aliran kami berbeda; ia lebih ke arah street magic dan eskapologis, sedangkan saya lebih menggemari dunia mentalis dan panggung, sehingga dagangan kami pun berbeda.

Pengalaman apa saja yang telah Anda miliki selama berkecimpung di dunia politik?

Saya sempat menjadi staf ahli anggota DPR RI dan mencalonkan diri sebagai salah satu caleg.

Pernah memiliki pengalaman berjualan secara offline sebelumnya?

Saya sering mengikuti berbagai kesempatan bazaar di pusat-pusat perbelanjaan dan lifestyle anak muda. Di sana saya turut menghibur para pengunjung dan anak-anak dengan mendemonstrasikan sulap.

Bagaimana tanggapan dan dukungan orang-orang di sekeliling Anda, sehubungan dengan kegiatan dan profesi Anda ini?

Sangat mendukung. Apalagi kekasih saya. Bahkan untuk beberapa situasi, dia turut menemani dan mendampingi. Adik ipar saya juga selalu bersedia mengantar untuk hunting benda-benda unik.

Bagaimana Anda mengenal Tokopedia?

Secara tidak sengaja. Saat online dan mencari-cari lewat mesin pencari.

Menurut Anda, apa kelebihan Tokopedia, dibandingkan dengan media jualan online lain tempat Anda bergabung?

Mengurangi kekhawatiran pembeli karena adanya pihak ketiga sebagai perantara. Pembayaran pun terjamin aman hingga pembeli menerima pesanannya.

Apa kendala terbesar Anda selama berjualan online, dan apa solusinya?

Kurangnya komunikasi dengan staf karena kesibukan kerja, sehingga kerap terjadi kesalahpahaman, seperti ketidaktersediaan produk yang seharusnya berstatus ready stock atau sebaliknya, dan juga kualitas produk yang menurun akibat situasi tertentu. Biasanya kami meminta maaf kepada pelanggan, menjalin komunikasi yang baik, dan juga menggunakan fasilitas penerimaan order sebagian yang disediakan Tokopedia untuk pengembalian uang.

Ada tips tertentu yang dapat dibagi untuk sesame penjual online?

Pantang menyerah dan selalu tampilkan produk baru nan unik, berbeda dengan toko lainnya. Apabila memungkinkan, tampilkan produk yang tidak pernah dijual di toko fisik sebelumnya. Yang lebih penting lagi, harga yang ditawarkan harus lebih murah dan fleksibel, juga menyediakan berbagai penawaran dan bonus.

Apa harapan Anda pada Tokopedia di masa mendatang?

Saya berharap agar suatu saat Tokopedia dapat mengadakan event khusus seperti gathering tenant sebagai media untuk berbagi pengalaman, atau bazaar offline dengan jangka waktu tertentu. Untuk toko-toko pasif yang tidak buka dalam jangka waktu yang cukup lama dan tidak memiliki transaksi juga sebaiknya ditutup, sebagai bagian dari seleksi alam.

Achmad Annama adalah pemilik dari Annamaniac Unique Items, salah satu toko online di Tokopedia yang khusus menjual peralatan sulap dan berbagai barang-barang unik lainnya.

Interview ini dilakukan oleh: David Harnadi & Widhi Astuty.
Dan dirangkum oleh: David Harnadi

Share

TokopediaTokopedia

Related Articles

Kebakaran Tidak Menghanguskan Semangat Pemilik 40 Ekor Kucing ini untuk Berkreasi
Seller Story
Kebakaran Tidak Menghanguskan Semangat Pemilik 40 Ekor Kucing ini untuk Berkreasi
© 2009-2024, PT Tokopedia