• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

10 Amal Ibadah di Bulan Puasa yang Perlu Kamu Ketahui

08 March 2024

Share

10 Amal Ibadah di Bulan Puasa yang Perlu Kamu Ketahui

Tidak hanya puasa, jalani ibadah saat Ramadan perlu dilengkapi dengan amal agar makin berkah. Cari tahu amal ibadah di bulan yang suci ini!


Bulan Ramadan merupakan bulan suci yang dinanti-nanti oleh umat Muslim di seluruh dunia. Pada bulan ini, umat Muslim melakukan berbagai amalan yang dianggap lebih istimewa dibandingkan bulan-bulan lainnya. 

Amalan-amalan tersebut bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dalam artikel ini, akan dibahas mengenai amalan utama yang dilakukan umat Muslim di bulan Ramadan serta pentingnya menjalankannya dengan penuh kesadaran dan keikhlasan.

Jadikan Ramadan momen untuk meningkatkan keimanan, yuk, lakukan amalan berikut untuk mendekatkan diri pada yang maha kuasa!

Baca Juga: Dasar Perhitungan Kalender Hijriah dan Perbedaannya dengan Masehi

Amal Utama Ibadah di Bulan Ramadan

berbagi saat ramadan

Sumber Gambar: Parhlo

1. Perbanyak I’tikaf

Amalan di bulan Ramadan yang dianjurkan pertama adalah dengan memperbanyak i’tikaf. Menghabiskan waktu luang selama menjalankan ibadah puasa dengan berdiam diri di Masjid dan memperbanyak doa, ibadah, tak hanya membantu memperteguh keimanan tapi juga menjauhkanmu dari perbuatan-perbuatan yang tak baik.

2. Tarawih

Ibadah salat tarawih berjamaah merupakan sunnah yang juga akan menambah pahala. Untuk itu, jangan malas-malasan untuk menunaikan salah Tarawih sehabis berbuka puasa.

3. Hidupkan Malam Lailatul Qadar

Malam Lailatul Qadar biasanya berada di 10 malam terakhir di Bulan Ramadan, terutama malam-malam ganjil. Pada malam ini, pahala yang di dapat akan lebih besar dibandingkan malam-malam lainnya di Bulan Ramadan. Maka dari itu, perbanyaklah ibadah dan amal selama bulan Puasa di malam-malam terakhir bulan Ramadan ini. Toppers bisa melakukan i’tikaf, shalat malam, dan juga perbanyak doa dan berdzikir.

4. Membaca Al-Quran

Amalan Bulan Ramadan yang dianjurkan selanjutnya adalah menunaikan tadarus Al-Quran. Dengan mengaji selama Bulan Ramadan, kamu tak hanya bisa mendapatkan berkah tetapi juga mampu meningkatkan ketagwaan dan iman untuk menjalani ibadah Puasa di Bulan Ramadan.

5. Perbanyak Sedekah

Sedekah adalah salah satu kewajiban umat Muslim baik di Bulan Ramadan ataupun tidak. Namun, mengingat berkah bulan Ramadan lebih berlipat ganda, ada baiknya Toppers tak melewatkan momentum Ramadan untuk bersedekah dan menunaikan zakat. Tapi ingat, bersedekah harus didasari dengan niat yang ikhlas dan tulus, ya.

Baca Juga: Surat di Al-Qur’an yang Sunnah Dibaca dalam Sholat Wajib

6. Umroh Bagi yang Mampu

Ibadah Umroh adalah salah satu anjuran Rasullulah SAW dan bagi Toppers yang mampu baik dari segi materi dan moril, sangat baik untuk menunaikan ibadah Umroh di Bulan Suci Ramadan.

7. Perbanyak Sholat Sunnah

Dengan waktu yang luang karena tidak perlu memikirkan makan dan minum di tengah hari, kamu punya kesempatan untuk menunaikan ibadah Sunnah, salah satunya sholat. Selain sholat tarawih yang memang dilakukan saat bulan puasa, kamu juga bisa menunaikan sholat sunnah lainnya di bulan yang istimewa ini.

Kamu dapat menunaikan sholat Dhuha, sholat Taubat, sholat Tahajud, sholat Rawatib sebelum dan sesudah sholat fardhu, atau bahkan sholat sunnah Tasbih untuk menyampaikan puji-pujian kepada Allah SWT.

8. Perbanyak Istigfar

Amalan ibadah puasa selanjutnya adalah dengan memohon pengampunan kepada Allah SWT dengan tulus. Pada bulan Ramasan, Allah SWT memberikan pengampunan bagi dosa-dosa hambanya. Sehingga sudah seharusnya Toppers menggunakan momen ini untuk mengakui dosa dan memohon ampun. Dan jangan lupa untuk tidak mengulanginya lagi, ya.

9. Taubat

Meneruskan amalan istigfar, pintu pengampunan selama bulan Ramadan selalu terbuka lebar. Itulah sebabnya banyak orang yang bertubat dan kembali ke fitrah di Bulan Ramadan ini.

10. Dakwah

Berdakwah di Bulan Ramadan memiliki pahala yang besar karena siapapun yang menunjukkan kebaikan, baginya pahala pahala sebagaimana orang yang mengamalkannya. Dan berdakwah disini tak harus melulu berbicara di masjid. Kamu bisa melakukannya dalam kegiatan sehari-hari dengan memberikan nasihat kepada teman yang membutuhkan, mengingatkan waktu salat, hingga memberikan contoh-contoh dan teladan untuk melakukan kebaikan.

Baca Juga: Macam-Macam Puasa dalam Islam: Puasa Wajib dan Sunnah

Itulah kesembilan amalan utama di Bulan Ramadan yang bisa Toppers lakukan sembari menunaikan Ibadah Puasa. Sebelum melakukan amal ibadah di Bulan Ramadan, ingatlah untuk selalu menunaikan setiap ibadah dengan niat yang baik, ikhlas, dan tulus. Selamat menunaikan ibadah Puasa, Toppers!

tokopedia salam

Share

Amanda Rafiqah PutriAmanda Rafiqah Putri

Related Articles

21 Motor Honda Terbaru dan Harganya | Juli 2024
Top List
21 Motor Honda Terbaru dan Harganya | Juli 2024
© 2009-2024, PT Tokopedia