• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

11 Alat Kebersihan Rumah yang Wajib Ada, Lebaran pun Nyaman!

06 April 2023

Share

11 Alat Kebersihan Rumah yang Wajib Ada, Lebaran pun Nyaman!

Alat kebersihan yang wajib ada di rumah ini bakal membantumu membuat suasana rumah lebih nyaman saat Lebaran nanti. Kamu sudah punya apa saja, nih?


Ramadan sudah tiba, saatnya melangkah perlahan menuju hari kemenangan di penghujung puasa nanti. Selain memenuhi kebutuhan selama berpuasa, mempersiapkan lebaran sejak dini juga penting, Toppers.

Salah satu yang bisa kamu lakukan untuk memastikan lebaran bisa berjalan lancar di rumah bersama keluarga ini adalah melakukan aktivitas bersih-bersih rumah. 

Nah, agar kegiatan membersihkan rumah jadi lebih mudah dan menyenangkan, pastikan semua peralatan yang dibutuhkan telah tersedia.

Yuk, simak daftar alat kebersihan rumah yang wajib ada berikut ini!

Baca Juga: Persiapan Menyambut Ramadan agar Semakin Berkah di Bulan Suci

11 Alat Kebersihan Rumah yang Wajib Ada

Menjaga kebersihan dan kenyamanan rumah, penting dilakukan demi kepentingan bersama. Untuk itu, kita membutuhkan beberapa alat kebersihan rumah yang dapat membantu menjaga kebersihan.

Berikut adalah beberap alat kebersihan yang bisa jadi pilihan utama!

1. Vacuum Cleaner

Vacuum cleaner

Sumber: Paxels

Berkat teknologi yang makin canggih, sekarang menyapu lantai sudah jadi lebih praktis. Kamu cukup mengandalkan vacuum cleaner untuk membersihkan rumah dari debu dan kotoran.

Bila kamu memelihara binatang, mempunyai vacuum cleaner sangat diwajibkan karena debu dan bulu-bulu binatang akan tersedot sampai habis.

2. Robot Vacuum

Robot Vacuum

Sumber: Paxels

Jika dengan penyedot debu konvensional kamu masih harus mengeluarkan tenaga lebih dalam membersihkan lantai rumah dan lainnya, dengan robot vacuum aktivitas ini bisa dilakukan dengan jauh lebih mudah dan otomatis.

Kamu tinggal mengatur alat canggih ini untuk membersihkan bagian rumah yang diinginkan, dan tunggu ia melakukan tugasnya hingga selesai. Jauh lebih praktis, bukan?

3. Kemoceng

Kemoceng

Sumber: Freepik

Alat kemoceng terbuat dari bulu ayam, tali raffia dan serat kain. Alat ini wajib kamu miliki untuk membersihkan debu dan langit-langit rumah yang kerap dijadikan sarang laba-laba. 

Biasakan untuk menyingkirkan debu setiap hari. Dengan demikian, debu tidak akan menumpuk dan menimbulkan masalah pernafasan. Alat kebersihan yang satu ini ada yang dibuat menggunakan bulu ayam, tali raffia, dan serat kain.

4. Sapu dan Pengki

Sapu dan pengki

Sumber: Paxels

Lantai rumah merupakan bagian rumah yang paling mudah kotor. Untuk membersihkannya, butuh pasangan sapu dan pengki yang berfungsi untuk memindahkan kotoran ke tempat sampah.

Biasa sapu dan pengki bisa dibeli sebagai satu set. Sapu sendiri terbuat dari bahan ijuk, namun sapu dari bahan plastik juga sudah banyak dijual di pasaran.

Baca Juga: 12 Menu Lebaran yang Tak Boleh Ketinggalan di Hari Raya

5. Alat Pel

Pel

Sumber: Paxels

Setelah lantai disapu, lantai harus dipel dengan pembersih lantai agar wangi dan bersih. Lap pel digunakan untuk membersihkan permukaan lantai secara menyeluruh bersama dengan campuran air dan cairan pembersih lantai.

