• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

12 Alat Musik Melodis Beserta Gambar dan Penjelasan Fungsinya

15 June 2022

Share

12 Alat Musik Melodis Beserta Gambar dan Penjelasan Fungsinya

Ada banyak contoh alat melodis beserta cara memainkannya. Simak penjelasan alat musik melodis berikut beserta gambarnya!


Alat musik melodis adalah alat musik yang menghasilkan nada dan punya irama. Alat musik melodis di Indonesia bisa ditemukan berbagai macam, mulai dari alat musik petik, gesek, hingga tiup.

Maksudnya, alat musik melodis dapat menghasilkan nada atau notasi seperti Do, Re, Mi,, dan lain-lain yang dapat melengkapi bunyi-bunyian yang dihasilkan dari alat musik ritmis dan harmonis. Biasanya fungsi dari alat musik melodis ini ialah untuk mengatur nada dalam sebuah lagu atau musik.

Di bawah ini ada beberapa contoh alat musik melodis beserta gambar dan penjelasan fungsinya. Simak sampai habis ya, Toppers.

Baca Juga: Macam-Macam Alat Musik Ritmis dan Cara Memainkannya

Contoh Alat Musik Melodis dan Penjelasannya

Penasaran dengan alat musik melodis beserta cara memainkannya? Berikut alat musik melodis dari yang modern hingga tradisional beserta ulasannya:

1. Gitar

alat musik melodis - gitar

Sumber Gambar: Pusat Review

Gitar adalah alat musik melodis yang berdawai dan dimainkan dengan cara dipetik, umumnya menggunakan jari maupun plektrum. Gitar terbentuk atas sebuah bagian tubuh pokok dengan bagian leher yang padat sebagai tempat senar yang umumnya berjumlah enam didempetkan.

2. Piano

alat musik melodis - piano

Sumber Gambar: Daily Sabah

Piano adalah alat musik melodis yang diklasifikasikan sebagai instrumen dawai dan perkusi yang dimainkan dengan menekan tuts-tuts pada papan piano. Setiap tuts tersambung ke palu yang ada di dalam piano dan menekan senar di dalamnya, sehingga menghasilkan bunyi.

3. Biola

alat musik melodis - biola

Sumber Gambar: Product Nation

Biola merupakan alat musik melodis dawai yang berasal dari daerah Spanyol-Mauris dan ditemukan pada abad ke 18 Masehi. Cara memainkan alat musik biola ini yaitu dengan cara menggeseknya menggunakan stik biola sendiri. Senar biola sendiri terdiri dari 4 yaitu G-D-A-E yang sengaja diatur secara berbeda.

4. Harmonika

alat musik melodis - harmonika

Sumber Gambar: Posbaru

Harmonika adalah salah satu alat musik tiup. Cara memainkan alat musik melodis ini adalah dengan meniup dan menghisap lubang untuk menghasilkan suara. Harmonika berasal dari alat musik tradisional Cina yang bernama 'Sheng'.

5. Pianika

alat musik melodis - pianika

Sumber Gambar: Tribun

Melodika atau pianika adalah alat musik tiup kecil yang dimainkan dengan tiupan langsung atau memakai pipa lentur yang dihubungkan ke mulut. Alat musik ini baru bisa berbunyi jika kita meniup dan menekan tutsnya.

6. Recorder

alat musik melodis - recorder

Sumber Gambar: Jim Labs School

Recorder adalah alat musik yang sumber suaranya berasal dari tekanan udara yang ditiup sehingga menghasilkan instrumen yang bersifat melodis. Oleh karena itulah, rekorder menjadi alat musik yang tidak bisa dimainkan sendiri.

Baca Juga: Mengenal Deretan Alat Musik Tradisional Asli Indonesia yang Mendunia

7. Kecapi

alat musik melodis - kecapi

Sumber Gambar: Hanyaberbagi

Kecapi adalah sebuah alat musik dawai yang dipetik dengan leher dan punggung dalam yang melingkupi rongga berlubang, biasanya dengan lubang suara atau lubang di badan. Lebih khusus, istilah "kecapi" dapat merujuk pada instrumen dari keluarga kecapi Eropa.

8. Bonang

alat musik melodis - bonang

Sumber Gambar: Info Publik

Bonang merupakan alat musik yang terdiri dari gong-gong berukuran kecil dan berposisi horizontal. Cara memainkan alat musik bonang yakni dipukul dengan pemukul khusus layaknya sebuah gamelan.

9. Calung

alat musik melodis - calung

Sumber Gambar: Wikipedia

Calung adalah alat musik purwarupa jenis idiofon yang terbuat dari bambu. Alat musik ini adalah musik tradisional masyarakat Sunda, yang juga dikenal dengan angklung yang dimainkan dengan cara digoyangkan, cara menabuh calung adalah dengan memukul bilah atau ruas yang tersusun menurut titi laras pentatonik.

10. Kolintang

alat musik melodis - kolintang

Sumber Gambar: Detik

Kolintang adalah alat musik pukul tradisional minahasa dari Sulawesi utara, Indonesia yang terdiri dari bilah-bilah kayu yang disusun berderet dan dipasang di atas sebuah bak kayu. Kolintang biasanya dimainkan secara ansambel.

11. Sasando

alat musik melodis - sasando

Sumber Gambar: Detik

Sasando adalah salah satu contoh alat musik melodis berdawai yang dimainkan dengan cara memetik dengan jari-jemari tangan. Sasando merupakan alat musik tradisional dari kebudayaan Rote.

12. Angklung

alat musik melodis - angklung

Sumber Gambar: Kompas

Angklung adalah alat musik melodis yang berkembang dari masyarakat Sunda. Alat musik ini dibuat dari bambu, dibunyikan dengan cara digoyangkan sehingga menghasilkan bunyi yang bergetar dalam susunan nada 2, 3, sampai 4 nada dalam setiap ukuran, baik besar maupun kecil.

Baca Juga: Pengertian Alat Musik Modern, Contoh dan Gambarnya

Nah, itu dia pengertian alat musik melodis beserta contoh dan gambarnya. Bagaimana Toppers, di antara alat musik melodis di atas, adakah yang bisa kamu mainkan?

Jika kamu merupakan peminat musik atau baru saja ingin mendalami musik, Kamu bisa menemukan berbagai alat musik dan perlengkapan musik lainnya dengan mudah dan cepat hanya di Tokopedia. Dapatkan promo dan penawaran menarik lainnya!

alat musik

Nikmati waktu luang dengan alunan musik terindah dan film terbaik!

Penulis: Rizfa Putri Khainayya

© 2009-2024, PT Tokopedia