• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

8 Aktivitas Lebaran di Rumah yang Bisa Dilakukan Bersama Keluarga

Share

8 Aktivitas Lebaran di Rumah yang Bisa Dilakukan Bersama Keluarga

Libur lebaran di rumah bisa dibuat seru dan mengesankan, lho! Ini beberapa ide aktivitas lebaran di rumah bersama keluarga inti!


Hari lebaran Idul Fitri adalah momen yang ditunggu-tunggu umat Islam. Liburan ini umumnya diisi dengan bersilaturahmi dengan tetangga, teman dekat dan pastinya keluarga besar. Namun, di tengah pandemi ini, tidak dianjurkan untuk kita melakukan kegiatan tersebut. Tapi jangan khawatir, libur lebaran di rumah tetap bisa asyik dan bermakna bersama keluarga inti. Kamu bisa melakukan berbagai kegiatan bersama agar suasana Idul Fitri tetap terasa hangat. Berikut ini beberapa ide aktivitas seru yang bisa dilakukan saat lebaran di rumah!

BACA JUGA: Tips Persiapan Lebaran di Rumah, Esensi Idul Fitri dengan Keluarga Inti

Berbagai Aktivitas Lebaran di Rumah

Meskipun kamu dan keluarga rayakan Hari Lebaran di rumah, tetap bisa bermakna! Ini dia berbagai pilihan aktivitas seru yang bisa kamu lakukan saat lebaran di rumah bersama keluarga.

1. Bersilaturahmi dengan Video Call

aktivitas lebaran di rumah

Sumber Gambar: Freepik

Kita memang akan terpisah jarak dengan anggota keluarga yang tinggalnya berjauhan, teman dekat dan kerabat di lebaran kali ini. Tapi, jangan sampai hal ini memutus tali silaturahmi. Kamu tetap bisa bersilaturahmi menyambut Idul Fitri tanpa harus keluar rumah, caranya yaitu dengan menggunakan teknologi video call. Cukup dengan smartphone atau laptop dan aplikasi video call yang tersambung internet. Maka silaturahmi tetap terjaga.

2. Memasak Bersama

aktivitas lebaran di rumah - baking atau masak

Sumber Gambar: Pixabay

Tidak ada salahnya merayakan datangnya hari kemenangan dengan memasak. Baik itu menu khas lebaran seperti ketupat hingga makanan favorit salah satu anggota keluarga. Aktivitas lebaran ini bisa dilakukan bersama sambil mengobrol dan lebih mengenal satu sama lain. Selain hidangan Idul Fitri, kamu juga bisa membuat kue bersama. Kegiatan ini mungkin lebih aman dan cocok jika kamu ingin menyertakan si kecil. Dekorasi kue juga bisa dijadikan sarana untuk menyalurkan kreativitas. Pastinya, setelah baking jangan lupa menikmati kue bersama ya! Rasa manis kue bisa meningkatkan mood kita dan membuat semua orang senang, terutama anak-anak.

3. Menonton Film Religi ala Bioskop di Ruang Keluarga

aktivitas lebaran di rumah - nonton film

Sumber Gambar: Pixabay

Streaming film terbaru, khususnya yang bertema religi merupakan salah satu ide klasik untuk menghabiskan waktu lebaran bersama keluarga. Tidak perlu jauh-jauh ke mall, kamu bisa membuat ruangan seakan-akan berada di bioskop. Matikan seluruh lampu, tutup tirai jendela, dan siapkan camilan favorit untuk dinikmati bersama film. Enaknya nonton di rumah kamu bisa movie marathon sambil ngobrol bersama di ruang keluarga tanpa perlu mengganggu orang lain.

4. Board Game

aktivitas lebaran di rumah

Sumber Gambar: Pixabay

Tidak semua orang memiliki smartphone. Tak perlu khawatir. Kamu juga bisa memeriahkan suasana lebaran dengan koleksi mainan board game. Beberapa board game populer antara lain twister, jenga, dan monopoli. Kamu juga bisa menyiapkan permainan tradisional atau kartu di rumah sewaktu-waktu bosan memainkan game yang sama. Board game ini juga cocok dimainkan oleh semua usia sehingga seluruh anggota bisa diajak main. Tidak perlu ada yang merasa ditinggalkan dengan aktivitas ini!

game werewolf

Usir rasa bosan dengan sesuatu yang seru, Werewolf game bisa jadi pilihan tepat!