Biasanya, orang lebih memilih alat pel dengan tongkat karena bisa mempercepat proses pembersihan lantai.

jual vacuum cleaner portable

Bersihkan kotoran lebih praktis dengan vacuum cleaner portable terbaik di sini!

Baca Juga: Rekomendasi Merk Air Purifier Terbaik, Pastikan Udara Sehat dan Segar

6. Kain Lap

Kain Lap

Sumber: Paxels

Kain lap dipakai untuk membersihkan permukaan perabotan rumah seperti meja, kursi, elektronik dan sebagainya. Material terbaik untuk alat kebersihan ini adalah microfiber, linen, dan katun.

Pasalnya material seperti lap microfiber merupakan campuran dari bahan polyster dan nylon juga bisa menjadi pilihan dan mampu menyerap air dengan baik dan tidak meninggalkan serat-serat kain pada permukaan furnitur.

7. Sikat

Sikat

Sumber: Paxels

Alat kebersihan yang satu ini memiliki bulu-bulu kasar dan biasa digunakan untuk membersihkan noda membandel dengan sikat dan cairan pembersih. Sikat sendiri pun mempunyai banyak jenis, tergantung fungsinya.

Misalkan sikat kloset yang berbentuk bulat agar dapat membersihkan lubang kloset, ataupun sikat lantai khusus untuk membersihkan lumut dan kerak noda.

Sikat berukuran kecil atau sikat gigi bekas juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan benda berukuran kecil atau sudut area.

tokopedia salam

Temukan semua kebutuhan umat muslim, mulai dari perlengkapan ibadah hingga zakat hanya di Tokopedia Salam!

8. Spons

Spons

Sumber: Paxels

Spons biasa digunakan untuk mencuci piring dan peralatan makanan. Salah satu permukaan spons biasanya lebih kasar sehingga bisa digunakan untuk menggosok kotoran hingga bersih. Misalnya lumut yang yang muncul pada permukaan gayung dan sebagainya.

9. Pembersih Toilet

Pembersih toilet

Sumber: Paxels

Saat bersih-bersih rumah, jangan hanya fokus pada bagian depan dan ruangan tempat kita beraktivitas saja. Kamar mandi juga harus diperhatikan kebersihannya, agar saat menggunakannya kita bisa merasa nyaman.

Kamu bisa melengkapi peralatan pembersih toilet seperti porselen, penyegar toilet, alat pompa toilet tersumbat hingga sikat khusus toilet. Jangan lupa gunakan sarung tangan karet agar tangan kamu terhindar dari kuman.

10. Sapu Lidi

Sapu lidi

Sumber: Paxels

Sapu lidi adalah penolong saat kamu ingin membersihkan bagian halaman depan rumah. Dengan alat ini kamu bisa dengan mudah mengangkat kotoran-kotoran di lantai halaman secara efektif, terutama sampah-sampah berukuran kecil dan dedaunan yang gugur.

Selain sapu lidi untuk membersihkan tempat outdoor, jenis sapu lidi lain juga ada yang bermanfaat untuk membantu kita dalam membersihkan tempat tidur.

11. Cairan Pembersih

Cairan pembersih lantai

Sumber: Paxels

Berbagai cairan pembersih untuk memaksimalkan kebersihan rumah juga perlu untuk dipertimbangkan. Seperti cairan pembersih lantai, cairan pembersih kaca, cairan pembersih kompor, cairan pembersih wastafel, klostet kamar mandi, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Jenis Tanaman Hias Gantung dengan Bunga Tercantik

Nah, itu dia alat kebersihan yang wajib kamu miliki. Apakah kamu sudah memiliki semua alat kebersihan yang wajib tersebut, Toppers? Yuk, persiapkan lebaran mulai dari sekarang!

jual perabotan rumah tangga

Ingin mengisi perabatan rumah tapi budget terbatas? Lengkapi segera dengan barang termurah dan berkualitas terbaik di sini!

Penulis: Audrylea Reika

© 2009-2024, PT Tokopedia