BACA JUGA: tradisi mudik lebaran sejarah dan asal usulnya

5. Gaming di Rumah

aktivitas lebaran di rumah - gaming

Sumber Gambar: pixabay

Di era ini ini, mencari kegiatan seru tidaklah sulit. Hanya dengan smartphone, kamu bisa mengunduh berbagai game gratis yang dimainkan bersama banyak orang secara offline maupun online. Gaming bisa menyulap suasana membosankan menjadi lebih hangat dan meriah. Mungkin saja aktivitas ini membuat kamu semakin dekat dengan keluarga. Bagi yang merayakan lebaran sendiri, kamu bisa memainkan game online bersama teman dengan jarak jauh agar tidak terasa kesepian.

6. Piknik di Halaman Rumah

aktivitas lebaran di rumah - piknik

Sumber Gambar: Pixabay

Kalau membahas soal lebaran Idul Fitri, mungkin makanan melintasi pikiran kamu. Wajar, di setiap perkumpulan lebaran pasti disertai dengan sajian istimewa yang dilahap bersama keluarga. Untuk Toppers yang merayakan Idul Fitri bersama keluarga kecil atau sahabat, bisa berpiknik cukup di halaman atau lapangan rumah. Sekali-kali merubah suasana dan pemandangan untuk menghindari lebaran yang jemu. Jangan lupa menyiapkan aneka ragam makanan untuk dinikmati dengan cuaca cerah dan udara segar. Tambahkan iringan lagu untuk memberikan nuansa ria.

7. Gardening di Taman Rumah

Selain hiburan dengan nonton film hingga main game, kamu juga bisa meningkatkan waktu berkualitas bersama keluarga dengan menanam tanaman sendiri di rumah. Kamu bisa memanfaatkan taman kecil di rumah untuk melakukannya atau teras rumah dengan mengandalkan pot. Tanam tumbuhan berbunga yang indah atau bisa juga tanaman obat keluarga agar hasilnya bisa kamu petik sendiri di kemudian hari. Menarik bukan, Toppers?

8. Karaoke dan Bertukar Kado

kotak hadiah

Temukan kotak kado paling unik dan menarik di sini!

Karaoke merupakan salah satu aktivitas lebaran yang bisa di enjoy bersama-sama. Kamu hanya perlu menyiapkan mic karaoke portable dan setelan lagu karaoke tanpa lirik. Banyak pilihan lagu ini bisa kamu cari di YouTube dengan gratis. Sekalian juga cari tahu siapa diantara kalian yang berbakat menyanyi nih. Selain berkaraoke, kamu juga bisa bertukar kado antar anggota keluarga. Tahukah kamu, masyarakat muslim di India memiliki tradisi tukar menukar kado bersama sanak saudara dan teman dekat? Kalau di Indonesia, orang tua biasanya membagikan amplop lebaran berisi uang kepada anak. Nah, di India, ada juga tradisi seperti itu, tapi dilanjut dengan tukeran kado agar momen Idul Fitri semakin berkesan. Kamu bisa mengambil inspirasi ini untuk saling tukar menukar kado agar hari lebaran semakin dikenang. Kado tidak perlu mahal atau mewah, yang terpenting diberikan dengan hati penuh penghargaan.

BACA JUGA: Daftar Alat Kebersihan Rumah yang Wajib Ada, Lebaran pun Nyaman!

Nah, inilah beberapa aktivitas lebaran di rumah yang seru. Kalau ada ide kegiatan lainnya, jangan malu-malu dan langsung aja dicoba bersama keluarga inti di rumah! Di Tokopedia, kamu bisa belanja berbagai kebutuhan Ramadan lengkap dengan kualitas top dan harga terjangkau, lho. Nikmati juga berbagai promo dan penawaran harga menarik!

© 2009-2024, PT Tokopedia